Kuil Miidera

Home / Temple / Kuil Miidera
Item image

Perjalanan ke Prefektur Shiga kemarin memberikan kesan yang mendalam bagi saya. Keindahan Danau Biwa yang tak terlupakan berpadu dengan penduduk kota Otsu dan Hikone yang begitu ramah dan baik hati, bahkan kepada orang asing. Kota yang tenang dengan pemandangan langsung ke Danau Biwa adalah hal yang tidak akan terlupakan. Termasuk Kuil Miidera yang terletak di sisi barat Kota Otsu. Kuil Buddha sekte Tendaijimon ini semakin dikenal seantero Jepang setelah jadi latar cerita anime “Rurouni Kenshin”. Sejak tahun 2015, kuil dengan area terluas di Jepang ini juga masuk sebagai warisan budaya nasional Jepang. Mari lihat keindahan kuil “tiga mata air” dalam laporan perjalanan khas Tim Info Jepang berikut ini.

Informasi tentang Kuil Miidera

Kuil Miidera berasal dari “mii” yang berarti tiga mata air. Menurut kisah sejarah, ada tiga orang bayi yang lahir dan diberkati oleh mata air yang ada di kuil ini. Setelah besar, ketiganya pun menjadi pemimpin wilayah. Keberadaan Kuil Miidera baru mulai dicatat sejak abad ke-9 di mana kuil ini jadi tempat ibadah keluarga kerajaan dan para samurai yang tinggal di daerah Kyoto dan Shiga.

Pemandangan kota dan Danau Biwa dari Kuil Miidera

Pemandangan Kota Otsu dan Danau Biwa dari Kuil Miidera

Di area kuil ini, kita bisa melihat beberapa bangunan bersejarah berusia ratusan tahun. Pertama, gerbang Niomon, gerbang megah di area pintu masuk kuil. Setelah berjalan sedikit, kita akan melihat bangunan utama Kondo yang dibangun tahun 1599. Area ini digunakan sebagai tempat berdoa penduduk Otsu yang beragama Buddha. Masih di sekitar bangunan Kondo, ada juga paviliun yang dahulu digunakan untuk menerima tamu kerajaan.

Gerbang Niomon di Kuil Miidera

Gerbang Niomon di Kuil Miidera

Kompleks Kuil Miidera meliputi area yang cukup luas, termasuk keberadaan tamannya yang dipenuhi dengan pohon bunga sakura dan maple. Cukup dengan membayar 500 yen, kita bisa menikmati ribuan pohon bunga sakura dan maple yang memenuhi area taman di sekitar kuil Saat musim semi (sekitar akhir Maret sampai awal April), diadakan Festival Bunga Sakura di area Kuil Miidera. Teman-teman bisa datang dan mlihat iluminasi musim semi yang indah. Begitu pula di puncak musim gugur, di mana ada iluminasi lampu yang indah berpadu dengan daun-daun merah pepohonan.

Bunga sakura di Kuil Miidera

Bunga sakura di Kuil Miidera

Wah, keren banget deh untuk Festival Hanaminya! Penduduk lokal dan sekitaran Kansai menyebut area Kuil Miidera ini sebagai cherry blossom paradise, surganya sakura!

Light up hanami di Kuil Miidera Shiga

Light up hanami di Kuil Miidera Shiga

Selain itu, di musim panas, jangan lewatkan Hanabi Biwako Festival, yakni festival kembang api yang diadakan di sekitaran Kuil Miidera dekat Danau Biwa.

Hanabi di kanal Danau Biwa

Hanabi di kanal Danau Biwa

Akses menuju Kuil Miidera Shiga

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Kosei Line sampai di Stasiun Otsukyo yang terletak di pusat kota Otsu. Lama perjalanan sekitar 12 menit dengan ongkos 240 yen. Baca juga: Akses ke Kyoto.

Dari Otsu, teman-teman kemudian bisa naik bus lokal selama 15 menit sampai ke halte bus Miidera-mae. Setelah itu, kita tinggal berjalan kaki 5 menit sampai ke area kuil. Ongkosnya 210 yen.

Cheap Hotels near Otsu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Hana
1 km away
Guest House Hana
from ¥3211/night
Lake Biwa Otsu Prince Hot
3 km away
Lake Biwa Otsu Prince Hotel
from ¥14090/night
Hotel Tetora Otsu Kyoto
2 km away
Hotel Tetora Otsu Kyoto
from ¥10049/night
Ayaha Lakeside Hotel
3 km away
Ayaha Lakeside Hotel
from ¥13986/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Miidera
NAN km away
Melihat pemandangan dari Kuil Miidera
Metasequoia Namiki
55 km away
Metasequoia Namiki menjelang musim gugur
Resort Ski Biwako Valley
22 km away
Arena trek ski di Resort Ski Biwako Valley
Omi Hachiman
26 km away
Naik perahu menyusuri kanal Omi Hachiman

Sumber gambar: Flickr Jolt611, mngirl86, yasuhisa kyoto, cashonly77, chee_hian, 淳平 筈井, ZEKKEI Japan


Recommended for you


Last modified: April 13, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!