Ouchijuku di Fukushima

Home / Attraction / Ouchijuku di Fukushima
Item image

Ouchijuku adalah bekas kota transit antara Aizu dengan Nikko selama Periode Edo. Pada jaman itu, para shogun (penguasa daerah) membuat peraturan yang mengharuskan orang berjalan kaki saat berpindah antar daerah. Itulah sebabnya muncul kota-kota transit di sepanjang rute-rute perjalanan dagang utama sebagai tempat peristirahatan, salah satunya Ouchijuku. Pada masa kini, perjalanan dari Nikko ke Aizu jauh lebih cepat dengan menggunakan kereta dari sisi timur melalui Koriyama. Namun, bukan berarti kota-kota transit ini mati. Pemerintah Jepang secara kreatif mengubahnya menjadi tempat wisata dengan mempertahankan bangunan dan suasana pada masa Edo. Apa saja yang bisa kita lakukan saat di Ouchijuku di Fukushima ?

Informasi Wisata di Ouchijuku Fukushima

1. Berkeliling Rumah-Rumah Tradisional di Ouchijuku Fukushima

Ouchijuku kini telah berubah wujud menjadi tempat wisata. Letaknya ada di kota Shimogo di distrik Minamiaizu. Di sini, seluruh jaringan air, telepon, dan listrik tertata rapi di bawah tanah. Di kiri-kanan jalanan utama, kita bisa melihat bangunan khas Edo dengan atap jerami, hampir mirip seperti di Shirakawago atau Gokayama. Bangunan-bangunan ini telah berubah fungsinya menjadi toko, restoran, minshuku (tempat penginapan tradisional Jepang), toko oleh-oleh, dan juga museum. Wisatawan bebas berkeliling dan berfoto di sini.

Kami mengunjungi museum yang berada di tepi jalan utama. Di sini kita bisa melihat berbagai koleksi pakaian, hiasan, hidangan periode Edo, hingga foto-foto bangunan yang mengajak kita kembali ke masa 300 tahun lalu. Oh ya kamu juga bisa menyewa kimono anak-anak dan dewasa, jadi bisa jalan-jalan cantik di Ouchijuku.

2. Mencicipi Kuliner Lokal Khas Ouchijuku

Merasakan Jepang masa lalu ditemani penduduk lokal yang ramah dengan makanan yang lezat. Kami pun sempat mencoba makan negi soba dan sate ikan yang enak sekali. Ada juga Tochimochi yakni kue beras ketan dengan rasa manis, atau Shingoro, bola-bola nasi yang dilapisi bumbu miso. Di dalam beberapa bangunan, kita juga bisa melihat perapian tradisional Irori dan juga pajangan berupa peralatan masak jaman dahulu.

3. Lihat Pemandangan Ouchijuku dari Ketinggian

Kuil Ouchijuku (namanya Koyasu Kannon Temple) terletak di ujung jalan utama. Setelah melewatin tangga yang curam, kita bisa menikmati pemandangan Ouchijuku dari atas ketinggian. Suasana kuil yang berada di ketinggian menawarkan suasana tenang untuk bersantai sejenak. Pepohonan cedar yang tumbuh rapi di taman di sekitar kuil juga menambah suasana asri dan sejuk saat kami mengunjunginya menjelang sore hari.

Berkeliling Ouchijuku di Fukushima

Berkeliling Ouchijuku di Fukushima

4. Ikut Festival Musim Panas dan Festival Salju

Festival salju tahunan atau Yuki Matsuri dalam bahasa Jepang diadakan di hari Sabtu dan Minggu kedua bulan Februari mengubah Ouchijuku dengan pemandangan cahaya di tengah-tengah sunyinya salju. Lilin ditempatkan di dalam lentera salju dan diletakkan di pinggir jalanan utama. Indah sekali. Di musim panas, kita bisa melihat festival musim panas Edo yang diadakan pada tanggal 2 Juli, di mana penduduk lokal akan menari dengan pakaian khas jaman Edo, bahkan kita bisa ikutan bergabung dengan mantel khas Edo. Festival musim panas ini merupakan salah satu yang tertua karena telah dilaksanakan dari 800 tahun lalu. Hebat ya..

Suasana Winter Festival di Ouchijuku Fukushima

Suasana Winter Festival di Ouchijuku Fukushima

Akses menuju Ouchijuku di Fukushima

Dari Stasiun Aizuwakamatsu, kita bisa naik kereta Aizu Mount Express Line sampai Stasiun Yunokami Onsen.  Lama perjalanan sekitar 35 menit dengan ongkos 1.050 yen. Rute ini tidak tercover oleh JRPass. Setibanya di Stasiun Yunokami Onsen, kita bisa naik taksi sekitar 10 menit sampai ke Ouchijuku. Kalau di musim dingin antara 1 Desember hingga 31 Maret tersedia bus umum yang menghubungkan Yunokami Onsen Station dengan Ouchijuku.

Di sekitaran Stasiun Yunokami-Onsen, kita juga bisa menikmati onsen publik dan juga beberapa ryokan dan menikmati pengalaman onsen di Jepang.

Akses ke Aizu Wakamatsu

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta naik kereta shinkansen sampai ke Stasiun Koriyama. Dari Stasiun Koriyama, kita lanjut naik kereta JR Banetsusai sampai di Stasiun Aizuwakamatsu. Lama perjalanan sekitar 3 jam, dengan ongkos 8.910 yen dan tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Untuk keretanya paling pagi berangkat jam 06.40, dan paling malam berangkat jam 20.56 dari Stasiun Tokyo.

Recommended Hotel near Aizu Wakamatsu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tagoto
19 km away
Foto Tagoto
from ‎¥7700/night
Hotel New Palace
19 km away
Foto Hotel New Palace
from ‎¥6710/night
Aizuwakamatsu Washington
20 km away
Foto kamar Aizuwakamatsu Washington Hotel
from ‎¥6030/night
Hotel Route Inn Aizuwakam
20 km away
Foto Hotel Route-Inn Aizuwakamatsu
from ‎¥7500/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kaiseizan Park Koriyama
45 km away
Berkeliling Kaiseizan Park Koriyama
Lake Inawashiro Fukushima
25 km away
Pemandangan di Lake Inawashiro Fukushima
Kannonji River Sakura
34 km away
Keindahan Kannonji River Sakura di Fukushima
Ouchijuku di Fukushima
0 km away
Pemandangan Ouchijuku di Fukushima

Sumber gambar: Fukushima Tourist Association, Fukushima Tourist Association, Fukushima Tourist Association, Fukushima Tourist Association


Recommended for you


Last modified: May 1, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!