Taman Shukkeien

Home / Park / Taman Shukkeien
Item image

Taman Shukkeien adalah taman bergaya Jepang paling terkenal di kota Hiroshima.  Di dalam Taman Shukkeien ini kita bisa melihat keindahan danau, sungai kecil, di tepi danau, dan tentu ratusan pohon bunga sakura dan plum yang indah. Taman ini dibangun persis setelah Hiroshima Castle selesai dibangun tahun 1620. Fungsi awalnya adalah sebagai tempat menjamu para tamu kekaisaran dan tempat melangsungkan upacara minum teh. Berdasarkan papan penjelasan yang ada di area pintu masuk, di tahun 2015 kemarin jumlah pengunjung taman ini mencapai 350.000 orang. Menjadikan Taman Shukkeien ini masuk ke dalam tiga taman paling terkenal di Jepang. Simak kisah kunjungan Tim Info Jepang ke taman terkeren di Hiroshima ini.

Kegiatan Seru di Taman Shukkeien

Taman Shukkeien ini sempat hancur saat serangan bom atom di Hiroshima tahun 1945. Meskipun cukup dekat dari pusat ledakan bom, hanya sisi sebelah timur saja yang rusak. Banyak orang percaya bahwa kolam di tengah-tengah taman yang membuat gelombang panas mereda. Sepanjang tahun 1945-1946, area taman Shukkeien ini dijadikan tempat tinggal sementara bagi para penduduk Hiroshima. Di tahun 1951, setelah perbaikan selama hampir 2 tahun, area taman ini kembali dibuka untuk publik.

1. Menikmati keindahan musim semi di Hiroshima

Dengan ratusan pohon sakura dan plum yang tersebar hampir di seluruh area taman, Taman Shukkeien adalah satu spot terbaik menikmati musim semi di Hiroshima. Kita bisa melihat keindahan bunga sakura (hanami) di akhir Maret sampai dengan awal April. Swaktu mengunjungi taman ini pada di akhir Maret 2016 kemarin, saya berkesempatan bergabung dalam acara hanami yang diadakan. Seru deh! Kita bisa sama-sama makan siang, bertukar cerita mengenai kegiatan (baik bekerja atau kuliah), sambil melihat bunga sakura. Oiya, yang tidak kalah seru, kita juga bisa menikmati bunga plum yang mekar di awal tahun sekitar bulan Februari (di awal musim semi).

taman shukkeien di tengah kota Hiroshima

Taman Shukkeien di tengah kota Hiroshima

2. Minum teh sambil menikmati keindahan taman

Taman ini dibangun dahulu sebagai lokasi atau tempat minum teh. Ada bangunan berukuran yang berada di tepi kolam yang biasa menjadi tempat upacara minum teh. Setiap bulannya (tidak ada tanggal pastinya, biasanya menyesuaikan dengan hari libur), diadakan upacara minum teh di Taman Shukkeien.

bangunan tempat upacara minum teh

Bangunan tempat upacara minum teh

Namun, jika sedang tidak ada acara, kita bisa bebas berkeliling area taman. Kita juga bisa masuk ke dalam bangunan atau ruangan minum teh untuk beristirahat sejenak. Pepohonan hijau yang berpadu indah bunga-bunga dengan kolam membuat perasaan kita menjadi tenang.

Kita juga bisa menyusuri jalan setapak untuk berkeliling area taman. Dari atas jembatan yang menyeberangi kolam, kita bisa memperoleh pemandangan ke seluruh area taman.

ikan-ikan di kolam taman shukkeien

Ikan-ikan di kolam Taman Shukkeien

Akses menuju Taman Shukkeien

Dari stasiun kereta JR Hiroshima, kita bisa berjalan kaki ke arah barat sekitar 15 menit atau kira-kira 800 meter.

Cheap Hotels in Hiroshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hiroshima City Bunka Kory
2 km away
from ‎¥5920/night
Comfort Hotel Hiroshima
2 km away
from ‎¥6567/night
Ark Hotel Hiroshima
1 km away
from ‎¥6164/night
Oriental Hotel Hiroshima
1 km away
from ‎¥9447/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Torii Agung Miyajima
18 km away
Torii di Kuil Itsukushima Miyajima
Museum Perdamaian Hiroshi
2 km away
Museum Perdamaian Hiroshima tampak luar
Kuil Itsukushima
18 km away
Di depan bangunan utama Kuil Itsukushima
Bus Keliling Hiroshima
1 km away
Loop Bus Hiroshima

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you


Last modified: September 3, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Comments are closed.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!