Hakone Yumoto

Home / Attraction / Hakone Yumoto
Item image

Hakone Yumoto merupakan pintu masuk ke daerah wisata onsen Hakone yang terletak di sebelah selatan Tokyo, tepatnya berada di prefektur Kanagawa. Total ada lebih dari 40 penginapan berupa onsen ryokan dengan toko-toko suvenir dan pemandangan alam pegunungan yang menawan dan segar. Hakone merupakan daerah wisata onsen yang sudah tersohor dari jaman dahulu (dari jaman Nara tahun 710-794), berasal dari aktivitas vulkanik di pegunungan Hakone. Air onsen dipercaya dapat meredakan rasa sakit/ nyeri otot dan meningkatkan kesehatan. Gunungnya masih banyak yang aktif, dan kadang menyemburkan kawah berbahaya, sehingga Hakone Ropeway sering ditutup. Oh ya, kalau ingin berhemat tidak menginap di penginapan, teman-teman juga tetap bisa mencoba air onsen di ashiyu (onsen untuk kaki). Ashiyu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal Jepang, diminati orang setelah seharian berjalan kaki. Banyak onsen ryokan juga menyediakan fasilitas pemandian air panas bagi wisatawan yang datang pulang-pergi/ tidak menginap. Biayanya antara 500 hingga 2000 yen.

Kegiatan di Hakone Yumoto

1. Berkeliling Toko Suvenir di depan Hakone Yumoto Station

Kalau teman-teman berkunjung ke Hakone Yumoto Station, Tim Info Jepang menyarankan untuk mampir juga ke toko oleh-oleh di sepanjang jalan di depan Hakone Yumoto Station. Barang yang dijual antara lain gorengan bola-bola ikan, manju (sejenis bakpau isi kacang merah), dan beragam jenis oleh-oleh keripik. Satu toko yang terkenal adalah Hakone Yumoto Evaya yang menjual barang-barang Neon Genesis Evangelion. Seluruh tokonya memiliki trotoar yang beratap, sehingga tetap bisa nyaman berjalan kaki meskipun hari hujan sampai di stasiun. Oh ya, buat teman-teman yang tidak sempat keluar dari stasiun, bisa mampir di Hakone No Ichi, toko suvenir yang berada di dalam Hakone Yumoto Station, yang menjual beragam barang mirip seperti toko-toko sepanjang jalan. Cocok buat teman-teman yang ingin buru-buru melanjutkan perjalanan.

Toko oleh-oleh di Hakone Yumoto

Toko oleh-oleh di Hakone Yumoto

Salah satu toko oleh-oleh terkenal di Hakone Yumoto

Salah satu toko oleh-oleh terkenal di Hakone Yumoto yakni Evaya

2. Pemandangan Sungai dari Jembatan Ajisai-bashi

Teman-teman bisa jalan ke jembatan Ajisai-bashi, satu jembatan terkenal dengan pemandangan sungai yang indah. Pemandangan ini sering dipergunakan dalam berbagai macam barang seni Jepang, seperti cetakan kain atau kayu dan lukisan ukiyoe. Meskipun pemandangannya bagus di musim semi dan musim panas, Tim Info Jepang merekomendasikan untuk mampir jika datang ke Jepang di musim gugur. Warna-warni daun yang menjadi merah dan oranye akan menambah keindahannya.

Aliran sungai di Hakone Yumoto

Aliran sungai di Hakone Yumoto

Oh ya, teman-teman juga bisa turun dari jembatan dengan tangga ke jalan di sepanjang pinggir sungai. Kita bisa menikmati suara deru air dan keindahan alam sekitar. Tentu berbeda pemandangan sungai dari dekat dibandingkan jika melihatnya dari atas jembatan.

3. Menikmati Onsen Ryokan Terkenal di Hakone

Berikut adalah beberapa onsen terkenal di Hakone, yang bisa menjadi masukan teman-teman kalau ingin berlibur dan menginap di onsen ryokan di Hakone. Sebagai tambahan seluruh Hakone Onsen ini bisa dikunjungi dengan naik berbagai macam transportasi di Hakone, seperti kereta maupun bus. Buat teman-teman yang memiliki Hakone Free Pass atau Fuji Hakone Pass akan menghemat ongkos perjalanan di Hakone.

1. Tenzan Onsen

Saya pernah merasakan berendam di pemandian air panas di sini. Tenzan ini adalah onsen paling terkenal di Hakone. Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Hakone-Yumoto (hanya 2,1 kilometer atau 20 menit berjalan kaki, atau 10 menit dengan menggunakan bus) ditambah area pemandiannya yang luas membuat banyak para pengunjung menyukai tempat ini. Seluruh pemandian berada di luar ruangan sehingga kita bisa berendam sambil menikmati pemandangan hijau pepohonan dan kebun bunga di area onsen ini.

Tenzan Onsen buka dari jam 09.00-23.00. Harganya 1.000 yen. Alamat: 208 Yumotochaya, Hakone, Ashigarashimo District, Kanagawa Prefecture 250-0312, Japan.

Suasana Hakone Tenzan Onsen

Suasana Hakone Tenzan Onsen

2. Hakone Yuryo

Bagi teman-teman yang ingin merasakan berendam dengan suasana yang lebih privat bersama dengan keluarga atau pasangan, bisa ke Hakone Yuryo. Di sini, selain pemandian umum, tersedia kolam yang lebih privat di dalam dan luar ruangan. Sambil berendam, kita juga bisa menikmati hembusan angin dan pemandangan hutan yang masih alami. Selesai berendam dan berelaksasi, ada restoran dengan menu-menu tradisional Jepang menggunakan bahan makanan asli daerah Hakone yang bisa kita coba sebelum melanjutkan perjalanan keliling Hakone.

Hakone Yuryo ini buka dari jam 10.00-21.00 (atau sampai jam 22.00 untuk akhir pekan dan hari libur). Harganya mulai dari 1.400 yen. Alamat: 4 Tonosawa, Hakone, Ashigarashimo District, Kanagawa Prefecture 250-0315, Japan. Hakone Yuryo bisa dicapai dengan naik bus dari Stasiun Hakone-Yumoto selama kurang lebih 15 menit atau dengan shuttle bus gratis dari Stasiun Hakone Yumoto selama kurang lebih 5 menit.

Biaya penggunaan hotel Hakone Onsen di Hakone Yuryo adalah sekitar 3.900 hingga 5.900 per ruangan, dan pemesanan bisa dilakukan dengan mudah via email. Biaya onsen adalah 1.400 yen per orang dan 700 yen untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Untuk private onsen biayanya 3.900 yen per kamar per jam, jadi tentu sangat murah bila berlibur dengan keluarga.

Album foto hotel Hakone Yuryo

Album foto hotel Hakone Yuryo

3. Kappa Tengoku

Dalam bahasa Jepang, Kappa berarti “gelembung air”, sedangkan Tengoku berarti “surga”. Kappa Tengoku adalah salah satu ryokan dengan fasilitas onsen di wilayah Hakone. Tapi tenang, kita tetap bisa menikmati pengalaman berendam di pemandian air panas tanpa perlu menginap di ryokan kok. Lokasinya yang berada di atas bukit dekat dengan Stasiun Hakone-Yumoto mempermudah kita untuk menemukannya (hanya 3-5 menit jalan kaki dari Stasiun Hakone-Yumoto).

Kappa Tengoku bukan mulai dari jam 10.00-22.00. Alamat: Yumoto 777, Hakone Machi, Ashigarashimo Gun, Kanagawa Pref 250-0311

Pemandangan Hakone Onsen Kappa Tengoku

Pemandangan Hakone Onsen Kappa Tengoku

4. Yumoto Fujiya Hotel

Yumoto Fujiya Hotel onsen

Yumoto Fujiya Hotel onsen

Hotel Yumoto Fujiya ini adalah perpaduan antara hotel dan ryokan. Meskipun bangunan hotelnya megah berdiri di seberang Stasiun Hakone-Yumoto, namun suasana interior di dalamnya terasa seperti rumah orang Jepang. Hotel ini pas banget buat temen-teman yang ingin merasakan menginap di ryokan (penginapan tradisional Jepang) tapi takut kalau malah gak bisa tidur di atas futon karena gak terbiasa. Yumoto Fujiya Hotel adalah rekomendasi hotel terbaik dalam liburan di Hakone dari Tim Info Jepang.

Tidak lupa, hotel ini juga menyediakan pemandian air panas (onsen), baik kepada pengunjung hotel maupun kepada publik atau pengunjung umum. Harganya mulai dari 1.800 yen. Hotel Yumoto ini bisa dicapai dengan 2 menit berjalan kaki dari Stasiun Hakone-Yumoto (sekitar 300 meter). Alamat: Japan, 〒250-0392 Kanagawa Prefecture, Ashigarashimo District, 箱根町湯本256−1.

5. Hotel Kowakien Yunessun

Hakone Kowakien Yunessun onsen

Hakone Kowakien Yunessun onsen

Kowakien Yunessun ini pas banget buat teman-teman yang ingin mencoba berendam di pemandian dengan suasana yang berbeda. Seperti Hotel Yumoto Fujiya, kita tetap bisa merasakan onsen tanpa perlu menginap kok. Ada dua tipe onsen disini: Mori No Yu dan Yunessun. Mori No Yu ini adalah pemandian air panas biasa (tidak memerlukan pakaian berendam), sedangkan Yunessun ini adalah taman bermain air (water park) dengan kolam-kolam air panas yang cocok untuk anak-anak. Tempat ini Tim Info Jepang sarankan untuk dikunjungi jika teman-teman sedang berlibur di Hakone bersama dengan anak-anak. Setelah puas berendam, kita bisa mengunjungi restoran yang menjual menu tradisional Hakone dengan harga yang cukup terjangkau. Hakone Kowakien Yunessun onsen ini buka dari jam 09.00-19.00 dengan biaya 2.900 yen untuk dewasa dan 1.600 yen untuk anak-anak.

Untuk mencapai hotel Kowakien Yanessun bisa naik bus Hakone Tozan atau Izuhakone Bus yang menuju Hakone-Machi dan turun di  halte Kowakien. Untuk lama perjalanannya, kalau dari Stasiun Hakone Yumoto sekitar 20 menit, dan sekitar 40 menit kalau naik dari Stasiun Odawara. Selain itu, bisa dicapai dengan naik bus Hakone Tozan rute S, M, atau G, dari Stasiun Gora seharga 190 yen. Dari halte Kowakien, hotel bisa dicapai dengan 5 menit berjalan kaki. Alamat hotel Yumoto: 1297 Ninotaira, Hakone-machi, Ashigarashimo-gun, Kanagawa 250-0407, Japan.

Daftar Hotel/ Ryokan lain dengan private onsen di Hakone

  1. Gora Hotel Paipu No Kemuri
  2. Tokinoyu Setsugetsuka
  3. Ryokan SARA Hakone
  4. Hakone Yoshino Ryokan
  5. Hakone Suimesou

Akses menuju Hakone Yumoto

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Ada dua akses menuju ke Hakone-Yumoto Station, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1190 yen. Hakone Onsen dapat diakses dengan mudah dengan jalan kaki dari stasiun Hakone Yumoto.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1500 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car.

Ada juga pilihan dengan naik bus seharga 1850 Yen per orang. Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, bus adalah moda transportasi paling lambat untuk mencapai tempat ini. Namun, naik bus bisa jadi pilihan yang tepat jika bepergian dalam grup atau bersama keluarga besar (lebih dari 4 orang). Bus berangkat setiap jam dari Stasiun Shinjuku setiap hari sampai ke Hakone-machi.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Umimoto
3 km away
from ¥16021/night
Yumoto Fujiya Hotel
0 km away
from ¥18287/night
Senkei
1 km away
from ¥18143/night
Kinreisou
6 km away
from ¥8382/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Odawara
5 km away
Kastil Odawara di sore hari
Danau Ashinoko
10 km away
Kapal wisata bajak laut di Danau Ashinoko
Kuil Hakone
8 km away
menuju kuil hakone
Owakudani
8 km away
Stasiun Hakone Ropeway Owakudani

Sumber gambar: Flickr Yusuke Kawasaki,othreeothreeseitai_tomutomuきみさらっつ, AlphaiiotokoninaruzoGuilhem Vellut


Recommended for you


Last modified: March 21, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!