Hitachi Seaside Park

Home / Park / Hitachi Seaside Park
Item image

Berlokasi hanya dua jam dari Tokyo, Hitachi Seaside Park atau Hitachi Kaihin Koen dalam bahasa Jepang adalah obyek wisata terpenting dan paling terkenal di Prefektur Ibaraki. Taman seluas hampir 200 hektar ini berada di tepi Samudera Pasifik dan sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1991. Disini ada jutaan tanaman bunga yang mekar di musim yang berbeda-beda, menjadikan Taman Hitachi dapat dinikmati sepanjang tahun dengan pesona dan kecantikan yang berbeda-beda setiap musimnya. Ada bunga bakung dan tulip yang mekar di musim semi. Kemudian bunga nemophilia dan zinnia yang mekar di musim panas. Dan bunga kochia dan kosmos yang mekar di musim gugur. Menghabiskan waktu memandangi bunga sambil ditemani tiupan angin dari laut menjadi pengalaman yang tidak terlupakan di Hitachi Seaside Park.

Teman-teman bisa berkeliling area taman dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda yang tersedia di area pintu masuk taman.

Berikut ini beberapa event atau acara di Hitachi Seaside Park yang bisa teman-teman ikuti yang sesuai dengan musim bunga-bunga bermekaran. Kalau teman-teman pernah mampir ke Showa Kinen Koen di Tokyo, Hitachi Seaside Park ini bisa dibilang mirip. Desain taman luas dengan kebun bunga yang indah di tepi laut adalah daya tarik utamanya.

Event di Hitachi Seaside Park

1. Suisen Fantasy (Musim Semi, akhir Maret-awal April)

Di musim semi, bunga-bunga bakung di taman ini bermekaran sempurna. Jika sudah sering merasakan hanami, kami tantang untuk merasakan pengalaman berjalan diantara jutaan bunga bakung dan nikmati semerbaknya harum kebun bunga bakung terbesar yang ada di Jepang ini. Tidak ketinggalan juga bunga Sakura yang menjadi incaran musim semi. Tahun 2017, Suisen Fantasy berlangsung dari 25 Maret sampai 7 April. Dengan total lebih dari 1 juta batang bunga bakung kuning dengan lebih dari 550 varitas, tentu akan jadi pemandangan indah dan tidak terlupakan di Hitachi Seaside Park. Kemudian untuk bunga sakura sendiri, kita bisa menyaksikan bunga-bunga sakura di Hitachi Seaside Park mulai dari pertengahan bulan April.

2. Tulip World (Musim Panas, akhir April)

Setelah Suisen Fantasy berakhir, teman-teman bisa mengikuti event Tulip World. Lebih dari 250 ribu bunga tulip dari 200 spesies bunga tulip beraneka bentuk dan warna siap memberikan pengalaman dunia yang penuh warna. Keindahan bentuk dan warna tulip kini tidak hanya bisa dinikmati dari foto di komputer saja, namun bisa dirasakan secara langsung. Tahun 2017, Tulip World berlangsung dari tanggal 8 April hingga 21 April 2017, dengan lebih dari 250 jenis dan 250 ribu batang bunga tulip beraneka warna di Tamago no Mori Flower Garden.

3. Nemophilia Harmony (awal Mei)

Teman-teman pasti akan mengucek mata ketika melihat panorama ini! Lebih dari 4,5 juta tanaman bunga Nemophilia akan bermekaran. Melihat dari ketinggian bukit Mirahashi, kelopak bunga nemophilia yang berwarna biru muda cerah akan berpadu sempurna dengan warna biru langit. Tahun 2018, Nemophilia Harmony berlangsung dari 22 April hingga 14 Mei 2017 dengan lebih dari 4,5 juta tanaman nemophilia di Bukit Miharashi no Oka.

Bunga Nemophilia di Hitachi Seaside Park

Pemandangan Hitachi Seaside Park di bulan Mei

4. Lavender dan Sukashiyuri lily

Bunga-bunga lavender dengan warna ungunya yang khas akan mulai bermekaran di awal musim panas (sekitaran awal hingga pertengahan Juli). Kemudian dilanjutkan dengan bunga lily berwarna putih dengan aksen warna cerah lainnya yang mekar dari awal Juli hingga awal Agustus.

5. Cochia Lightup (Agustus)

Di puncak musim panas dari awal bulan Agustus, akan diadakan Cochia Lightup, yakni festival pencahayaan di kebun tanaman Cochia sepanjang liburan musim panas. Tahun 2018 ini, Cochia Lightup diadakan dari hingga 26 Agustus, mulai dari jam 18:00 hingga 21:30 di Hitachi Seaside Park. Lokasinya adalah Miharashi No Oka, kebun tanaman terbesar di Hitachi Seaside Park, yang punya lebih dari 32.000 pohon cochia. Pohon ini awalnya bewarna hijau di musim panas, namun berubah warna menjadi merah di musim gugur.

Cochia bewarna hijau saat musim panas

Cochia bewarna hijau saat musim panas

6. Cochia Karnival (awal-pertengahan Oktober)

Di awal musim gugur, pohon cochia berubah warna dari hijau menjadi pink menyala. Bentuknya yang seperti bulat membuat kita seperti melihat bola-bola pink tersebar di seluruh area taman. Jangan lupa juga melihat mekarnya lebih dari 2 juta bunga cosmos yang di sisi bukit lainnya. Gradasi warna putih, merah, dan pink menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Jika teman-teman berencana berkunjung bulan November-Januari, Hitachi Seaside Park rasanya bukan tempat yang cocok. Selama musim dingin, tumbuhan dan pepohonan masuk masa dorman, dan baru akan kembali mekar di musim semi.

Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park

Bunga cochia yang memerah di musim gugur

7. Bermain di Pleasure Garden Hitachi Seaside Park

Selain menikmati pemandangan kebun bunga yang indah untuk setiap musimnya, teman-teman juga bisa menikmati beragam permainan di Pleasure Garden yang masuk dalam kawasan Taman Hitachi. Seluruh wahana di sini dirancang untuk permainan keluarga. Ada Water Plaza (wahana permainan air), Gururi Forest Labirin (Wahana Labirin Raksasa), roller coaster, dan area bermain golf untuk keluarga.Wahana favorit adalah Flower Ring atau Kincir raksasa yang akan membawa kita ke ketinggian 100 meter dari atas permukaan tanah. Dari puncak, kita bisa melihat pemandangan kebun bunga dengan latar belakang laut Pasifik.Tiket permainan untuk wahana dijual terpisah mulai dari harga 100-600 yen (bergantung pada jenis wahana). Loketnya bisa ditemukan di sekitar wahana permainan, sebagai catatan ada batasan tinggi (tidak untuk semua umur).

Arena permainan di Hitachi Seaside Park

Arena permainan di Hitachi Seaside Park

Setelah puas menikmati pemandangan bunga-bunga, atau berkeliling area taman dengan bersepeda, teman-teman bisa mencoba makanan khas Ibaraki di Garden Restaurant (Rekomendasi Tim Info Jepang). Atau jika hanya ingin minum kopi atau teh, juga bisa berkunjung ke Glasshouse dan Lakeside Cafe. Santaplah kuliner di tempat ini sambil menikmati pemandangan taman yang menawan. Jangan lupa juga untuk mengambil foto-foto kenangan di sini ya!

Arena permainan labirin di Hitachi Seaside Park

Arena permainan labirin di Hitachi Seaside Park

Akses ke Hitachi Seaside Park

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Ueno bisa naik kereta ekspress Hitachi, ongkosnya 3.820 yen dengan waktu perjalanan 1 jam 10 menit. Kalau terlewat kereta ekspress Hitachi-nya, bisa juga dengan kereta ekspress Tokiwa dengan waktu 1 jam 23 menit sampai stasiun Katsuta.

Dari Stasiun Katsuta kemudian naik bus Ibaraki Kotsu dari halte nomor 2 stasiun Katsuta sampai ke halte Kaihin Koen pintu selatan/ barat (sekitar 15 menit dengan ongkos 400 yen). Bisa juga naik kereta limited ekspress Hitachi dengan waktu tempuh 70 menit dan ongkos 3.610 Yen. Semua biaya perjalanan dengan kereta JR ke Hitachi Seaside Park tercover oleh JR Pass dan JR Tokyo Wide Pass. Harga tiket masuk Hitachi Seaside Park adalah sebagai berikut: dewasa 410 yen, senior (di atas 65 tahun) 210 yen, anak sekolah 80 yen, dan balita gratis. Saat festival bunga musim semi tanggal 25 Maret sampai 14 Mei, Taman Hitachi Seaside Park buka setiap hari!

Cheap Hotels near Hitachi Seaside Park [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Mito
14 km away
APA Hotel Mito
from ¥4661/night
Daiwa Roynet Hotel Mito
13 km away
Daiwa Roynet Hotel Mito
from ¥6891/night
President Hotel Mito
13 km away
President Hotel Mito
from ¥5472/night
Court Hotel Mito
13 km away
Court Hotel Mito
from ¥4458/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Hitachi Seaside Park!

Taman Kairakuen Ibaraki
15 km away
Taman Kairakuen Ibaraki Ume Matsuri
Hitachi Seaside Park
0 km away
Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park
Air Terjun Fukuroda
47 km away
Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda
Aqua World Oarai
6 km away
Akuarium raksasa di Aqua World Oarai

Sumber gambar: Flickr Jonathan Lin,TANAKA Juuyoh (田中十洋)Reginald Pentiniobaron valiumZhao !Zhao !


Recommended for you


Last modified: March 10, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (224)

  1. Pak Nugroho, kira2 berapa lama waktu yang perlu disediakan untuk mengunjungi taman ini? Tidak seluruh taman, hanya bagian2 taman yang bagus saja.

    Terima kasih infonya pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bunga-bunga di taman ini betul-betul musiman, cukup kok 1,5 jam hingga 2 jam untuk santai berkeliling dan belanja/ makan di taman ini sebelum kembali melanjutkan perjalanan lagi. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Hanya tinggal bunga mawar di Pleasure Garden saja. Saya rasa bapak bisa mengunjungi tempat lain, karena taman ini sudah tidak terlalu bagus lagi untuk tanggal segitu. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah masuk musim gugur sih bu Nelly, mungkin tidak perlu mengunjungi Hitachi Seaside Park. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Di akhir bulan November sudah tidak ada lagi bunganya Pak.
      Untuk bunga tulip ada memang yang mekar di akhir Desember hingga Januari. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Di data info jepang, Bapak bisa melihat bunga cosmos dan hana giku (mirip kayak bunga matahari dengan kelopak putih) di akhir Oktober. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Warna merahnya akan berlangsung dari minggu pertama Oktober sampai pertengahan Oktober. Tanggal 20 sepertinya masih berwarna merah, namun sudah tidak sebanyak masa mekar maksimalnya. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Di awal Juni hanya ada bunga mawar, dan skalanya tidak terlalu besar juga, makanya tidak dicantumkan di artikel di atas. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau dari Tim Info Jepang tidak worth bu, mempertimbangkan jarak dan waktu menuju ke Hitachi Seaside Park. Salam

  2. Selamat pagi pak. Kalau saya mau ke hitachi seaside park akhir september, apakah ada festival yah? Terus bunga kochia nya sudah berwarna apa yah kira2?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau pergi akhir september warna nya masih hijau. Kochia nya berubah menjadi merah mulai pertengahan bulan Oktober. Salam

  3. haloo pak,, sy rencana ke jepang tgl 18-24 Agustus 2018.. kira2 masih ada kah festival bunga di hitachi side park? atau di jepang bagian lain? bagusnya itin kemana y pak tgl segitu? terima kasih…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Di Hitachi Seaside Park ada bunga-bunga musim panas seperti bunga matahari, cochia, dan bunga zinnia. Salam

  4. Sore pak Nugroho, kalau saya di tokyo hanya mau ke hitachi seaside park lebih baik pakai tokyo wide pass atau membeli tiket ketengan saja ya? Saya start dari asakusa. Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selain ke Hitachi Seaside Park, Eka mau kemana lagi ya di sekitaran Tokyo? Salam.

    • Hari pertama tiba saya mau explore asakusa, hari kedua ke hitachi seaside park, kalau masih keburu pulangnya jalan2 sekitar shinjuku karena malamnya saya mau ke kyoto dgn menggunakan night bus yang berangkat dari shinjuku station

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau seperti itu, rasanya beli tiket ketengan saja bu, karena Tokyo Wide Pass harganya 10.000 yen tidak akan balik modal dengan itinerary ibu. Salam.

    • Gitu ya pak, kalau untuk pesan kereta yang ke hitachi park, reservasinya dimana ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa di reservasi di seluruh stasiun kereta JR di Tokyo. Kalau bisa di Stasiun besar, seperti Tokyo, Shinjuku, Shibuya, di mana petugasnya bisa berbahasa inggris lebih fasih. Salam.

  5. Findika Cahyadi  |  

    Kalau saya dari Narita mau ke Tokyo untuk 3 hari pakai transportasi apa ya yang murah?dan berapa harga nya?untuk daerah Hitachi Seaside Park, Nakamise, Tokyo Tower, Asakusa, Sensoji, Harajuku.

    Kemudian, kalau saya setelah 3 hari itu mau keliling Fuji, Nagano, Kyoto, Hokaido dan kembali ke Narita selama 1 minggu, saya pakai JR pass sudah bisa mencover?JR pass itu mengcover seluruh jepang ya?yang regular.

    • Findika Cahyadi  |  

      dengan JR Pass kalau dari Tokyo ke Hokkaido bisa pakai shinkansen Hakabusa atau tidak?kalau berangkatnya malam kena charge atau tidak ke hokkaido dengan shinkansen?
      pertanyaan ke2,kalau dr kyoto bisa langsung ke Hokkaido ga dengan JR pass langsung ke Shin-Hakodate-Hokuto?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Shinkansen Hayabusa tercover oleh JR PASS. Namun perlu diingat, tidak ada shinkansen yang beroperasi melewati jam 12 malam. Kalau mau sampai di Sapporo pada hari yang sama, harus berangkat dari Tokyo sekitar pukul 15.00. Shinkansen dari Kyoto juga harus ganti di Tokyo Station. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sekarang semua keretanya harus direservasi, tidak ada lagi non-reserved seat. Salam

  6. Malam pak Nugroho.
    Mohon suggest nya , JR jenis apa yg harus saya beli jika Ittin nya sbb : Tokyo – alpine route – shirakawago – osaka – kyoto – tokyo?
    Lalu jika mau ke kawaguchiko dan ibaraki hitachi seaside park, transportasi apa yg paling murah dan hemat biaya nya?
    Terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!