Info Wisata di Kamakura

You are here Home  > Nature, Temple, Wisata Jepang >  Info Wisata di Kamakura

Kamakura adalah wilayah pesisir pantai di Prefektur Kanagawa di selatan Tokyo. Berhadapan langsung dengan Teluk Sagami membuat Kamakura terkenal oleh objek wisata pantai dan laut yang indah. Apalagi dengan jarak yang hanya 1 jam dari pusat kota Tokyo, menjadikan pantai di Kamakura dan Enoshima menjadi tujuan wisata favorit di musim panas. Tim Info Jepang baru-baru ini berkesempatan mengunjungi Kamakura dan Enoshima, dan berikut ulasan dan berikut ini ulasan wisata di Kamakura, semoga bisa menjadi panduan wisata teman-teman selama di Kamakura.

  • Kamakura selain dikenal oleh wisata pantainya, juga dikenal oleh kuil-kuilnya. Di kota ini ada banyak kuil dengan sejarahnya masing-masing. Saking banyaknya, butuh setidaknya dua hari untuk mengunjungi semua kuil di Kamakura.

    Info Wisata di Kamakura

    1. Mengunjungi Great Buddha of Kamakura

    The Great Buddha of Kamakura atau yang lebih dikenal dengan Kamakura Daibutsu adalah patung Amida Buddha raksasa. Budha di Kamakura adalah tujuan wisata di Kamakura yang paling terkenal. Patung ini dibuat dari Perunggu sekitar tahun 1252. Patung Buddha setinggi 13,35 meter ini adalah Patung Buddha terbesar kedua di Jepang, setelah Daibutsu yang ada di Kuil Todaiji, Nara. Awalnya patung Buddha ini berada di dalam ruangan utama Kuil Kotokuin, namun di awal abad ke 15 terjadi topan dan gelombang pasang yang merusak Kuil Kotokuin. Sejak tahun 1495 sampai sekarang, Great Buddha of Kamakura diletakkan di luar ruangan. Untuk melihat patung ini, teman-teman bisa berjalan kaki 10 menit dari Stasiun Hase ke arah utara.

    great buddha kamakura

    2. Mengunjungi Kuil Hasedera

    Tujuan wisata di Kamakura yang lainnya adalah Kuil Hasedera. Di dalam Kuil Hasedera atau Hase Kannon, teman-teman bisa melihat patung kayu terbesar di Jepang, yaitu patung Buddha Kannon. Patung kayu setinggi 9 meter ini memiliki kembaran di Kuil Hasedera di Nara. Awalnya ada dua buah patung kayu yang dibuat di Nara, kemudian salah satu patung ditemukan di pantai Kamakura. Orang-orang percaya bahwa Dewi yang membawa patung itu, sehingga untuk menghormatinya, mereka mendirikan kuil di Kamakura, yang kini menjadi Kuil Hasedera. Di Kuil Hasedera teman-teman juga bisa melihat patung-patung lainnya yang dipercaya sebagai wujud Kannon (Dewi Kemurahan), Ungyo dan Agyo (Dewi pelindung dari rasa takut), Benzaiten (Dewi Musik), Jizo (Dewi pelindung anak-anak di akhirat) dan Jikokuten, Zochoten, Komokuten, dan Tamonten (Dewi pelindung Buddha dari godaan setan).

    Patung budha di Kuil Hasedera Kamakura

    3. Mengunjungi Kuil Hachimangu

    Kuil Hachimangu adalah kuil Shinto terbesar di Kamakura. Kuil ini jadi tempat wisata di Kamakura yang paling sering dikunjungi orang Jepang. Kuil ini didirikan oleh Minamoto Yuritomo yang juga merupakan pendiri Shogun Kamakura. Di tahun baru, Kuil Hachimangu ini akan dipenuhi lebih dari dua juta pengunjung yang ingin menyaksikan terbitnya matahari pertama di tahun itu. Selain itu, Kuil Hachimangu juga menyelenggarakan Kamakura Festival di Bulan April dan September. Dalam festival ini, kita bisa melihat parade Yabusame (pemanah berkuda).

    Kuil Hachimangu di Kamakura

    4. Mengunjungi Kuil Myohonji

    Kuil Myohonji adalah kuil di mana Eiji Tsuburaya dimakamkan. Eiji Tsuburaya adalah pencipta dan penulis cerita Ultraman (manusia biasa yang bisa berubah menjadi raksasa dan melindungi masyarakat dari monster raksasa). Di kuburannya, ada banyak mainan Ultraman yang diletakkan untuk mengenang jasanya sebagai pelopor cerita science-fiction di Jepang.

    Kuil Myohonji di Kamakura

    5. Mencoba Hiking sambil melihat pemandangan alam di Kamakura

    Letak Kamakura yang dikelilingi perbukitan di sisi timur, utara, dan barat memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa hiking sekaligus melihat pemandangan alam di Kamakura. Ada beberapa kuil juga yang bisa teman-teman temukan di atas bukit.

    Keindahan alam Kamakura

    6. Bermain dan berenang di Pantai Kamakura

    Wisata di Kamakura tidak lengkap jika tidak bermain dan berenang di pantai. Pantai-pantai ini paling pas dikunjungi saat musim panas (sekitar bulan Juli-Agustus). Seperti di Enoshima, ombak di pantai Kamakura amat cocok untuk berselancar. Ada tiga pantai di Kamakura yang bisa teman-teman nikmati dengan pesona pantai berpasir yang indah.

    Pantai Kamakura dan Enoshima

  • Tempat Wisata Terkenal di Kamakura

    • Kuil Hasedera

      Foto Kuil Hasedera

      Dari Great Buddha Kamakura teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera. Jaraknya hanya 5 menit dengan berjalan kaki. Letaknya di lereng bukit yang agak curam, namun ada anak tangga yang memudahkan kita untuk dapat mencapai halaman dan juga bangunan utama kuil Hasedera. Teman-teman juga bisa bekelilin...


    • Buddha Kamakura

      great buddha kamakura

      The Great Buddha of Kamakura atau yang lebih dikenal dengan Kamakura Daibutsu adalah patung Amida Buddha raksasa. Patung ini dibuat dari Perunggu sekitar tahun 1252. Patung Buddha setinggi 13,35 meter dan seberat 93 ton ini adalah Patung Buddha terbesar kedua di Jepang di Kuil Todaiji Nara...


    • Pantai Kamakura

      Pantai Kamakura di musim panas

      Kamakura dan Enoshima adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan teman-teman yang sudah bosan dengan tempat-tempat wisata Tokyo. Letaknya yang berada di selatan tidak jauh dari Tokyo, membuat Kamakura menjadi objek wisata musim panas yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal. Di Kama...


    • Kuil Hachimangu

      Kuil Hachimangu di Kamakura

      Kuil Hachimangu adalah kuil Shinto terbesar di Kamakura. Kuil ini didirikan untuk menghormati Hachiman Yang membuat Kuil Hachimangu terkenal adalah jalan masuk kuil yang berupa jalan setapak dengan pohon sakura di kiri dan kanannya. ...


    Tour ke Kamakura

    yokohama bay bridge

    Dalam satu hari, teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera, Patung Great Buddha of Kamakura, dan Kuil Hachimangu. Setelah itu, kita akan mengunjungi Yokohama Chinatown dan melihat Yokohama Bay Bridge.

  • Bagaimana cara ke Kamakura?

    Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik JR Yokosuka Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

    Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen. Kalau naik kereta JR Shonan Shinjuku tanyakan apakah langsung ke Kamakura atau harus berpindah di Ofuna. Baik kereta JR Yokosuka Line maupun JR Shonan Shinjuku Line ini tercover dengan Tokyo Wide Pass.

    Cara termurah mengunjungi Kamakura adalah dengan membeli Enoshima Kamakura Free Pass. Teman-teman bisa gratis naik kereta dari Shinjuku, Kamakura, dan juga ke Enoshima hanya dengan 1.470 yen. Ini rekomendasi Tim Info Jepang, apalagi jika ingin mengelilingi Kamakura dan Enoshima sekaligus.

    Informasi Mengenai Hotel di Kamakura

    Meskipun sebagian besar pengunjung Kamakura melakukan perjalanan harian dari Tokyo, teman-teman bisa mencoba menginap di Kamakura. Selain lebih dekat dengan objek-objek wisata di Kamakura, Yokohama, dan Enoshima, Harga hotel di sini jauh lebih murah daripada di Tokyo atau Yokohama.  Berikut ini adalah hotel atau tempat penginapan murah rekomendasi Tim Info Jepang.

Cheap Hotels in Kamakura [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

The Hours Shonan Hiratsuk
from ¥6260/night
The Hours Shonan Hiratsuka
IZA Kamakura Guest House
from ¥3501/night
IZA Kamakura Guest House and Bar
Hotel Shiosai
from ¥12960/night
Hotel Shiosai
Kinokuniya Ryokan
from ¥10822/night
Kinokuniya Ryokan

(sponsored by Booking.com)

Sumber Gambar: Flickr Julien LOZELLI, Kentaro OhnoitchysTadashi Okoshibryan…Yoshikazu TAKADA, Yoshikazu TAKADA

Recommended for you

Last modified: November 10, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan