Kuil Atsuta

Home / Temple / Kuil Atsuta
Item image

Kuil Shinto Atsuta di Nagoya adalah salah satu kuil Shinto terbesar dan terkenal yang ada di Jepang. Ada lebih dari 9 juta orang yang mengunjungi kuil ini setiap tahunnya, terutama di masa awal tahun baru, di mana orang-orang dari seluruh area Chubu (wilayah Jepang tengah) berkumpul dan berdoa bersama. Kuil Atsuta dibangun sebagai tempat kediaman roh Atsuta no-Ookami, dan juga untuk lima dewa lainnya. Atsuta no-Ookami dipercaya oleh kepercayaan Shinto sebagai roh yang memberkati kehidupan manusia. Selain itu, di Kuil Atsuta juga disimpan pedang suci Kusanagi-no-tsurugi yang termasuk ke dalam harta karun Jepang. Kuil bersejarah yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun ini juga memiliki taman indah. Simak laporan perjalanan Tim Info Jepang mengunjungi Kuil Atsuta di Nagoya ini.

Kegiatan Seru Mengunjungi Kuil Atsuta Nagoya

1. Melihat koleksi benda bersejarah di Bunka-den

Bunka-den atau Treasure Hall adalah bangunan terbesar kedua di kompleks Kuil Atsuta setelah bangunan utama kuil yang digunakan sebagai tempat beribadah dan upacara keagamaan Shinto. Di Bunka-den kita bisa melihat lebih dari 4.000 benda-benda bersejarah, seperti patung, peralatan makan, dan lukisan dan pajangan dinding berusia ribuan tahun. Selain itu, ada koleksi pedang dan pakaian serta topeng yang digunakan dalam tarian kuno kepada roh dan dewa-dewa.

Kuil Atsuta di Nagoya

Kuil Atsuta di Nagoya

2. Melihat pohon Camphor raksasa berusia ribuan tahun

Tidak jauh dari bangunan Bunka-den, kita bisa melihat pohon Camphor besar yang berusia lebih dari 1000 tahun. Beberapa sumber menyatakan, pohon ini sudah ada sejak bangunan utama kuil selesai dibangun dan terus tumbuh sampai hari ini. Karena ukurannya yang “besar”, kita bisa melihat sekaligus berfoto dengan latar belakang pohon bersejarah ini.

3. Menikmati keindahan taman dan kolam Magatama-Ike

Kompleks Kuil Atsuta cukup luas. Mungkin sekitar 10 hektar menurut perhitungan saya, dan mayoritas adalah taman terbuka. Kita bisa berkeliling taman, melihat pepohonan dan bunga-bunga yang ditanam rapi. Orang-orang Jepang percaya bahwa keberadaan taman di area kuil akan mempermudah kita dalam berkonsentrasi dan memusatkan pikiran sebelum beribadah. Nah, meskipun mungkin kita tidak beribadah di kuil, namun kita tetap bisa menikmati keindahan taman di sini. Selain itu ada kolam Magatama-Ike yang lokasinya tidak jauh dari pohon Camphor raksasa.

4. Coba ramen tradisional Nagoya yang lezat

Masih di dalam kompleks Kuil Atsuta, kita bisa mengunjungi restoran Miya Kishimen dengan menu Kishimen Noodles (mie Kishimen) yang terkenal lezat. Setelah puas berkeliling area kuil, kita bisa berkunjung dan mencoba menikmati mie di restoran ini sambil menikmati pemandangan taman kuil yang indah. Selain itu, di restoran ini kita juga bisa membeli beberapa suvenir seperti jimat dan kertas-kertas berisi doa atau ucapan selamat.

Akses menuju Kuil Atsuta

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta Meitetsu Nagoya Line lalu turun di Stasiun Jingumae. Lama perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 230 yen. Lokasinya Stasiun Jingumae berada persis di seberang kompleks kuil, namun kita harus berjalan kaki sekitar 3 menit untuk mencapai pintu masuk kuil.

Cheap Hotels near Atsuta Shrine [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
6 km away
APA Villa Hotel Nagoya-Ma
5 km away
from ¥6002/night
Hotel Sunroute Plaza Nago
6 km away
from ¥7000/night
Guest House Wasabi Nagoya
5 km away
from ¥4000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Legoland Nagoya
10 km away
Pintu masuk Legoland Nagoya Jepang
Obara Shikizakura
36 km away
Obara Shikizakura
Museum Kereta Nagoya
10 km away
Koleksi kereta-kereta Museum Kereta Nagoya
Kuil Atsuta
0 km away
Kuil Atsuta di Nagoya

Sumber gambar: Flickr nekotank


Recommended for you


Last modified: February 24, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!