Nihonbashi

Home / Museum / Nihonbashi
Item image

Nihonbashi adalah daerah yang terletak di sebelah timur Stasiun Tokyo. Daerah ini dinamakan Nihonbashi atau jembatan Jepang dalam bahasa Indonesia, menunjuk kepada jembatan legendaris di atas sungai Nihonbashi yang berada di tengah-tengah daerah ini. Jika Shinjuku terkenal sebagai sentral transportasi di Jepang, lalu Tokyo sebagai sentral perbelanjaan dan kuliner, maka Nihonbashi adalah sentral perekonomian dan titik 0 kilometer jalanan di Jepang. Di sini kita bisa melihat berbagai museum unik yang hanya ada di Jepang dan juga bisa belajar sejarah dan kebudayaan Jepang secara langsung. Sayang sekali jika kamu datang ke Jepang namun melewatkan Nihonbashi yang sangat dekat dengan Tokyo Station dan Ginza. Berikut cerita singkat kunjungan Tim Info Jepang ke daerah dengan nilai sejarah tertinggi di Tokyo.

Informasi Menarik Tentang Nihonbashi

Nihonbashi menjadi titik 0 kilometer jalanan utama di Jepang sejak jaman pemerintahan Edo tahun 1604. Jalanan tersebut adalah rute 1 menyusuri Tokyo-Yokohama-Hakone-Shizuoka-Nagoya-Kyoto-Osaka. Lalu rute 4 dari Tokyo sampai Aomori, rute 6 dari Tokyo sampai ke Sendai, rute 14 dari Tokyo ke Chiba, rute 15 dari Tokyo ke Yokohama, rute 17 dari Tokyo ke Niigata, rute 20 dari Tokyo – Tachikawa – Takao – Shiojiri di Nagano. Kalau melihat ketujuh rute itu pada peta Jepang, daerah ini ibarat jantung dan jalanan adalah pembuluh darah utama. Sudah bisa bayangkan dong kejayaan tempat ini sejak jaman dahulu, di mana seluruh pedagang tiba di sini dan menyalurkan barang-barang dagangan ke daerah lainnya. Kejayaannya pun tetap bisa dirasakan hingga kini karena ada raksasa department store, Mitsukoshi dan Takashimaya yang berdiri gagah di pusat kota. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa melihat Bank of Japan, Tokyo Stock Exchange (bursa efek Tokyo dan Jepang), museum uang Jepang, dan museum layang-layang di sini. Mantap!

Penanda 0 kilometer jalanan Jepang di Nihonbashi

Penanda 0 kilometer jalanan Jepang di Nihonbashi

5 Kegiatan Wisata Seru di Nihonbashi

1. Menyusuri Jembatan legendaris Nihonbashi

Buat teman-teman yang sering melewati jalan tol Jakarta-Cikampek atau jalan tol Jagorawi, pasti tahu mengenai kilometer jalan tol dan tahu kalau patokannya 0 kilometernya adalah di jalan tol lingkar susun Cawang. Nah, kalau teman-teman melihat penanda jalan tol Chuo dalam perjalanan bus ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi, atau jalan tol Tomei ke arah Nagoya/ Kyoto/ Osaka, maka patokan 0 kilometer terletak di Nihonbashi. Teman-teman bisa menemukan penunjuk titik 0 kilometer di jalan dekat jembatan Nihonbashi. Jembatan Nihonbashi sudah agak sulit terlihat karena ada jalan tol layang dalam kota di atasnya, namun kendaraan umum dan pejalan kaki tetap dapat melihatnya.

Jembatan legendaris Nihonbashi

Jembatan legendaris Nihonbashi

2. Berkeliling Bursa Efek Tokyo (Tokyo Stock Exchange TOPIX)

Terletak di sebelah timur Jembatan Nihonbashi, kita bisa melihat gedung Tokyo Stock Exchange (TSE), gedung bursa efek terbesar nomor 3 di dunia setelah London dan Wall Street di New York. Tokyo Stock Exchange buka dari pukul 09.00 hingga 11.00 kemudian dari jam 12.30 hingga 15.00. Ada fasilitas TSE Arrows dimana kita bisa menyaksikan sentral bursa efek tempat para trader dari balik kaca.

Bursa efek Tokyo di Nihonbashi

Bursa efek Tokyo di Nihonbashi

3. Pergi ke Bank of Japan / Nihon Ginko

Kalau teman-teman pernah naik bus lewat jalan tol ke arah jalan tol Tohoku ke arah utara atau Joetsu menuju ke arah Hokuriku, pasti pernah melihat bangunan Bank of Japan. Ya, bangunan Bank of Japan ini terletak di pusat Nihonbashi dan berbentuk kanji Yen dari atasnya. Wahaha.. keren dan sesuatu banget ya. Sama seperti Bank Indonesia, Bank of Japan tidak memiliki nasabah, dan bertugas sebagai bank sentral dan mengatur kebijakan ekonomi untuk negara Jepang. Setiap harinya, ada 4 kali tour guide berkeliling Bank of Japan. Siapapun bebas mengikuti tour guide, namun harus melakukan pemesanan kurang lebih satu minggu sebelumnya.

Bank of Japan tampak depan

Bank of Japan tampak depan

4. Belajar di Museum Mata Uang Jepang

Kalau tidak sempat mengunjungi Bank of Japan, tidak perlu kecewa, sebab kita bisa pergi ke museum mata uang Jepang yang terletak di tepat di selatan Bank of Japan. Di sini kita bisa melihat sejarah mata uang Jepang dan kisah-kisah unik di baliknya. Kita juga bisa belajar dan kisah hidup tokoh-tokoh yang fotonya tertera di mata uang Jepang. Tersedia penjelasan dalam bahasa Inggris, meskipun ada beberapa bahan yang hanya ada dalam bahasa Jepang. Oh ya, kita juga bisa mencoba mengangkat uang sekotak 100 juta yen lho! Seru banget nih kayaknya…

5. Melihat koleksi di Museum layang-layang

Di museum layang-layang, kita bisa melihat koleksi lebih dari 3.000 layang-layang tradisional dari seluruh Jepang. Museum ini berada 200 meter dari jembatan Nihonbashi, dan memiliki 5 lantai dengan koleksi layang-layang dan restoran Taimeiken yang terkenal. Layang-layang ini dikoleksi oleh pemilik restoran Taimeiken ini.

Koleksi di museum layang-layang

Koleksi di museum layang-layang

Akses menuju ke Nihonbashi

Dari Tokyo Station (Nihonbashi Exit) kita bisa berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit ke arah timur laut. Atau bisa juga dengan naik kereta Subway Tokyo Metro Ginza dan Hanzomon Line turun di Mitsukoshi-mae Station atau dengan Ginza, Tozai, Asakusa Line dan turun di Nihonbashi Station.

Cheap Hotels near Nihonbashi [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Millennium Mitsui Garden
2 km away
Millennium Mitsui Garden Hotel Tokyo
from ¥14700/night
Hotel Sunroute Ginza
1 km away
from ¥12218/night
Kuretake-Inn Tokyo Funabo
8 km away
from ¥6650/night
Hotel Gracery Ginza
2 km away
from ¥9978/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nihonbashi
0 km away
Pusat perbelanjaan Mitsukoshi di Nihonbashi
Museum Toyota Mega Web
6 km away
Museum Miraikan
7 km away
Pintu Masuk Museum Miraikan Tokyo
Ameyoko Ueno
3 km away
Suasana Pasar Ameyoko di Ueno Tokyo

Sumber gambar: Flickr uma_sumomoManish Prabhune, Manish Prabhune, Naaz Nomad, TokyoViewsEric Akaoka, Manish Prabhune


Recommended for you


Last modified: February 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (8)

  1. Siang mas Nugroho, dari artikel Kawaguchi yang saya baca, utk kesana menggunakan Tokyo Wide Pass adalah dari Shinjuku Station. Jika saya stay di area Nihonbashi ini, saya harus ambil kereta JR dari Tokyo Station ke Shinjuku Station terlebih dulu ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, kalau ingin ongkosnya tercover juga dengan JR Tokyo Wide Pass harus naik kereta JR. Salam

  2. Halo Mas, mau tanya ya, apakah JR Tokyo Wide Pass bisa mengcover Tokyo Metro Line? saya rencananya mau ke kawaguchigo dari stasiun Nihombashi dan harus menggunakan tokyo metro tozai line dulu untuk ke Nakano (Tokyo) yang mana menggunakan Tokyo Metro line, boleh dibantu jawab ya mas.

    Thanks before

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Anggie. Kalau berangkat dari Nihombashi, silakan jalan sedikit ke Tokyo Station (stasiun JR) daripada naik subway Tokyo Metro sampai ke Nakano. Sebab Tokyo Wide Pass mengcover perjalanan kereta JR dari Tokyo Station.
      Salam

    • Kalau mau ke gala yuzawa apakah bisa dari tokyo station? karena saya coba cek schedule di hyperdia namun belum bisa terbuka jadwalnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, bisa dengan Shinkansen langsung dari Tokyo Station hanya saat winter season Gala Yuzawa. Info terbaru yang Tim Info Jepang dapatkan, winter season tahun 2016 Gala Yuzawa akan dimulai pada 17 Desember 2016.
      Salam

  3. Halo info Jepang, saya berencana pergi ke Jepang di tgl 17 Oktober 2016. Dan saya akan turun di Narita Airport. Sedangkan hotel saya di Higashi-Nihonbashi-Ekimae. Kira2 bagaimana ya menuju ke sana jika melewati Kereta Narita Express?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Shenny. Apakah sudah rencana naik Narita Express? Kalau begitu bisa turun di Tokyo Station, kemudian naik Sobu Main Line (warna biru) sampai ke Bakurocho Station. Dari Bakurocho Station bisa jalan kaki karena hanya beda satu blok dengan Higashi Nihonbashi Station.
      Atau bisa juga naik kereta biasa JR Sobu Rapid Line dari Narita, turun langsung di Bakurocho Station. Lebih praktis dan murah.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!