Info Wisata di Enoshima

You are here Home  > Taman, Temple, Wisata Jepang >  Info Wisata di Enoshima

Enoshima merupakan sebuah pulau kecil di lepas pantai Prefektur Kanagawa di selatan Tokyo. Selain akses yang mudah dari Tokyo, Enoshima menawarkan sisi lain dari kota metropolitan Tokyo, yaitu pantai. Dan yang unik, suasana dan bentuk pantai serta ombaknya mirip dengan California. Sama seperti Hakone yang sudah menjadi objek wisata selama ratusan tahun, pantai Enoshima yang berada di selatan Tokyo (disebut pantai Shonan) juga telah menjadi destinasi wisata masyarakat kota Tokyo selama puluhan tahun. Pada awal abad 1900 hingga tahun 1980-an, pantai Enoshima menjadi destinasi utama pasangan baru menikah dan juga liburan keluarga. Dan kini, dengan iklimnya yang relatif hangat, tempat ini sudah menjadi destinasi wisatawan mancanegara juga. Seperti apa Pantai Enoshima, dan apa saja yang bisa dilakukan di Enoshima? Tim Info Jepang sudah merangkumnya secara lengkap.

  • Kegiatan yang bisa dilakukan di/loc/enoshima Enoshima

    Di Enoshima kita bisa mengelilingi kuil dan bangunan bersejarah, menikmati keindahan taman khas Jepang, menikmati angin laut dan debur ombak di pantai, dan juga menikmati panorama matahari terbenam atau kilauan lampu-lampu di malam hari. Semuanya dapat kita rasakan dalam satu hari wisata di Enoshima. Tim Info Jepang akan menjelaskan secara detail kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan di Enoshima.

    1. Mengunjungi Kuil Enoshima

    Kuil Enoshima terdiri dari tiga kuil berbeda. Kompleks utama kuil ini adalah bangunan segi delapan yang dipercaya sebagai rumah patung paling berharga, yaitu Dewi Benten, yaitu Dewi kemakmuran Enoshima. Dewi Benten dipercaya akan memberikan kemakmuran bagi penduduk sekitar maupun kepada pengunjung yang berdoa kepadanya. Untuk dapat naik ke puncak bukit di Pulau Enoshima, ada “Escar” atau eskalator berbayar yang dapat membawa naik hingga puncak Enoshima.

    Jika mau berjalan kaki perlu waktu 20 menit untuk mencapai puncak Enoshima. Namun, kalau menggunakan eskalator, cukup 5 menit saja. Keseluruhan eskalator tersebut dibagi ke dalam 3 area, setiap turun dari masing-masing area, kita bisa sampai di tempat wisata yang menakjubkan. Saran dari Tim Info Jepang untuk menggunakan Escar, supaya bisa menghemat tenaga untuk berkeliling tempat wisata yang lainnya.

    kuil enoshima

    2. Menikmati pemandangan spektakuler Fuji dan Yokohama dari Enoshima Sea Candle

    Selain mengunjungi kuil bersejarah, teman-teman bisa mengunjungi Taman Samuel Cocking. Samuel Cocking sendiri adalah seorang pedagang sukses asal Inggris yang membeli Pulau Enoshima dan membangun taman. Kini, sebuah taman yang ia bangun, lengkap dengan bunga-bunga yang indah diabadikan untuk mengenang hidupnya. Selain itu, teman-teman juga bisa naik ke menara setinggi 60 meter yaitu Enoshima Sea Candle, dan melihat pemandangan laut lepas, Gunung Fuji, dan Kota Yokohama dari ketinggian.

    Pemandangan malam dari Enoshima Sea Candle

    3. Mengunjungi Gua Naga Iwaya

    Jika teman-teman menyusuri jembatan kayu di sisi bukit batu, kita akan sampai ke Gua Naga Iwaya. Di sisi selatan pulau ada dua buah gua alami yang bisa dijelajahi. Gua pertama berisikan patung-patung Buddha. Orang-orang percaya bahwa Dewi Benten yang memasukkannya ke gua ini. Sedangkan gua yang kedua, teman-teman bisa melihat patung-patung naga, yaitu naga Iwaya yang dipercaya melindungi Enoshima dari bencana dan orang-orang jahat.

    Jalan menuju Gua Naga Iwaya

    Bagian dalam Gua Naga Iwaya

    4. Mengunjungi Kuil Buddha Enoshima Daishi

    Berbeda dengan Kuil Enoshima yang adalah Kuil Shinto, Enoshima Daishi adalah kuil Buddha. Bangunan yang dibangun tahun 1993 ini adalah komples bangunan modern setinggi enam meter dengan patung Fudomoyo, pelindung agama Buddha. Teman-teman bisa masuk ke dalam Kuil Buddha ini dan berkeliling menikmati desain dan interior bangunan yang unik dan memukau.

    enoshima daishi

    5. Spa di kolam renang infinite

    Enoshima Island Spa (atau EnoSpa) adalah kompleks resor di sepanjang pantai berbatu dekat jembatan masuk pulau Enoshima. Di resort ini pengunjung bisa berendam air panas, berenang di kolam renang indoor atau kolam renang outdoor (infinite karena berbatasan langsung dengan laut). Di hari yang cerah, teman-teman bisa berendam sambil mengamati keindahan Gunung Fuji, sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

    6.Memancing ikan saat air laut surut

    Di sisi selatan pulau, saat air laut surut, teman-teman bisa menemukan pantai tersembunyi. Dikatakan tersembunyi karena pantai ini baru terlihat atau muncul saat siang hari atau saat air laut surut, sementara saat malah hari tertutup oleh air laut. Lokasinya dekat pintu masuk Gua Iwaya. Di sini teman-teman bisa berjemur atau memancing ikan. Karena menghadap langsung ke Teluk Sagami, teman-teman dijamin puas memancing dan memperoleh banyak ikan.

    pantai enoshima

    7. Melihat Pertunjukkan lumba-lumba di Enoshima Aquarium

    Berada tepi pantai daratan utama, Enoshima Akuarium menampilkan kehidupan bawah air yang megah dengan akuarium setinggi dua lantai. Ikan, ubur-ubur, dan hewan-hewan yang ditampilkan di sini terutama berasal dari Teluk Sagami dan yang hidup di wilayah Jepang. Meskipun tidak terlalu besar, Enoshima memiliki pertunjukkan lumba-lumba, penguin, dan juga anjing laut yang terkenal.

    Pertunjukan Lumba-lumba di Shin Enoshima Aquarium

    8. Mengunjungi Kuil Ryukoji

    Kuil Ryukoji dibangun di atas tempat Nichiren (pendiri aliran Buddha Nichiren) hampir dihukum mati. Namun, menurut legenda sinat terang dan petir membuat para algojo ketakutan dan kemudian membatalkan hukuman mati tersebut. Di sini, teman-teman dapat berkunjung ke bangunan kuil, di dalamnya ada ruangan di mana Nichiren dipenjara, atau ke taman di sekitar bangunan kuil tempat dulu Nichiren akan dihukum mati. Ada juga bangunan pagoda lima lantai dengan arsitektur yang indah.

    9. Menikmati Panorama Matahari Terbenam di Pantai Enoshima

    Pantai Enoshima yang mengarah langsung ke lautan di selatan Jepang membuat menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Di hari cerah saat matahari terbenam, sinar mentari yang kemerah-merahan membuat pantai dan langit makin tersamarkan, sehingga kita melihat panorama laut yang menyatu dengan langit. Nikmati panorama indah ini bersama dengan orang terkasih. Di Pantai Enoshima, teman-teman bisa berjemur atau berselancar dan berenang layaknya di Pantai California.

    Panorama senja di Enoshima

  • Tempat Wisata Terkenal di Enoshima

    • Enoshima Sea Candle

      Iluminasi Enoshima Sea Candle

      Mari menikmati pemandangan laut dan seluruh pulau Enoshima dari Enoshima Sea Candle. ...


    • Pantai Enoshima

      Panorama pantai Enoshima

      Bermain dan berkeliling tempat wisata seru di Enoshima, tempat wisata pantai favorit masyarakat Tokyo dan Yokohama....


    • Shin Enoshima Akuarium

      Pertunjukan Lumba-lumba di Shin Enoshima Aquarium

      Menikmati kesegaran angin laut atau keindahan pemandangan gunung saja, namun juga bisa bermain di pantai dan alam Enoshima yang asri....


    • Iwaya Caves

      gua iwaya

      Gua batu Iwaya Caves di tepi pulau Enoshima. Nikmati perjalanan menyusuri jalan setapak di pinggir pulau dan nikmati keindahan hamparan laut luas....


    • Kuil Enoshima

      kuil enoshima

      Berada di Pulau Enoshima, Kuil Enoshima menjadi salah satu destinasi sejarah yang bisa teman-teman kunjungi. Dari area kuil Enoshima, kita bisa melihat pemandangan laut lepas yang sungguh indah....


  • Berlibur murah dengan Enopass

    Enopass adalah tiket kombinasi untuk tiket masuk taman Samuel Cocking, Gua Naga Iwaya, dan menara observasi Enoshima Sea Candle. Enopass bisa dibeli di stasiun-stasiun Odakyu dan harganya adalah 1000 yen. Jika ditotal-total maka akan hemat 360 yen. Lalu ada pula keuntungan istimewa, yakni potongan harga masuk Enoshima Aquarium dan Enoshima Island Spa sebesar 10%, serta potongan harga masuk Kuil Enoshima.

    Selain itu, jika teman-teman juga ingin mengunjungi Kamakura, teman-teman bisa membeli JR Enoshima Kamakura Free Pass seharga 1470 yen. Teman-teman bisa bebas naik kereta dari atau ke Stasiun Enoshima, Kamakura, Fujisawa, dan Ofuna untuk menikmati beragam tempat wisata di tempat-tempat tersebut.

    Transportasi ke Enoshima

    Untuk dapat mencapai Enoshima, teman-teman tinggal mengambil kereta api dari Tokyo. Ada tiga stasiun di wilayah ini, antara lain Stasiun Enoshima yang dilayani Kereta Enoden, kemudian Stasiun Katase Enoshima di dekat Akuarium yang dilayani Kereta Odakyu, dan Stasiun Shonan Enoshima yang Shonan Monorail.

    Dari Tokyo dengan menggunakan Kereta JR

    Dari Stasiun Tokyo teman-teman bisa mengambil Kereta JR Tokaido atau kereta JR Shonan-Shinjuku (dari Stasiun Shinjuku) seharga 970 yen menuju Stasiun Fujisawa, 50 menit. Kemudian mengambil kereta lokal Odakyu ke Stasiun Katase Enoshima. Tiketnya seharga 160 yen dengan lama perjalanan selama 7 menit.

    Dari Tokyo dengan menggunakan Kereta Odakyu

    Perjalanan dari Stasiun Shinjuku ke Stasiun Fujisawa sekitar 70 menit dengan harga tiket 630 yen. Dari Stasiun Fujisawa, teman-teman mengambil kereta lokal menuju Stasiun Katase-Enoshima.

    Selain itu bisa naik kereta Ekspress Romance Car dari Shinjuku sampai Stasiun Katase Enoshima selama 60 menit seharga 1250 yen.

    Dari Kamakura

    Dari Stasiun Kamakura bisa naik kereta Enoden selama 25 menit menuju ke Stasiun Enoshima. Harga tiketnya 260 yen.

Cheap Hotels in Enoshima[More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Hokke Club Shonan F
from ¥8488/night
Hotel Hokke Club Shonan Fujisawa
Grand Hotel Kanachu Hirat
from ¥9337/night
Grand Hotel Kanachu Hiratsuka
Guest House Kamejikan
from ¥3289/night
Guest House Kamejikan
Hotel Saika
from ¥12960/night
Hotel Saika

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Aaron Olaf, Naoyuki SasakiHideya HAMANOGuilhem Vellut華氏103Naoyuki SasakimountReginald Pentinio

Recommended for you

Last modified: November 2, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan