Museum Kereta Hara

Home / Museum / Museum Kereta Hara
Item image

Kalau teman-teman sedang liburan bersama anak di Tokyo, dan ingin berwisata edukasi, Museum Kereta Hara di Yokohama bisa jadi destinasi berikutnya. Desain museum yang modern dengan lebih dari 6000 koleksi kereta lengkap dengan diorama kereta terbesar di Jepang. Museum kereta ini dibuat dengan koleksi Hara Nobutaro, seorang insinyur yang menyukai kereta api sejak kecil dan telah bepergian ke seluruh dunia mengumpulkan seluruh koleksi yang berkaitan dengan kereta api. Di tahun 2012, koleksi ini dikumpulkan dan dibuatkan menjadi museum oleh Pemerintah Kota Yokohama. Saat pergi ke museum ini awal Mei kemarin, saya melihat ada banyak anak-anak yang begitu gembira bermain layaknya seorang masinis kereta. Namun, masih ada banyak daya tarik Museum Kereta Hara Yokohama.

Kegiatan Seru Berkeliling Museum Kereta Hara

1. Melihat aneka koleksi dan miniatur kereta

Salah satu keistimewaan Museum Kereta Hara adalah koleksi kereta dan lokomotif yang berasal dari Amerika, Eropa, dan Jepang. Dari kereta uap kuno hingga kereta shinkansen yang terkenal, semuanya ada di sini. Tidak heran, kita serasa berkeliling dunia dan melihat beragam model, dan teknologi komunikasi dan kendali kereta dari waktu ke waktu. Oiya, tersedia berbagai penjelasan berupa tulisan dan video dalam bahasa Inggris juga.

Miniatur stasiun shinkansen di Museum Kereta Hara

Miniatur stasiun shinkansen di Museum Kereta Hara

Pertama-tama adalah Lokomotif Nomor 1, yang menjadi ikon Museum Hara. Lokomotif ini dibuat ulang dari gambar Hara di masa kecil. Lalu ada Kongosan Electric Railway No.22 EMU yang merupakan generasi pertama kereta di Korea Selatan. Selanjutnya ada replika kereta Swiss Federal Railways Ae4/7 yang sempat dioperasikan di Swiss menuju kaki pegunungan Alpen. Kurang lengkap? Masih ada kereta Hakone Tozan Railway yang dioperasikan di kota pegunungan Hakone serta kereta 311 EMU, yang digunakan oleh perusahaan Hanshin di wilayah Osaka dan Kobe. Di lantai dua, kita bisa melihat dan berfoto dengan latar belakang lokomotif kereta kuno yang dipakai pada masa Showa (1926-1989) hingga lokomotif modern yang digunakan di wilayah Furano di Hokkaido.

2. Melihat Diorama jalur kereta

Di dalam museum kereta, kita pasti bisa melihat diorama (miniatur kota) lengkap dengan jalur kereta yang meliuk-liuk menembus gunung dan di pinggir danau. Dengan desain yang “realistik” kita seakan-akan menjadi “kecil” dan merasakan gambaran jalur kereta api di Jepang.

Miniatur jalur kereta Akihabara di Museum Kereta Hara

Miniatur jalur kereta Akihabara di Museum Kereta Hara

Spot terakhir yang hampir selalu ramai oleh para pengunjung adalah Ichiban Tetumo Park yakni area diorama jalur kereta. Detail kereta dan pemandangannya dibuat dengan detail yang sempurna dengan skala 1:32, yang menjadikannya menjadi diorama kereta terbesar di Jepang.

Diorama Yokohama di Museum Kereta Hara

Diorama Yokohama di Museum Kereta Hara

3. Merasakan pengalaman jadi masinis kereta

Museum kereta Hara memiliki atraksi favorit “Ugutetsu” di mana kita bisa merasakan langsung pengalaman mengemudikan kereta.  Dalam area simulator ini, kita akan masuk ke dalam ruangan masinis, di mana kita bisa mencoba menjalankan kereta dengan menggerakan tuas dan juga mengerem. Wah keren ya!

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk ke Museum Kereta Hara, kita dikenakan tiket masuk seharga 1.000 yen untuk orang dewasa, 700 yen untuk pelajar SMP-SMA, serta 500 yen untuk anak-anak.

Akses Menuju ke Museum Kereta Hara

Museum Kereta Hara bisa dicapai dengan berjalan kaki 5 menit dari Stasiun Yokohama, yakni di Gedung Yokohama Mitsui. Dari Shinjuku Station, kita bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai Stasiun Yokohama. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 540 yen. Selain itu, kalau dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta JR Tokaido Main Line sampai Stasiun Yokohama. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 450 yen.

Cheap Hotels in Yokohama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

InterContinental Yokohama
1 km away
InterContinental Yokohama Grand
from ¥33200/night
New Otani Inn Yokohama
1 km away
New Otani Inn Yokohama
from ¥23000/night
Hotel Monterey Yokohama
3 km away
Hotel Monterey Yokohama
from ¥23200/night
Hostel Zen
3 km away
from ¥3600/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yokohama Bay Bridge
5 km away
yokohama bay bridge
Museum Ramen Shin-Yokoham
5 km away
Suasana Museum Ramen Shin-Yokohama
Museum Kereta Hara
0 km away
Kereta melintas diorama di Museum Kereta Hara
Landmark Tower
1 km away
Landmark Tower Yokohama di waktu malam

Sumber foto: Flickr y.ganden, y.ganden, y.ganden, Owen Lin, Akinori YAMADA


Last modified: October 6, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!