Taman Hanamiyama

Home / Park / Taman Hanamiyama
Item image

Keindahan hanami telah membuat nama taman ini dikenal sebagai Hanamiyama, yang secara harafiah berarti “Gunung Hanami”. Taman ini awalnya hanyalah areal pertanian biasa. Beberapa orang petani kemudian menanam bunga beragam spesies di perbukitan sekeliling lahan pertanian mereka. Setiap awal musim panas, bunga-bunga ini mekar dan memberikan pemandangan yang indah bagi penduduk kota. Waktu terus berjalan hingga taman ini semakin dikenal dan kemudian dijadikan taman kota di tahun 1959. Setiap tahunnya, puluhan ribu penduduk dari Fukushima maupun wilayah-wilayah sekitarnya seperti Sendai dan Ibaraki untuk menikmati keindahan hanami di sini. Keindahannya ini pula yang membuat Tim Jepang harus meluangkan waktu berkunjung untuk dapat melaporkannya kepada para pembaca setia webite ini: keindahan hanami di Taman Hanamiyama.

Setibanya di pintu masuk, kita akan menemukan pusat informasi turis. Teman-teman bias mengambil beberapa brosur dan guide wisata. Setelah itu, kita bias memulai perjalanan menyusuri jalan setapak ke arah kebun bunga sakura di sisi selatan. Ada beberapa jalan setapak, namun kalau teman-teman punya waktu lebih, bisa mencoba beberapa jalur untuk mendapatkan beberapa view pemandangan landskap bunga sakura yang indah.

Pemandangan bunga mulai bermekaran di Taman Hanamiyama

Pemandangan bunga mulai bermekaran di Taman Hanamiyama

Puncak musim semi di Taman Hanamiyama berlangsung dari pertengahan sampai akhir April. Sebagai informasi, Taman Hanamiyama termasuk ke dalam Top 3 tempat hanami di Tohoku bersama dengan Kakunodate dan Kastil Hirosaki. Total ada lebih dari 6.000 pohon bunga sakura yang ada di Hanamiyama.

Hanami sakura di Taman Hanamiyama

Hanami sakura di Taman Hanamiyama

Kita bisa menikmati keindahan bunga sakura jenis Somei Yoshino dengan latar belakang pemandangan Pegunungan Azuma di kejauhan. Warna hijau dari pohon-pohon yang bersemi setelah musim dingin membuat pemandangan semakin indah untuk dinikmati.

Menyusuri taman Hanamiyama di Fukushima

Menyusuri taman Hanamiyama di Fukushima

Namun, bukan berarti Taman Hanamiyama hanya bisa kita kunjungi saat musim semi saja, karena masih ada beragam varietas bunga yang tumbuh di sini. Ada bunga ume (plum Jepang) yang mekar di awal musim semi, dan bunga Peach dan Azalea yang mekar di musim panas.

Jadwal Bunga Mekar di Taman Hanamiyama

Berikut ini adalah jadwal bunga yang mekar di Hanamiyama Park Fukushima:

Awal musim semi (awal-akhir Maret): Ume, Rikyu Ume, dan Winter Sweets.

Musim semi (pertengahan-akhir April): Bunga sakura Somei Yoshino, Higanzakura, October Sakura, Tokaizakura, Ukonzakura and Yaezakura.

Musim panas (Juli-Agustus): bunga Peach, Azalea, Chaenomeles, Forsythia, dan bunga-bunga lainnya.

Akses menuju Taman Hanamiyama

Dari Stasiun Fukushima, teman-teman bisa naik bus bus shuttle dari halte bus nomor #6 yang tersedia pada musim hanami (dari awal sampai akhir April setiap tahunnya). Lama perjalanan dengan naik bus sekitar 15 menit dengan ongkos 250 yen, yang berangkat setiap 15 menit (di pagi dan sore hari) atau 30 menit sekali (untuk siang hari).

Di luar musim hanami, tidak ada transportasi umum menuju Taman Hanamiyama. Kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit atau naik taksi selama kurang lebih 15 menit, dengan ongkos sekitar 1.500 yen.

Akses dari Tokyo

1. Dengan kereta

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Ueno, tersedia kereta Tohoku Shinkansen Yamabiko dan Tsubasa sampai ke Stasiun Fukushima.  Lama perjalanannya sekitar 90-100 menit dengan ongkos 8.430 yen. Keretanya tersedia dari jam 06.00 pagi hingga jam 21.00 malam, dengan keberangkatan setiap 10-20 menit. Ongkosnya tercover dengan Japan Rail Pass, JR East Tohoku Area Pass, dan JR East South Hokkaido Pass.

2. Dengan bus

Dari Stasiun Shinjuku, tersedia beberapa bus highway dan bus malam JR Kanto Bus, JR Tohoku Bus, dan Fukushima Kotsu bus sampai ke Stasiun Fukushima. Lama perjalanannya sekitar 4-5 jam dengan ongkos mulai dari 4.900 yen.

Akses dari Sendai

Dari Stasiun JR Sendai, tersedia kereta Tohoku Shinkansen Yamabiko sampai ke Stasiun Fukushima.  Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 3.160 yen

Recommended Hotel near Taman Hanamiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

The Celecton Fukushima
2 km away
from ‎¥4900/night
Hotel Sunroute Fukushima
1 km away
from ‎¥5033/night
Richmond Hotel Fukushima
2 km away
from ‎¥5500/night
Hotel Mets Fukushima
1 km away
from ‎¥6100/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Yuichi ShiraishiYuichi ShiraishiYuichi Shiraishi


Recommended for you


Last modified: April 1, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!