Tsukiji Market

Home / Attraction / Tsukiji Market
Item image

Pasar Tsukiji atau Tsukiji Market sebenarnya adalah pasar buah, sayuran dan ikan tradisional terbesar di Tokyo dengan lebih dari 450 jenis barang. Namun, bagi masyarakat Tokyo dan Jepang, Tsukiji Market adalah surganya pecinta ikan. Pasar ini menampung kurang lebih 2.000 ton hasil laut dan 1.000 ton sayuran dan buah-buahan perhari dari seluruh pelosok daerah dan didistribusikan ke pasar-pasar dan restoran sekitar Tokyo setiap paginya. Mengunjungi Pasar Tsukiji hampir selalu ada dalam daftar itinerary liburan di Tokyo. Mengapa? Karena Pasar Tsukiji ini adalah pasar ikan terbesar di Jepang, bahkan di dunia. Rencana penutupan Pasar Tsukiji mulai 2018, membuat kita hanya tinggal punya waktu sedikit lagi untuk bisa mengunjungi dan merasakan suasana “pelelangan ikan” yang terkenal di Tsukiji yang lama. Menutup lebih dari 400 tahun sejarah panjangnya dan pindah ke tempat yang baru.

Pasar Tsukiji akan ditutup penuh dan berpindah ke Pasar Toyosu mulai 06 Oktober 2018. Pasar Tsukiji akan tutup penuh tanggal 6 Oktober 2018, para pedagang kemudian akan berpindah pada 7-10 Oktober 2018, dan Pasar Toyosu akan mulai dibuka pada 11 Oktober 2018. Pasar Tsukiji baru di Toyosu ini bisa dicapai dengan jalan kaki 5 menit dari Stasiun Shijo-mae di jalur kereta Yurikamome dari Shimbashi-Odaiba, atau dari Stasiun Toyosu di jalur kereta subway Yurakucho Line.

Informasi tentang Pasar Tsukiji yang baru

Di tempat yang baru terpisah sekitar 2 kilometer dari Pasar Tsukiji yang lama, telah disiapkan 3 gedung besar yang terhubung satu sama lain dan Shijo-Mae Station (jalur Yurikamome Monorail). Satu gedung adalah untuk buah dan sayur, sedangkan 2 lainnya adalah untuk ikan dan hasil laut. Satu yang membedakan dengan pasar tsukiji yang lama adalah sudah disiapkan jalur khusus untuk pengunjung yang ingin melihat suasana pelelangan, jadi tidak perlu masuk ke dalam area pelelangan dan mengganggu penjualan hasil laut. Di area lama, untuk mengantisipasi gangguan ini, maka pengunjung yang ingin melihat pelelangan ikan dibatasi dalam 2 shift dengan masing-masing shift 50-60 orang.

Kegiatan di Pasar Tsukiji

Kegiatan pelelangan sayur, buah-buahan dan hasil laut berlangsung pada pagi-pagi buta. Barang-barang kebutuhan pokok akan mulai berdatangan dari pukul 17.00 hingga pada 03.00 dini hari. Pelelangan akan berlangsung selama dua jam sampai pukul 05.00 pagi, dan barang-barang akan mulai didistribusikan dengan truk-truk ke daerah-daerah sekitar Tokyo mulai dari pukul 05.00 hingga 08.00 pagi. Di atas 08.00, restoran-restoran dan rumah makan di sekitar Pasar Tsukiji akan mulai buka dan menyediakan makan pagi untuk para pekerja di Pasar Tsukiji juga para wisatawan yang datang pagi hari hingga kira-kira jam makan siang. Barulah setelah makan siang, Pasar Tsukiji ditutup untuk dibersihkan dan mempersiapkan untuk besok harinya.

Di pasar ini kita bisa melihat berbagai macam hasil laut yang segar-segar. Tidak hanya itu, kita juga bisa mencicipinya langsung di Tsukiji Market karena ada banyak restoran yang menyediakan menu makanan ikan dan seafood segar.

Yang paling terkenal dari Tsukiji Market di Tokyo adalah pelelangan ikan. Kita bisa melihat para pembeli ikan tuna 200 kilogram yang berteriak-teriak dengan ucapan isyarat tertentu untuk dapat memenangkan lelang. Keriuhan dan teriakan inilah yang sering memukau para turis hingga rela bangun pagi sekitar jam setengah lima untuk melihat pelelangan di pasar ikan pertama di dunia ini. Untuk kamu yang merencanakan perjalanan ke Jepang dan ingin mengunjungi Tsukuji Market ini, perlu berhati-hati karena tempat ini sangat ramai oleh para pembeli ikan dan juga truk-truk pengangkut hasil laut. Catatan: Mulai tanggal 30 September, bagian dalam Tsukiji Market (area pelelangan ikan) sudah ditutup untuk umum.

 Karena satu dan lain hal, proses pemindahan Pasar Tsukiji atau Tsukiji Market ditunda oleh pemerintah kota Tokyo sampai waktu yang belum ditentukan. Hingga waktunya nanti, kegiatan di Pasar Tsukiji akan berjalan seperti biasa. Kemudian setelah dipindah, seluruh kegiatan jual-beli ikan dan produk sayur mayor lainnya akan dipindahkan ke Toyosu Fish Market atau Pasar Ikan Toyosu. Pasar Toyosu ini jauh lebih besar dan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Lokasinya di distrik Koto Tokyo.

Setelah puas berkeliling dan melihat “sibuknya” Pasar Tsukiji, teman-teman bisa lanjut berjalan kaki menyeberangi Sungai Sumida ke Tsukishima. Di Tsukishima, kita bisa menikmati beragam makanan khas Jepang seperti okonomiyaki dan monjayaki. Wah, kenyang banget deh!

Akses Menuju Tsukiji Market Tokyo

Dari Shinjuku Station naik subway Toei Oedo Line sampai ke Tsukiji Shijou Station. Waktunya sekitar 20 menit dengan ongkos 270 Yen. Dari Tsukiji Shijou Station berjalan kaki sekitar 10 menit.

Dari Tokyo Station naik kereta JR Musashino Line ke Hachobori lalu pindah ke Subway Hibiya Line, dan ambil kereta Tokyo Metro Hibiya Line ke Tsukiji Station. Ongkosnya 300 Yen dengan durasi 10 menit.

Informasi Penting Waktu Berkunjung ke Tsukiji Market

  1. Tsukiji market tutup pada hari Rabu (satu atau dua kali dalam sebulan), Minggu, Hari besar nasional dan tahun baru. Karena aktivitas pasar yang super sibuk, ajak kenalan yang mengerti bahasa Jepang supaya bisa menuntun di Tsukiji Market Tokyo ini. Jangan lupa baca papan aturan yang terletak di banyak area di Tsukiji Market ataupun selebaran yang dibagikan dengan gratis di dekat area Tsukiji Market. Beberapa peraturan antara lain kita tidak boleh membawa makanan atau minuman ke dalam area pasar (terkait dengan kebersihan ikan dan hewan laut). Selain itu, kita juga tidak boleh memotret atau berfoto di dalam pasar.
  2. Kita bisa melihat langsung pelelangan tuna segar yang dilangsungkan hampir tiap hari. Untuk itu diperlukan reservasi terlebih dahulu. Kegiatan pelelangan terbuka untuk umum hanya 2 putaran pada 05.25 dan 05.50 masing-masing untuk 60 orang sehingga totalnya 120 orang saja. Siapa yang mengantri lebih dulu akan bisa mendapatkan tiket reservasi, oleh karena itu banyak orang yang mengantri sejak dini hari (dari jam 03.00 bahkan 02.15!). Kalau teman-teman berniat untuk melihat acara pelelangan ikan, hanya ada 2 pilihan, pilih hotel yang dekat Ginza atau Tsukiji atau membayar sedikit mahal untuk ongkos taksi ke pasar Tsukiji. Karena jam 03.00 pagi, kereta maupun bus belum beroperasi.
    Gabung dalam Tour Tsukiji Market
    dan Sushi Workshop
  3. Yang ingin mengunjungi pasar ikan dan menyantap sarapan seafood segar di Tsukiji Market, bisa datang setelah jam 9 pagi. Kita tentu akan sulit memilih menu nama-nama ikan yang tersaji dalam bahasa Jepang (ada beberapa dalam bahasa Inggris). Untuk itu, tips dari Tim Info Jepang ngomong saja kepada petugasnya “omakase“, atau menunya terserah pembuat. Dengan menu “omakase” kita akan mendapatkan semua jenis ikan segar dalam ukuran kecil-kecil, sehingga sangat menguntungkan tanpa perlu ribet menanyakan ini dan itu.
  4. Jangan berjalan secara bergerombol karena bisa mengganggu laju kendaraan pengangkut ikan yang ada disana. Lebih baik datang bersama dengan kenalan atau kerabat saja.
  5. Peta Tsukiji Market Tokyo bisa didownload di sini.

Galeri Foto Tsukiji Market Tokyo

Stasiun Tsukiji Market Tokyo

Stasiun Tsukiji Market Tokyo

Tsukiji Market Tokyo

Tsukiji Market Tokyo

Informasi lebih lanjut : Website Official Tsukiji Market

Tour di Tokyo

Tokyo Sky Tree di malam hari

Berkendara dengan bus mengunjungi Taman Istana Kaisar, National Diet Building atau Gedung DPR Jepang, State Guest House, Ginza, dan Akihabara, Asakusa dan Kuil Sensoji serta berjalan di Nakamise-dori yang penuh dengan toko suvenir dan oleh-oleh. Terakhir, menikmati panorama kota yang indah dari Tokyo Skytree.


Tur berkeliling di pasar ikan terbesar di pusat kota Tokyo yakni Tsukiji Market. Selain itu, teman-teman bisa belajar cara membuat sushi langkah demi langkah bersama dengan koki terkenal dan menyantapnya untuk makan siang.


Pergi ke Tokyo Tower

Melihat pemandangan Kota Tokyo dari dek observasi di Tokyo Tower, makan siang dengan menu Jepang di restoran Chinzanso. Dilanjutkan dengan mengelilingi taman dan halaman luar Istana Kaisar Jepang (Imperial Palace), lalu menyusuri Sungai Sumida dengan kapal menuju Asakusa dan Kuil Sensoji. Di akhir tour mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan Ginza.


Malam hari di Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Menikmati pemandangan kota Tokyo dari Tokyo WTC, lalu menuju Tokyo Bay untuk kemudian naik perahu menyusuri Sungai Sumida sampai ke Asakusa dan mengunjungi Kuil Sensoji yang terkenal. Di akhir tour akan mengunjungi pusat perbelanjaan Ginza.


Tour malam di Tokyo

Mari coba merasakan kebiasaan pekerja atau karyawan di Tokyo malam hari atau selepas pulang kantor. Menikmati makanan-makanan pinggir jalan khas Jepang yang murah namun lezat yang dimasak di depan langsung di depan kita.


Pergi ke Tokyo Tower

Nikmati pemandangan pagi dari dek observasi di Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Kaisar Jepang, ke Asakusa dimana kita bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir, serta mengunjungi Kuil Buddha tertua Kuil Sensoji.

Cheap Hotels near Tsukiji [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

InterContinental Tokyo Ba
2 km away
InterContinental Tokyo Bay
from ¥18700/night
Grand Pacific Le Daiba
5 km away
Grand Pacific Le Daiba
from ¥14900/night
Hilton Tokyo Odaiba
4 km away
Hilton Tokyo Odaiba
from ¥26600/night
Hotel Trusty Tokyo
4 km away
Hotel Trusty Tokyo Bayside
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Shinjuku Gyoen
6 km away
Panorama khas Inggris di Taman Shinjuku Gyoen
Shops and Restaurants Aqu
4 km away
Suasana Aqua City di Odaiba dekat dengan gedung Fuji TV
Istana Kekaisaran Jepang
2 km away
Istana Kekaisaran Jepang dari Meganebashi
Shops and Restaurants Oda
4 km away
Tampak luar Odaiba Decks

Recommended for you


Last modified: January 9, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (55)

  1. Selamat pagi mas nugroho.
    Ini itin saya:
    Day 1 : haneda – asakusa – nakamise street- kuil sensoji- tokyo skytree
    Day 2 : disneysea
    Day 3 : tsukiji market – shibuya – harajuku
    Day 4 : kawaguchiko-osaka
    Day 5 : osaka castle- shinsaibashisuji- dotonbori- umeda sky building
    Day 6 : universal
    Day 7 : explore kyoto pakai one day bus pass
    Day 8 : back indo
    Info: hotel tokyo daerah dekat sta. Asakusa
    Hotel osaka daerah dekat sta. shin-fukushima
    Pertanyaannya:
    Bagusnya saya pake pass apa tiap harinya ya??

  2. Selamat malam mas Nugroho,
    Ini pertama kali saya ke jepang dengan keluarga dan saya masih bingung untuk menentukan transportasi apa yg harus sy pilih krn sy lebih byk menghabiskan jln2 di daerah tokyo (seperti tsukiji market, tokyo skytree, dan paling jauh hanya ke Tokyo Disneyland)
    1. Apakah saya lebih baik membeli kartu suica/pasmo?
    2. Dimana tempat belinya apakah di bandara narita terminal 2 jual?
    3. Atau saya beli tiket satuan di stasiun

    • Selamat malam mas Nugroho,
      Ini pertama kali saya ke jepang dengan keluarga dan saya masih bingung untuk menentukan transportasi apa yg harus sy pilih krn sy lebih byk menghabiskan jln2 di daerah tokyo (seperti tsukiji market, tokyo skytree, dan paling jauh hanya ke Tokyo Disneyland)
      1. Apakah saya lebih baik membeli kartu suica/pasmo?
      2. Dimana tempat belinya apakah di bandara narita terminal 2 jual?
      3. Atau saya beli tiket sekali jln saja di stasiun ketika menuju ke tpt2 tertentu saja?

      Terima kasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, sepertinya ibu lebih baik membeli kartu Suica/Pasmo
      2. Bisa bu, ibu bisa membelinya di loket atau di vending machine.
      3. Bisa juga bu, namun karena dengan keluarga rasanya akan merepotkan membeli beberapa tiket setiap kali mau bepergian. Sebaiknya gunakan suica/pasmo saja. Salam.

  3. Siang Pak Nugroho,

    Mohon saran dan informasinya untuk itinerary saya berikut :
    2 Aug 2017 16:30 tiba di Haneda Airport – Menginap di Hotel daerah Shinjuku – Nakamise street
    3 Aug 2017 Tokyo Disneysea – back to Shinjuku
    4 Aug 2017 Shrines & Temples in Tokyo – Harajuku – Shibuya
    5 Aug 2017 Tsukiji Market – Akihabara – Skytree/Tokyo Tower
    6 Aug 2017 Kyoto and surrounding & menuju mt. Fuji
    7 Aug 2017 Iyashi no Sato – Kawaguchiko lake – kachikachi ropeway – check in at E*ne Guest house
    8 Aug 2017 Tensui Kawaguchiko/Fujiyama Onsen – ………….
    9 Aug 2017 10:15 to Haneda Airport off to Jakarta

    Kira-kira apakah perlu JR Pass atau jenis pass card lain, transportasi apa yang digunakan dan apakah rutenya sudah sesuai Pak?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Karena ada perjalanan ke Kyoto dan Gunung Fuji, maka akan naik shinkansen minimal 2 kali. Kalau seperti itu, JR PASS sudah balik modal Ibu.
      Salam

  4. Pak nugroho.

    Kalau saya mau ke disneyland dari shin okubo station, perlu ganti kereta 3 x. Belinya langsung dr shin okubo sampai mahaima atau beli per rute?

    Thanks
    Liany

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ibu naik kereta JR Yamanote Line (Shinjuku), JR Chuo/Ome Line (Tokyo), dan JR Keiyo Line (maihama), ibu cukup membeli tiketnya sekali, seharga 390 yen. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Kegiatan pelelangan terbuka untuk umum hanya 2 putaran pada 05.25 dan 05.50. Tapi ibu harus datang 1-2 jam sebelumnya karena hanya tersedia kursi/ tempat yang terbatas. Salam.

  5. Selamat siang Pak, saya ada rencana mau liburan ke tokyo bersama keluarga. Ada anak kecil dan manula 80th pakai kursi roda. Mohon saran transportasi apa yg cocok untuk kita selama di dalam kota maupun saat pindah kota. Terima kasih

  6. hi saya mau tanya
    saya mau ke tsukiji fish market tgl 4 mei 2017. di jepang libur nasional yah?
    apkah hari libur nasional tsukiji fish market ada buka?

  7. Selamat siang Pak Nugroho, pak mohon sarannya untuk itinerary ini apa sudah efektif atau bapak bisa kasih masukan .
    Hari 1 : Pagi tiba di Osaka ( osaka city tour )
    Hari 2 : Nara – Kobe
    Hari 3 : Kyoto ( menginap 1 malam di Kyoto )
    Hari 4 : Dari Kyoto menuju ke Shirakawago ( menginap 2 malam di Kanazawa )
    Hari 5 : City tour di Kanazawa
    Hari 6 : alpine route. sore langsung menuju ke Tokyo
    Hari 7 : Tokyo : Ibaraki, Tokyotower, Shibuya
    Hari 8 : Tokyo : museum doraemon, harajuku, ginza
    Hari 9 : Tokyo : tsukiji, akihabara, odaiba
    Hari 10 : tokyo ke Osaka
    Hari 11 :osaka to jakarta

    Sebaiknya saya beli JR pass atau Osaka Tokyo Hokuriku Arch Pass ya pak ? rencana pass ini saya akan aktifkan mulai hari ke 4 sd hari ke 10.
    Atau pak Nugroho ada masukkan pass apa yg sebaiknya saya pakai ?
    Kalau ada masukan itinerary boleh juga pak.
    Karena saya sebenarnya masih bingung apa sebaiknya di hari 1 dari Osaka saya langsung ke Tokyo kemudian ke alpine route, kanazawa, shirakawago,kyoto,nara-kobe, osaka atau itinerary seperti yang di atas.

    Terima kasih ya pak. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Sisca, karena ada ke Ibaraki, sebaiknya membeli JR Pass saja, karena itu jauh lebih untung ketimbang Tokyo Osaka Hokuriku Arch pass. Karena kamu akan PP dari Kansai, sebetulnya bisa dibalik-balik kok, yang penting perjalanan ke Alpine Route, Tokyo, Ibaraki dan kembali ke Osaka ada dalam masa aktif JR Pass. Salam.

  8. Pak Nugroho baik hati,
    Kalau mau beli Tokunai Pass dan Tokyo Metro 24 Hours
    di Shin Okubo Station ada ga ya Pak?
    Jadi harus belinya dimana ya Pak ?
    Thanks lho …..

  9. Maaf mas mau nanya, saya sampai Haneda jam 23.00 lalu mungkin akan menunggu bis atau kereta ke arah Tsukiji market yang paling awal.
    Mohon info rute dan jam pemberangkatan pertama bus dan kereta yang ke tsukiji, beserta perkiraan biayanya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tidak ada bus langsung ke Tsukiji Market dari Haneda. Yang paling dekat adalah naik Limousine Bus sampai ke Ginza Station seharga 1860 yen untuk dewasa dan 940 yen untuk anak-anak, kemudian bapak naik kereta subway Tokyo Metro ke Ginza, lalu ke Tsukiji Market.

      Sementara kalau mau naik kereta saja, bisa naik kereta Keikyu Line Airport Expresss pukul 05.26 sampai Higashi Ginza Station, kemudian pindah ke subway Tokyo Metro Hibiya Line sampai ke Tsukiji. Total ongkosnya 680 yen dan tiba di Tsukiji pukul 06.08. Salam

  10. Selamat siang Pak..
    Mau tanya kalau dari arah shinjuku st. mau ke tsukiji, turun dimana yang lebih dekat ke tsukiji marketnya, tsukiji st. atau tsukiji-shijou?
    Saya baca di atas, berarti tsukiji market memang baru buka sekitar jam 9 untuk turis ya Pak?
    Terimakasih ya Pak untuk bantuannya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tsukiji Market berada tepat di antara Tsukiji-Shijo Station dan Tsukiji Station.
      Jadi bisa dipilih mana stasiun yang ongkosnya lebih murah. Salam

    • tanya lagi ya pa, saya ke tsukiji cuma untuk makan sashimi aja sebetulnya, nah klo rumah makan sushi ini biasanya bukanya jam brp? sy pernah baca ktnya klo yg rumah makannya buka dr pagi?
      Makasih Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau ingin mencicipi sushi atau sashimi, ada banyak restoran sushi di Tsukiji Market.
      Namun kebanyakan hanya menyediakan menu makan siang dari pukul 10.30 dan menu makan malam.
      Kalau ingin pergi pagi-pagi, Ibu bisa ke restoran Sushi Zanmai yang buka 24 jam. Salam

  11. Selamat siang pak Nugroho, saya sudah membeli JR pass, tiba Haneda (2 orang) 29 Des.2016 jam 7 pagi. Rencana pagi sampai sore keliling Asakusa, Tsukiji market, Akihabara, Ginza dan Shinjuku, malamnya jam 18.00-19.00 naik bus dari Shinjuku ke Kawaguchiko (Kawaguchiko tinggal tidur).
    30 Des. 2016, pagi keliling Kawaguchiko sekitar 1-2 jam, selanjutnya ke Hakone (wisata Hakone loop) kalau memungkinkan sebelumnya singgah di Gotemba Premium Outlet. Sore/malam harinya dari Odawara kembali ke Tokyo naik Shinkansen dengan JR pass.

    Mohon info dan sarannya untuk beberapa pertanyaan berikut :
    1. Apakah saya bisa menggunakan Fuji Hakone Pass yang seharga 5.200 Yen (pass keberangkatan Odawara) dengan jadwa itinery tersebut.
    2. Apakah worthied beli Fuji Hakone Pass dibanding beli tiket ketengan.
    3. Jika tiba di Kawaguchiko malam hari jam 21.00 an (check in hotel Ichifujiko sebelum jam 22.00) apakah ada masalah dengan transportasi, keamanan atau lainnya ?
    4. Mohon saran/ masukkannya.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak, walaupun tiba jam 22.00 malam, Tim Info Jepang rasa Daerah Kawaguchiko pukul segitu pun tetap aman.
      Bagaimana penggunaan JR Pass Bapak? Apakah ada rencana ke kota lain? Apakah tidak bertabrakan dengan Fuji Hakone Pass?
      Jika menginap 2 malam, atau 3 hari di daerah Fuji dan Hakone, maka Fuji Hakone Pass dari Odawara bisa balik modal.
      Salam

    • Pak Nugroho, saya mau beli Fuji Hakone Pass dan sudah melihat webnya Odakyu, tetapi tidak ada pilihan untuk reservasi. Apakah team info jepang bisa bantu belikan ?

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa menghubungi via emailnya, atau kalau memang sempat bisa langsung ke loket penjualan tiket Fuji Hakone Pass di Shinjuku Station.
      Maaf kami tidak bisa membantu pembeliannya karena memerlukan dokumen seperti paspor dsb. Salam

  12. Terima kasih pak atas replynya.

    1. SUICA/PASMO Card itu apakah bisa digunakan untuk subway JR Line, Tokyo Metro Line dan Toei Line yang ada di Tokyo?
    2. Juga dengan ICOCA Card, apa bisa dipakai untuk seluruh subway line dan bus yang ada di Osaka dan Kyoto? Dan apabila kita beli Icoca cardnya di Osaka, apakah bisa menukarkan sisa depositnya di Kyoto?
    3. Untuk orang yang tidak pernah mendaki gunung, apakah trek Gunung Fuji memungkinkan untuk dicoba pak?

    Terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!