Akuarium Nagoya

Home / Aquarium / Akuarium Nagoya
Item image

Akuarium Nagoya melengkapi jajaran akuarium megah dan “luar biasa” yang Jepang miliki, seperti Akuarium Kaiyukan Osaka, Miyajima Aquarium di pulau cantik Miyajima, dan Yokahama Hakeijima dengan ribuan spesies hewan laut, penguin, lengkap dengan atraksi dan show yang selalu memukau pengunjung dan saya pribadi. Akuarium di Nagoya terletak persis di tepi laut Teluk Ise dan berselebahan langsung dengan pelabuhan Nagoya, pelabuhan tersibuk di wilayah sentral Jepang. Jika teman-teman sedang berada di Nagoya dan ingin melihat koleksi hewan laut unik seperti Paus Orca maupun atraksi lumba-lumba dan atraksi makan ribuan ikan sarden, Akuarium Nagoya mungkin jadi pilihan terbaik untuk menghabiskan hari. Dengan dua buah bangunan luas masing-masing dengan tiga lantai, kita akan dibawa ke pengalaman ke dalam laut yang tidak akan terlupakan. Simak kunjungan dan laporan khas Tim Info Jepang mengunjungi Akuarium Nagoya.

Apa saja yang ada di Akuarium Nagoya?

1. Melihat ikan paus Orca di arena kolam utama

Ikon Akuarium Nagoya adalah empat ekor paus orca dewasa dan juga bayi paus orca yang baru dilahirkan tahun 2012. Kita bisa melihatnya di area kolam utama yang terletak di bangunan sebelah utara. Bayi paus orca ini berukuran amat mungil jika dibandingkan dengan paus orca dewasa lainnya, menjadikannya idola bagi anak-anak yang mengunjungi akuarium ini. Akuarium Nagoya juga memperoleh beragam penghargaan dari pemerintah Jepang maupun dunia karena menjadi pionir dalam teknologi pengembangbiakan paus orca di dalam akuarium pertama di dunia.

Di area kolam utama, kita juga bisa melihat beragam event atau pertunjukan dari lumba-lumba, beluga, maupun paus orca. They are incredible! Luar biasa! Oiya, jangan takut tidak kebagian tempat duduk ya selama pertunjukan. Arena show di bangunan sebelah utara ini bisa menampung hingga 3000 orang, dan menjadikannya sebagai tempat pertunjukkan hewan laut terbesar di Jepang. Persiapkan juga kamera kita, dan pastikan bisa merekam atraksi-atraksi spektakuler mereka.

Pertunjukan Paus Orca di Akuarium Nagoya

Menonton pertunjukan Paus Orca di Akuarium Nagoya

2. Menyaksikan tingkah laku hewan dan ikan saat makan

Atraksi pemberian makan menjadi salah satu atraksi yang dinanti oleh para pengunjung Akuarium Nagoya. Salah satu yang paling menarik adalah atraksi makan ribuan ikan sarden yang berlangsung jam 12.00 dan 15.00 di Tangki Marine Life of Japan, kolam akuarium oval terbesar di dunia. Di kolam Marine Life of Japan yang berukuran panjang 60 meter lebar 30 meter dan kedalaman air 12 meter dan mampu menampung air 13,400 ton ini, kita bisa melihat ribuan ikan sarden membentuk formasi seperti bentuk topan atau tornado untuk membuat mangsanya kebingungan dan langsung menyergapnya. Hanya di akuarium Nagoya saja kita bisa melihatnya atraksi serupa.

Selain itu, kita juga bisa mengikuti atraksi makan hewan lainnya di Kuroshio Tank seperti kura-kura, beluga, dan juga penguin yang menggemaskan. Jangan lupakan juga atraksi makan di tangki utama yang dengan ribuan ikan.

Kolam raksasa Akuarium Nagoya

Kolam raksasa Akuarium Nagoya

3. Belajar mengenal hewan laut sambil bermain dan menyentuhnya langsung

Area ini adalah wahana yang paling banyak dikunjungi setelah tangki utama paus orca. Di sini selain kita bisa menyentuh ikan secara langsung di area kolam sentuh yang ada di lantai 1, kita juga bisa mengenal hewan-hewan laut lebih dengan melalui penjelasan yang disampaikan. Misalnya cara reproduksi lumba-lumba dan paus orca, bagaimana penguin bisa bertahan hidup di lautan dingin dan es antartika, dan tentu kehidupan beluga si ikan gendut yang menggemaskan. Keberhasilan para ilmuwan dalam mengembangkan teknologi breeding (pengembangbiakan paus orca) menjadi alasan mengapa akuarium ini terus berupaya untuk memperkenalkan hewan-hewan laut. Bahwa teknologi ini begitu mahal, dan rasanya tidak akan pernah bisa menggantikan proses alami paus orca di lautan luas. Kita, manusia, yang harus mengalah dan menjaga lautan dan alam agar ikan dan hewan laut ini bisa terus hidup.

4. Berkeliling akuarium dan menikmati pemandangan laut Teluk Ise

Di Shiokaze Plaza di lantai kedua, kita bisa menikmati bekal makan siang atau menu makanan restoran sambil menikmati pemandangan Teluk Ise yang indah. Terletak di tepi lautan langsung, kita bisa merasakan tiupan angin maupun pemandangan birunya laut di dengan kapal-kapal yang menuju pelabuhan Nagoya. Jangan lupa untuk berfoto dengan latar pemandangan laut Teluk Ise yang indah.

Selain itu, sebelum pulang, kita bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang terletak di sebelah kiri pintu masuk akuarium. Ada beragam oleh-oleh dan suvenir, seperi kaos, gelas, tempat makan, tempat minum, gantungan kunci, dan miniatur ikan-ikan yang bisa dijadikan oleh-oleh atau kenangan.

Pemandangan Pelabuhan Akuarium Nagoya

Pemandangan Pelabuhan Akuarium Nagoya

Akses menuju Akuarium Nagoya

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR Chuo Line atau JR Tokaido Line lalu transit di Stasiun Kanayama (lama perjalanan 4 menit dengan ongkos 170 yen), lalu kita berpindah ke kereta subway Meiko Line dan turun di Stasiun Nagoyako (terminal akhir kereta subway Meiko Line) ke arah pelabuhan Miyajima. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 240 yen. Dari stasiun ini, kita tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah selatan sampai di Akuarium Nagoya.

Baca juga: Info Lengkap Wisata dan Akses ke Nagoya

Informasi Lainnya

Kita harus membayar tiket masuk seharga 2.000 yen untuk orang dewasa dan 1.000 yen untuk anak-anak. Selama liburan Golden Week (akhir April sampai awal Mei) dan liburan musim panas, Akuarium buka sampai pukul 20.00 untuk menampilkan atraksi malam hari.

Di dekat Akuarium Nagoya, ada banyak tempat wisata lainnya juga yang bisa dikunjungi khususnya di malam hari. Ada gedung Port Nagoya, pusat perbelanjaan dan hiburan Jetty, kincir raksasa di kompleks Taman Bermain Seatrain Land, dan museum Marine Nagoya dengan kapal pemecah es Antartika Fuji.

Cheap Hotels near Akuarium Nagoya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
9 km away
Nishitetsu Inn Nagoya Nis
9 km away
from ¥7000/night
Nagoya Travellers Hostel
9 km away
from ¥4000/night
Best Western Hotel Nagoya
9 km away
from ¥6960/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Atsuta
5 km away
Kuil Atsuta di Nagoya
Nabana no Sato
16 km away
Festival bunga di musim panas
Legoland Nagoya
6 km away
Pintu masuk Legoland Nagoya Jepang
Pasar Yanagibashi Nagoya
9 km away
Salah satu sudut di Pasar Yanagibashi

Sumber gambar: Flickr ポトフ, Franck Singler, Yoshihide Urushihara, Franck Singler


Recommended for you


Last modified: December 3, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

  1. Pak Nugroho salam sejahtera, pak mau tanya, untuk tiket kereta JR di daerah Nagoya apakah tercover JR Takayam Hokuriku Pass kah? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Takayama Hokuriku Pass tidak bisa dipergunakan di jalur kereta dalam kota Nagoya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!