Info Wisata di Hiroshima

You are here Home  > Tips Wisata >  Info Wisata di Hiroshima

Hiroshima pasti sudah tidak asing lagi bagi teman-teman. Kota ini dikenal hampir seluruh dunia melalui peristiwa jatuhnya bom atom di kota ini tahun 1945. Hiroshima sendiri terletak di bagian selatan-barat daya Jepang. Dibandingkan dengan Tokyo yang lumayan dingin saat musim dingin, temperatur dan iklim Hiroshima relatif lebih hangat. Suhu rata-rata tahunannya 28 celsius, hampir sama dengan suhu udara di Bandung, Indonesia.  Hiroshima juga terkenal dengan alamnya, ada gunung di bagian utara, laut di sebelah selatan, lembah, dataran rendah, semuanya berpadu menjadi satu. Kota ini sekarang sudah dibangun kembali dan menjadi salah satu objek wisata favorit di Jepang. Simak laporan liburan Tim Info Jepang ke Hiroshima tahun 2014 lalu.

Hiroshima bisa jadi tujuan wisata teman-teman jika membawa keluarga khususnya anak kecil. Suhu yang hampir mirip dengan Indonesia tentu akan lebih nyaman bagi anak-anak, bahkan di musim dingin sekalipun. Selain itu, wilayah Hiroshima jarang mengalami hujan deras atau angin topan.

  • Kegiatan Seru di Hiroshima

    1. Mengunjungi Museum Perdamaian Hiroshima

    Museum Perdamaian Hiroshima adalah objek wisata utama di Hiroshima dengan lebih dari 12 juta pengunjung setiap tahunnya. Ada beragam foto, film, dan liputan koran dan majalah mengenai dampak ledakan bom atom 6 Agustus 1945. Selain itu, ada galeri yang menampilkan barang-barang yang tersisa setelah ledakan bom atom seperti jam yang berhenti pukul 8.15, pakaian sekolah yang terbakar, sepeda, sendal, tas, dan kacamata. Setiap tahunnya, tanggal 6 Agustus, diadakan Upacara Peringatan di area taman di depan Museum Perdamaian Hiroshima.

    Museum Perdamaian Hiroshima tampak luar

    2. Mengunjungi bangunan Atomic Bomb Dome, satu-satunya yang tersisa dari ledakan bom

    Di Hiroshima kita bisa berkunjung ke Atomic Bomb Dome yang menjadi saksi bisu ledakan bom 71 tahun yang lalu. Kita bisa merasakan langsung bagaiman bom atom merusak struktur bangunan dan tembok serta menghembaskan sebagian besar bangunan. Sungguh suatu keberuntungan saya bisa mampir ke Hiroshima dan menginap selama 2 malam dalam perjalanan pulang saya dari Saga di Kyushu ke Tokyo.

    Pergi ke Atomic Bomb Dome di Hiroshima

    3. Melihat Hiroshima Castle yang megah

    Meskipun Hiroshima Castle hancur karena ledakan bom, namun bangunan ini sudah selesai dipugar dengan bentuk mirip aslinya. Berbeda dengan kebanyakan kastil di Jepang yang dibangun jauh dari pusat kota dan di atas bukit, Kastil Hiroshima dibangun di tengah kota. Lokasinya tidak jauh dari Atomic Bomb Dome dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit saja. Pemandangan Istana Hiroshima dengan latar parit, pepohonan sakura, dan maple menjadi salah satu yang terbaik di Jepang.

    Berfoto di depan Hiroshima Castle

    4. Pergi naik feri ke Pulau Miyajima

    Pulau Miyajima terletak di lepas pantai Hiroshima. Kita bisa naik kapal ferry untuk mencapai Pulau Miyajima yang dikenal sebagai pulau suci. Miyajima dikenal luas di dunia karena Torii Agung Miyajima yang “mengapung” di tengah-tengah laut. Saya beruntung bisa mengunjungi dan melihat sendiri keindahan Torii yang termasuk ke dalam 3 pemandangan terindah di Jepang. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi Kuil Itsukushima dengan pemandangan laut yang luar biasa.

    The Great Torii Miyajima saat air laut pasang

  • Tempat Wisata Terkenal di Hiroshima

    • Museum Perdamaian Hiroshi

      Museum Perdamaian Hiroshima tampak luar

      Museum Perdamaian Hiroshima atau Hiroshima Peace Memorial Museum terletak di area Hiroshima Peace Memorial Park. Museum ini selesai dibangun tahun 1955 dan didedikasikan untuk mengenang sejarah bom atom di kota Hiroshima tanggal 6 Agustus 1945, sekaligus sebagai menjadi lambang perdamaian dunia....


    • Atomic Bomb Dome

      Pergi ke Atomic Bomb Dome di Hiroshima

      Genbaku Dome atau juga sering disebut Hiroshima Atomic Bomb Dome adalah satu-satunya bangunan yang tersisa dari ledakan bom atom Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Bomb Dome Hiroshima dijadikan bangunan Sejarah Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996....


    • Miyajima Aquarium

      Suasana atraksi di Miyajima Aquarium

      Berada di sisi barat Kuil Itsukushima dan Torii Agung, Akuarium Miyajima juga adalah objek wisata yang harus dikunjungi dalam perjalanan wisata ke Pulau Miyajima di Hiroshima....


    • Hiroshima Castle

      hiroshima castle

      Dengan ratusan pohon sakura dan pohon maple yang tumbuh di area taman, pemandangan musim semi dan musim gugur di sini adalah yang terbaik di Hiroshima. Berikut liputan lengkap mengenai Hiroshima Castle....


    • Kuil Itsukushima

      Di depan bangunan utama Kuil Itsukushima

      Miyajima dikenal sebagai tempat yang suci bagi masyarakat Jepang. Sebab di sini didirikan tempat memuja Buddha sejak 1400 tahun lalu. Ada banyak objek wisata di sini, misalnya saja Kuil Itsukushima, Torii Agung Miyajima....


    • Torii Agung Miyajima

      Torii di Kuil Itsukushima Miyajima

      Artikel ini membahas Torii agung Miyajima, sebuah gerbang pintu masuk kuil Jepang, namun letaknya berada di lepas pantai Pulau Miyajima. Torii agung Miyajima ini adalah yang menjadi simbol pariwisata pulau kecil Miyajima selain Kuil Itsukushima. ...


    • Taman Shukkeien

      pemandangan kolam di taman shukkeien

      Taman Shukkeien adalah taman bergaya Jepang paling terkenal di kota Hiroshima. Di dalam Taman Shukkeien ini kita bisa melihat keindahan danau, sungai kecil, di tepi danau, dan tentu ratusan pohon bunga sakura dan plum yang indah...


  • Untuk berkeliling Hiroshima, kita bisa menggunakan sepeda sewaan atau dengan naik tram. Jalur tram Hiroshima ini sudah mencakup hampir seluruh wilayah kota Hiroshima, cukup dengan ongkos 160 yen. Selain itu, untuk ke Miyajima, kita bisa naik JR Sanyo Line (harganya 400 Yen dalam 25 menit) atau dengan tram Hiroden (harganya 270 Yen dalam 70 menit).

    Akses Menuju Hiroshima

    1. Dari Tokyo

    Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinagawa, kita bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Hiroshima. JR Tokaido ini terdiri dari tiga jenis kereta yang dibedakan berdasarkan kecepatannya. Pertama kereta Nozomi (waktu tempuh selama 238 menit, dengan harga tiket 18.040 yen untuk kursi biasa dan 19.080 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (waktu tempuh selama 323 menit, dengan harga tiket 18.040 yen untuk kursi biasa dan 18.560 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (waktu tempuh selama 340 menit). Perlu teman-teman ketahui, hanya kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass.

    Atau kita bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Hiroshima. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Hiroshima dengan kisaran harga tiket 32.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 12.000-17.000 yen khusus wisatawan asing. Lama perjalanan biasanya 90-100 menit. Dari Bandara Hiroshima kita bisa naik bus menuju Stasiun Hiroshima selama 90 menit dengan ongkos 1.340 yen.

    2. Dari Osaka

    Dari stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik JR Sanyo Shinkansen sampai Hiroshima Station. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan tiket seharga 9.710 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass. Mengunjungi Hiroshima dan Miyajima menjadi salah satu rute day-trip favorit para wisatawan dari Osaka atau Kyoto.

    3. Dari KYOTO

    Dari stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Sanyo Shinkansen sampai Hiroshima Station melalui Shin-Osaka. Lama perjalanan sekitar 95 menit dengan tiket seharga 10.570 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Cheap Hotels in Hiroshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Hiroshima-Ekima
from ‎¥6241/night
Santiago Guesthouse Hiros
from ‎¥2315/night
Granvia Hotel Hiroshima
from ‎¥10717/night
Oriental Hotel Hiroshima
from ‎¥9447/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Shukkeien
pemandangan kolam di taman shukkeien
Kuil Itsukushima
Di depan bangunan utama Kuil Itsukushima
Miyajima Aquarium
Suasana atraksi di Miyajima Aquarium
Hiroshima Castle
hiroshima castle

Sumber gambar: dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you

Last modified: June 1, 2017

Comments (25)

  1. Pak, mau tanya. Jika dari Hiroshima airport dan ingin menuju Hotel Sunroute Hiroshima (didekat museum perdamaian hiroshima) dengan menggunakan kereta/bus/trem, apakah tiket bisa lansung dibeli saat ingin naik?
    apakah tiket tersebut bisa lansung dibayar tunai

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk perjalanaan dari Hiroshima Airport menuju ke Hotel Sunroute Hiroshima, bisa kok dengan bus. Kemudian pemesanan dan pembayaran tiket juga bisa dilakukan saat hari H, setibanya di Hiroshima Airport. Salam

  2. Mohon info Pak…
    Jika kita mau ke Hiroshima (hotel didekat museum), dari Haneda Int Airport lebih baik kita naik transportasi apa Pak?
    Naik kereta atau pesawat?
    Terimakasih

  3. selamat sore pa Nugroho, saya mau tanya:
    1. Kansai airport menuju hiroshima, naik bus yang dari Kansai ke stasiun mana di osaka nya?
    2. saya booking hotel disekitar peace park di hiroshima, bagusnya turun di stasiun mana di Hiroshimanya?

    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ada banyak kereta atau bus Limousine dari Kansai, biasanya ke Stasiun Tennoji, Namba, atau Shin-Osaka.
      2. Dari stasiun kereta JR Hiroshima, naik kereta trem nomor 2 atau 6 dan turun di halte Genbaku-Domu (lama perjalanan sekitar 15 menit, dengan harga tiket 160 yen). Dari halte trem ini, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit sampai ke taman dan museum perdamaian Hiroshima.

  4. pagi pa, saya ada rencana ke jepang dengan tujuan:
    1. Kansai airport (Osaka) ke Hiroshima
    2. Hiroshima ke Kyoto
    3. Kyoto ke Hiroshima
    4. Hiroshima ke kansai airport (Osaka)

    sebaiknya saya membeli kartu elektronik apa untuk transportasi disana

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ada baiknya itinerary nya dibuat menjadi Bandara Kansai-Osaka-Hiroshima-Kyoto-Osaka-Bandara Kansai, karena jadi bolak-balik Osaka-Hiroshima, Hiroshima-Kyoto, lalu Kyoto-Hiroshima lagi.
      2. Silahkan beli tiket shinkansennya ketengan saja (beli di loket setiap kali mau naik kereta). Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bapak bisa membeli kartu ICOCA (hanya kartu ini saja yang bisa dibeli), atau bisa juga membeli Kansai Hiroshima Area Pass, yang mengcover ongkos perjalanan dari Kansai Airport ke Hiroshima, Kyoto dan Osaka.
      Salam

  5. pak untuk transportasi dari stasiun namba ke hiroshima menggunakan kereta shinkansen apa dan lama perjalanan berapa lama….trus dari namba akan ke shirakawago menggunakan shinkansen apa dan lama perjalanan…terima,kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Namba bisa naik kereta subway Midosuji sampai Shin Osaka Station. Kemudian dari Shin Osaka Station bisa naik shinkansen sampai ke Hiroshima, ongkosnya 10.000 yen. Namun jika memiliki JR PASS, cukup membayar ongkos kereta subway sebesar 280 yen.
      Kemudian untuk akses menuju ke Shirakawago, pertama dari Namba Station bisa naik kereta subway Midosuji Line sampai Umeda/ Osaka Station, dan kemudian naik kereta ekspress Thunderbird sampai ke Kanazawa. Informasi lengkapnya bisa dibaca di akses menuju ke Shirakawago. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik kereta Shinkansen ddari Kyoto Station menuju ke Hiroshima Station.
      Waktu perjalanan sekitar 1 jam 45 menit dengan ongkos sebesar 10.570 yen. Salam

  6. Selamat pagi Pak, saya kembali berencana mengunjungi Jepang, dengan rute sbb:

    1. Jakarta – Osaka, langsung ke Hiroshima (2 malam)
    2. Hiroshima – Osaka (3 malam)
    3. Osaka – Nagoya ( 1 malam)
    4. Nagoya – Hakone (1 malam)
    5. Hakone – Kawaguchiko (1 malam)
    6. Kawaguchiko – Tokyo (2 malam)
    7. Tokyo – Jakarta

    Jenis tiket kereta apakah yang paling cocok untuk rute tsb ? Terima kasih atas bantuannya.

    Salam

  7. Dahlan Nainggolan  |  

    Pagi Mas, salam sukses
    Kami mau wisata ke jepang tgl 7-12 maret 2017, tujuan shinjuku Tokyo (2hari) , osaka (3hari) terdiri dari 1 hari ke hirosima , 1 hari ke kyoto, JR PASS berarti berguna dibeli krn saya menggunakan PP Tokyo-Osaka dan 2 hari di Tokyo.Untuk Osaka- Hirosima saya naik sinkansen Nozomi apakah JR Pass berlaku? Bagaimana dgn kereta JR Nara,JR Sagano,JR special rapid di Kyoto apakah dicover JRPass?Bagaiman dgn kereta Osaka subway,Osaka loop line apakah dicover JRPass?
    Kalau tidak dicover apakah saya bisa pakai SUICA card?
    Mohon bantuannya ,terimakasih
    Salam sukses

    Dahlan Nainggolan

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. JR Pass hanya mengcover ongkos kereta shinkansen Hikari dan Kodama, sementara shinkansen Nozomi tidak.
      Lalu JR Nara, JR Sagano, JR special rapid di Kyoto, JR Osaka Loop Line dicover JR Pass.
      Sementara subway kota Osaka tidak tercover oleh JR Pass dan bisa menggunakan kartu suica/pasmo.
      Salam

  8. Mohon info, apakah tempat wisata di Hiroshima bisa diselesaikan dalam 1 hari tur? Kalau 1 hari dikombinasikan tur ke Fukuoka memungkinkan tidak?

    Thanks in advance.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tempat-tempat di atas bisa dikunjungi dalam satu hari. Namun sepertinya sulit bila mengunjungi kota Fukuoka sekaligus dalam satu hari.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!