Festival Balon Ojiya

Home / Attraction / Festival Balon Ojiya
Item image

Musim dingin enaknya kemana ya? Selain main salju apa lagi ya kegiatan-kegiatan seru di Jepang selama musim dingin. Kayaknya kok musim dingin sepi dan membosankan ya. Semuanya tertutupi salju dan tidak ada yang seru. Tim Info Jepang menjadi yang terdepan memberitakan tempat-tempat wisata di Jepang teraktual dan faktual. Di musim dingin teman-teman bisa menyaksikan iluminasi Shirakawago, festival kembang api musim dingin di Kawaguchiko, lalu festival salju di kota Sapporo dan Otaru. Kali ini, Tim Info Jepang akan membahas festival musim dingin yang tidak kalah menariknya. Berlokasi di kota Ojiya di Prefektur Niigata, sekitar 1,5 jam naik shinkansen dari Resort Ski Gala Yuzawa, ada Festival Balon Ojiya yang pastinya seru dan sayang dilewatkan dalam liburan musim dingin kamu di Jepang.

Informasi Mengenai Festival Balon Ojiya

Kalau di musim gugur ada Festival Balon Udara Tonami di Toyama, maka di musim dingin ada Festival Balon Ojiya. Festival Balon Ojiya adalah festival balon udara terbesar di Jepang. Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 1977, sewaktu itu hanya dimeriahkan dengan 7 buah balon udara. Dulu festival ini diadakan untuk menyambut kedatangan musim semi di daerah yang saljunya sangat tebal. Seiring dengan semakin terkenalnya Festival Balon Ojiya ini, maka jumlah balon udara yang mengikuti perlombaan juga bertambah, hiburan lainnya seperti light up dan festival kembang api juga diadakan berbarengan setiap tahunnya dan menambah semarak kemeriahan festival balon udara ini. Sungguh pengalaman tak terlupakan bisa melihat balon-balon udara dengan warna yang kontras memenuhi langit dan daratan kota Ojiya yang putih tertutupi salju tebal. Oh ya, kita juga bisa naik balon udara lho! Apa aja sih kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan sewaktu Festival Balon Ojiya?

Kapan Festival Balon Ojiya diadakan?

Festival Balon Ojiya diadakan 2 hari berturut-turut tanggal 25-26 Februari 2017 di dua lokasi Nishinaka Ground dan Hirasawa Ground. Bersamaan dengan perlombaan balon udara diadakan juga acara hiburan, seperti bermain salju, naik balon udara, atau juga mencicipi kuliner khas daerah Joetsu seperti yakisoba atau mie goreng, takoyaki, dan makanan-makanan lainnya (terkenal dengan hasil laut yang segar dan enak) dari kios-kios yang menjual makanan di sekitar arena festival.

25 Februari 2017

Nishinaka Ground: Perlombaan balon udara (Task 1 pukul 08.00, Task 2 pukul 14.00).
Hirasawa Ground: Acara hiburan dan naik balon udara dll mulai pukul 09.00-18.30

26 Februari 2017

Nishinaka Ground: Perlombaan balon udara (Task 3 pukul 08.00).
Hirasawa Ground: Acara hiburan dan naik balon udara dll mulai pukul 09.00-15.00

Kegiatan Seru sewaktu Festival Balon Ojiya

1. Lihat festival patung es

Hari pertama Festival Balon Ojiya ditandai dengan perayaan festival patung-patung es. Pemerintah kota Ojiya memang sangat cerdas memanfaatkan peluang daerahnya sendiri. Dengan banyaknya salju yang turun di kota Ojiya, maka orang-orang dan ahli membuat patung es datang dari seantero Jepang dan mencoba membuat patung es. Kita bisa melihat berbagai macam bangunan atau arsitektur keajaiban dunia yang dibuat dari es, atau karakter-karakter anime Jepang lucu yang dibuat patung raksasa. Festival ini hanya diadakan di hari pertama tanggal 25 Februari 2017.

2. Mencoba Naik Balon Udara dan Permainan Lainnya

Acara permainan adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Ada snow tube dimana kita bisa naik balon dan berseluncur di salju, biayanya 300 yen untuk 3 kali. Kemudian ada juga fuafua rando 300 yen untuk 5 menit. Teman-teman juga bisa mencoba naik balon udara dan melihat pemandangan dari atas. Pastinya keren banget. Biayanya 1.000 yen untuk pelajar SMA ke atas, 500 yen untuk pelajar SD dan SMP, serta gratis untuk anak-anak di bawah 6 tahun. Acara hiburan dan permainan bisa dinikmati di hari pertama dan kedua tanggal 25-26 Februari 2017.

Festival Balon Ojiya di Niigata

Festival Balon Ojiya di Niigata

3. Lihat Glow Balloon Festival

Festival ini ditandai dengan balon-balon udara yang disusun menjadi satu baris saat hari mulai gelap. Bersamaan dengan pemutaran musik, api pemanas udara balon dinyalakan dan dimatikan secara berirama, menjadikan balon udara seakan-akan menyala merah di tengah kegelapan malam. Di puncak Glow Balloon Festival, beberapa kembang api juga dilepaskan ke udara membuat suasana malam di Festival Balon Ojiya makin meriah. Glow Balloon Festival hanya diadakan di malam hari pertama tanggal 25 Februari 2017 dimulai dari pukul 18.00.

Malam hari saat Festival Balon Ojiya

Malam hari saat Festival Balon Ojiya

Kembang Api sewaktu Festival Balon Ojiya

Kembang Api sewaktu Festival Balon Ojiya

Akses ke Tempat Festival Balon Ojiya

Dari Tokyo Station, teman-teman bisa naik Joetsu Shinkansen sampai di Urasa Station. Kemudian pindah ke kereta Joetsu Lokal sampai Ojiya Station. Waktu perjalanan sekitar 2,5 jam dan kalau punya JR Pass atau atau JR East Pass (Nagano/ Niigata Area) semua ongkos kereta tercover. Kemudian dari Ojiya Station di jalur kereta Joetsu Line naik shuttle bus langsung ke tempat festival.

Recommended Hotels near Nagaoka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sotokukan
15 km away
HOTEL&OFFICE Sotokukan
from ‎¥3780/night
Hotel New Green
15 km away
Hotel New Green
from ‎¥5000/night
Hotel Hokke Club Niigata
15 km away
Hotel Hokke Club Niigata Nagaoka
from ‎¥6600/night
Hotel Route-Inn Nagaoka
15 km away
Hotel Route-Inn Nagaoka
from ‎¥6550/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Ipponsugi
42 km away
Pemandangan pegunungan dari Resort Ski Ipponsugi
Niigata Furusato Village
64 km away
Keliling Niigata Furusato Village
Resort Ski Kagura
47 km away
Bermain ski di Resort Ski Kagura
Gala Yuzawa Resort
40 km away
Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Sumber gambar: Flickr yoshitaka hattori, avip online, Nyan Myo Kyaw, Nyan Myo Kyaw


Recommended for you


Last modified: May 13, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!