Museum Doraemon

Home / Attraction / Museum Doraemon
Item image

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Jepang? Bagi penggemar komik, khususnya generasi 90-an, jawabannya tentu adalah Doraemon. Robot kucing dari masa depan ini memang menjadi idola segala usia, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Kisah tentang robot kucing bernama Doraemon yang bersahabat baik dengan manusia bernama Nobita begitu populer dari awal kemuculannya di tahun 1969 hingga kini.

Doraemon memang tokoh yang populer di seluruh dunia termasuk du Indonesia. Dan tak heran jika berbagai pernak-pernik Doraemon laku terjual di mana-mana. Jika Anda ingin berjumpa dengan tokoh-tokoh fiksi karya Fujiko F. Fujio, termasuk Doraemon, Jepang memiliki tempat khusus yakni Fujiko F. Fujio Museum atau Museum Doraemon di daerah Kanagawa. Letaknya dekat dengan Shinjuku atau pusat kota Tokyo. Jika ke Jepang membawa anak kecil, mungkin Museum Doraemon ini bisa jadi pilihan cerdas tempat wisata di Jepang.

Apa yang bisa dilakukan di Museum Doraemon?

1. Bertemu dengan Doraemon, Nobita, dan hasil karya Fujio

Di museum yang dibuka sejak tanggal 3 September 2011 ini, kita bisa berjumpa dengan tokoh-tokoh animasi, seperti Doraemon, Nobita, Shizuka, Suneo, dan Giant. Tak hanya tokoh dari kartun Doraemon saja, ada juga tokoh lain seperti Esper Mami dan P-Man yang juga hasil kreasi Fujiko F. Fujio.

Setelah puas melihat galeri hasil karya komikus Fujiko F. Fujio, kita bisa berkeliling ke Manga Corner atau ruang baca. Di tempat ini ada banyak sekali Doraemon yang bisa dibaca. Namun perlu diingat, komik hanya bisa dibaca di ruang baca dan tidak diperjualbelikan.

Bertemu doraemon di Museum Doraemon

Bertemu doraemon di Museum Doraemon

2. Bermain benda-benda ajaib dari kantong Doraemon

Puas membaca dan melihat galeri, mari bermain di lapangan luar museum. Di sini ada ratusan objek Doraemon dan tokoh kreasi komik lainnya. Kita bisa mengambil foto kenang-kenangan bersama Doraemon dan mencoba menggunakan alat ajaib Doraemon sepuasnya. Asyik!!

Museum Doraemon ini dibangun untuk menyimpan semua naskah kartun Fujio sampai sebelum ia meninggal di tahun 1996. Fujio dianggap sebagai salah satu tokoh penting dalam perkembangan manga. Melalui manga, budaya dan kehidupan orang-orang Jepang tersebar ke seluruh dunia.

Saat Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi museum ini, kami pun merasa kagum dengan semua karya Fujio. Doraemon adalah serial kartun favorit yang selalu kami tonton setiap minggu. Dan, mengunjungi museum ini membawa teman-teman bernostalgia ke masa kecil. Di sini bahkan teman-teman bisa melihat naskah dan gambar komik Doraemon yang pertama. Ada juga komik pertama yang terbit dan juga menonton animasi kartun Doraemon.

3. Merasakan makanan-makanan yang ada di komik Doraemon

Setelah puas berkeliling dan berfoto, teman-teman bisa mengunjungi kafe yang menjual makanan-makanan unik yang ada di serial kartun Doraemon. Seperti Dorayaki, agar-agar yang Suneo sering sajikan, dan makanan lainnya yang keluar dari kelapa ajaib.

Informasi tambahan mengenai Museum Doraemon

Biasanya di akhir pekan atau di hari libur, Museum akan penuh dan tiket bisa habis. Niat ingin membuat anak-anak senang, eh, malah jadi menangis karena tidak jadi. Nah, Tim Info Jepang sarankan untuk membeli tiket masuk sebelum berangkat ke Jepang di goyovagin.

Beli Online Tiket Masuk
Museum Doraemon Tokyo

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, di beberapa area seperti ruang eksibisi dan F Theater tidak diperbolehkan mengambil foto.

Bagaimana cara ke Museum Doraemon?

Dari Stasiun Shinjuku, naik kereta Odakyu-Odawara, kemudian turun di Stasiun Noborito. Lama perjalanan 20 menit dengan tiket 250 yen.

Dari Stasiun Noborito, dari sini teman-teman bisa berjalan kaki 20-30 sampai ke Museum Doraemon. Atau bisa juga naik bus shuttle dari Stasiun ke Museum (sekitar 10 menit dengan harga tiket 210 yen). Keluar dari pintu keluar Ikuta Ryokuchi dan tunggu di halte bus G. Bus menuju ke Museum Doraemon akan berangkat setiap 10 menit sekali dan sangat mudah untuk menemukannya, sebab bus menuju ke Museum Doraemon bergambar karakter-karakter Doraemon seperti foto di bawah ini.

Bus ke Museum Doraemon

Cara Membeli Tiket Masuk Museum Doraemon

Banyak pertanyaan yang datang ke Tim Info Jepang perihal tiket masuk Museum Doraemon, bahwa tiket masuknya tidak dijual di lokasi, namun harus dibeli di minimarket Lawson. Masalahnya, mesin ini hanya bertuliskan huruf Jepang. Berikut adalah penjelasan cara membeli tiket museum Doraemon. Catatan: Penjelasan dibuat pada Juni 2016, mungkin ada perubahan/ perbedaan dari penjelasan di bawah ini.

1. Klik layar mesin Loppi di Minimarket Lawson. Kalau keluar seperti gambar di sebelah kanan: menu langsung ke pembelian tiket museum Fujiko F Fujio bisa langsung ke langkah nomor 6 (Lihat ada tanda alphabet “F” diantara huruf kanji Jepang). Jika tidak ada menu langsung ke langkah nomor 2 untuk pencarian tiket masuk museum.Cara membeli tiket masuk museum doraemon

2. Pilih menu paling kanan (lihat ada icon pesawat, uang yen atau kartu tiket). Tekan layar untuk pindah ke langkah selanjutnya.

Cara membeli tiket masuk museum doraemon

3. Akan keluar menu pilihan 1-6, pilih yang ada icon pesawat. Tekan layar untuk pindah ke langkah selanjutnya.Cara membeli tiket masuk museum doraemon

4. Akan muncul 5 pilihan menu: pilih menu kedua (Lihat ada tanda alphabet “F” diantara huruf kanji Jepang menunjukkan Fujiko F Fujio). Tekan layar untuk pindah ke langkah selanjutnya.Cara membeli tiket masuk museum doraemon

5. Muncul 4 pilihan menu, silakan tekan menu paling bawah (Lihat ada tanda alphabet “F” diantara huruf kanji Jepang menunjukkan Fujiko F Fujio).Cara membeli tiket masuk museum doraemon

6. Pilih menu yang tersedia (hanya satu saja). Tekan layar untuk ke langkah selanjutnya.Cara membeli tiket masuk museum doraemon

7. Akan muncul menu untuk memilih tanggal pergi ke museum doraemon (Fujiko F Fujio Museum). Pertama silakan memilih bulan terlebih dahulu. Jika benar akan tertera L-code seperti tabel di bawah ini.

Cara membeli tiket masuk museum doraemon

8. Dilanjutkan dengan memilih tanggal kapan pergi ke museum doraemon.

Cara membeli tiket masuk museum doraemon

9. Lalu memilih jam kunjungan, tersedia 4 pilihan jam masuk setiap harinya, 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00. Perlu diperhatikan bahwa kita harus tiba setengah jam sebelum jam masuk, jadi silakan pikirkan betul-betul kapan akan masuk ke museum Doraemon.

Cara membeli tiket masuk museum doraemon

10. Jika sudah tekan menu seperti gambar dibawah untuk konfirmasi pembelian tiket masuk.

Cara membeli tiket masuk museum doraemon

11. Akan muncul tabel pembelian untuk orang dewasa, anak SMP dan SMA, atau anak SD ke bawah. Silakan menekan tombol panah ke atas atau ke bawah sesuai jumlah orang yang akan pergi. Setelah selesai tekan tombol warna oranye untuk mencetak slip pembayaran.

Cara membeli tiket masuk museum doraemon

12. Slip pembayaran akan keluar dari mesin Loppi. Silakan membawa slip pembayaran dan membayarkan sesuai nominal uang ke kasir dan tiket masuk akan diprint. Nanti tinggal menunjukkan tiket masuk di Museum Doraemon. Selesai!

Tapi, daripada ribet ke Lawson dan nyoba membeli dari mesin yang kayaknya ribet, teman-teman bisa langsung memesan tiket masuk Museum Doraemon melalui internet.

Beli Online Tiket Masuk
Museum Doraemon Tokyo

Cheap Hotels near Museum Doraemeon [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

The Strings by InterConti
15 km away
The Strings by InterContinental, Tokyo
from ¥15800/night
Shinagawa Prince Hotel
15 km away
Shinagawa Prince Hotel
from ¥14350/night
Hotel Gracery Ginza
18 km away
from ¥9978/night
The Prince Sakura Tower
15 km away
The Prince Sakura Tower Tokyo
from ¥18200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tokyo Disneyland
28 km away
Karakter imut Tokyo Disneyland
Shops and Restaurants Tok
16 km away
Sanji-no Oresama Restaurant Tokyo Tower
Shibuya Station
13 km away
Museum Snoopy Tokyo
15 km away
Museum Snoopy Tokyo

Sumber gambar: Flickr Kentaro OhnoKentaro Ohno, Gena LiuLawson Slide


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Okta
2016-05-26 19:27:39
Museum doraemon bagus bgt! Obat pengobat rindu masa kecil

Close Comments

Comments (83)

  1. Hai Pak,

    Salam kenal! Mau tanya ya, Pak..
    Titik awal datang dan pulang saya adalah Tokyo. Akan jalan-jalan dulu di Tokyo, mungkin mampir ke Kawasaki (Fujiko Fujio Museum), lalu berencana ke Shirakawago, Kyoto, Osaka, Nara.
    Jika garis besar rute adalah seperti itu, apakah sudah tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?
    Untuk transportasi keliling Tokyo, apakah saya masih perlu beli Suica/Pasmo card? Atau malah JR Tokyo WIde Pass?

    Terima kasih sebelumnya, Pak! :))

  2. Pak sy ke noborito dari st kitasenju.itu kan masuk chiyoda line sy pake tikwt 24hour subway pass.tp keluar lsg odakyu line.jadi sy kluar pake kartu apa pak? Sy pny suica jg

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kereta Chiyoda Line hanya sampai ke Yoyogi Uehara Station. Ibu nanti di Noborito Station tunjukkan saja subway passnya. Dan nanti ongkos dari Yoyogi Uehara sampai ke Noborito Station, sebesar 220 yen nanti akan diminta oleh petugas di pintu keluar.

  3. Pak, sy berencana bln november ke jepang. Sy mau coba beli tiket masuk ke museum doraemon lewat govoyagin.com, harga tiket tertulis 18.76 USD. Apakah memang betul seperti itu? Apakah saya hrs beli di lawson agar mendapatkan harga 1000 yen.
    Mohon saran nya pak, trima kasih:

  4. Malam Pak, mw tanya klo dari Shiba Park Hotel ke museum Fujiko ini transportnya gmn ya?? sebaiknya beli tiket jauh hari (online) atau 2 hari sebelum kunjungan di Lawson??
    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa jalan kaki ke Onarimon Station, naik subway Toei Mita Line sampai ke Hibiya Station, kemudian naik Chiyoda Line sampai ke Noborito Station. Untuk pembelian tiketnya lebih cepat lebih baik. Namun kalau memang tidak bisa, sepertinya masih dapat kok bu tiketnya 2 hari sebelumnya (pengalaman pengguna Tour Guide Online).
      Perjalanan dari Noborito station bisa dicek di artikel di atas. Salam

  5. Halo Selamat Siang,

    Mohon Maaf, saya ingin bertanya..JIka saya ke jepang turun di Haneda, Tokyo, lalu rencana kami ingin ke Osaka lalu dr Osaka ke Kyoto, lau balik lg ke Tokyo,, apakah lbh baik saya membeli JR pass atau SUICA/Pasmo saja dgn Rute yg saya jelaskan diatas (TOKYO-OSAKA-KYOTO-TOKYO), utk di tokyo saya mgkn ke shibuya, shinjuku, asakusa, museum doraemon, dan hakone. mohon bantuannya.

    terima kasih sblmnya, Mohon pencerahannya

    • Nugroho Christian  |  

      Karena ada perjalanan shinkansen PP Tokyo-Osaka/Kyoto-Tokyo maka JR PASS sudah bisa balik modal bu. Salam

  6. sisca wicaksono  |  

    Halo, saya masih njelimet memahami perkeretaan jepang. Saya hanya akan muter2 Tokyo selama 6 hari, paling jauh ke gunung Fuji dan museum Doraemon. Pilih itinerary yg sangat sederhana mengingat saya sedang hamil dan usia kandungan akan memasuki 7 bulan waktu di jepang nanti. Saya tahu harus beli SUICA card setiba di Haneda. dan Suica bisa dipakai untuk semua moda transport di tokyo termasuk railway, subway, bus, beli makanan dll. Tapi baca komen2 orang, kenapa ada orang yg beli TSP segala ya? kalau hanya muter2 Tokyo, apa untungnya pakai TSP? apa lebih baik pakai Suica aja kah? Benarkah asumsi saya itu? Thanks a lot before yah

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau hanya ke museum Doraemon ya tidak perlu Tokyo Subway Pass, tidak ada gunanya sama sekali karena tidak dilalui jalur kereta subway. Lebih baik membeli dan menggunakan SUICA/Pasmo saja. Salam.

  7. Noor Chodidjah  |  

    Selamat siang pak Nugroho,
    sabtu, 15 Juli 2017 saya naik shinkassen dari Tokyo ke Osaka. Saya berada di Osaka bersama 3 remaja anak2 saya sampai tgl 18 Juli. Minggu 16 Juli saya akan ke USJ. Sedang tgl 15 dan 17 Juli saya jalan2 di Osaka. Lebih murah dan lebih mudah mana keliling Osaka dengan bis atau train? Apakah sebaiknya saya beli Osaka Wonder Loop Bus Pass? tgl 18 juli saya pulang ke indo dari bandara kansai.

  8. Malam pak… apa ada tersedia jasa guide tour berbahasa Indonesia utk 1 hr saja di tokyo pada tgl 11 Juli 2017? Area cakupan dlm tokyo spt Ueno park dan shopping area sekitar shibuya, harajuku… ⓣⓗⓐⓝⓚⓢ

  9. halo pak mau tanya, untuk bermain di museum doraemon biasanya durasi brapa lama ya? apakah seharian penuh atau hanya 2jam’an saja?
    thanks ..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk durasi permainan di Museum Doraemon, tidak dibatasi ibu, bisa saja seharian. Yang dibatasi itu hanya jam masuknya yakni tiap 2 jam. Salam

  10. Halo pak, terima kasih atas informasinya Saya mau tanya harga tiket masuknya,, apakah di tahun 2016 harganya masih 1000 yen?
    Karna kalo saya cari informasi di travel indonesia harga tiketnya tahun 2017 ini bisa mencapai 500-an rb rupiah.. terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk tiket masuknya masih sama 1000 yen untuk dewasa ibu. Informasi mengenai biaya tiketnya selalu diupdate kok oleh Tim Info Jepang.
      Hanya mengenai proses pembeliannya, masih diproses untuk versi yang tahun 2017. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Harus naik kereta JR atau Odakyu Line pak, seperti yang tertulis di bagian akses menuju Museum Doraemon. Salam

  11. Selamat sore Pak Nugroho, Museum Doraemon untuk hari minggu apa tetap buka? Transportasi dari tokyo skytree station menuju museum Doraemon naik apa aja rutenya Pak. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau bapak perhatikan di bagian sebelah kanan halaman artikel di atas, tertulis museum doraemon ini tutup pada hari selasa.
      Kemudian perjalanan dari Tokyo Skytree menuju ke Museum Doraemon adalah sebagai berikut. Naik kereta Hanzomon Line sampai Otemachi Station, lanjut naik kereta Chiyoda Line sampai Yoyogi Uehara Station, dan kemudian lanjut naik kereta Odakyu sampai ke Noborito Station. Salam

  12. Malam pak Nugroho,

    Saya berencana mengunjungi Museum Dora Emon, dengan menggunakan Tokyo Wide Pass, meski bapak menyarankan untuk menggunakan Odakyu Line, karena lebih cepat dan lebih murah. Saya masih mempertimbangkan, apakah perlu membeli Tokyo Wide Pass ini atau tidak, karena sehari sebelumnya, saya pakai untuk ke Niko Edo Wonderland, dan hari kedua ke Museum Doraemon dan ke Taman Odaiba, dan keesokan harinya, saya pakai ke Bandara Haneda.

    Satu lagi pak, apakah Resort Ski Karuizawa Prince yang tercover dengan Tokyo Wide Pass masih ada saljunya di akhir Mei?

    Mohon saran pak, apakah lebih mahal membeli Tokyo Wide Pass, jika dibandingkan beli tiket satuan? Jika lebih murah tiket satuan, mungkin saya tidak jadi membeli Tokyo Wide Pass ini. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau PP ke Nikko, ongkosnya sudah 8.000 yen. Resort Ski Karuizawa Snow Prince yang tercover JR Tokyo Wide Pass sudah tutup awal bulan April.
      Ongkos PP ke Odaiba adalah 1.000 yen, kemudian PP shinjuku-Noborito via kereta JR 550 yen, lalu ongkos Shinjuku-Haneda Airport 680 yen. Jadi
      Kalau memang ingin memaksimalkan penggunaan Tokyo Wide Pass, bapak mungkin bisa naik kereta JR dan bukan kereta Odakyu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Harga tiketnya 1.000 yen untuk dewasa, 700 yen untuk pelajar SMP/ SMA, dan 500 yen untuk anak 4 tahun sampai SD.
      Kalau bisa dipersiapkan dari hari-hari sebelumnya. Sebab ada kemungkinan tidak dapat tiketnya di hari yang diinginkan.
      Mungkin Ibu bisa membeli di lawson begitu tiba di Jepang untuk pergi ke Museum Doraemon di hari kedua atau ketiga. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!