Narita Airport - Panduan Lengkap

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Narita Airport - Panduan Lengkap

Narita Airport atau Bandara Internasional Narita adalah pintu masuk ke Jepang. Pesawat-pesawat dari Indonesia misalkan Garuda Indonesia dan Japan Airlines juga mendarat di Narita Airport. Jadi Narita Airport adalah tempat pertama dan yang terpenting dalam perjalanan wisata ke Jepang. Supaya teman-teman tidak bingung dan tersesat di Narita Airport, saya telah merangkum semua informasi berkaitan dengan Narita Airport di sini. Silakan teman-teman melihat dan semoga bisa membantu bagi yang hendak berlibur ke Jepang.

Narita Airport berada di Prefektur Chiba, sekitar 60 kilometer di sisi timur Kota Tokyo. Bandara ini dibangun untuk mengurangi kepadatan Bandara Haneda yang menjadi satu-satunya pintu masuk ke Tokyo. Untuk diingat, dari pusat Kota Tokyo setidaknya dibutuhkan waktu 90 menit untuk sampai di Narita.

Selagi bisa atau bisa memilih antara Haneda atau Narita, teman-teman sebaiknya memilih mendarat di Haneda karena letaknya yang jauh lebih dekat dengan pusat kota Tokyo. Akses kereta langsung dengan Tokyo Monorail jauh lebih murah dan cepat ketimbang kereta Keisei yang menghubungkan Narita dengan Tokyo.

Foto Narita Airport Jepang dari angkasa

Di Narita Airport, Anda bisa menukar JR PASS atau membeli JR Pass Area untuk naik kereta di seluruh Jepang, membeli kartu SIM Docomo atau menyewa mobile Wi-Fi Pupuru untuk bisa menggunakan internet dengan murah di Jepang. Selain itu, ada ratusan toko oleh-oleh di Bandara Narita yang mayoritas menyediakan oleh-oleh khas di Jepang, tentu dengan harga bebas pajak, yey!

Pintu Keberangkatan

1. Panduan Lengkap Narita Airport

Sampai di Narita Airport dan setelah menyelesaikan registrasi imigrasi, kita tentunya ingin segera menuju ke ibukota, yakni Tokyo. Dari Narita Airport kita bisa memanfaatkan banyak sarana transportasi mencapai Tokyo. Saya telah merangkumnya secara lengkap.

Terminal 1 - Terminal Domestik

Terminal 2 - Terminal Domestik

2. Sarana Transportasi Menuju atau dari Tokyo

Berikut daftar lengkap sarana transportasi menuju Tokyo dan Stasiun Besar Lainnya beserta ongkos perjalanan.

Kereta Narita Ekspress

Narita Ekspress menghubungkan Narita Airport dengan stasiun-stasiun besar di daerah Metropolitan Tokyo. Berangkat setiap 30 menit sekali pada jam sibuk pagi dan sore hari, dan 1 jam pada siang hari. Ongkosnya sedikit mahal, tapi kita tidak perlu pindah kereta untuk dapat mencapai Tokyo atau stasiun besar lainnya. Khusus untuk Narita Ekspress (NEX) ini dicover oleh Tokyo Wide Pass dan JR Pass. Jadi kamu tidak perlu membeli tiket lagi.

Narita Airport Jepang

Rincian Tiket Kereta Narita Ekspres

  • JR Tokyo Station 1 Jam 2,940 Yen
  • JR Omiya Station (Saitama) 1 Jam 50 menit 3,740 Yen
  • JR Ikebukuro Station (Tokyo) 1 Jam 25 menit 3,110 Yen
  • JR Shinjuku Station (Tokyo) 1 Jam 20 menit 3,110 Yen
  • JR Takao Station (Tokyo) 2 Jam 8 menit 4,500 Yen
  • JR Shibuya Station (Tokyo) 1 Jam 15 menit 3,110 Yen
  • JR Shinagawa Station (Tokyo) 1 jam 10 menit 3,110 Yen
  • JR Yokohama Station (Kanagawa) 1 jam 30 menit 4,180 Yen

Rincian Tiket Kereta Biasa

  • JR Tokyo Station 1 jam 20 menit 1,280 Yen
  • JR Shinagawa Station (Tokyo) 1 jam 30 menit 1,450 Yen
  • JR Yokohama Station (Kanagawa) 1 jam 50 menit 1,890 Yen
  • JR Chiba Station (Chiba) 40 menit 650 Yen

Kereta Keisei Skyliner

Narita Airport Jepang

Keisei Skyliner adalah kereta dari Keisei (berbeda dengan JR) dan punya lintasan sendiri. Ujungnya adalah Nippori Station di bagian utara kota Tokyo. Keisei Skyliner pada dasarnya sama seperti Narita Ekspres namun kita punya ruang untuk barang yang lebih besar. Perjalanan dari Nippori Station di Tokyo ke Narita pun yang paling cepat, hanya dalam 36 menit saja. Bandingkan dengan Narita Ekspres yang semuanya diatas 1 jam. Kereta Keisei Ekspress juga berangkat setiap 40 menit. Kita pun bisa masuk ke dalam kereta sambil menunggu kereta berangkat.

Rincian Tiket Kereta Keisei Skyliner

  • Nippori Station (Tokyo) 36 menit 2400 Yen
  • Ueno Station (Tokyo) 43 menit 2400 Yen

Kereta Lainnya (Kereta Listrik Biasa)

Bagi kita yang ingin berhemat, ada juga kereta biasa yang ongkosnya lebih murah. Kereta ini semuanya bisa diakses dari Narita Airport langsung dan berangkat setiap 20 menit sekali. Berikut saya berikan beberapa contoh kereta lain yang bisa digunakan menuju ke atau dari Narita Airport di Chiba.

Toei Asakusa Line (Bisa langsung ke Tokyo Sky Tree)

  • Tokyo Sky Tree Station 1 jam 30 menit 950 Yen
  • Haneda Airport Station 2 jam 1560 Yen

Kereta Ekspress Keikyu

  • Tokyo Sky Tree Station 1 jam 30 menit 950 Yen
  • Haneda Airport Station 2 jam 1560 Yen


Narita Airport Jepang

Pintu Kedatangan

Bus cepat atau Highway Bus

Selain itu, buat teman-teman yang ingin berhemat sekaligus gak mau ribet pindah-pindah kereta saat datang atau ingin pergi ke Narita, bisa juga mencoba naik Bus Highway Keisei dari Stasiun Tokyo. Haltenya bus highway ini berwarna merah muda/ pink dan ada di seberang pintu keluar sisi utara Stasiun atau gerbang Yaesu (ada pusat perbelanjaan Daimaru).

Ongkos tiket naik bus ini juga murah banget. Cukup dengan 900 yen (jika melakukan reservasi terlebih dahulu) atau 1.000 yen (tanpa reservasi), atau 950 yen jika menggunakan kartu SUICA/ PASMO. Lama perjalanannya juga cuma 1 jam karena melalui akses tol dari Tokyo sampai ke Bandara Narita, ya seperti jalan Tol Sedyatmo yang ada di Jakarta gitu deh.

Untuk melakukan reservasi atau membeli tiket secara online (mulai dari 1 bulan sampai 2 hari sebelum rencana naik bus). Reservasi ini bisa dilakukan dengan mengunjungi website seperti J-Bus dan Rakuten (website dalam bahasa Jepang dan Inggris). Pembayarannya sendiri bisa dilakukan secara online dengan kartu kredit.

Tourist Information Center di Bandara Narita

Di Terminal 2 Internasional tersedia Tourist  Information Center Bandara Narita, teman-teman bisa memperoleh semua informasi terkait wisata, akomodasi, transportasi selama di Jepang. Bagian Informasi ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam (20.00) dan siap melayani atau menjawab pertanyaan teman-teman. Tidak perlu takut, para pegawai di sini bisa bahasa Inggris, Chinese, dan Korea. Selain itu, tersedia layanan komputer dan internet Wi-Fi gratis bagi para turis.

PROMO HOTEL DI DEKAT NARITA AIRPORT/ NISHI NIPPORI (Naik kereta Keisei ke Narita)
(Diupdate otomatis)

Booking.com
Booking.com

Hotel-hotel di dekat Narita

Jika teman-teman mendarat di Narita tengah malam atau berangkat pagi hari, Tim Info Jepang menyarankan untuk menginap di hotel-hotel dekat Bandara. Meskipun Bandara beroprasi selama 24 jam, namun transportasi dari/ ke Narita tidak 24 jam. Biasanya hanya sampai tengah malam, dan baru mulai kembali sekitar jam 05.00 pagi.

Saat malam hari, jika ingin ke Tokyo dengan menggunakan taksi biayanya sangat mahal (bisa mencapai 2.500-3.500 yen). Lebih baik untuk mengambil kamar hotel baru berangkat pagi harinya. Jika mengambil penerbangan pagi, harap diperhatikan bahwa bus/ kereta biasanya baru tiba di Narita mulai jam 05.00 pagi. Berikut ini hotel-hotel di sekitaran Bandara Narita yang bisa menjadi pilihan teman-teman.

  1. Narita Airport Rest House (100 meter dari Narita dan terhubung dengan Terminal 1, reguler)
  2. Narita Tobu Hotel Air Port (800 meter dari Narita, naik taksi sekitar 1.000 yen)
  3. Hotel Nikko Narita (1 kilometer dari Narita naik taksi sekitar 1.200 yen)

Informasi Lebih Lanjut

Website Offisial Narita Airport www.narita-airport.jp/en/index.html
Sumber Gambar : cocolog-nifty.com, ryugaku-webdirect.com, blog livedoor, taiken.in, yahoo blog, jonasun.com, ama.no-ip.org, tkss.jp

Recommended for you

Last modified: November 29, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (4)

  1. mieke utami santoso  |  

    bila ingin ke tokyo tower harajuku d Sumido park sebaiknya menggunakan kartu apa ?? berapa biayanya ? untuk city tour yg murah hanya ke tokyo tower sky tree menggunakan tour apa d berapa biayanya ?? trims

    • Info Jepang  |  

      Sama-sama. Informasi memang ditujukan untuk membantu teman-teman dari Indonesia yang hendak berlibur ke Jepang

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan