Miyajima Aquarium

Home / Aquarium / Miyajima Aquarium
Item image

Berada di sisi barat Kuil Itsukushima dan Torii Agung ikon Miyajima, Miyajima Aquarium atau Akuarium Miyajima juga adalah objek wisata yang harus dikunjungi dalam perjalanan wisata ke Pulau Miyajima di Prefektur Hiroshima. Berada di pusat kota Miyajima, kita bisa melihat hewan-hewan laut dari Lautan Seto Inland (lautan yang memisahkan Pulau Honshu dan Shikoku), termasuk kerang laut yang banyak dibudidayakan di Pulau Miyajima. Selain itu, kita juga bisa melihat hewan laut lainnya, seperti: lumba-lumba, anjing laut, berang-berang, penguin, dan ikan paus. Selepas mengunjungi Torii Agung Miyajima dan Kuil Itsukushima yang terkenal, saya pun menyempatkan untuk mengunjungi akuarium Miyajima. Simak kunjungan Tim Info Jepang ke akuarium satu-satunya di Pulau Miyajima ini.

Apa saja yang ada di Miyajima Aquarium?

Miyajima Aquarium dibangun dengan amat baik menurut Tim Info Jepang. Meskipun areanya tidak seluas Akuarium Kaiyukan Osaka atau akuarium di Yokohama Hakeijima, namun kita bisa melihat dua habitat hewan-hewan laut ini dalam satu tangki. Di tangki lantai dasar, kita bisa melihat penguinm berang-berang, dan lumba-lumba berenang. Kemudian jika kita naik ke lantai atas, kita sisi atas tangki ini terbuka dan kita bisa melihat penguin, singa laut, atau berang-berang berjalan di atas bebatuan atau daratan buatan. Paus dan lumba-lumba bahkan bisa muncul di permukaan air dan mendekat ke arah pengunjung. Senangnya!

1. Melihat ikan paus dari Laut Seto Inland

Salah satu daya tarik utama Miyajima Aquarium adalah paus dan lumba-lumba yang berasal dari lautan Seto Inland. Paus dan lumba-lumba ini berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan spesies paus dan lumba-lumba biasanya karena mereka hidup di area laut yang tidak terlalu luas. Kita dapat melihat tingkah laku paus dan lumba-lumba dari dua sudut pandang, yakni dari lantai dasar (melihat cara mereka berenang dari samping) maupun dari lantai atas/ lantai 2, di mana kita bisa berinteraksi langsung dengan mereka saat muncul di permukaan air.

2. Melihat budidaya kerang laut

Kerang laut adalah komoditas utama sekaligus makanan favorit penduduk Miyajima dan Hiroshima. Tidak heran jika kita dapat melihat budidaya kerang laut hampir di seluruh pesisir pantai. Di Miyajima Aquarium ini kita dapat melihat lebih dekat cara budidaya dan kehidupan kerang laut secara langsung. Bahkan kita bisa mencoba untuk mengikatkannya pada replika keramba apung atau memanennya.

3. Menyaksikan tingkah laku hewan dan ikan saat makan

Waktu makan adalah waktu atraksi di Akuarium Miyajima. Para pengunjung akan mengelilingi akuarium atau tangki di lantai atas, kemudian beberapa staf yang sudah berada di dalam akan memberikan penjelasan singkat mengenai spesies dan atraksi yang akan dilakukan. Lalu mereka mulai memberikan makanan. Atraksi pemberian makan ini akan seperti menggoda atau mengajak hewan-hewan untuk berjalan mendekat untuk mengambil ikan, atau untuk berdiri menggunakan ekor (khusus singa laut dan berang-berang). Kemudian staf melemparkan makanan ke tempat yang jauh, sehingga hewan-hewan ini harus berenang atau bergerak secepatnya mengejar makanan. Sementara itu untuk penguin, akan disuruh berbaris rapi dan mengambil ikan satu persatu. Sungguh atraksi yang mengasyikkan!

Kolam besar di Miyajima Aquarium

4. Belajar mengenal hewan laut sambil bermain dan menyentuhnya langsung

Kita bisa bergabung di kelas singkat yang diadakan jam 14.30. Di sini kita bisa belajar mengenal hewan-hewan laut melalui serangkaian permainan dan demonstrasi langsung yang dibawakan oleh para staff. Jika bisa menjawab pertanyaan dengan tepat, kita juga bisa memperoleh hadiah yang disediakan. Setelah itu, kita akan menuju ke area Touch Pool atau kolam sentuh, di mana kita bisa menyentuh berang-berang, penguin, dan ikan-ikan secara langsung. Rasakan bagaimana licinnya kulit mereka atau elus wajah mereka yang menggemaskan!

5. Menyaksikan atraksi langsung singa laut dan piknik sekeluarga

Di sisi barat akuarium ada area show yang tersedia bagi para pengunjung. Kita bisa bergabung dalam atraksi singa laut pada jam 10.00, 11.30, 13.00, dan 15.30 setiap harinya. Lalu, bagi yang membawa bekal sendiri, bisa mengunjungi area piknik di sisi barat show singa laut. Taman terbuka dengan pepohonan rindang lengkap dengan meja dan kursi akan menjadi teman makan siang kita bersama dengan keluarga.

Atraksi singa laut di Miyajima Aquarium

6. Membeli oleh-oleh dari Miyajima Aquarium

Sebelum pulang, kita bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang terletak di sebelah kiri pintu masuk akuarium. Ada kaos, gelas, tempat makan, tempat minum, gantungan kunci, dan miniatur ikan-ikan yang bisa dijadikan oleh-oleh atau kenangan mengunjungi Miyajima Aquarium.

Akses ke Miyajima Aquarium

Kota terdekat dengan Pulau Miyajima adalah Hiroshima. Dari Hiroshima Station, naik JR Sanyo Line (harganya 410 Yen dalam 28 menit) atau dengan tram Hiroden (harganya 270 Yen dalam 70 menit), menuju ke Miyajimaguchi Station.

Dari Miyajimaguchi kita bisa membeli tiket Feri JR atau Matsudai. Harga tiketnya 170 Yen untuk perjalanan selama 10 menit.  Setibanya di dermaga feri, kita tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit untuk sampai di Miyajima Aquarium.

Baik kereta JR Sanyo Line dan kapal feri JR ke Pulau Miyajima masuk dalam cakupan Japan Rail Pass, sehingga teman-teman tidak perlu membeli tiket lagi jika memiliki JR Pass.

Cheap Hotels in Hiroshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Hiroshima-Ekima
18 km away
from ‎¥6241/night
Oriental Hotel Hiroshima
17 km away
from ‎¥9447/night
Comfort Hotel Hiroshima
16 km away
from ‎¥6567/night
Hiroshima City Bunka Kory
16 km away
from ‎¥5920/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Perdamaian Hiroshi
17 km away
Museum Perdamaian Hiroshima tampak luar
Kuil Itsukushima
0 km away
Di depan bangunan utama Kuil Itsukushima
Miyajima Aquarium
0 km away
Suasana atraksi di Miyajima Aquarium
Taman Shukkeien
18 km away
pemandangan kolam di taman shukkeien

Sumber gambar: Flickr Spiegel, kagawa_ymg, kagawa_ymg


Recommended for you


Harga tiket masuk Miyajima Aquarium 1.400 yen (orang dewasa) dan 700 yen (untuk anak-anak)
Last modified: September 3, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

  1. pak Nugroho..mau nanya kalo ke miyajima apa dicover oleh hokuriku arch pass?
    rute saya narita osaka kyoto alpine route mt fuji tokyo..kalo mis saya pake jr pass..hari terakhir di mt fuji..sisa di tokyo pake tokunai..atau pake hokuriku pass hari ketujuh saya ke tokyo..hari 8 dan 9 pakai twp ya pak?krn hari ke 10 saya hanya kebandara aa..thx pak

    • Nugroho Christian  |  

      TIdak bu, kalau memang mau sampai Hiroshima dan Miyajima, saya sarankan membeli JR Pass saja bu. Lalu Untuk hari 8 dan 9, hanya ingin keliling Tokyo dan ke Gunung Fuji saja ya? Lalu bandaranya untuk pulang Narita juga? Rasanya lebih untung beli tiket ketengan dibandingkan Tokyo Wide Pass yang harganya 10.000 yen. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!