Kansai Airport

Home / Airport / Kansai Airport
Item image

Kansai Airport (KIX) atau Bandara Kansai adalah salah satu bandara tersibuk di Jepang, setelah Haneda dan Narita. Bandara ini dibangun di pulau buatan (reklamasi) di atas Teluk Osaka dan mulai digunakan sejak tahun 1994, dan menggantikan Bandara Osaka yang sudah terlalu penuh. Kansai Airport (KIX) melayani penerbangan internasional maskapai JAL dan ANA, dan bandara transit bagi mayoritas penerbangan domestik khususnya ke wilayah selatan Jepang. Sudah ada juga penerbangan Jakarta-Kansai dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Jetstar, dan Air Asia. Tim Info Jepang menyarankan jika teman-teman ingin ke Osaka atau Kyoto, lebih bagus mengambil penerbangan ke Kansai karena jauh lebih dekat dibandingkan jika dari Tokyo.

1. Informasi mengenai Kansai Airport

Kansai Airport memiliki dua terminal. Terminal 1 yang berukuran luas, atau terminal utama melayani penerbangan domestik reguler dan internasional. Sementara terminal 2 yang selesai dibangun tahun 2012 ukurannya relatif kecil melayani rute penerbangan domestik murah atau LCC. Perlu diingat Kansai Airport berada jauh di selatan kota Osaka dan Kyoto, dan perlu jalur kereta memutar untuk dapat mencapai pusat kota. Waktu yang diperlukan untuk naik kereta sampai ke kota Osaka dan Kyoto kurang lebih sejam hingga 90 menit, jadi perlu dipikirkan matang-matang jika tiba di Kansai Airport malam hari atau berangkat pada pagi-pagi hari.

Bangunan Kansai Airport yang megah

Bangunan Kansai Airport yang megah

Dari Bandara Kansai, teman-teman bisa ke Osaka, Kyoto, Kobe, dengan kereta api atau bus dari Terminal 1. Lokasi stasiun berada di lantai 2 Terminal 1. Sementara jika menggunakan Terminal 2 (di mana maskapai Peach dan maskapai penerbangan murah lainnya berasa), teman-teman harus ke Terminal 1 baru kemudian naik bus transfer ke Terminal 2.

Bagi rekan-rekan muslim tersedia total 3 ruangan shalat di di lantai 4 bagian utara terminal 1 (dekat Gate 11), lantai 3 terminal 1, atau lantai 4 bagian selatan terminal 1 (dekat Gate 26). Buka dari jam 07.00-21.00. Juga ada total shower buka 24 jam dengan membayar uang koin yang terletak di lantai 2 bagian utara terminal 1 dan Aeroplaza di lantai 2. Harganya 500 yen/600 yen untuk pemakaian 15 menit. Tersedia juga handuk, sampo, conditioner, dan sabun mandi.

2. Transportasi ke Kota-Kota Besar dari dan menuju ke Kansai Airport

Transportasi ke Kyoto

1) Dengan menggunakan kereta limited express JR Haruka (warna putih biru)

Langsung, 70 menit, 1600-3500 yen, tersedia 2 kereta per jam
Perjalanan dari Kansai Airport ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu Icoca-Haruka (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

2) Dengan kereta cepat JR (warna silver)

1 Transfer, 100 menit, 1.880 yen, ada 4 kereta per jam
Untuk ke Kyoto, teman-teman bisa mengambil kereta cepat JR dari Kansai Airport, transfer di Stasiun Osaka, kemudian mengambil kereta JR Kyoto. Biaya tiketnya sebesar 1.880 yen, dan memakan waktu 100 menit.

3) Dengan kereta Nankai (warna biru tua) dan Hankyu

2 transfer, 120 menit, 1.600 yen, banyak kereta
Dari Kansai Airport, ambil kereta ekspress Nankai ke Stasiun Tengachaya (40 menit, harga tiket 920 yen), kemudian berpindah ke Sakaisuji Subway Line dan kereta Hankyu ke pusat Kyoto (60 menit, harga tiket 680 yen). Saat naik kereta Hankyu kita akan berpindah kereta di Stasiun Awaji, Ibaraki Shi, atau Takatsuki, namun masih menggunakan kereta Hankyu (teman-teman tidak perlu membeli tiket lagi).

4) Naik Bus

Di Kansai Airport tersedia Airport Limousine bus ke Stasiun Kyoto, Stasiun Nijo, Shijo Karasuma, sampai ke Stasiun Demachiyanagi. Lama perjalanan adalah 100 menit dengan harga tiket 2.550 yen.

5) Naik Taksi atau Mobil Sewaan

Karena jaraknya yang jauh dari Kyoto (hampir 40 kilometer), maka Tim Info Jepang tidak menyarankan naik taksi. Biaya taksi sampai ke Kyoto bisa mencapai 20.000-25.000 yen. Bisa juga dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat teman-teman yang datang dalam rombongan atau keluarga besar. Tersedia layanan penjemputan Bandara Kansai ke Osaka/ Kyoto dan sebaliknya.

Transportasi ke Osaka

1) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka (warna putih biru)
Langsung, 50 menit, 1.300-3.000 yen, tersedia 2 kereta per jam
Perjalanan dari Kansai Airport ke Stasiun Shin-Osaka dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 50 menit. Biayanya 2.330 yen untuk kursi biasa dan 3.000 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu ICOCA (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.300 yen. Ingat kereta limited ekspress JR Haruka tidak berhenti di stasiun Osaka, namun stasiun Shinkansen Shin-Osaka.

2) Dengan kereta cepat JR (warna silver)
Langsung, 70 menit, 1.190 yen, 3 kereta per jam
Jalur kereta JR sama dengan JR Haruka, teman-teman bisa mengambil kereta cepat JR dari Kansai Airport, dan turun di Stasiun Shin-Osaka. Biaya tiketnya sebesar 1.190 yen, dan memakan waktu 70 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka (yang juga dilalui kereta Shinkansen dari Tokyo dan Kyoto), kita tinggal naik kereta JR Kyoto Line selama 4-5 menit dengan ongkos 150 yen.

3) Dengan kereta Nankai (warna biru tua)
Langsung, 45 menit, 1.600 yen, banyak kereta
Dari Kansai Airport, bisa naik kereta Nankai Airport Express sampai ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 920 yen). Dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen.

4) Naik Bus

Di Kansai Airport tersedia Airport Limousine bus ke pusat kota Osaka dan berakhir di Stasiun Osaka. Lama perjalanan adalah 60 menit dengan harga tiket 1.550 yen.

5) Naik Taksi atau Mobil Sewaan

Karena jaraknya yang jauh dari Osaka (hampir 20 kilometer), maka Tim Info Jepang tidak menyarankan naik taksi. Biaya taksi sampai ke Kyoto bisa mencapai 10.000-15.000 yen. Bisa juga dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat teman-teman yang datang dalam rombongan atau keluarga besar. Tersedia layanan penjemputan Bandara Kansai ke Osaka/ Kyoto dan sebaliknya.

Transportasi ke Kobe

1) Dengan menggunakan kereta JR Kansai Airport (warna silver)
Transit 1 kali, 100-110 menit, 1710 yen (gratis dengan menggunakan JR Pass)
Dari Kansai Airport kita bisa naik kereta JR Kansai Airport sampai Stasiun Osaka. Lama perjalanan sekitar 70 menit. Di Stasiun Osaka, kita berpindah naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Kobe. Harga total tiketnya 1.710 yen dan masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass.

2) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka (warna putih biru)
Transit 2 kali, 80 menit, 2680-3960 yen, tersedia 4 kereta per jam
Perjalanan dari Kansai Airport ke Stasiun Shin-Osaka dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 50 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka, kita berpindah naik kereta JR Rapid for Himeji sampai Stasiun Kobe melalui Stasiun Osaka.  Total ongkosnya 2.680 yen untuk kursi biasa dan 3.960 yen untuk kursi pesanan (green car).

3) Naik Bus

Di Kansai Airport tersedia Airport Limousine Bus ke Stasiun Sannomiya Kobe. Lama perjalanan adalah 65 menit dengan harga tiket 1.950 yen.

3. Catatan penting mengenai Kansai Airport (Tiba Malam atau Terbang Pagi Hari)

Oiya, ini salah satu catatan penting mengenai Kansai Airport. Bandara ini memang beroperasi 24 jam, namun akses/ transportasi ke Osaka atau Kyoto di malam hari amat terbatas. Kereta terakhir ke Namba (selatan Osaka) berangkat pukul 23.40 yakni dengan kereta lokal Nankai atau bila menggunakan kereta cepat JR pukul 23.09 dan 23.32. Sementara itu, kereta terakhir ke Kyoto dan Shin-Osaka berangkat pukul 23.00.

Teman-teman yang tiba di Kansai dengan penerbangan pagi hari (sebelum 08:00) atau penerbangan malam (setelah pukul 23:00) hanya bisa menggunakan bus malam atau bus pagi dari/ ke Stasiun Osaka yang berangkat setiap jam. Hanya bus ini satu-satunya transportasi murah ke Osaka. Bisa juga naik taksi, hanya harganya mahal sekali (20.000-25.000 yen), dan tidak kami sarankan.

Berikut ini jadwal bus malam yang beroperasi dari Kansai Airport

Berikut ini jadwal bus pagi yang beroperasi ke Kansai Airport

  • tiba dari Stasiun Osaka jam 4:30 and 5:30, berangkat dari Osaka Station 03.28.
  • tiba dari Stasiun Namba jam 6:03
  • tiba dari Stasiun Kyoto jam 5:55, berangkat dari Kyoto Station 04.30
  • tiba dari Stasiun Kobe jam 5:55, berangkat dari Stasiun Kobe Sannomiya 04.50
  • tiba dari Stasiun Kobe jam 6:50, berangkat dari Stasiun Kobe Sannomiya 05.45

4. Hotel di sekitar Kansai Airport

Bagi yang tidak sempat naik kereta atau bus ke kota Osaka atau Kyoto bisa menginap di Kansai Airport. Kansai Airport memang terkenal dengan keramahannya bagi para backpacker, di mana tersedia banyak tempat duduk yang bisa digunakan untuk rebahan tidur malam. Selain itu, banyak minimarket yang buka 24 jam menyediakan makanan ringan atau minuman. Tersedia juga banyak soket listrik untuk mengisi daya peralatan listrik, pula toilet yang bersih.

Informasi yang didapat oleh Tim Info Jepang, orang-orang diperbolehkan tidur di bangku-bangku tunggu Kansai Airport. Namun, petugas penjaga bandara akan selalu berpatroli dan memeriksa paspor Anda berulang-ulang semalaman. Jika membawa keluarga, supaya tidak terganggu Tim Info Jepang menyarankan supaya teman-teman bisa menginap di Hotel Nikko Kansai yang terhubung langsung dengan skyway ke Terminal 1. Alternatif lainnya bisa menginap di Hotel Kansai Washington, City Hotel Air Port in Prince, Kansai Airport First Hotel dan Hotel Star Gate yang letaknya diseberang Kansai Airport di sekitar Rinku Premium Outlet (dengan naik taksi 1.500-2.000 yen).

Sumber gambar: Flickr yasuo ogiuchi


Recommended for you


Last modified: November 7, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
bambang
2017-04-07 22:56:34
Sangat membantu

Close Comments

Comments (213)

  1. Siang pak, bila saya harus terbang pukul 8.25 pagi, dan menginap di salah satu hotel di sekitar bandara, misalnya hotel stargate, bagaimana saya bisa mencapai bandara Kansai ? bisa jalan kaki ? karena paling tidak saya harus ready di bandara pukul 5 pagi.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Biasanya hotel-hotel di sekitaran bandara menyediakan layanan antar/ shuttle secara gratis. Ibu bisa menanyakannya saat booking saja. Salam.

  2. Halo pak, tolong tanya, saya tiba di kansai airport tgl 26 maret malam jam 20.35, untuk ke namba harus beli pass yang mana, mengingat tiba nya malam apakah akan mubazir jika membeli osaka amazing pass nankai expansion?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa membeli tiket satuan bu. Atau membeli ICOCA semacam e-money pengganti tiket kertas satuan. Salam

  3. saya mau nanya pak,
    berdasar pengalaman anda penerbangan via KIX, dari turun pesawat sampai keluar bandara (imigrasi, bagasi dll) butuh waktu berapa lama??
    Untuk pembelian Osaka Amazing Pass bagaimana caranya?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Biasanya sekitar 1 jam bu. Untuk Osaka Amazing Pass, ibu bisa membelinya secara online atau bisa beli langsung di HIS counter (1/F) setelah pintu Northern Exit di Hall Ketibaan. Salam.

  4. pesawat saya berangkat jam 10 pagi dari KIX (by cathay), saya rencana menginap dekat stasiun namba atau stasiun shin osaka. Yang jadi pertanyaan saya sbb:
    1. karena saya bawa 2 anak dan ada 1 stroller (disamping koper2), lebih efektif dan lebih mudah saya menginap di dekat stasiun shin osaka atau stasiun namba?
    2. sebaiknya jam berapa dan menggunakan transportasi apa (kereta atau bus) untuk ke bandara KIX (penerbangan jam 10 pagi)

    thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Antara stasiun Shin Osaka dan Namba itu sama bu, sekali naik kereta menuju ke Kansai Airport, dan keretanya sudah ada mulai dari jam 05.00 pagi.
      Kalau ingin naik bus, harus dicek sebab rute bus dan frekuensi perjalanannya lebih sedikit dibandingkan dengan rute kereta. Salam

  5. Selamat malam Pak. kalau saya dari Bandara Kansai mau ke kanazawa dengan menggunakan Takayama Hokuriku Pass, berarti saya harus:

    1. ke JR di area bandara kansai untuk menukar voucher Takayama Hokuriku Pass?
    2. ke loket tiket JR untuk menukar tiket takayama pass dengan tiket dari bandara kansai ke shin osaka?
    menggunakan takayama pass untuk perjalanan dari Bandara Kansai ke Stasiun Shin – Osaka dengan kereta cepat JR (warna silver)?
    3. di Stasiun Shin Osaka, ke loket tiket JR untuk menukar tiket takayama dengan tiket dari shin osaka ke kanazawa (thunderbird) dan juga memesan tempat duduk?
    4. untuk koper, harus disimpan di mana y ketika naik kereta dan shinkansen?
    5. untuk thunderbird, adanya dari shin osaka sta – kanazawa sta? atau osaka sta – kanazawa sta?

    mohon infonya pak. terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa ditukarkan di JR WEST Ticket Office (pukul 05.30-23.00) dan Travel Service Center Osaka (pukul 08.00-20.00) atau JR WEST Ticket Office Kansai Airport: pukul 05.30-23.00
      2. Dari Bandara Kansai, ibu bisa naik kereta JR Kansai Airport dan kereta limited ekspress Haruka (hanya unreserved seats) dengan Takayama Hokuriku Pass.
      3. Ya, ibu harus melakukan reservasi, tanggal berapa berangkat dan jam berapa, tinggal tunjukkan Takayama Hokutiku Passnya.
      4. Koper besar sebaiknya dititip di stasiun kereta, atau kalau koper kecil bisa taruh di kompartemen di atas kepala.
      5. Keretanya sama bu, rutenya Osaka-Shin-Osaka-Kyoto lalu ke Kanazawa. Salam.

  6. Selamat pagi Pak. kalau saya dari Bandara Kansai mau ke kanazawa dengan menggunakan Takayama Hokuriku Pass, berarti saya harus:

    1. ke JR di area bandara kansai untuk menukar voucher Takayama Hokuriku Pass?
    2. ke loket tiket JR untuk menukar tiket takayama pass dengan tiket dari bandara kansai ke shin osaka?
    menggunakan takayama pass untuk perjalanan dari Bandara Kansai ke Stasiun Shin – Osaka dengan kereta cepat JR (warna silver)?
    3. di Stasiun Shin Osaka, ke loket tiket JR untuk menukar tiket takayama dengan tiket dari shin osaka ke kanazawa (thunderbird) dan juga memesan tempat duduk?
    4. untuk koper, harus disimpan di mana y ketika naik kereta dan shinkansen?
    5. untuk thunderbird, adanya dari shin osaka sta – kanazawa sta? atau osaka sta – kanazawa sta?

    mohon infonya pak. terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sayangnya tidak bisa, Fitri bisa gunakan saja untuk naik kereta atau belanja di supermarket untuk menghabiskan saldonya. Salam.

  7. selamat malam pak. saya mau nanya. dari bandara kansai mau ke kanazawa apakah betul jika :

    1. bandara kansai –> osaka sta (tercover takayama hokuriku pass, naik kereta Haruka, atau bisa naik yang lain?)
    2. osaka sta –> kanazawa sta (tercover takayama hokuriku pass dengan naik thunderbird)
    3. perjalanan dari bandara kansai ke kanazawa kurang lebih 4 jam ?

    apakah betul seperti itu pak? dan boleh tahu untuk melihat jadwal JR thunderbird dari osaka ke kanazawa yang mana ya Pak?

    Mohon infonya. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Rute JR Kansai Airport atau kereta haruka tercover pak dengan Takayama Hokuriku Pass.
      2. Ya, tercover pak.
      3. Kansai ke Osaka kurang lebih 1 jam, lalu untuk Osaka ke Kanazawa sekitar 3,5-4 jam. Keretanya tersedia setiap 30 menit sekali pak dari jam 06.30. Salam.

  8. Saya rencana membeli JR Pass dan masuk ke Jepang melalui Kansai, Osaka. Namun, pesawat saya akan landing jam 21.40. Minta sarannya, lebih baik saya menggunakan kereta apa utk ke Osaka..? mengingat kereta terakhir Haruka Express adalah jam 22.16 (link: website JR)

  9. Selamat pagi…sy rencana ke Jpn..datang ke bandara Kansai jam 21.25..dan rencana ke Osaka…transport apa untuk ke Osaka kalau malam hari? Tq

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa naik kereta Nankai dari Bandara Kansai sampai ke Namba. Info lengkap transportasinya, bisa langsung di cek di tulisan saya tentang Bandara Kansai.

  10. Selamat siang pak.Saya rencana pulang dr Bandara Kix jam.11 00.waktu Jepang sedangkan saya menginap di hotel Kyoto.apakah waktu nya memungkinkan utk perjalanan menuju bandara(buru2kah)atau saya mesti menginap di hotel dekat Kansai?

    • Nugroho Christian  |  

      Ada kereta ekspress Haruka dari Stasiun Kyoto ke Bandara Kansai (lama perjalanan sekitar 90 menit). Keretanya tersedia dari jam 05.45. Ibu bisa naik yang jam 07:13, atau 07:49 supaya sampai jam 09.00 atau 2 jam sebelum keberangkatan. Salam.

    • Ayu Savitiri  |  

      Oya mau tanya lagi pak Nugroho. Haruka ini tercover jr pass kah?kalau hari pertama sama tirun dan menukar jr pass di bandara Kansai apakah haruka sudah bisa tercover jr pass?dan utk kepulangan hari ke 8 utk tiket haruka apakah bisa dibeli 1 hari sebelumnya dan berapa.harganya ?tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Haruka tercover JR PASS, jadi ongkosnya gratis jika JR PASS nya aktif.
      Tiket kereta ekspress Haruka bisa juga dipesan sehari sebelumnya atau sesaat sebelum berangkat, harganya 2850 yen. Salam

    • Ayu Savitri  |  

      Baik pak.Ada yg mau ditanyakan lg pak.JR pass kan bisa buat naik kereta2 yg dibawah naungan JR Japan ya pak.Selain shinkansen apakah naik kereta2 lainnya apa perlu reservasi dl jg?tks

    • Nugroho Christian  |  

      Reservasi perlu dilakukan untuk kereta-kereta ekspress dan super ekspress Shinkansen. Selain itu, kereta lokal dan kereta rapid bisa langsung naik tanpa perlu reservasi. Salam

  11. Maaf mau tanya, kalau saya turun di kansai airport pukul 10 malam, apakah masih ada kereta atau angkutan umum yang bisa saya akses untuk sampai ke tokyo? jika masih ada, apakah bisa di jelaskan rutenya saya harus kemana dan naik kereta dari mana.

    terima kasih

  12. salam, saya berencana beli JR Pass untuk trip Osaka – Tokyo – Kyoto – Osaka lagi (karena PP Jkt-Osaka). Hari pertama sampai di bandara Osaka Kansai ITL pagi jam 08.15 dan langsung mau lanjut ke Tokyo menggunakan kereta shinkansen.

    bagaimana rute dari bandara Osaka Kansai menuju stasiun Shin Osaka, dan berapa lamakah perjalanan menuju stasiun?

    Jika saya sampai Bandara kurang lebih jam 8.15 saran bapak saya berangkat ke Tokyo di jam berapa?

    Terima kasih,
    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Dinar bisa naik kereta limited ekspress Haruka dari Kansai ke Stasiun Shin-Osaka (lamanya 70-80 menit), dilanjutkan dengan kereta Shinkansen Hikari sampai Stasiun Tokyo (3 jam). Semua ongkosnya tercover dengan JR Pass.

      Kalau bapak mendarat 08.15, imigrasi dan bagasi 1 jam, lalu kereta Haruka ke Shin-Osaka, maka bapak bisa ambil shinkansen di rentang sekitar jam 10.15-11.00 saja

    • Hi mas Nugroho,
      Terimakasih atas responnya yang cepat, senang sekali. Saya ibu ya mas btw hehe

      Mau tanya lagi, Kereta limited express Haruka itu berada di dalam bandara Kansai-nya apa bagaimana ya mas?
      Lalu baiknya dari Stasiun Tokyo menuju Shibuya (tempat AirBnB kami di dekat Hatagaya station) bagaimana rute-nya ya ? Maaf banyak tanya karena kami membawa bayi usia 2tahun.

      Terima kasih banyak mas semoga berkenan menjawab, sangat membantu! :)
      Salam,

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya kereta ekspress Haruka adalah salah satu kereta yang berangkat dari JR Kansai Airport Station.
      Untuk menuju ke Hatagaya Station, dari Tokyo Station ibu bisa naik kereta JR Chuo Line sampai ke Shinjuku kemudian naik Keio Line sampai ke Hatagaya Station. Salam

  13. Emiliana arie aviyanty  |  

    Selamat pagi pak nugroho…saya beserta adik dan ayah saya hendak berlibur ke jepang bulan okt nanti. Kami mendarat di osaka, untuk menghemat perjalanan kami berencana ke tokyo dl baru jalan-jalan di sekitar osaka. Kalau dari osaka airport ke tokyo lebih menghemat waktu naik apa ya pak?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Kansai, ibu bisa naik kereta limited ekspress JR Haruka sampai Stasiun Shin-Osaka, lalu naik kereta shinkansen sampai Stasiun Tokyo. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!