Taman Kasai Rinkai

Home / Aquarium / Taman Kasai Rinkai
Item image

Bagi teman-teman yang pernah mengunjungi Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea, pasti pernah melihat taman hijau nan luas sebelum Stasiun Maihama. Itulah Kasai Rinkai Koen atau Taman Kasai Rinkai. Taman terluas di pusat kota Tokyo ini dibangun di atas lahan reklamasi dengan pemandangan langsung ke arah Teluk Tokyo. Sejak dibuka tahun 1989, Taman Kasai Rinkai telah menjadi area favorit para penduduk distrik Edogawa Tokyo untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Mungkin area taman ini masih kalah tenar dengan Taman Hama Rikyu atau Taman Koishikawa, atau taman-taman di Tokyo lainnya, bahkan dengan area Tokyo Disneyland yang jadi primadona. Namun, taman ini tetap ada di list tempat favorit saya di Jepang, karena taman ini adalah taman kedua yang saya kunjungi di Jepang setelah Shinjuku Gyoen.

Kegiatan Seru di Taman Kasai Rinkai

1. Melihat keindahan panorama taman, pantai, dan lautan Teluk Tokyo

Kita harus “angkat topi” kepada orang Jepang melihat bagaimana kreatifnya mereka untuk membuat tempat-tempat wisata buatan dengan pemandangan yang bagus. Sebelum direklamasi dan dibangun, area ini adalah rawa-rawa yang diapit dua sungai di sisi kiri dan kanannya. Tidak ada yang mau datang ke tempat ini. Namun, di tahun 1989, pemerintah Tokyo menyulapnya menjadi taman yang indah dengan area pantai pasir buatan. Pemandangan lautan biru dan kota Tokyo adalah salah satu pemandangan “ajaib” yang bisa kita nikmati di sini. Kita bisa menikmati area taman dengan berjalan kaki, bersepeda, atau dengan naik kereta mini yang mengajak kita menikmati area taman dengan tur selama 25 menit.

Kita juga bisa menikmati keindahan bunga-bunga yang bermekaran sepanjang tahun di area taman, seperti bunga rape blossoms di bulan Maret sampai awal April, poppies dan orange cosmos (lihat di gambar bianglala di bawah) yang mekar di bulan Mei sampai Juni, dan narcissus yang mekar di bulan Desember sampai Januari. Perjalanan mengelilingi taman tentu akan semakin mengasyikkan jika naik kereta Nanohana. Warnanya yang meriah dan bentuknya yang lucu sangat menghibur anak-anak yang ikut liburan ke Jepang.

Kereta Nanohana di Taman Kasai Rinkai Tokyo

2. Menikmati musim panas di West Beach

Area pantai di Taman Kasai Rinkai adalah spot favorit para penduduk Tokyo semasa liburan musim panas. Dari area taman, kita bisa menyeberang ke area pulau buatan West Beach melalui jembatan Kasai Nagisa. Di sini kita bisa menikmati liburan musim panas dengan berjemur seharian, bermain pasir, berenang, atau sekadar duduk santai dan piknik di tepi Teluk Tokyo. Area East Beach di sisi timur dipergunakan sebagai area konservasi ikan dan hewan laut Teluk Tokyo.

Pantai Taman Kasai Rinkai Tokyo

3. Melihat pemandangan kota dari ketinggian

Wahana Ferris Wheel (Bianglala) di Taman Kasai Rinkai sudah menjadi ikon taman sejak dioperasikan tahun 2001. Wahana ini akan membawa kita ke ketinggian 117 meter dari permukaan tanah dengan pemandangan laut biru Teluk Tokyo. Di siang hari, kita bisa melihat Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan, kawasan Tokyo Disneyland, Bandara Haneda, dan Gunung Fuji. Sedangkan di malam hari yang adalah salah satu pemandangan malam terbaik di Tokyo menurut Tim Info Jepang, kita bisa melihat gemerlapnya gedung-gedung pencakar langit Tokyo, Chiba, dan Yokohama yang berpadu dengan pemandangan laut Teluk Tokyo.

Bianglala di Taman Kasai Rinkai

4. Melihat penangkaran burung di Sea Bird Sanctuary

Di sisi timur taman, kita bisa mengunjungi Sea Bird Sanctuary yang adalah tempat penangkaran burung-burung lokal di sekitar Teluk Tokyo. Kita bisa masuk secara gratis dan melihat beragam jenis burung yang hidup bebas seperti di habitat asli mereka. Wah, keren banget deh! Tapi ingat, tidak boleh berisik, hehe.

5. Melihat koleksi beragam ikan dan hewan laut di Tokyo Sealife Aquarium

Meskipun tidak selengkap Akuarium Shinagawa atau Yokahama Hakeijima dengan puluhan ribu koleksi ikan dan hewan laut, di Tokyo Sealife Aquarium kita bisa melihat hewan-hewan asli Teluk Tokyo. Ada ikan hiu, tuna sirip biru, pari manta, penguin, dan beragam burung laut. Koleksi penguin di akuarium dengan bentuk kubah unik di tengah-tengah laut ini adalah yang terbesar di Jepang, di mana kita bisa melihat ratusan penguin dari spesies Rockhopper, Fairy, dan King Penguin yang terkenal. Pasti seru lihat bagaimana penguin-penguin ini berjalan dan berenang di kolam terbuka.

Kubah akuarium Taman Kasai Rinkai

Di musim panas, mulai dari tanggal 11 Agustus hingga 16 Agustus, Tokyo Sealife Aquarium mengadakan event Night Of Wonder hingga pukul 20.00 atau 3 jam lebih panjang dari waktu normal. Sepanjang acara ini kita bisa melihat panorama malam akuarium sambil mengobservasi perilaku ikan-ikan di saaat hari mulai gelap.

6. Menikmati keindahan area taman di dek observasi

Dek observasi Crystal View adalah tempat terbaik untuk menikmati area taman dan pemandangan Teluk Tokyo. Dek observasi ini lebih tinggi hampir 5 meter dari area taman sekaligus menghadap langsung ke West Beach dan Teluk Tokyo. Menikmati panorama sore hari matahari terbenam adalah salah satu pengalaman yang tidak terlupakan mengunjungi Taman Kasai Rinkai.

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk ke area Taman Kasai Rinkai, kita tidak dikenai biaya alias gratis. Namun, jika kita ingin naik wahana Ferris Wheel atau Bianglala, kita perlu membayar 700 yen. Wahana Bianglala di sini beroperasi dari jam 10.00-22.00 (kita bisa melihat pemandangan malam Tokyo dan Chiba beserta laut Teluk Tokyo. Harga yang sama (700 yen) juga berlaku jika teman-teman ingin mengunjungi Tokyo Sealife Aquarium, yang buka dari jam 09.30-17.00.

Jika memiliki Tiket Tokyo Subway, Common One-day Ticket for Tokyo Metro & Toei Subway, Tokyo Metro 24-hour Ticket, Tiket Tokyo Combination, Toei One-Day Economy Pass dan Tiket Welcome Tokyo Subway Pass biaya tiket Bianglala Taman Kasai Rinkai menjadi 630 yen.

Akses menuju Taman Kasai Rinkai

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta JR Keiyo Line maupun JR Musashino Line dan turun di Stasiun Kasairinkaikoen, dengan waktu perjalanan kira-kira 15 menit, dan dengan tiket kereta 220 yen. Ongkosnya tercover dengan Tokunai Pass. Dari Stasiun Kasairinkaikoen, kita tinggal berjalan kaki 2 menit untuk sampai ke pintu masuk taman Kasai Rinkai.

Cheap Hotels near Kasai Rinkai [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Flexstay Inn Shinagawa
11 km away
Flexstay Inn Shinagawa
from ¥7800/night
Keikyu EX Inn
11 km away
Keikyu EX Inn Shinagawa
from ¥10400/night
Grand Pacific Le Daiba
8 km away
Grand Pacific Le Daiba
from ¥14900/night
Shinagawa Prince Hotel
11 km away
Shinagawa Prince Hotel
from ¥14350/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Ginza Tokyo
9 km away
Gedung Ginza Wako
Shops and Restaurant Shib
14 km away
Shibuya di jalur kereta JR Yamanote Line
Odaiba Tokyo
8 km away
Menikmati keindahan Odaiba Tokyo
Toko Mainan Hakuhinkan
9 km away
Toko Mainan Hakuhinkan: Rilakumma and Friends

Sumber gambar: Flickr mrhayata, ajari, nakashi, nilulu, Kouki Kuriyama


Recommended for you


Last modified: March 29, 2018 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!