Berkeliling Jepang dengan Japan Bus Line Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Berkeliling Jepang dengan Japan Bus Line Pass

Sejak tanggal 15 September 2016 kemarin, kumpulan operator bus-bus di Jepang mengeluarkan sebuah tiket terusan khusus bus bernama Japan Bus Line Pass atau lebih familiar dengan sebutan JBL Pass. Kalau JR Pass adalah tiket terusan untuk naik kereta di seluruh Jepang, maka JBL Pass ini adalah tiket terusan untuk naik bus di seluruh Jepang. Berhubung ada beberapa pertanyaan dari pengguna Tour Guide Online yang masuk, maka Tim Info Jepang berupaya untuk membuat ulasannya khusus buat para pembaca setia infojepang.net. Ini dia, murahnya berkeliling Jepang dengan Japan Bus Line Pass.

Dengan Japan Bus Line Pass ini, teman-teman bisa naik seluruh rute bus (ada 92 rute dalam 40 prefektur) di seluruh wilayah Jepang, mulai dari bus di sekitar Taman Nasional Daisetsuzan dan Asahikawa di Hokkaido, Tokyo, Kyoto, Osaka, Kanazawa, Toyama, hingga Hiroshima dan Nagasaki di selatan Jepang.

Dalam tulisan sebelumnya mengenai liburan murah dengan naik bus malam, saya sempat menjelaskan mengenai Japan Bus Pass yang bisa teman-teman gunakan untuk naik bus willer sepuasnya. Nah, coverage (cakupan) Japan Bus Line Pass ini jauh lebih besar dan luas daripada Japan Bus Pass. Tidak hanya bus-bus yang dioperasikan oleh Willer Ekspress, teman-teman bisa naik bus Keio, bus JR, bahkan bus lokal dalam kota seperti bus di Kyoto dan bus keliling Kanazawa.

Harga JBL Pass

Japan Bus Line Pass ini dijual seharga 20.000 yen untuk masa berlaku 7 hari dan 28.000 yen untuk masa berlaku selama 14 hari. JBL Pass ini hanya bisa dibeli oleh turis atau wisatawan Jepang. Selain itu, tidak ada perbedaan harga untuk anak-anak.

Meskipun terlihat harganya tidak berbeda jauh dengan JR Pass, yakni sebesar 29.110 yen untuk masa berlaku 7 hari, namun buat teman-teman yang mau berkeliling Jepang dengan lebih hemat, Japan Bus Line Pass ini bisa jadi solusi terbaik. Pilihan naik bus malam juga bisa menghemat biaya akomodasi atau penginapan kita selagi di Jepang, karena kamu bisa tidur saat perjalanan berpindah kota dengan naik bus. Jika teman-teman bepergian bersama dengan anak, sebaiknya membeli JR Pass. Selain lebih nyaman dan lebih cepat, potongan harga untuk tiket anak-anak sangat menguntungkan.

Di mana membeli JBL Pass?

Japan Bus Line Pass bisa dibeli melalui website japanbuslines.com, dengan pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit.

Pada dasarnya, setiap orang hanya diperbolehkan membeli satu buah Japan Bus Line Pass. Namun, jika bepergian bersama dengan kelompok atau keluarga dengan rute yang sama, kita diperbolehkan untuk membeli JBL Pass lebih dari satu.

Bagaimana cara menggunakan JBL Pass?

Setelah melakukan pembelian, teman-teman akan mendapatkan email konfirmasi berisi kode Japan Bus Line Pass. Setelah itu, teman-teman tinggal membawa hasil cetakannya dan bisa digunakan sebagai tiket bus. Biasanya kondektur atau pegawai bus akan meminta kita untuk menunjukkan passport juga, jadi pastikan untuk membawa passport di dalam tas kecil atau tas selempang untuk lebih memudahkan.

Informasi tambahan mengenai JBL Pass

  1. Dalam satu hari, kita maksimal bisa memesan atau melakukan reservasi untuk total tiga rute bus berbeda, misal: Tokyo-Chiba, Chiba-Sendai, lalu Sendai-Yokohama. Untuk pemesanan ini, usahakan menyediakan jeda 1 jam dari jadwal bus tiba dengan keberangkatan bus berikutnya.
  2. Dalam satu hari, maksimal hanya 1 rute bus malam saja yang bisa dipesan.
  3. Kita bisa memesan rute PP dalam satu hari, semisal Tokyo-Osaka jam 6 pagi, lalu Osaka-Tokyo jam 4 sore.
  4. Meskipun umumnya bus-bus ini tersedia, namun jauh lebih baik untuk melakukan pemesanan sebelumnya. Kini perjalanan dengan naik bus di Jepang semakin diminati oleh para wisatawan, sehingga rute-rute favorit seperti Tokyo-Osaka/ Kyoto maupun Osaka-Hiroshima hampir selalu penuh.
  5. Teman-teman bisa mengganti rute perjalanan yang sudah direservasi. Caranya dengan membatalkan rute perjalanan, lalu melakukan reservasi lagi untuk rute yang diinginkan.
  6. Tidak semua bus memiliki fasilitas toilet atau kamar mandi di dalam bus. Khusus untuk rute-rute jauh, sebaiknya teman-teman mengecek terlebih dahulu fasilitas toilet saat melakukan reservasi. Namun, bus akan selalu berhenti setiap 2-3 jam di tempat peristirahatan, jadi sepertinya tidak terlalu bermasalah.
  7. Tersedia juga area untuk menaruh koper di dalam bus.
  8. Tidak ada fasilitas reservasi kursi saat naik bus, namun untuk teman-teman yang melakukan reservasi bersamaan (dalam satu grup), akan diupayakan untuk duduk bersamaan.

Link terkait

  1. Website untuk melakukan reservasi JBL Pass
  2. Website untuk membeli JBL Pass

Sumber gambar: Wikipedia Commons

Recommended for you

Last modified: November 12, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan