Tips Berlibur Bersama Keluarga ke Jepang

You are here Home  > Tips Wisata >  Tips Berlibur Bersama Keluarga ke Jepang

Perjalanan wisata ke Jepang memang mengasyikkan, apalagi bisa bersama-sama dengan keluarga berbagi pengalaman selama berlibur di negeri matahari terbit. Tidak hanya pemandangan alamnya empat musimnya yang menawan, bangunan bersejarah dan kuil-kuilnya sangat bagus untuk dikunjungi. Kalau bersama dengan anak-anak, Anda juga bisa menunjukkan bagaimana kebersihan kota, budaya mengantri penduduk Jepang, keramahan petugas toko, kecanggihan teknologi negeri ini. Tapi kadang berlibur bersama keluarga ke Jepang tidak semudah liburan sendirian. Jika berlibur sendiri, kita bisa pergi semau kita, dan fleksibel dengan hal-hal tidak terduga. Namun tidak begitu jika berlibur bersama keluarga ke Jepang di mana semuanya harus disusun dengan rapi. Mulai dari persiapan pakaian, bagaimana naik kereta dan bus menuju tempat wisata tujuan, bagaimana dengan makanan sehari-hari, dan masih banyak hal lainnya yang perlu dipersiapkan dengan matang. Hampir 80% pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang adalah seputar persiapan berlibur bersama keluarga di Jepang, pertanyaan seperti hal-hal di atas. Dan kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum sedikit mengenai jawaban-jawaban atas pertanyaan tadi. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Berlibur Bersama Keluarga ke Jepang

1. Persiapkan dimana Anda bisa makan

Jika sendirian, Anda bisa pergi ke toko ramen dengan meja kaunter atau minimarket terdekat untuk makan sebentar lalu melanjutkan perjalanan. Tapi jika bersama dengan keluarga, Anda perlu tahu restoran di mana kita bisa makan dengan nyaman bersama dengan keluarga. Beberapa restoran keluarga di Jepang antara lain Jonathan’s, Gusto, atau Saizeriya menyediakan meja makan besar untuk 4-6 orang dalam keluarga beserta tampilan menu makanan dalam bahasa Inggris. Harganya yang terjangkau juga membuat Tim Info Jepang sering menyarankan untuk makan di restoran-restoran seperti ini.

Jika pergi dengan mayoritas orang-orang dewasa, Anda juga bisa mencoba restoran izakaya. Dalam bahasa Jepang, restoran izakaya sebenarnya berarti tempat makan dan minum (bir), namun kita tetap bisa santai dan menikmati kuliner Jepang di sini. Meskipun suasananya lebih ramai dibanding restoran keluarga di atas, harga makanan yang ditawarkan jauh lebih murah. Beberapa restoran izakaya seperti Wara-Wara, Tengu, Uotami dan lainnya juga menyediakan menu beserta gambar dan dalam bahasa Inggris.

Jika ingin mencoba kuliner Jepang, tapi bingung dengan menu makanannya, atau tidak yakin apakah makanan tersebut bisa dimakan/ tidak, silakan menghubungi Tim Info Jepang. Kami menyediakan panduan tour online yang segera menjawab pertanyaan Anda via whatsapp jika diperlukan.

tour online ads button v3

2. Rencanakan Perjalanan yang Bermanfaat

Ada banyak kategori tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jepang: wisata alam, wisata kota, wisata kuliner, atau wisata belanja. Bagi ibu-ibu lebih menyukai wisata belanja seperti Harajuku, Omotesando, Ginza, atau Factory Outlet, sementara bapak menyukai wisata kuliner atau wisata alam, menikmati keindahan panorama negara Jepang. Sedangkan anak-anak, lebih suka wisata kota, di mana bisa bermain seharian di tempat seperti Odaiba, Tokyo Disneyland, Tokyo Disneysea, atau USJ Osaka. Anak-anak atau orangtua cenderung cepat lelah dan bosan jika harus berjalan kaki jauh untuk sampai ke tempat wisata tujuan. Perbedaan inilah yang membuat plan berlibur bersama keluarga di Jepang jadi “rumit”.

Tim Info Jepang banyak menerima pertanyaan seperti di atas: Apakah jauh perjalanan dari Kuil Kinkakuji ke Kuil Kiyomizudera? Apakah perlu naik taksi atau kereta atau bus kota? Bagaimana dengan tiketnya, adakah potongan untuk anak-anak? Dan pertanyaan lainnya. Tim Info Jepang juga selalu memberikan informasi paling akurat serta nasihat-nasihat bermanfaat: jika pergi ke banyak kota lebih bagus membeli JR PASS dan bukan naik bus malam, jika pergi ke Yokohama atau Odaiba lebih bagus saat sore menjelang malam, jangan pergi ke Harajuku atau Omotesando di siang hari bolong, atau perbaikan rute perjalanan supaya jadi searah sehingga tidak membuang waktu dan tenaga.

Takeshita-dori di Harajuku

3. Coba Jasa Tour Guide

Jika mencari informasi di internet, Anda dengan mudah menemukan ribuan jadwal perjalanan ke Jepang. Ada yang menyarankan beli tiket terusan ini, tapi ada yang bilang rugi jika membelinya. Ada yang mengatakan tempat wisata ini bagus, tapi yang lain bilang jauh dan biasa-biasa saja. Ada yang bilang masih ada sakura sampai April, tapi ada yang bilang sudah rontok semua. Bagaimana dengan salju? Di mana tempat bisa bermain ski atau snowboard? Jika terus membacanya, Anda malah jadi pusing dan bingung sendiri dalam menyusun jadwal berlibur bersama keluarga ke Jepang.

Mereka yang tidak mau repot sering mengandalkan paket wisata dari agen tour. Namun harganya yang mahal, jadwal perjalanan yang tidak bebas, serta jalan bersama orang tidak dikenal menjadi hambatan. Lebih berkesan jika pergi sendiri bersama dengan keluarga ke tempat wisata yang diinginkan.

Mengetahui kesulitan ini, Tim Info Jepang menawarkan layanan Panduan Tim Online. Berbeda dengan mereka yang cuma bisa membagikan artikel di internet saja, Tim Info Jepang siap 24 jam untuk menjawab pertanyaan dan memberi nasihat seputar perjalanan ke Jepang. Artikel-artikel yang ada di website infojepang.net pun 100% dibuat oleh Tim Info Jepang, berdasarkan pengalaman dan survei-survei data pengguna selama ini. Jika diperlukan, Anda bisa langsung chat atau telepon via whatsapp, dan kami langsung memberikan jawaban. Anda tidak perlu bingung dan kuatir merencanakan perjalanan ke Jepang.

tour online ads button v3

Sumber gambar: Flickr  鈴木 宏一TokyoViews


Recommended for you

Last modified: July 20, 2017

Comments (14)

  1. Saya dan 2 anak remaja suami dan 2 lansia mau ke jepang via tokyo 30 des 17 sd 9 jan 18, route tokyo osaka tokyo, lebih irit jr pass atau naik bus malam, bgm itenary yg baik mengingat kami oergi bersama lansia di musim dingin, rekomendasi penginapan yg ok buat 6 orang??? Tks ya pal

  2. Selamat malam mas sy plan pergi ke jpg 27okt-3 Mei dgn 3 anak umur 2,4 dan 9 thn PP Jkt -Tokyo
    3 hr di Tokyo, 2 hr Osaka, 1 Kyoto, 2 hr lg balik ke Tokyo (bener ga itinerary sy pesawat landing di Tokyo jam 21.35)
    Yg mau saya tanyakan: 1. di Tokyo sebaiknya nginep di mana ya di hostel atau apartemen yg murah tp dekat dgn stasiun dan shinjuku atau central
    2. Dari bandara ke hotel sebaiknya saya naik apa ya mengingat sy bawa keluarga dan anak 3 (saya,suami,babysitter dan 3 anak) biar ga repot sama brg bawaan.
    3. Kali saya pindah tempat dr Tokyo menginap di Osaka, apakah di Tokyo ada semacam loker berbayar yg bisa di titipkan koper2 sy yg sdh berisi baju kotor dan kl ada tempatnya di mana ya..
    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Tim Info Jepang menyarakankan untuk mengambil hotel di daerah sekitar Takadanobaba Station (beda 2 stasiun dengan Shinjuku) atau Otsuka Station (beda 6 stasiun dari Shinjuku). Baik keduanya terhubung dengan kereta JR Yamanote Line jadi ongkosnya tercover bila memiliki JR PASS atau Tokyo Wide Pass. Berikut adalah beberapa hotel yang berada dekat dengan stasiun:
      1. Hotel Bellclassic Tokyo (stasiun terdekat Otsuka)
      2. R&B Hotel Otsukaeki-Kitaguchi (stasiun terdekat Otsuka)
      3. Otsuka City Hotel (stasiun terdekat Otsuka)
      4. Hotel Sunroute Takadanobaba (stasiun terdekat Takadanobaba)
      Selain dekat hotel, harga per malamnya juga lebih murah dan terhubung juga dengan jalur kereta JR.
      Di stasiun-stasiun besar, tersedia loker untuk tempat penitipan koper-koper. Salam

  3. Selamat sore, Mas! Saya berencana ke Jepang pada tgl 25Nov – 4Des 2017. Landing di Haneda dan berencana menghabiskan waktu 3 hari di Tokyo (hari ke-4 leaving dgn tujuan Osaka dan Kyoto). Untuk di Tokyo saya hanya ingin jalan-jalan di pusat kota (shibuya, shinjuku, roppongi, chiba). Untuk Osaka sementara hanya ingin ke USJ. Kyoto belum googling lebih jauh. Saya dan teman2 juga ingin ke Mt.Fuji atau Shirakawa go.
    Pertanyaannya :
    1) Apakah kami harus membeli JR Pass agar bisa lebih menghemat?
    2) Apakah salju sudah turun jika kami ke Mt.Fuji pada tgl 1Des atau ke Shirakawa go? Jika salju sudah turun kami ingin sekali kesana, namun jika belum kami akan coret tujuan tersebut. Seandainya jadi ke salah satu tempat tsb, mohon rekomendasi penginapan yang cukup buat 6 orang.
    3) Pembelian tiket USJ dan Disneysea bisa sebulan sebelum keberangkatan atau tidak?
    Terimakasih🙏🏻

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Bapak kembali ke Indonesia dari bandara mana?
      Untuk Gunung Fuji saljunya sudah menumpuk dari awal bulan November, namun Shirakawago belum menumpuk di awal Desember. Baru di akhir Desember biasanya saljunya menumpuk.
      Untuk pembelian tiket USJ dan Disneysea, silakan dicek di website nya langsung, biasanya pembelian bisa dari sebulan sebelumnya. Salam

    • Hanis Maulia  |  

      Saya PP dari bandara Haneda, Mas Nugroho. Bagaimana? Apakah lbh hemat jika beli JR Pass?

  4. selamat sore mas nugroho ,saya mau ke jepang akhir bulan ini tapi kami (4 org) ikut tour dulu 7 hari dan setelah itu kami extend sendiri 8 hari lagi lagi bingung waktu setelah lepas dari group kami mau ke kota mana aja mohon bisa di advise <etinery nya dari group kira2 seperti ini hari ke 1 tokyo_kawaguchi
    hari ke 2 ;kawaguchi- MT,Fuji -Matsumoto hari ke 3;matsumoto-alpine route-toyama hari ke 4:Toyama-shirakawago-kakayama hari ke 5 kakayama -kansai dan group balik ke indo kami sudah pisah dari group
    sampai di osaka tgl 30 april kami stay 2 malam atau 3 malam ya enak nya dan dari osaka mau ke kota mana lagi ya karena tgl 8 pagi fligth kami dari nagoya chubu balik ke indo jadi mungkin tanggal 5,6,7,kami uda harus di nagoya untuk siap2 tgl 8 pagi naik pesawat pulang ,dan untuk perjalanan kami ini kami harus beli JR pass yg type bagaimana mohon petunjuknya ,terima kasi sebelum nya salam susan

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ibu silakan membeli JR PASS (29.110 yen), yang sudah mengcover ongkos ke tujuan yang ibu tuliskan. Salam

  5. Keren bgf nii situsny. Pas bgd baat saya yg monajak keluarga ke jepang. Tgl 11-20 jan 2018 brangkat ke jpg. Glight jkt-haneda-osaka-jkt. Rencana saya mo ke disneyland, disnesea, skiing playing (saran dmn yg deket, ok n murah tentuny), gunung fuji, tokyo tower n tmpt wisata std lainny spt gotemba, harajuku, shinsaibashi. Trus di osaka ke osaka castle n uss. Bole saran penginapan yg diambil di area mana spy bisa ditengah. Rencanany mo pake airnbn ajah. Trus tiket terusan apakah perlu yg JR pass- brasa mahal krn 5 org. Atau ada tiket trusan lain. Mo pake shinkansen sekali aj dr tokyo ke osaka. Mhn sarannya y mas..makasihhh bangef

  6. Salam kenal pak Nug, saya bertiga bersama suami dan bapak mertua akan tiba di tokyo narita pkl 4 sore, tgl 24 mei, kembali tgl 31 mei via narita jam 6 sore. Saya ingin bapak msrtua saya menikmati jepang dengan nyaman tp sekaligus ekonomis, mohon saran pak Nug utk itinerary kami disana, dan sebaiknya memilih transportasi apa. Makasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu berencana kemana saja? Mohon informasinya yang lengkap.
      Ibu juga bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan kamu selama di Jepang nanti. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!