Mengunjungi Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea

You are here Home  > Tips Wisata >  Mengunjungi Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea

Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea adalah dua taman bermain yang paling banyak dikunjungi di Jepang. Selain karena lokasinya yang strategis dan mudah dicapai dari Tokyo, suasana taman bermain beserta ragam atraksi dan fasilitasnya memang tidak dapat kita jumpai di tempat lainnya. Bahkan, dari data statistik yang dihimpun Tim Info Jepang selama 2 tahun terakhir ini, 7 dari 10 orang menanyakan akses dan informasi ke Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea lewat layanan Panduan Tour Online Info Jepang. Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea, berikut ini tips liburan dan contoh itinerary (jadwal perjalanan) terbaik yang dirangkum dari pengalaman pribadi Tim Info Jepang dan selama menjadi tour guide orang-orang Indonesia di Jepang.

Mengenal Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland merupakan bagian dari kompleks Tokyo Disney Resort. Berlokasi di distrik Maihama Kota Urayasu, bagian barat laut Chiba, luas Tokyo Disneyland mencapai 465 ribu meter persegi, dan memiliki 7 area yang masing-masing memiliki tema sendiri. Ke tujuh area tersebut adalah World Bazaar, Adventureland, Westernland, Critter Country, Fantasyland, Toontown, dan Tomorrow Land.

Disneyland juga menyuguhkan atraksi-atraksi favorit keluarga seperti Jungle Cruise, Pirates of Caribbean, Big Thunder Mountain, Haunted Mansion, Pooh’s Honey Hunt, Splash Mountain, dan Micro Adventure. Atraksi ini tidak hanya memikat anak-anak saja, namun juga orang dewasa.

Tips+Trik mengunjungi Tokyo Disneyland

Mengenal Tokyo DisneySea

Tokyo DisneySea adalah taman bermain yang masuk ke dalam wilayah resort Tokyo Disneyland. Letaknya persis bersebelahan dengan Tokyo Disneyland. Semenjak dibuka pada 4 September 2001, tempat ini selalu menjadi tujuan wisata favorit wisatawan termasuk dari Indonesia.

Tema-tema permainan di Tokyo DisneySea antara lain Mediteranian Harbour, Mermaid Lagoon, Arabian Coast, dan America Waterfront. Wahana favorit yang harus dicoba di sini adalah Journey to the Center of the Earth, Toy Story Mania, dan roller coaster Tower of Terror.

Tips+Trik Pergi ke Tokyo Disneyland Disneysea (selengkapnya)

Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea adalah dua taman bermain yang paling banyak dikunjungi di Jepang. Selain karena lokasinya yang strategis dan mudah dicapai dari Tokyo, suasana taman bermain beserta ragam atraksi dan fasilitasnya memang tidak dapat kita jumpai di tempat lainnya

Tips dan Trik Mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea

Pengen menikmati wahana permainan Tokyo Disneyland sepuasnya? Berikut ini tips dan trik mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea yang sudah Tim Info Jepang rangkum dari pengalaman pribadi maupun melalui layanan Tour Guide Online Info Jepang.


Akses ke Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea

Setibanya di Bandara Haneda, teman-teman bisa naik kereta Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho (sekitar 20 menit dengan tiket 490 yen). Lalu di Stasiun Hamamatsucho kita berpindah ke kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Tokyo. Lama perjalanan sekitar 6 menit dan harga tiketnya 190 yen.

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta JR Keiyo Line maupun JR Musashino Line dan turun di Stasiun Maihama, dengan waktu perjalanan kira-kira 15 menit dengan tiket seharga 220 yen. Selain itu, kita juga bisa naik shuttle bus dari Stasiun Tokyo yang langsung menuju ke Tokyo Disney Resort, dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.

Dari Bandara Narita, kita bisa ambil kereta Narita Ekspress sampai ke stasiun Higashi Matsudo. Lalu berpindah ke JR Musashino Line ke arah Tokyo dan turun di Stasiun Maihama. Lama perjalanan sekitar 70 menit dan harga tiketnya 1250 yen. Rute perjalanan ini yang paling cepat dan hanya sekali berpindah kereta.

Dari Stasiun Maihama, tersedia kereta Disney Resort Line yang menghubungkan Stasiun Maihama, Tokyo DisneySea, Tokyo Disneyland, dan Stasiun Bayside. Kereta Disney Resort Line ini adalah kereta unik yang bertema Disney. Dari luar kita bisa melihat jendela berbentuk Mickey Mouse dan juga suasana interior kereta yang akan menjadi “pemanasan” sebelum kita ke Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea.

disney train

Tiket Masuk

Tiket masuk tersedia di area pintu gerbang utama baik Tokyo Disneyland atau Tokyo DisneySea. Teman-teman bisa membelinya secara langsung. Namun, Tim Info Jepang menyarankan untuk membelinya secara online. Butuh Tiket DisneySea dan Tiket Disneyland? Mengapa? Karena antrian panjang hampir selalu terjadi di loket pembelian (setidaknya dari pengalaman 9 kali masuk ke Disneyland/ DisneySea). Meskipun loket tiket dibuka 1 jam sebelum taman bermain dibuka (yakni jam 8 pagi), namun rasanya akan membuang waktu dan tenaga jika kita harus mengantri. Lebih enak datang jam 08.30 dan langsung bersiap main dengan tiket di tangan kan?

Tiket masuk Disneyland dan DisneySea dijual terpisah. Namun, teman-teman bisa membeli 2-day-pass yang bisa digunakan untuk bermain di kedua taman bermain untuk dua hari berurutan. Misal tanggal 10 Juni bermain di Disneyland lalu tanggal 11 Juni bermain di DisneySea. Mengapa dua hari berbeda? Karena menghabiskan 1 hari untuk mengunjungi Disneyland dan DisneySea akan sangat mubazir. Teman-teman paling hanya bisa menikmati 2-3 permainan, padahal banyak wahana, parade, dan kegiatan seru yang bisa kita nikmati.

Tiket masuk Disneyland dan DisneySea harus sudah teman-teman print di kertas A4.Tiket berbentuk QR code, di mana alat pemindai (scanner) akan memindai tiket kita. Jangan berharap bisa menggunakan handphone dan menunjukkan tiket. Pastikan tiket teman-teman tidak diketahui oleh orang lain, karena jika QR code tiket teman-teman print ulang dan digunakan oleh orang lain, maka teman-teman tidak bisa lagi masuk ke Tokyo Disney Resort. TIPS: print tiket di kertas A4 dari sebelum berangkat ke Jepang.

Apa perbedaan one day dengan multi day passport?

Banyak pertanyaan yang masuk melalui email dan whatsapp chat Tour Guide Online, menanyakan apa perbedaannya. Tentu yang paling utama adalah perbedaan harganya. Berikut ini daftar harganya sebagai perbandingan teman-teman.

Jika memang ingin mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea secara berturut-turut (dalam 2,3, atau 4 hari) lebih bagus langsung membeli multi day passport. Dalam 1 hari, teman-teman hanya bisa mengunjungi salah satu dari kedua taman bermain ini.

harga tokyo disneyresort pass

Itinerary Hari Pertama: Tokyo DisneySea

Sebelum mengunjungi Tokyo DisneySea, ada baiknya jika teman-teman sudah membuat list wahana atau parade yang ingin dikunjungi. Apalagi yang ke Disneyland bersama dengan anak-anak, pastikan untuk tidak melupakan waktu parade dimulai. Aturannya mudah, buat list atau urutan parade yang ingin dilihat (termasuk parade spesial yang ada), lalu jeda waktu antar parade tersebut kita buat list wahana yang ingin dinikmati.

Contoh: Parade yang ingin dinikmati:

  1. Fantasmic (area Mediteranian Harbour)
  2. King Triton Concert (area Mermaid Lagoon), dan
  3. Sky High Wishes (parade akan  mengelilingi taman)

Lalu, kita bisa menyusun wahana yang ingin dinikmati diantara parade tersebut. Lebih bagus jika satu area atau setidaknya tidak berjauhan. Ini contoh itinerary di Tokyo DisneySea.

Mermaid Lagoon di Tokyo Disneysea
  1. Toy Story Mania (dengan fast pass)–pastikan ikuti trik kami untuk memperoleh fast pass Toy Story Mania!
  2. Aquatopia
  3. Melihat Sky High Wishes
  4. Makan siang
  5. Mermaid Lagoon Theater (fotonya sebelum list itinerary)
  6. Melihat King Triton Concert
  7. Journey to the Center of the Earth (fotonya setelah list itinerary)
  8. Berkeliling, istirahat, dan membeli oleh-oleh
  9. Tower of Terror (dengan fast pass)
  10. Melihat Fantasmic (menjelang malam)–must see one.
Arena Journey to the Center of the Earth

Waktu tunggu setiap permainan antara 1 jam-2 jam. Terutama untuk wahana favorit seperti Tower of Terror dan Toy Story Mania bisa sampai 3-4 jam. Waktu jeda diantaranya bisa digunakan untuk berkeliling, makan, atau mengunjungi wahana yang tidak terlalu ramai, seperti Caravan Carousel atau Jumpin Jellyfish. Perlu teman-teman perhatikan juga, cuaca di area taman bermain. Ada beberapa wahana dan juga parade yang berada di luar dan tidak dioperasikan saat cuaca hujan. Alternatifnya, kita bermain wahana atau melihat parade/ show yang dilangsungkan di dalam ruangan. Baca juga: Tips dan trik mengunjungi DisneySea: Fast-pass!

Makan siang atau makan malam

Perlu teman-teman ketahui, restoran di area Disneyland dan DisneySea SELALU penuh dengan pengunjung. Untuk bisa memesan menu lalu makan di dalam, kita harus booking tempat terlebih dahulu. Jadi, kasarnya, harus ada 1 orang yang berkorban tidak bermain atau berkeliling untuk memesan tempat terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan, namun agak sulit dilakukan jika kita bepergian dengan anak yang ingin bermain dan perlu diawasi. Selain itu, tidak mudah membuat janji bertemu di suatu spot atau tempat Disneyland dan DisneySea jika melihat penuhnya pengunjung. Jadi, paling mudah adalah membeli makanan seperti burger, kentang goreng, atau hotdog yang bisa disantap sambil berjalan atau duduk di area taman. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengisi waktu luang saat kita menunggu antrian wahana. Daripada gak ngapa-ngapain kan? Mending makan dulu, hehe.

Berinternet di Disneyland dan DisneySea

Di seluruh area taman bermain tidak tersedia akses internet secara gratis. Khusus bagi teman-teman yang datang berkelompok atau sekeluarga, tentu membutuhkan internet untuk bisa berkomunikasi dan mengetahui lokasi/ posisi masing-masing. Kondisi taman bermain yang dipenuhi dengan pengunjung hampir setiap harinya, membuat kita hampir mustahil bisa mencari orang. Kalaupun bisa, pasti akan membuang waktu. Tim Info Jepang menyarankan untuk berinternet dengan kartu sim Docomo atau dengan menyewa router internet Pupuru. Namun jika memang berniat untuk bermain masing-masing, rasanya tidak perlu menyewa internet. Cukup dengan janjian bertemu pada jam dan lokasi tertentu.

Hotel tempat menginap

Hotel Okura Tokyo BayBagi yang membawa anak-anak, dan berencana bermain 2 hari penuh di Disneyland dan DisneySea, Tim Info Jepang menyarankan untuk menginap di  Hotel Okura Tokyo Bay. Hotel ini berada di area Tokyo Disneyland, persis di depan Stasiun Bayside, di mana kita bisa berjalan kaki “hanya” 10 menit untuk sampai area taman bermain. Kalau tidak mau lelah berjalan, ada juga bus shuttle gratis yang akan membawa kita dari hotel sampai ke pintu masuk Disneyland atau DisneySea setiap jamnya. Hotel ini masuk jaringan hotel dengan bintang 3, dengan harga mulai 21.000 yen per malamnya. Keuntungannya, selain lokasinya yang dekat dengan Disneyland atau DisneySea, kita bisa masuk dan menikmati permainan 30 menit lebih awal daripada pengunjung lain. Waktu 30 menit itu berharga loh, kita bisa mengantri langsung untuk memperoleh Fast-Pass tiket di wahana favorit seperti Toy Story Mania atau Tower of Terror.

Itinerary Hari Kedua: Tokyo Disneyland

Hari kedua biasanya badan sudah tidak terlalu fit. Bermain dan berkeliling [tentunya menunggu] menghabiskan banyak tenaga. Tim Info Jepang menyarankan untuk mencoba DisneySea terlebih dahulu baru Disneyland. Mengapa? Karena DisneySea lebih “menguras tenaga” daripada Disneyland. Waktu tunggu DisneySea bisa sampai 3 jam, sedangkan Disneyland maksimum hanya 1-1.5 jam. Mungkin karena Disneyland lebih identik dengan anak-anak sehingga area ini tidak terlalu banyak pengunjung dewasanya.

Jika teman-teman menginap di Hotel Okura Tokyo Bay, kita bisa masuk 30 menit lebih dahulu daripada pengunjung lainnya. Kita bisa segera mengantri fastpass untuk salah satu wahana. Seperti mengunjungi Tokyo DisneySea kemarin, ada baiknya jika teman-teman sudah membuat list wahana atau parade yang ingin dikunjungi. Aturannya sama: buat list atau urutan parade yang ingin dilihat (termasuk parade spesial yang ada), lalu jeda waktu antar parade tersebut kita buat list wahana yang ingin dinikmati.

Mickey's Philharmagic di Tokyo Disneyland

Contoh: Parade yang ingin dinikmati:

  1. Horsehoe Roundup Woody (area Westernland)
  2. Daytime Parade (parade akan  mengelilingi taman pada siang hari), dan
  3. Nighttime Parade “Tokyo Disneyland Dreamlights” (parade akan  mengelilingi taman di malam hari)

Lalu, ini wahana permainan yang ingin dinimati. Ini contoh itinerary di Tokyo Disneyland.

  1. Pooh’s Hunny Hunt (dengan fast pass)
  2. It’s a Small World
  3. Splash Mountain (dengan fast pass) sambil melihat Daytime Parade
  4. Makan siang dan berbelanja oleh-oleh
  5. Mickey’s Philharmagic (fotonya sebelum list itinerary)
  6. Bermain di Grand Circuit Raceway
  7. Monster Inc Ride and Seek (dengan fast pass)-fotonya setelah list itinerary berikut
  8. Berkeliling, istirahat, dan membeli oleh-oleh
  9. Melihat Nighttime Parade (menjelang malam)

Waktu tunggu setiap permainan antara 30 menit-1,5 jam. Waktu jeda diantaranya bisa digunakan untuk berkeliling, makan, atau mengunjungi wahana yang tidak terlalu ramai, seperti Castle Carousel atau naik kano Beaver Brothers. Perlu teman-teman perhatikan juga, cuaca di area taman bermain. Ada beberapa wahana dan juga parade yang berada di luar dan tidak dioperasikan saat cuaca hujan. Kita bermain wahana atau melihat parade/ show yang dilangsungkan di dalam ruangan.

Monster Inc Ride and Seek di Tokyo Disneyland

Cheap Hotels in Tokyo Disneyland [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sunroute Plaza Tokyo
click for detail
Sunroute Plaza Tokyo
Sheraton Grande Tokyo
from ¥17800/night
Sheraton Grande Tokyo Bay Hotel
Hotel Okura Tokyo Bay
from ¥21800/night
Hotel Okura Tokyo Bay
Tokyo Bay Maihama Hotel
click for detail
Tokyo Bay Maihama Hotel Club Resort

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nihonbashi
Pusat perbelanjaan Mitsukoshi di Nihonbashi
Tokyo National Museum
Sejarah budaya Jepang di Tokyo National Museum
Stasiun Shinjuku
Stasiun Shinjuku di Tokyo
Taman Istana Kaisar
Keindahan Taman Istana Kaisar

Sumber gambar: Flickr Beckie FangPeterPanFangelli.rosario, Jeremy Thompson, Jeremy Thompson, Guy Jasper Gonzaga

Link terkait:

  1. Wahana di Disneyland dan DisneySea
  2. Parade/ show di Disneyland dan DisneySea

Recommended for you

Last modified: October 28, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (21)

  1. mau tanya donk, kalau beli multi day 2 hari, itu bisa untuk hari ke 1 disneyland dan hari ke 2 disneysea? atau 2hari untuk 1 tempat saja? terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Multipass 2 hari bisa dipakai buat disneyland 1 hari lalu disneysea 1 hari atau 2 hari di disneysea/disneyland. Intinya bisa dipakai di Tokyo Disneyresort.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Sylvia,

      Ada, di Tokyo Disneyland tersedia di wahana Splash Mountain. Kalau di DisneySea, tersedia di wahana Raging Spirits, Indiana Jones, dan Tower of Terror. Kamu cukup jalan ke pintu masuk FastPass dan bilang Shinguru Raida.

      Salam dan selamat datang di Jepang! 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak Slyvia, kalau di semua wahana, malah semua orang pakai single-rider dong, hehe.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu bisa naik kereta Tokyo Metro Ginza Line sampai Stasiun Ginza/Ueno, lalu lanjut naik kereta Tokyo Metro Hibiya Line sampai Stasiun Hatchobori. Dari sana, kamu bisa naik JR Musashino Line sampai Stasiun Maihama di pintu masuk Tokyo Disneyresort. Totalnya 390 yen.

      Salam dan selamat mengunjungi Disneyresort 🙂

  2. Bro, itu Fast Pass itu jadi sistem nya tiket khusus utk masuk cepat dan jumlah terbatas cuman ada beberapa jam sekali.. Naah misalnya nih saya uda dapat fastpass 1 wahana itu saya harus lgs masuk atau saya bisa keliling2 dulu kumpulin fast pass wahana lain yg saya minat baru saya masuk satu per satu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Andre,
      Di fastpass yang kamu dapatkan itu udah ada rentang jam kamu untuk masuk ke wahana. Fastpass kedua baru bisa kamu dapatkan (bisa diperoleh) 2 jam setelah kamu ambil fast-pass yang pertama atau waktu saat waktu kamu masuk sudah terlewat. Waktu diantaranya bebas kamu gunakan untuk naik wahana atau nonton parade dan atraksi.
      Salam.

    • Oh jadi misalnya saya ambil fastpass utk wahana A.. Jadi saya ga bisa lgs ambil / meninggalkan wahana A utk antri fastpass wahana B gitu ya? Jd ambil fastpass trus lgs antri masuk dulu baru ganti wahana.. Benar demikian?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bukan begitu Andre. Misal kamu ngantri fast-pass wahana A, jam 08.30, dan di tiket ditulis kamu bermain jam 14.00-15.00. Kamu baru bisa ambil fast-pass wahana B mulai jam 10.30. Di rentang waktu antara jam 08.30-10.30 atau 10.30-14.00 kamu bisa bermain wahana selain A dan B. Namun, ini sisi idealis, karena kamu butuh waktu untuk mengantri bahkan untuk ambil fast-pass dan masuk ke wahana permainan (selain A dan B).
      Salam.

  3. An impressive share, I simply given this onto a colleague who was doing a little evaluation on this. And he in reality bought me breakfast as a result of I discovered it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! However yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading extra on this topic. If doable, as you grow to be experience, would you mind updating your weblog with extra details? It is extremely helpful for me. Big thumb up for this blog post!

  4. Halo saya mau tanya
    Kalau tiket 3 hari itu sekilas saya baca di website. Bisa keluar masuk bebas,mksdnya bs satu hari pindah dr Disneyland ke Disneysea?? Atau dlm 1 hr bisa keluar masuk seperti istirahat dl ke hotel, malem balik lg??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Livia, untuk yang 2-day passport, kamu cuma bisa masuk ke Disneyland/DisneySea di hari pertama, lalu pada hari yang kedua, yang belum kamu kunjungi. Nah untuk 3-day atau 4-day, sistemnya akan sama seperti 2-day passport, baru di hari 3 atau 4 kamu bisa bebas masuk keluar Disneyland/DisneySea meski dalam hari yang sama.
      Untuk istirahat/ pulang ke hotel dan kembali lagi malam harinya dimungkinkan juga, namun untuk yang menginap di hotel sekitar Disneyland/DisneySea. Namun, saya tidak sarankan karena rugi dan membuang waktu. Kalau sedang lelah atau kurang fit, sebaiknya gak perlu ke Disneyland/DisneySea.
      Salam.

  5. Hi mau tanya apakah Disney Store ada di dalam Disneyland / Disneysea?
    Lalu apakah tiket 2-day passport bisa dibeli dari Indonesia? Kalau bisa di mana ya? Apakah ada perbedaan harga bila beli dari Indo dan beli di sana langsung? Makasih infonya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, Disney Store ada di Shinjuku atau Yokohama dan beberapa kota besar di Jepang, dan tentu ada di dalam Tokyo Disneyland/DisneySea. Untuk tiketnya bisa dibeli dari Indonesia, coba hubungi HIS Travel, JTB, atau bisa juga langsung beli di websitenya dengan menggunakan kartu kredit. Disarankan untuk membeli sebelum tiba di Jepang, agar tidak menghabiskan waktu untuk membeli tiket terlebih dahulu. Tidak ada perbedaan harga.

  6. Cynthia Marretta  |  

    Mau tanya saya sudah print tiket disneyland tp tidak ukuran a4 apakah bisa d scan ?karna print untuk kedua kalinya barcode tidak akan terbaca ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Cynthia, silahkan print lagi saja di kertas A4 dengan margin. QR Code itu unik dan hanya bisa digunakan sekali untuk masuk Disneyland. Jadi, kalau QR Code diambil oleh orang lain/ digunakan sebelum kamu, itu yang tidak bisa. Tapi kalau hanya print di rumah ya sebanyak-banyaknya bisa. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan