Danau Biwa

Home / Attraction / Danau Biwa
Item image

Danau Biwa atau Biwako adalah danau terbesar yang ada di Jepang. Letaknya ada di Prefektur Shiga, di sebelah timur Prefektur Kyoto. Nama Biwako mulai dikenal pada periode Edo, dari tulisan seorang pendeta Buddha mengenai danau suci yang disinggahi Dewi Benzaiten yang bentuknya menyerupai alat musik favoritnya, yakni biwa. Sejak saat itu, danau yang terletak di Prefektur Shiga ini mulai dikenal dengan Danau Biwa. Selain terkenal karena hampir selalu ditemukan di dalam literatur sejarah Jepang, danau ini juga dikenal dengan keindahan pesona alamnya. Simak kunjungan saya berjalan-jalan ke kota Otsu, kota di sisi selatan danau saat kami menonton Festival kembang api Biwako awal bulan Agustus kemarin.

Danau Biwa punya luas sekitar 670 km persegi, atau hampir 3 kali lipat Danau Kasumigaura yang adalah danau terbesar kedua di Jepang. Sungai Uji bermuara dari danau ini bergabung dengan sungai Katsura dan Kizu menjadi Sungai Yodo yang membelah kota Osaka. Selain jadi sumber air baku untuk hampir 18 juta penduduk di wilayah Kansai dan sekitarnya, Danau Biwa juga jadi tempat budidaya ikan trout air tawar dan mutiara.

Kegiatan Seru yang bisa dilakukan di Danau Biwa

1. Naik kapal sightseeing cruise berkeliling danau

Ada beberapa kapal yang dioperasikan oleh penduduk lokal, di antaranya kapal Michigan dan Bianca, di mana kita bisa menikmati keindahan danau lebih dekat. Tur berkeliling di malam hari lengkap dengan makan malam romantis sangat cocok buat teman-teman yang pergi bersama dengan pasangan atau keluarga. Kapal-kapal ini bisa kita temukan di dermaga Otsu atau Hikone.

Kapal sightseeing Michigan di Danau Biwa

Kapal sightseeing Michigan di Danau Biwa

2. Melihat pemandangan matahari terbenam di Danau Biwa

Selain itu, kita juga bisa mampir ke Omimaiko yang terletak di sisi timur Danau Biwa. Dengan hamparan pantai panjang, kita bisa berjalan santai menyusuri pinggir danau. Suasana pantai yang cukup sepi juga jadi tempat yang pas buat teman-teman yang ingin bersantai atau “lari sebentar dari kesibukan Jepang” atau yang ingin menikmati panorama alam di tengah kesendirian. Di sore hari, kita juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Danau Biwa yang indah. Pantai Omimaiko bisa dicapai dari Stasiun Kyoto dengan kereta JR Kosei Line selama 45 menit dengan ongkos 670 yen. Pantainya sendiri bisa dicapai dengan berjalan kaki 5 menit dari Stasiun Omimaiko.

3. Menonton Biwako Dai Hanabi Taikai

Festival Kembang Api Danau Biwa atau Biwako Dai Hanabi Taikai disebut-sebut sebagai salah satu festival hanabi (festival kembang api) terbaik di wilayah Kansai. Tidak heran, lebih dari 350 ribu pengunjung akan datang berduyun-duyun ke area sekitar Danau Biwa untuk menyaksikan keindahan festival kembang api ini.

Dalam festival kembang api Biwako ini, kita bisa melihat pemandangan 10 ribu kembang api aneka warna dan bentuk yang ditembakkan di atas permukaan Danau Biwa. Keindahan pemandangan terkagum-kagum melihat keindahan langit selama 1 jam penuh. Termasuk acara penutup yakni kembang api raksasa dengan diameter 50 meter. Luar biasa!

4. Berkeliling kota Otsu

Otsu terletak di bagian selaran-barat daya danau dan merupakan ibukota Prefektur Shiga. Beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi di Otsu antara lain:

  1. Kuil Miidera, kuil Buddha ini terkenal dengan lonceng raksasa Omi Hakkei.
  2. Kuil Omi-Jingu, kuil Shinto ini dibangun untuk menghormati Kaisar Tenji yang terkenal dengan festival jam air.
  3. Taman Nagisa Lakeside, taman indah yang terletak di tepi Danau Biwa. Kita bisa berjalan santai sambil merasakan tiupan angin dan pemandangan birunya danau.
  4. Kuil Ishiyama-dera yang terkenal dengan bangunan pintu gerbang Sanmon yang megah dan Pagoda Tahoto.

5. Bermain ski di Biwako Valley Resort

Buat teman-teman yang sedang ada di Kyoto atau Osaka di musim dingin dan ingin mencoba bermain ski, bisa mencobanya ke Biwako Valley Resort. Resort bermain ski ini buka dari minggu ketiga Desember sampai awal April setiap tahunnya.

TICKET PRICETICKET TYPEHARI BIASAAKHIR PEKAN/HARI LIBUR
1-Day ticketDewasa¥3,900¥4,100
Anak (3-12 tahun)¥3,100¥3,300
Half Day Ticket
jam 08:30-13:30 atau
jam 12.00-17.00
Dewasa¥3,100¥3,600
Anak (3-12 tahun)¥2,500¥2,900

Selain itu, teman-teman tidak perlu repot membawa atau mempersiapkan perlengkapan untuk bermain ski. Ada toko yang menyewakan peralatan ski atau snowboard di sini. Dari Otsu, teman-teman bisa naik kereta JR Kosei sampai Stasiun Shiga. Setibanya di Stasiun Shiga, kita tinggal berjalan kaki ke Resort Ski Biwako Valley.

Di luar musim dingin atau salju, Biwako Valley jadi area taman bermain alam yang seru. Kita bisa naik kursi gantung atau gondola dan menikmati pemandangan lembah dan juga Danau Biwa. Beberapa permainan yang menguji adrenalin seperti flying fox atau zip lining yang sangat terkenal di kalangan wisatawan internasional. Pokoknya, dijamin kita bakalan enjoy deh!

Biwako Valley di musim panas

Biwako Valley di musim panas

Akses menuju Danau Biwa dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Kosei Line sampai di Stasiun Otsukyo yang terletak di pusat kota Otsu. Lama perjalanan sekitar 12 menit dengan ongkos 240 yen. Baca juga: Akses ke Kyoto.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik kereta JR Biwako Line dari Stasiun Kyoto sampai di Stasiun Zeze. Lama perjalanan sekitar 12 menit dengan ongkos 240 yen. Setelah itu, kita pindah ke stasiun Keihan Zeze, lalu naik kereta jalur Keihan Ishiyama Sakamoto Keishin sampai ke Stasiun Hamaotsu yang terletak di tepi dermaga Otsu. Lama perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 170 yen.

Cheap Hotels near Lake Biwa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Hana
47 km away
Guest House Hana
from ¥3211/night
Lake Biwa Otsu Prince Hot
46 km away
Lake Biwa Otsu Prince Hotel
from ¥14090/night
Hotel Tetora Otsu Kyoto
47 km away
Hotel Tetora Otsu Kyoto
from ¥10049/night
Calendar Hotel
47 km away
Calendar Hotel
from ¥5491/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Ryoanji
54 km away
Taman Kuil Ryoanji di Kyoto
Kuil Tenryuuji
58 km away
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto
Kuil Shimogamo
50 km away
Sakuramon di Kuil Shimogamo
Kuil Tofukuji
55 km away
Gerbang Sanmon di Kuil Tofukuji

Sumber gambar: Flickr 淳平 筈井Jose CruzBill Hailsgo.biwako


Recommended for you


Last modified: September 5, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (8)

  1. Siang pak, ada yang ingin saya tanyakan dengan rute seperti ini apa saya perlu membeli JRpass? jika perlu beli JRpass yang mana?
    Jika sudah ada JRpass, apakah perjalanan dengan subway/bus dalam kota juga sudah tercover?
    Day 1: Kansai airport -> osaka namba
    Day 2: Osaka
    Day 3: Osaka
    Day 4: Osaka -> Kyoto
    Day 5: Kyoto -> Biwako Valley (Shiga st.)
    Day 6: Kyoto -> Tokyo
    Day 7: Disney sea
    Day 8: Tokyo
    Day 9: Tokyo
    Day 10: Tokyo -> Narita
    Tolong dibantu sarannya, terima kasih banyak pak

    • Nugroho Christian  |  

      Karena hanya ada satu rute searah dari Osaka/Kyoto ke Tokyo, tidak perlu membeli JR Pass pak. Bapak bisa membeli Kartu ICOCA untuk mempermudah pembayaran tiket kereta selama di Jepang dan membeli tiket kereta Shinkansen secara langsung atau ketengan. Salam.

  2. selamat pagi pa Nugroho…saya mau menanyakan apakah perlu beli JR KANSAI Pass dengan itenerary sebagai berikut atau bapak ada saran lain pass apa yang harus saya beli

    day 1
    9.20 tiba di kansai airport
    langsung menuju kyoto
    checkin hotel
    biwako valley
    balik ke hotel di dekat kyoto station

    day 2
    fishimi inari
    arashiyama bamboo groves
    gion district
    kiyomizudera (kalau keburu)

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk perjalanan hari pertama Kansai Airport-Kyoto-Resort Ski Biwako Valley-Kyoto, bisa menggunakan Kansai Pass versi satu hari.
      Sebab akan sangat menguntungkan. Sedangkan untuk hari keduanya cukup menggunakan one day bus pass Kyoto.
      Salam

    • Selamat sore pa, maaf tanya lagi nih kalau osaka enjoy eco card yg 800yen itu bisa semua subway itu sudah termasuk kereta JR apa tidak

      thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Enjoy Eco Card hanya mengcover kereta subway Osaka dan bus kota Osaka saja.
      Kereta seperti Nankai, Keihan, Kintetsu dan JR tidak tercover. Salam

  3. Selamat malam, saya berencana Januari 2017 ke biwako valley untuk main ski, di web tertulis rutenya naik JR Tokaido-Sanyo line dan Kosei Line. Apakah kedua line itu bisa menggunakan suica untuk pulang pergi atau saya perlu membeli JR Pass, dan apakah ada JR Pass yang bisa dipakai hanya untuk satu kali rute pulang pergi Osaka-Shiga? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Vanessa, Biwako (Danau Biwa) bisa kamu capai dengan naik kereta dari Kyoto/Osaka. Harganya juga murah. Rasanya bisa dengan suica atau beli tiket ketengan pun tidak apa-apa. JR Pass harganya 29.020 yen, dan baru akan untung kalau ada perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka PP. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!