Obara Shikizakura

Home / Attraction / Obara Shikizakura
Item image

“Kita hanya bisa menikmati hanami sakura di musim semi!”, ujar seorang teman. Memang, saya pikir-pikir, hanami atau melihat bunga sakura yang mekar “biasanya” selalu dilakukan di awal musim semi. Saat suhu udara mulai menghangat kuncup-kuncup bunga sakura mulai membuka dan terlihatlah kelopak merah muda yang begitu menggoda. Sampai suatu saat, seorang teman mengajak saya untuk mengunjungi Obara di Nagoya. Di tempat ini, bunga sakura mekar 2 kali dalam setahun. Yang pertama mekar di akhir Maret-awal April seperti di seluruh wilayah Jepang, dan sekali lagi mekar di musim gugur (sekitaran pertengahan November). Bunga sakura jenis spesial ini akhirnya punya istilah baru, yakni Shikizakura, yang berarti bunga sakura empat musim atau sakura musim dingin karena muncul menjelang musim dingin. Penasaran dengan tempat ini? Mari ikuti cerita perjalanan saya ke Obara Shikizakura!

Setelah menghabiskan waktu menikmati momiji di Korankei yang menakjubkan, saya menyempatkan diri mengunjungi Obara. Terletak cukup jauh dari pusat kota Nagoya, namun perjalanan kali ini memberikan kesempatan bagi saya melihat keindahan hanami sakura di musim gugur, pertama kalinya. Gabungan dedaunan warna merah dan kuning, berpadu sempurna dengan warna pink sakura yang memukau!

Obara Shikizakura

Indahnya Hanami dan Momiji di Obara Shikizakura

Menurut sejarah dan cerita penduduk lokal, bibit pohon shikizakura ini dibawa oleh seorang Dokter bernama Genseki Fujimoto dari nagoya. Shikizakura ini adalah turunan bunga sakura hasil persilangan antara mamazakura dan edohingan, yang menghasilkan spesies sakura yang baru. Hari ini, total ada lebih dari 10.000 pohon bunga sakura, termasuk di antaranya mohon Maehora Shikizakura yang berusia lebih dari 100 tahun dan menjadi simbol Prefektur Aichi. Meskipun spesies bunga sakuranya berbeda, namun bentuk dan penampakannya sama persis dengan bunga sakura pada umumnya.

Festival Obara Shikizakura diadakan dari tanggal 1 November 2019 sampai tanggal 30 November 2019. Selama festival berlangsung, ada beragam kios makanan dan suvenir di area pintu masuk taman.

Informasi Tambahan

Teman-teman bisa mengunjungi Obara dan Korankei dalam satu hari loh! Pemerintah Aichi menyediakan bus rute khusus Korankei-Obara dan sebaliknya pada periode tanggal 1-30 November. Khusus bagi 500 orang pertama juga akan mendapat suvenir dari Kastil Asuke. Untuk keberangkatannya, tersedia pada jam 09.00, 10.30, 12.00, 13..30, 15.00, dan 16.30 (khusus akhir pekan dan hari libur), dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 20 menit.

Akses ke Obara Shikizakura

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta subway Higashiyama Line sampai Stasiun Fushimi. Kemudian kita berpindah ke kereta Nagoya City Subway Tsurumai Line sampai Stasiun Akaike. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 300 yen.

Setelah itu kita naik kereta Meitetsu Toyota Line sampai Stasiun Toyotashi. Lama perjalanan 23 menit dengan ongkos 460 yen. Dari Stasiun Toyotashi, kita bisa turun ke arah pintu keluar, lalu tunggu di bus stop nomor 1, lalu naik Bus Toyota Oiden Obara Line ke arah Kaminigi sampai di perberhentian Obara Ookusa. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos 500 yen (bisa dibayar dengan kartu SUICA/ Pasmo maupun kartu ICOCA).

Ada dua spot favorit yang bisa teman-teman kunjungi di Obara. Pertama, Taman Obara Fureai yang bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 5 menit dari perhentian bus Obara Ookusa. Yang kedua, adalah Senmi Shikizakura no Sato, sekitar 15 menit perjalanan dari halte terakhir Kaminigi.

Buat teman-teman yang ingin mengelilingi Obara, silahkan mendownload peta Obara. Karena jarak Obara yang cukup jauh dari Nagoya, saya menyarankan teman-teman untuk memulai perjalanan pagi hari, ke Obara Fureai sampai tengah hari, lalu setelah itu ke Senmi Shikizakura atau ke Korankei.

Cheap Hotels near Nagoya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
37 km away
Hotel Sunroute Plaza Nago
37 km away
from ¥7000/night
Hotel Trusty Nagoya Sakae
35 km away
from ¥8255/night
Hotel MyStays Nagoya-Saka
34 km away
from ¥6917/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Toyota
37 km away
Suasana Museum Toyota di Nagoya
Momiji di Korankei
11 km away
Iluminasi Momiji di Korankei
Osu Kannon
36 km away
world custome play osu kannon
Nabana no Sato
55 km away
Festival bunga di musim panas

Sumber gambar: Flickr Shubert CienciaBy, Hirotomo Oi, kinpi3


Recommended for you


Last modified: September 3, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Di tahun ini, Festival Obara Shikizakura diadakan dari tanggal 1 November 2019 sampai tanggal 30 November 2019. Salam

  1. Selamat siang pak.
    Terima kasih infonya tp koq
    festivalnya th 2017. Apkh berlaku juga untuk th 2018.
    Kalo saya menginap di osaka & punya JR Pass, bgm rutenya.
    Apakah masih ada tiket yg harus dibeli ?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk tahun 2018, festival nya berlangsung dari 1-30 November 2018.
      Dari Osaka ibu bisa naik shinkansen sampai ke Nagoya Station, lanjut ke Fushimi Station, lalu Akaike Station, dan naik Meitetsu Toyota Line sampai Stasiun Toyotashi. Dari Toyotashi Station bisa naik bus menuju ke Obara Fureai. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Seperti tertulis di artikel di atas, Sakura di Obara itu pada bulan November. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!