Menikmati Musim Semi di Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang >  Menikmati Musim Semi di Jepang

Musim semi yang mulai sekitar akhir bulan Maret, disambut orang-orang Jepang dengan gembira. Sebab musim dingin adalah pertanda hari-hari dingin dan mendung segera berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup-kuncup bunga pohon plum atau ume dalam bahasa Jepang. Dan setelah bunga pohon plum berakhir, muncul kuncup-kuncup bunga paling terkenal di Jepang yakni bunga Sakura.

1. Suhu Udara Musim Semi

Musim semi di Jepang berlangsung dari bulan Maret hingga Mei tiap tahunnya. Di bulan Maret suhu udara masih dingin berkisar antara 5 hingga 15 derajat celsius. Jadi ketika datang ke Jepang saat musim semi, Anda memerlukan persiapan pakaian hangat. Di bulan April, udara mulai menghangat antara 10 hingga 20 derajat celsius. Meskipun dingin di saat pagi dan malam, kita dapat beraktivitas santai di siang hari. Di bulan Mei suhu udara sekitar 18 hingga 25 derajat celsius, sangat pas ketika ingin berwisata dan jalan-jalan di Jepang. Perlu diingat bulan Mei menjadi awal bulan penghujan di Jepang

2. Kegiatan Menarik saat Musim Semi

Satu kegiatan wajib yang harus dilakukan saat datang di musim semi adalah melihat hanami atau saat bunga sakura mekar. Di Tokyo kita dapat melihat hanami sejak akhir bulan Maret hingga awal April. Bunga-bunga lainnya juga bermekaran hingga musim panas mendatang. Jadi kita dapat menikmati keindahan bunga-bunga bewarna-warni nan cantik di taman atau halaman-halaman kuil di seluruh wilayah Jepang

Bunga warna-warni di musim semi

Musim ini sangat dinanti, baik oleh orang Jepang maupun para wisatawan. Sebab musim semi ini adalah musimnya sakura. Media masa seperti televisi dan koran, lalu juga website Prakiraan cuaca Pemerintah Jepang mulai memberitakan mengenai waktu bunga sakura mekar. Perkiraan ini disebut Sakura Saizensen (garis terdepan Sakura). Daun-daun mulai muncul memenuhi ranting-ranting kering pepohonan. Suasana kehidupan mulai kembali pada musim semi.

Selain karena sakura yang mekar, musim semi juga menjadi favorit karena waktu inilah anak-anak sekolah mendapatkan libur musim semi. Liburan musim semi ini sama dengan libur akhir tahun pelajaran. Banyak orangtua yang berlibur bersama anak-anaknya menikmati kenaikan kelas. Lalu juga mahasiswa baru yang pergi liburan ke daerah universitasnya nanti. Para pekerja juga punya peluang mendapatkan liburan pada musim semi ini. Makanya bagi teman-teman yang punya kerabat di Jepang, lebih baik untuk berlibur pada musim semi sebab kita dapat berlibur bersama dengan keluarga.

tour online ads NEW1

Pada akhir April hingga awal Mei, ada lagi liburan panjang yang namanya Golden Week selama kurang lebih 8 hari (ditambah dengan cuti). Keluarga-keluarga dari Indonesia juga bisa datang pada waktu ini sambil menikmati keindahan negeri Jepang. Dibanding pergi pada bulan Maret, waktu liburan memang lebih panjang sehingga bisa lebih bersantai liburan. Namun ada juga kerugiannya. Pertama, harga tiket pesawat dan bus serta perjalanan wisata biasanya meroket naik sebab musim liburan. Selain itu, bunga-bunga biasanya sudah berguguran. Hanya di beberapa kebun bunga saja yang bunganya masih indah. Jadi bagi yang mengincar bunga sakura, saya menyarankan untuk tidak datang saat Golden Week namun pada sekitar akhir Maret dan awal April.

3. Makanan Lezat di Musim Semi

Batang bambu muda adalah makanan yang wajib dicoba saat musim semi. Tidak hanya itu, buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan sayur daun-daunan juga banyak dipanen sehingga harganya relatif lebih murah.

Makanan saat musim semi di Jepang

Sumber gambar : Ross Pollack, J M, David A. LaSpina

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (4)

    • Info Jepang  |  

      Saat musim semi suhu udara sudah hangat, kita tidak perlu kuatir, bisa mengenakan pakaian seperti biasa di Indonesia dan bawa cadangan satu jaket lengan panjang. Jaket bisa dipakai apabila hari hujan dan suhu udara jadi sejuk.

  1. Menarik membaca kegiatan musim semi. Saya pun baru pulang dari Jepang dan terima kasih melalui website ini saya bisa tahu tempat-tempat wisata dan aksesnya.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan