Menikmati Musim Semi di Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang >  Menikmati Musim Semi di Jepang

Musim semi yang mulai sekitar akhir bulan Maret, disambut orang-orang Jepang dengan gembira. Sebab musim dingin adalah pertanda hari-hari dingin dan mendung segera berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup-kuncup bunga pohon plum atau ume dalam bahasa Jepang. Dan setelah bunga pohon plum berakhir, muncul kuncup-kuncup bunga paling terkenal di Jepang yakni bunga Sakura.

1. Suhu Udara Musim Semi

Musim semi di Jepang berlangsung dari bulan Maret hingga Mei tiap tahunnya. Di bulan Maret suhu udara masih dingin berkisar antara 5 hingga 15 derajat celsius. Jadi ketika datang ke Jepang saat musim semi, Anda memerlukan persiapan pakaian hangat, seperti jaket berukuran sedang atau tebal. Di bulan April, udara mulai menghangat antara 10 hingga 20 derajat celsius. Nah, kamu bisa pakai pakaian modis di sini seperti kaos dipadukan dengan jaket tipis atau cardigan. Meskipun dingin di saat pagi dan malam, kita dapat beraktivitas santai di siang hari. Di bulan Mei suhu udara sekitar 18 hingga 25 derajat celsius, sangat pas ketika ingin berwisata dan jalan-jalan di Jepang. Bulan Mei ini hampir sama seperti jalan-jalan di Bogor atau di Bandung. Kamu bisa pakai kemeja atau kaos saja, gak perlu lagi pakai jaket atau cardigan. Namun, kalau kamu di Jepang di akhir bulan Mei, pastikan untuk membawa payung, karena akhir bulan Mei menjadi awal bulan penghujan di Jepang.

2. Kegiatan Menarik saat Musim Semi

Satu kegiatan wajib yang harus dilakukan saat datang di musim semi adalah melihat hanami atau saat bunga sakura mekar. Di Tokyo kita dapat melihat hanami sejak akhir bulan Maret hingga awal April. Bunga-bunga lainnya juga bermekaran hingga musim panas mendatang. Jadi kita dapat menikmati keindahan bunga-bunga bewarna-warni nan cantik di taman atau halaman-halaman kuil di seluruh wilayah Jepang

Bunga warna-warni di musim semi

Hanami memang di artikan sebagai melihat bunga, namun hal ini terbatas untuk bunga sakura saja. Mereka biasanya berkumpul bersama keluarga, teman, atau tetangga, lalu menggelar tikar di bawah pohon sakura sambil makan bento (bekal) serta minum bir atau sake.

Musim ini sangat dinanti, baik oleh orang Jepang maupun para wisatawan. Sebab musim semi ini adalah musimnya sakura. Media masa seperti televisi dan koran, lalu juga website Prakiraan cuaca Pemerintah Jepang mulai memberitakan mengenai waktu bunga sakura mekar. Perkiraan ini disebut Sakura Saizensen (garis terdepan Sakura). Daun-daun mulai muncul memenuhi ranting-ranting kering pepohonan. Suasana kehidupan mulai kembali pada musim semi.

Selain karena sakura yang mekar, musim semi juga menjadi favorit karena waktu inilah anak-anak sekolah mendapatkan libur musim semi. Liburan musim semi ini sama dengan libur akhir tahun pelajaran. Banyak orangtua yang berlibur bersama anak-anaknya menikmati kenaikan kelas. Lalu juga mahasiswa baru yang pergi liburan ke daerah universitasnya nanti. Para pekerja juga punya peluang mendapatkan liburan pada musim semi ini. Makanya bagi teman-teman yang punya kerabat di Jepang, lebih baik untuk berlibur pada musim semi sebab kita dapat berlibur bersama dengan keluarga.

tour online ads NEW1

Pada akhir April hingga awal Mei, ada lagi liburan panjang yang namanya Golden Week selama kurang lebih 8 hari (ditambah dengan cuti). Keluarga-keluarga dari Indonesia juga bisa datang pada waktu ini sambil menikmati keindahan negeri Jepang. Dibanding pergi pada bulan Maret, waktu liburan memang lebih panjang sehingga bisa lebih bersantai liburan. Namun ada juga kerugiannya. Pertama, harga tiket pesawat dan bus serta perjalanan wisata biasanya meroket naik sebab musim liburan. Selain itu, bunga-bunga biasanya sudah berguguran. Hanya di beberapa kebun bunga saja yang bunganya masih indah. Jadi bagi yang mengincar bunga sakura, saya menyarankan untuk tidak datang saat Golden Week namun pada sekitar akhir Maret dan awal April.

3. Makanan Lezat di Musim Semi

Batang bambu muda adalah makanan yang wajib dicoba saat musim semi. Tidak hanya itu, buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan sayur daun-daunan juga banyak dipanen sehingga harganya relatif lebih murah. Selain itu ada juga kue sakura-mochi, yang sangat sering dinikmati bersama saat hanami. Kue ini dibuat dari tepung terigu yang diberi pewarna pink (mirip warna bunga sakura), dan di tengahnya ada isian pasta kacang merahyang manis.

Makanan saat musim semi di Jepang

4. Festival yang bisa kamu ikuti saat Musim Semi

1. Festival Omizutori di Kuil Todaiji Nara

Omizutori diadakan di Kuil Todaiji, Nara. Biasanya diadakan di awal Bulan Maret selama dua minggu penuh. Yang menjadi daya tarik utama festival ini adalah penyalaan obor raksasa (Otaimatsu) setinggi hampir 8 meter. Saking besarnya, cahaya dari apinya bisa menerangi kawasan Kuil Todaiji. Obor-obor raksasa ini dipercaya dapat menerangi kehidupan selama setahun ke depan.

Omizutori di Kuil Todaiji

Festival Omizutori di Kuil Todaiji

2. Hanami di Kawazu Izu

Berbeda dengan mayoritas wilayah Jepang yang menikmati hanami bunga sakura di akhir Maret sampai awal April, kita bisa menikmati keindahan bunga sakura di Kawazu Izu sekitar pertengahan Februari atau satu bulan lebih cepat dari wilayah Jepang lainnya. Selain itu, bunga sakura di sini juga bisa bertahan cukup lama, yakni antara 3-4 minggu sampai pertengahan atau akhir Maret. Kamu bisa merasakan pengalaman berjalan terowongan bunga sakura terpanjang di Jepang saat hanami di sini.

3. Hanami di Tokyo dan kota-kota besar lainnya

Hanami sudah tentu jadi menu wajib saat liburan ke Jepang di musim semi. Tim Info Jepang sudah menuliskan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan musim semi dan hanami di Jepang.

Suasana hanami sakura di Taman Ueno Tokyo

Hanami akan dimulai di wilayah selatan Jepang yakni kepulauan Okinawa, dilanjutkan dengan Kawazu Izu di bulan Februari hingga awal Maret, lalu kota-kota besar di Pulau Honshu seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, Nagoya, Sendai, Hiroshima, hingga Akita.

Sakura saat musim semi di Jepang

Musim semi yang mulai sekitar akhir bulan Maret, disambut orang-orang Jepang dengan gembira. Sebab musim dingin adalah pertanda hari-hari dingin dan mendung segera berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup-kuncup bunga pohon plum atau ume dalam...

Menikmati keindahan bunga sakura di Festival Sakura Yoshino

Lebih dari 200 jenis dengan total lebih dari 30.000 pohon sakura yang tersebar di seluruh area Gunung Yoshino, spot hanami yang sudah terkenal di Jepang sejak jaman dahulu kala. Ada yang mengatakan bahwa orang mulai menanam pohon-pohon sakura di Gunung...

hanami bersama di shinjuku gyoen

Cherry blossom atau mekarnya Bunga Sakura adalah kebanggaan masyarakat Jepang. Kehadiran Bung Sakura sudah dinantikan bahkan dirayakan oleh orang-orang Jepang sejak ratusan tahun lalu. Melihat Bunga Sakura bersama-sama atau dikenal dengan Hanami kini juga...

Suasana Koinobori di Gunma Jepang

Koinobori adalah bendera berbentuk ikan koi yang dipasang di tiang panjang atau digantung pada seutas tali. Biasanya bendera ikan Koi (Koinobori) ini di taruh di depan rumah-rumah orang Jepang. Untuk yang tinggal di daerah pedesaan yang rumahnya berhalaman...

Bunga mawar mekar saat Festival mawar di Nabana no Sato

Buat teman-teman pecinta bunga-bungaan khususnya bunga mawar, festival bunga mawar Nabana no Sato adalah event wajib yang harus dikunjungi sewaktu liburan ke Jepang.

Sumber gambar : Ross Pollack, J M, David A. LaSpinaasukasou205200


Recommended for you

Last modified: August 18, 2017

Comments (29)

  1. Pagi pak , saya apakah trip tokyo osaka kyoto baiknya membeli jr pass atau tdk ? Dan saya sekalian ingin mengunjugi shirakawa

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sudah masuk musim semi Abigail, namun salju masih tersisa di awal bulan April. Salam.

  2. Salam kenal pak admin…..
    Saya rencana akan ke tonami tulip fair pada tgl 20 mei 2017, apakah saya masih bisa melihat tulip ? karena fair berlangsung dari tgl 21 april – 5 mei.
    Mohon infonya pak…
    Terima kasih

  3. Malam saya ingin bertanya tentang itinerary saya dan tolong berikan masukan dan juga moda transportasi yg efisien (saya berenca menggunakan JR PASS dan Fuji Hakone pass)

    11 April 2017
    Arrived NRT
    tokyo station
    ke ueno park dan explore sakura
    asakusa makan siang
    tokyo skytree
    shinjuku

    12 April
    Hakone – Fuji Kawaguchi

    13 April
    Kawaguchi Lake
    tokyo harajuku & shibuya

    14 April
    Gala Yuzawa

    15 April
    Kastil Hirosaki (liat sakura)

    16 April
    Tateyama Kurobe Alpine
    Back Tokyo

    17 April
    Shirakawa-Go
    Kyoto

    18 April
    Explore Kyoto

    19 April
    Back to Tokyo
    COLDPLAY at Tokyo Dome

    20 April
    Akihabara
    Ginza

    Nabana no Sato (nagoya)
    Osaka

    21 April
    explore osaka

    22 April
    explore osaka

    23 April
    Back to Indo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Masukan seperti apa yang bapak inginkan? Penggunaan JR PASS sudah baik kok. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau sudah musim semi sekitar bulan April, cukup membawa baju lengan panjang dan jaket biasa seperti yang di Indonesia.
      Tidak perlu jaket tebal atau syal. Salam

  4. Pagi pak nugroho, tolong info kalo dari apart dekat st nakatsu/shin osaka mau ke bandara Kansai naik taxi krn ber 4. Bgm cara mendptkan taxi? Thanks pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Silakan ke Umeda atau Osaka Station lebih dahulu, taksi bisa ditemukan dengan mudah di terminal bus di depan stasiun.
      Salam

  5. Malam pak..saya berencana tgl12-18 feb berlibur ke jepang dgn rute Osaka-Kyoto-Tokyo…saya slot waktu 1hari di tgl 16/17 bisa main salju,menikmati view gunung fuji,sekaligus melihat bunga bermekaran.kalau tdk salah pertenfahan feb ada bunga Sakura yg Sudah mekar y pak di izu atau matsuda kalau tdk salah..bunga plum pun Sudah ada yg mekar..menurut bapak rute yg tepat sekali jalan supaya bs main salju, lihat gunung fuji sekaligus melihat bunga yg mekar di taman seperti apa y pak..tks

    • Saya berencana ke fujiten…jika ingin melihat plum atau sakura mekar paling dekat kemana ya yg bs diakses kereta..tks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah Ibu berencana membeli pass tertentu?
      Bisa saja ke Resort Ski Fujiten, namun perjalanan PP dari Kawaguchiko menuju ke Fujiten harus menggunakan taksi. Lalu kalau ingin melihat sakura mekar di pertengahan Februari mungkin hanya bisa di Kawazu Izu.
      Tapi kalau memang berencana naik taksi PP ke Fujiten, tidak mustahil menjalaninya semua dalam satu hari Ibu. Salam

    • Slmt mlm pak..karena berencana ke fujiten saya berencana beli tokyo wide pass..
      Dr fujiten ke kawazu izu brp lama ya pak?bs diakses naik kereta kah? Lebih baik pagi ke kawazu izu terlebih dahulu atau fujiten dulu?jika dibandingkan ke matsudayama herb garden atau atami lebih efisien kemana pak?
      Terima kasih sebelumnya…website bpk sangat membantu saya utk membuat itinerary saya sekeluarga plus belajar tips2 yg hrs diketahui..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Sama saja mau ke Kawazu Izu atau Fujiten terlebih dahulu.
      Hanya perlu dicatat, kalau memang ingin naik kereta maka harus memutar lebih jauh dan perlu waktu tambahan 2,5 jam.
      Kalau ingin lebih cepat bisa naik bus lokal dari Gotemba langsung ke Kawaguchiko Station. Salam

    • Maksudnya pak dari stasiun kawazu naik kereta ke gotenba pak? Berapa lama jarak gotenba ke kawaguchiko lake pak?
      Dibandingkan dengan taman bunga atami apakah sama bagusnya pak dengan kawazu izu?saya lihat di peta atami lbh dkt ke tokyo dbanding kawazu ya pak..
      Saya lihat di hyperdia bs 1x naik dr tokyo naik ltd.odoriko ke kawazu..itu termasuk jr wide pass tidak ya pak?
      Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Iya dari Kawazu Izu bisa kembali ke arah Gotemba via Atami. Dari Gotemba naik bus lokal 70 menit sampai ke Kawaguchiko.
      Super Odoriko yang menghubungkan Tokyo dan semenanjung Izu semua ongkosnya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Salam

  6. Hallo infojepang.net…
    Minta masukannya dong. Saya sama istri rencana akan ke Jepang (first time) tanggal 7-21 Februari. Saya masuk di Tokyo dan pulang dari Kansai.

    Rencana saya akan ke Tokyo, Takayama, Shirakawa, Kyoto dan Osaka…

    Rute saya kemungkinan akan seperti ini
    – Menginap di Tokyo 4-5 malam
    – Menginap di Takayama 1 malam
    – Menginap di Shirakawago 1 malam
    – Sisanya akan menginap di Kyoto dan Osaka

    Yang saya mau tanya:
    – Apalah rute bermalam seperti itu sudah tepat? Atau ada masukan? Karena saya pikir si Kyoto dan Osaka agak kelamaan.

    – Dan utk transportasi, apakah peru beli JR Pass atau tidak? Karena saya bingung kalau tidak beli JR Pass, apakah tiket satuan shinkansen dari Tokyo-Takayama-Kyoto lebih murah ketimbang JR Pass yang 7 hari?

    Terimakasih

  7. Menarik membaca kegiatan musim semi. Saya pun baru pulang dari Jepang dan terima kasih melalui website ini saya bisa tahu tempat-tempat wisata dan aksesnya.

    • Info Jepang  |  

      Saat musim semi suhu udara sudah hangat, kita tidak perlu kuatir, bisa mengenakan pakaian seperti biasa di Indonesia dan bawa cadangan satu jaket lengan panjang. Jaket bisa dipakai apabila hari hujan dan suhu udara jadi sejuk.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!