Taman Jingu Gaien Tokyo

Home / Park / Taman Jingu Gaien Tokyo
Item image

Taman Jingu Gaien Park adalah salah satu taman yang terletak di dalam kota Tokyo. Meskipun namanya mirip dengan kuil Meiji Jingu, namun keduanya berbeda lokasi. Dahulunya, baik Kuil Meiji Jingu dan taman ini menyatu, namun seiring berjalannya waktu, perkembangan kota terutama wilayah Harajuku dan Omotesanto, maka keduanya kini terpisah. Aksesnya yang mudah dari Shinjuku atau Shibuya jadi salah satu alasan mengapa taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di taman ini, kita bisa melihat banyak penduduk lokal beristirahat, bermain bersama hewan peliharaan, atau sekadar menikmati pemandangan sore hari di bawah rindangnya pepohonan. Menjelang musim gugur tahun ini, saya kemarin menyempatkan diri mengunjungi Taman Jingu Gaien ini untuk bisa menuliskan sedikit mengenainya bagi para pembaca website Info Jepang. Apa saja ya yang bisa kita lakukan di sini?

Taman Jingu Gaien terkenal dengan jalanan utama tamannya, dengan ratusan tanaman gingko yang rapi berbaris di sisi kiri dan kanan jalan. Saat keluar dari Stasiun Aoyama-Ichome atau Stasiun Gaienmae, kita akan langsung melihat jalanan utama taman dengan orang-orang yang berjalan.

Suasana di jalan Icho Namiki Taman Jingu Gaien
Suasana di jalan Icho Namiki Taman Jingu Gaien

Masih berada dalam area Taman Jingu Gaien, kita juga bisa melihat kemegahan Jingu Stadium, yakni stadion megah yang menjadi kandang dari Tim Baseball ibukota Tokyo Yakult Swallows.

Selain itu, kita juga bisa berkunjung ke Museum Memorial Seitoku. Bentuk bangunan yang unik khas periode Meiji jadi latar belakang foto favorit bagi para turis. Kita juga bisa masuk dan melihat beberapa presentasi dan peninggalan kehidupan pada era Meiji. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi Ceramic Art School di mana kita bisa belajar dan mengenal seni-seni tradisional seperti upacara minum teh, merangkai bunga, dan kaligrafi.

Puas berjalan-jalan, teman-teman bisa menyempatkan sejenak untuk menikmati santap siang di beberapa restoran yang ada di sekitaran taman. Tentu, sambil makan, kita tetap bisa menikmati pemandangan taman. Restaurant yang bisa kita kunjungi antara lain Suimeitei (mie), Hidakaya (mie, nasi daging, dan juga gyoza), dan Cafe Shakeys (pizza, pasta, dan makanan eropa).

Momiji musim gugur di Taman Jingu Gaien

Momiji musim gugur di Taman Jingu Gaien

Informasi Momiji di Taman Jingu Gaien

Waktu yang tepat untuk melihat keindahan momiji di sini adalah di awal November sampai awal Desember. Di awal November, dedaunan pohon gingko akan berubah warna dari hijau menjadi kuning, terus hingga minggu terakhir November hingga awal bulan Desember warnanya menjadi kuning oranye. Di kedua sisi jalan sepanjang 300 meter ini berjajar lebih dari 100 batang pohon ginkgo. Oiya, ada juga Festival Ichou atau Festival Ginkgo yang diadakan dari tanggal 15 November sampai 8 Desember. Dalam festival tahunan ini, kita bisa menikmati pemandangan momiji gingko bersama dengan turis dan penduduk lokal Tokyo. Kita bisa mencoba menikmati makanan khas Jepang atau membeli barang-barang kerajinan tangan di sini.

Akses ke Taman Jingu Gaien Tokyo

Kita bisa jalan kaki sekitar 3 menit dari Stasiun Gaienmae yang dilalui kereta Tokyo Metro Ginza Line. Dari Stasiun Shibuya atau Shinjuku, kita tinggal naik kereta Tokyo Metro selama kurang lebih 4-10 menit dengan ongkos 170 yen. Selain itu, bisa juga jalan kaki 5 menit dari Stasiun Aoyama-Ichome yang dilalui kereta Tokyo Metro Hanzomon Line/ Ginza Line/ Toei Oedo Line.

Selain itu, buat teman-teman yang punya JR Pass atau Tokunai Pass, bisa naik kereta JR Chuo Line dan turun di Stasiun Shinanomachi, dan berjalan sekitar 5 menit.

Teman-teman pengguna Tour Guide Online biasanya mengunjungi taman ini bersamaan dengan kunjungan ke Shinjuku, Shibuya, Harajaku, dan juga Omotesando.

Sumber gambar: Flickr karitsu, nakashi, karitsu


Recommended for you


Last modified: January 29, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Patty
2018-10-19 08:30:49
Tempatnya bagus momiji ini! Super keren gingkonya!

Close Comments

Comments (10)

  1. Selamat siang kepada yg di tempat,

    Saya dan istri saya berencana untuk pergi ke jepang nanti pada pertengahan bulan agustus dengan durasi 16 hari disana. Kami berminat mengunjungi Tokyo, Osaka, Kyoto dan Kawaguchiko

    hal yang saya ingin tanyakan adalah :

    1. Dengan tujuan kota2 yg saya sebutkan sebelumnya, rute transport apa saja yang saya butuhkan? Apakah keseluruhan kota tsb sudah searah atau tidak?

    2. Adakah tempat-tempat menarik di sekitaran kota tsb?

    Atas perhatiannya, saya dan istri mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan bpk/ibu.

    Regards,
    Fervent Jan

  2. Sore Pak, mau tanya..
    saya tiba di haneda jam 4sore, dan langsung ke penginapan di dekat Otsuka St,
    Rute pada hari tersebut yaitu:
    Haneda Airport – Otsuka St (penginapan) – Ikebukuro St (Kura Sushi) – Roppongi Hills – kembali ke penginapan (Otsuka St)
    lebih baik saya beli pass yg mana ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau rutenya begitu, sepertinya tidak ada pass yang cocok dan balik modal. Ibu bisa naik kereta dengan membeli tiket satuan atau bayar dengan suica/ pasmo. Salam

    • Baik pak terimakasih,

      kalau day 2 itinerary saya :
      Otsuka St – Meiji Jingu Gaien – Spoon Sport (Ogikubo St) – Showa Memorial Park – Museum Doraemon – Odaiba – dan terakhir Omotesando hills

      1. saya mempunyai JR Pass, Lalu Pass apalagi yg harus saya beli pada hari tersebut karena ada beberapa rute yg tidak memakai kereta JR. seperti memakai kereta Rinkai Line saat ke Odaiba & Bus ke museum Doraemon.

      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!