Pasar Yanagibashi Nagoya

Home / Restaurant / Pasar Yanagibashi Nagoya
Item image

Nama Tsukiji Market mungkin adalah nama pasar yang paling terkenal di masyarakat Indonesia ketika menyebut tentang pasar rakyat di Jepang. Itu karena skala Tsukiji yang besar, memasok keperluan bahan-bahan laut bagi seluruh restoran di kawasan Tokyo, kemudian banyaknya restoran-restoran seafood yang lezat dan murah. Namun tahukah teman-teman kalau kota-kota lain seperti Kyoto, Osaka, dan Nagoya, juga punya pasar rakyat serupa? Kyoto memiliki Nishiki Market yang berada sekawasan dengan Gion. Osaka punya Kuromon Ichiba yang tidak pernah sepi pengunjung. Sementara Nagoya punya Pasar Yanagibashi lho! Dibandingkan dengan Kyoto dan Osaka yang mana lokasi pasarnya cukup jauh dari stasiun utama, Pasar Yanagibashi di Nagoya lokasinya sangat dekat dan bersebelahan dengan stasiun utama Nagoya. Kita bisa sampai di Pasar Yanagibashi hanya dalam waktu 10 menit berjalan kaki dari pintu keluar timur Nagoya Station.

Informasi mengenai Pasar Yanagibashi

Pasar Yanagibashi terletak di sebelah timur Nagoya Station, lokasi yang sangat strategis dan mudah dikunjungi bagi teman-teman yang datang wisata ke Nagoya. Pasar Yanagibashi ini sudah sering diperkenalkan di Cina dan Taiwan, namun belum terlalu terkenal di Indonesia.

Suasana Pasar Yanagibashi di Nagoya

Suasana Pasar Yanagibashi di Nagoya

Di antara gedung-gedung pencakar langit di sekitaran Nagoya Station, kita bisa menjumpai pasar rakyat Yanagibashi. Ada lebih dari 300 kios dan toko-toko di sini yang buka dari pagi sampai malam hari, ada yang menjual hasil laut dari semenanjung Chita, ikan-ikan segar dari Teluk Ise, dan banyak hasil-hasil laut segar yang dijual di Pasar Yanagibashi. Ini tidak lepas dari sejarah Pasar Yanagibashi yang panjang, sejak jaman Meiji (sekitar tahun 1900-an) dan menjadi pusat distribusi barang-barang hasil laut dan sayur-sayuran di kota Nagoya yang ramai. Para penduduk lokal juga selalu berkunjung ke tempat ini, sehingga toko-toko dan restoran pun berkembang hingga seperti saat hari ini.

Jajanan pasar murah di Pasar Yanagibashi

Jajanan pasar murah di Pasar Yanagibashi

Toko-toko yang menjual barang-barang konsumsi sudah mulai beroperasi sejak pagi-pagi buta sekitar pukul 4 pagi hingga menjelang pukul 10 pagi. Sementara restoran dan tempat makan banyak yang masih buka hingga jam makan siang. Buat teman-teman yang ingin pergi ke Pasar Yanagibashi, perlu memperhatikan hari libur pasar, yakni hari Minggu atau hari Libur, serta hari Rabu. Jangan sampai mati gaya mendapati Pasar Yanagibashi yang tutup deh! Buat teman-teman yang ingin ke sini, saran dari Tim Info Jepang untuk datang antara pukul 08.00 hingga 09.00.

Satu toko yang paling terkenal adalah toko serbaguna Marunaka, yang juga menjadi tempat kios-kios makanan dan minuman. Ada toko Sei yang menjual katsudon dan kopi hitam, juga toko-toko yang menjual kuliner khas Aichi dan Nagoya lainnya.

Akses menuju Pasar Yanagibashi Nagoya

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa berjalan kaki selama kurang lebih 10-15 menit ke arah timur sejauh 800 meter sampai ke Pasar Yanagibashi. Lokasinya ada 2 blok di belakang Midland Square.

Akses menuju Stasiun Nagoya

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 100 menit, dengan ongkos 10.070 Yen. Jika naik kereta Nozomi lama perjalanan sekitar 85 menit namun kita tidak dapat menggunakan JR Pass. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

2. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 37 menit, dengan ongkos 5.070 Yen. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

3. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai Stasin Shin-Osaka, selama 4 menit dengan ongkos 160 yen. Setibanya di Stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 53 menit, dengan ongkos 5.830 Yen. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

4. Dari Bandara Chubu

Dari Bandara Chubu, kita bisa naik kereta Meitetsu sampai ke kota Nagoya. Tersedia kereta ekspress atau kereta lokal Meitetsu dengan tiket seharga 870 yen sampai ke Stasiun Meitetsu Nagoya, tapi dengan waktu perjalanan yang lebih lama. Catatan: JR PASS tidak bisa digunakan di jalur kereta Meitetsu.

Cheap Hotels near Nagoya Central Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
0 km away
Nagoya Travellers Hostel
2 km away
from ¥4000/night
Nishitetsu Inn Nagoya Nis
1 km away
from ¥7000/night
Hotel Trusty Nagoya Sakae
2 km away
from ¥8255/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stasiun Nagoya
1 km away
Manara Stasiun Nagoya
Akuarium Nagoya
9 km away
Dolphin Show dii Akuarium Nagoya
Midland Square
0 km away
Midland Square Nagoya
Osu Kannon
2 km away
world custome play osu kannon

Sumber gambar: Flickr Albert Hsieh, joone!, Albert Hsieh


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (11)

  1. Dear pak Nugroho,
    mau trip perdana ke Jepang awal Juni nanti, itinerary saya sbb.
    31 May sampai di Sapporo
    2 Juni ke Tokyo
    5 Juni ke Osaka (dari Osaka mau jalan2 ke Kyoto)
    7 Juni ke Nagoya (pengen lihat museum Toyota)
    8 Juni kembali ke Jakarta dari Nagoya.

    Yang mau saya tanyakan, JR Pass
    1. Apakah JR Pass bisa meng-cover semua perjalanan darat saya di Jepang tersebut?
    2. Bisakah JR Pass digunakan untuk transportasi dalam kota? (Sapporo, Tokyo, Osaka, Nagoya)
    3. Untuk green pass, bisakah kita reserved seat? Karena perginya berempat, maunya duduk dekat2.

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, ibu bisa beli JR Pass reguler (29.110 yen)
      2. Ya, JR Pass reguler bisa digunakan untuk naik kereta di seluruh Jepang, untuk kereta subway/ tram tidak tercover, dan bisa menggunakan kartu KITAPA (sejenis e-money) supaya praktis.
      3. Ya bisa, JR Pass biasa saja/ reguler sudah bisa buat reservasi kok bu. Salam.

    • Hi Pak Hiralion
      Kebetulan rencana trip saya mirip dengan rencana anda.
      Kalau boleh saya tau, untuk tiket dari JKT ke Sapporo dan Nagoya – JKT dapat harga brp pak? Apakah itu sdh termasuk bagasi?
      Terima kasih

  2. Erlangga Kartorejo  |  

    Apakah kartu Suica yang saya beli di tokyo bisa juga dipergunakan di Nagoya, Osaka dan Nagano ?
    Karena desember ini saya mengunjungi 3 daerah ini. Sedangkan kartu suica masih saya pegang dari tahun lalu waktu ke tokyo

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Seperti sudah dijelaskan di artikel di atas, kartu suica/pasmo bisa dipakai di seluruh Jepang dan tidak ada masa berlaku kartu. Meskipun dibeli tahun lalu, kalau memang masih ada saldonya dan chip kartunya tidak rusak, maka masih bisa dipergunakan. Salam

  3. Malam Mas Nugroho, Saya mau bertanya, jika saya mendarat di Osaka, kemudian mau ke Kyoto dan Nagoya setelah itu ke Tokyo, apakah perlu JR Pass ? Kemudian anak umur 5 tahun dihitung bayarkah, kalau tidak bagaimana caranya Mas ?
    Makasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Apakah nanti kembali ke Indonesianya lewat Kansai? Atau lewat Haneda/ Narita? Anak usia 5 tahun tidak perlu membeli tiket kereta, namun harus dipangku selama di kereta. Salam.

    • Salam Mas,
      Kami kembali ke indonesia lewat Haneda.
      Apakah perlu JR pass Mas kalau dengan rute kami ?
      Thank u Mas

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu pak, silahkan beli tiket ketengan shinkansen saja. Anak bapak tidak perlu membeli tiket, nanti dipangku saja. Salam.

  4. Hi Pa Christian,

    saya ada plan untuk pergi ke jepang selama 7 hari, dgn kedatangan di bandara Narita jam 16.25 waktu Indonesia. Destinasi saya dgn urutan kurang lebih seperti di bawah ini :
    Day 2-3 : Osaka
    Day 4-5 : Kyoto
    Day 5 : Nagoya
    Day 6-7 : Tokyo

    Apakah kira2 urutan destinasi nya tepat & cukup yah buat 7 hari ? saya belum mempertimbangkan lama di perjalanannya di antar kota tsb. Mohon masukannya

    thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Jimmy bisa bepergian dengan menggunakan kereta (lebih murah dan lebih praktis). Urutannya sudah tepat dan berurutan, dan sebaiknya membeli JR Pass saja. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!