Kids Plaza Osaka

Home / Attraction / Kids Plaza Osaka
Item image

Bagi teman-teman yang berencana liburan di Osaka bersama dengan anak-anak, Kids Plaza Osaka adalah tempat yang tidak boleh terlewatkan. Kids Plaza Osaka sebenarnya adalah museum khusus anak-anak pertama di Jepang. Area museum lengkap dengan beragam area permainan yang mendidik ini dikunjungi lebih dari 400 ribu pengunjung setiap tahunnya sejak mulai dibuka tahun 1997. Bahkan, Kids Plaza ini termasuk ke dalam objek wisata favorit di Osaka bersama dengan objek wisata belanja Umeda dan Namba, kawasan kota tua Shinsekai, dan Taman Tempozan dan Universal Studio Osaka yang berada di tepi Teluk Osaka. Yuk, simak kunjungan Tim Info Jepang di museum anak-anak Kids Plaza Osaka.

Bisa dibilang konsep museum ini cukup unik, di mana anak-anak bisa memuaskan rasa ingin tahunya akan dunia sekitar melalui aneka video presentasi atau permainan. Tema yang diusung oleh Kids Plaza Osaka ini adalah kesenangan dalam belajar dan menemukan jawaban atas pertanyaan secara mandiri. Nah, ini dia kegiatan seru yang bisa teman-teman bersama anak lakukan.

Kegiatan seru di Kids Plaza Osaka

1. Belajar sambil bermain

Slogan belajar sambil bermain memang menjadi slogan utama museum ini. Lima lantai museum ini penuh dengan beragam fasilitas di mana anak-anak bisa belajar dan mengenal banyak hal. Mulai dari mengenal mekanika, seperti bidang miring, putaran roda, prinsip aksi-reaksi di area Ball Circus di lantai pertama.

Lanjut di lantai ketiga, anak-anak bisa belajar mengenal komputer melalui layar sentuh interaktif, seperti belajar mengetik atua menggambar di komputer. Ada juga area studio kreatif, di mana anak-anak bisa belajar membuat kesenian, mulai dari membuat kartu ucapan, anyaman kertas, mewarnai atau menggambar, hingga membuat kerajinan tangan dari tanah liat. Ada banyak staff (biasanya para mahasiswa yang bekerja paruh waktu) untuk menemani dan membimbing mereka membuat prakarya. Anak-anak terlihat begitu senang, apalagi kalau bisa membuat sesuatu yang bagus dan bisa diberikan kepada orangtua mereka, seperti kartu ucapan terima kasih kepada orangtua.

Suasana Kids Plaza Osaka

Suasana Kids Plaza Osaka

2. Belajar mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan

Di lantai keempat, ada area khusus anak-anak batita dan balita bermain, namanya Peek-A-Boo. Anak-anak bisa belajar mengenal bentuk dan warna melalui permainan puzzle, sekaligus mengenal bentuk dan huruf. Masih di lantai empat, ada juga area Kids Town dan Kids Street, di mana anak-anak bisa belajar mengenal jalanan kota melalui simulasi nyata kota, transportasi dan rambu-rambu lalu lintas. Ada juga replika supermarket, kantor pos, bank, toko pangkas rambut, rumah sakit, di mana anak-anak bisa belajar mengenal lingkungan sekitar dan belajar berinteraksi. Seru deh ngeliat anak-anak ketakutan saat ingin membayar belanjaan mereka di kasir restoran, atau bingung melakukan apa di bank. Selain itu ada area perpustakaan mini, di mana anak-anak bisa mengenal keseruan membaca buku.

3. Belajar mengenal alam dan budaya

Di lantai kelima, anak-anak bisa belajar mengenal alam di sekitar mereka. Ada koleksi ikan dari sungai Yodo dan Teluk Osaka, kemudian burung flamingo, aneka serangga dan kebun bunga di mana anak-anak bisa menyentuh dan berinteraksi langsung. Ada juga replika studio televisi di mana anak-anak bisa belajar menjadi penyiar televisi, reporter, penata suara, maupun kameramen dalam sebuah siaran televisi. Selain melatih keberanian dan rasa percaya diri, anak-anak juga bisa belajar mengenal beragam pekerjaan dan berinteraksi dengan temannya. Terakhir, yang paling seru adalah area kebudayaan. Anak-anak bisa mencoba memakai pakaian tradisional Jepang seperti yukata, maupun memainkan aneka alat musik. Selain itu, masih ada ragam replika rumah tradisional Jepang, di mana anak-anak bisa masuk dan mengenal interior rumah, seperti tatami (alas duduk), futon (alas tidur), pintu geser, hingga jendela kayu tradisional yang begitu khas.

Suasana Kids Plaza Osaka

Suasana Kids Plaza Osaka

4. Membeli oleh-oleh di Toko Museum

Setelah puas belajar sambil bermain, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh atau kenangan khas Kids Plaza Osaka yang menarik. Ada beragam kaos, gantungan kunci, boneka, dan buku-buku bacaan yang bisa teman-teman beli di toko museum yang ada di lantai 3.

Akses menuju Kids Plaza Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta Osaka Loop Line ke arah Tennoji dan turun di Stasiun Temma. Lama perjalanan sekitar 2 menit dengan ongkos 120 yen. Atau kalau teman-teman mau berjalan kaki, jarak dari Umeda ke Kids Plaza Osaka hanya sekitar 1,5 kilometer atau 30 menit berjalan kaki.

Kalau teman-teman dari Stasiun Namba, bisa naik kereta subway Sennichimae Line sampai Stasiun Nippombashi, lalu dilanjutkan dengan kereta subway Sakaisuji Line dan turun di Stasiun Ogimachi. Lama perjalanan sekitar 15 menit dengan ongkos 240 yen.

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk ke Kids Plaza Osaka, kita dikenakan biaya tiket seharga 1.400 yen untuk orang dewasa, anak sekolah seharga 800 yen, anak kecil pra-sekolah 500 yen. Untuk warga senior (usia 65 tahun ke atas) dikenakan tiket masuk 700 yen.

Di dalam area ini tidak ada restoran atau kafe. Namun, kita bisa bebas membawa makanan atau bekal ke dalam dan dapat menyantapnya di area publik di sekitar pintu masuk. Kalau ingin mencari makanan di luar (di sekitar Umeda yang letaknya tidak terlalu jauh), bisa juga kok! Kita cukup menunjukkan tiket (pass) untuk keluar-masuk di area Kids Plaza.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

For Leaves Inn Uehonmachi
4 km away
from ¥3600/night
Picnic Hostel Osaka
4 km away
Picnic Hostel Osaka
from ‎¥3100/night
Khaosan World Tennoji
6 km away
Khaosan World Tennoji
from ‎¥3300/night
Sunlife Hotel
3 km away
from ‎¥5806/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Umeda Osaka
1 km away
Sungai Yodogawa dari Umeda Sky Building
Umeda Sky Building
2 km away
Umeda Sky Building
Taman Daisen
16 km away
Pemandangan taman Jepang di Taman Daisen
Stasiun Osaka
1 km away
Iluminasi malam Stasiun Osaka

Sumber gambar: Flickr o_Ozzzzk, Hammonia, hiromitsu morimoto


Recommended for you


Last modified: January 9, 2017 by

Close Comments

Comments (4)

  1. Malam mas
    Saya bersama suami dan 3 orang anak (9,8 dan 2 thn),bersama orang tua (60 thn ) akan ke osaka dan Kyoto selama 3 hari
    Rencana hr pertama sampai di Kansai jam 4 sore,lalu kehotel di namba hostel minami kanoni, malamnya ke dotonburi
    Hari ke 2 ke osaka castle, tempozan wheel ,Nakano Shima park,dan kids plaza
    Hari ke 3 kyoto,fushimi Inari dan kobe horror land
    Hari 4 balik ke kl
    Dengan Ittinerary seperti itu saya hrs beli icoca saja atau tambah lagi beli one day buss mas?
    Terus klo dr kansai ke hotel saya di hostel namba minami kanon itu rute nya gimana ya mas??
    Tx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Kansai Ivo bisa naik kereta Nankai sampai Stasiun Shinimamiya, nanti tinggal jalan kaki sekitar 10 menit ke Hostelnya. Lalu untuk hari ke-2, bisa pertimbangkan membeli Osaka Amazing Pass. Sisanya bisa menggunakan kartu ICOCA saja. Salam.

    • ivo rambe  |  

      Mas nanya lagi kalau saya beli tiket kaiyo osaka tiket aquarium..apakah itu tiketnya udah mencakup naik subway di osaka seharian?? Bisalah tiket itu saya pakai sebelumnya menuju osaka castle?? Tx lg ya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya Kaiyu Ticket itu mengcover tiket subway, ibu bisa ke Osaka Castle dengan kereta subway, turun di Stasiun Morinomiya. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!