Nabana no Sato

Home / Night View / Nabana no Sato
Item image

Apakah teman-teman pernah mendengar Iluminasi Natal atau Christmas Illumination? Bagi yang belum tahu, saya akan menjelaskan sedikit. Di Jepang, iluminasi Natal sudah menjadi kebudayaan ketika menjelang Natal dan Tahun Baru. Di jalan-jalan di kota besar, sejak bulan November, ribuan bahkan jutaan lampu-lampu natal digantung dan dihias di pohon-pohon sepanjang jalan. Selain di pinggir jalan, lampu-lampu ini juga dibuat membentuk pohon, hewan, rusa natal, dan rumah santa, dan masih banyak lainnya. Ada juga pohon natal besar di stasiun-stasiun dan pintu-pintu masuk gedung pertemuan. Dan ketika hari mulai gelap (di musim dingin pukul setengah lima sore sudah gelap), maka lampu-lampu itu akan dinyalakan. Lampu-lampu inilah yang menghiasi malam hingga malam Natal dan Tahun Baru. Salah satu yang paling terkenal di Jepang adalah Iluminasi Nabana No Sato.

Di mana Lokasi Nabana no Sato?

Sebelumnya kami sudah pernah membahasa 10 Iluminasi Natal Terbaik di Tokyo, nah kali ini kami akan pergi sedikit jauh ke arah barat. Ada iluminasi natal Nabana no Sato. Nabana No Sato sendiri artinya kampung Nabana. Lokasinya sendiri ada di Prefektur Mie, di bagian tengah Jepang. Lokasinya berada di selatan Nagoya. Nabana No Sato ini terletak di dalam resort Nagashima (juga dikenal dengan Nagashima Spa Land), sebuah resort megah di pinggir pantai Prefektur Mie. Di resort itu sendiri ada hotel dan pemandian air panas, kolam renang besar, dan taman bermain outdoor, dan tentunya kebun bunga Nabano No Sato di bibir pantai.

Kegiatan Wisata Seru di Nabana No Sato

1. Melihat Iluminasi Natal sepanjang 6 bulan!

Iluminasi Natal di Nabana no Sato adalah iluminasi terbesar dan termegah seantero Jepang. Setiap tahunnya hampir selalu ada liputan langsung di televisi NHK mengenai tema dan suasana iluminasi natal di sini. Keren kan? Menjelang akhir tahun, seluruh kebun bunga dihiasi dengan 7 juta lampu-lampu Natal. Dan yang menarik, kita tidak akan jadi bosan, sebab tiap tahun tema iluminasi Natal selalu berubah-ubah. Iluminasi Natal terbagi menjadi 4 area berbeda, iluminasi di atas sungai buatan dalam taman, iluminasi berupa terowongan sepanjang 200 meter, lautan lampu-lampu yang menghiasi kebun bunga dari ujung ke ujung, dan yang paling megah adalah pohon Natal besar di tengah-tengah kebun bunga.

Jadi kalau teman-teman berlibur ke Jepang dari pertengahan Oktober sampai minggu pertama Mei, jangan lupa pergi ke Nabana No Sato di Prefektur Mie. Rasakan kemegahan dan kesenduan Iluminasi Natal. Saran kami, usahakan datang di hari biasa supaya bisa lebih puas berkeliling. Di akhir pekan atau hari libur, puluhan ribu pengunjung di sini membuat kita “kurang puas” menikmati keindahan iluminasi atau untuk selfie.

2. Berkeliling Kebun Bunga super duper luas

Selain di musim dingin, kebun bunga Nabana ini juga terkenal dengan hamparan kebun begonia yang indah sepanjang tahun. Selain itu, kita bisa juga melihat bunga tulip yang mekar di awal musim semi, bunga hydrangea dan iris di musim panas, lalu bunga cosmos dan dahlia di musim gugur.

Festival bunga di musim panas

Festival bunga di musim panas

3. Iluminasi Malam sepanjang tahun

Buat teman-teman yang berlibur ke Jepang dan ingin sekali melihat pemandangan iluminasi lampu di malam hari, maka Nabana No Sato adalah tempat yang tepat. Selain iluminasi musim dingin, kita juga bisa melihat iluminasi momiji di musim gugur, iluminasi pohon plum atau ume di musim semi. Lengkap deh pokoknya!

Iluminasi pohon plum di musim semi

Iluminasi pohon plum di musim semi

4. Festival Bunga sepanjang tahun

Buat teman-teman yang bingung mau kemana kalau ingin melihat pemandangan indah taman bunga, Nabana no Sato di Nagashima Resort adalah tempat yang tepat. Di Nabana no Sato, kita bisa menikmati dan menyaksikan festival bunga sepanjang tahun. Di musim semi, dari akhir bulan Februari hingga akhir bulan Maret, kita bisa melihat bunga ume, shidare-sakura, dan kawazu-sakura. Dilanjutkan Festival Tulip dan bunga bakung kuning (Narciscus) dari akhir Maret hingga akhir April. Kemudian Festival Mawar dari 10 Mei hingga akhir bulan Juni (baca informasi Festival Mawar selengkapnya). Juga Festival Ajisai (bunga bewarna biru muda cantik) dari akhir bulan Mei hingga awal Juli.

Festival Tulip di Nabana no Sato

Festival Tulip di Nabana no Sato

Informasi tiket masuk Ke Nabana no Sato

Tiket masuk taman untuk hari biasa sebesar 1.000 yen untuk musim panas, 1.600 yen untuk musim semi dan musim gugur, sedang saat iluminasi musim dingin dikenakan biaya tiket masuk sebesar 2.300 yen (termasuk voucher senilai 1.000 yen untuk berbelanja di dalam taman).

Akses ke Nabana no Sato

Dari pool bus Meitetsu di samping Stasiun Nagoya, kita bisa naik bus Meitetsu ke arah Nagashima Onsen dan Nabana no Sato. Lama perjalanan sekitar 35-40 menit dengan ongkos 890 yen untuk satu arah atau 1.780 yen untuk rute pulang pergi. Untuk jadwal keberangkatan busnya dari stasiun bus Meitetsu Bus Center lantai 4 halte bus nomor 22, bus berangkat dari jam 08.20 hingga 18.10 dan tersedia setiap 20-30 menit sekali. Sementara untuk jadwal kembali dari Nabana no Sato ke Stasiun Nagoya tersedia dari jam 11.10 hingga 19.30 di mana busnya tersedia setiap 20 menit hingga 1 jam sekali.

Selain itu, bisa juga dengan naik kereta JR Kansai Line dari Stasiun Nagoya sampai Stasiun Kuwana. Lama perjalanannya sekitar 22 menit, dengan ongkos 350 yen. Setelah itu, bisa naik bus ke Nabana no Sato, selama 10 menit dengan ongkos 260 yen.

Dari Nagashima, teman-teman bisa naik bus sampai Stasiun Kuwana, selama 20 menit dengan ongkos 530 yen. Tersedia 1-3 perjalanan bus setiap harinya. Pada saat Iluminasi Musim Dingin di Nabana no Sato, bus akan berangkat dari Stasiun Nagashima secara langsung.

Baca juga: Akses ke Nagoya

Info lebih lanjut

  1. Yakei nabana
  2. Peta nabana
  3. Resort Nagashima (tempat Nabana no Sato)
  4. Iluminasi di Nabana no Sato

Recommended Hotels in Nagoya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
19 km away
Nishitetsu Inn Nagoya Nis
20 km away
from ¥7000/night
Hotel Trusty Nagoya Sakae
21 km away
from ¥8255/night
Nagoya Marriott Associa H
19 km away
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sirkuit Suzuka
31 km away
Start di Sirkuit Suzuka Jepang
Museum Ninja
63 km away
Foto ninja
Nabana no Sato
0 km away
Festival bunga di musim panas
Nagashima Spa Land
7 km away
pintu masuk nagashima spa land

Sumber gambar: Flickr  Rudolf Ammann, Emma


Recommended for you


Last modified: July 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (77)

  1. Pagi Pak Nugroho,
    Kalau dari Tokyo, apakah bisa PP ke Nabana No Sato? Dan kalau bisa, beli tiket apa ya? Sya tidak da JR Pass. Terima kasih ya Pak!

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bisa saja PP dari Tokyo melalui Nagoya. Kalau tidak ada JR PASS, bisa membeli tiket shinkansen PP dari Tokyo menuju ke Nagoya Station. Kemudian tiket bus PP dari Nagoya Station menuju ke Nabana No Sato. Salam

  2. Siang Pa..
    Tgl 17-22 mau ke jepang.
    Rutenya:
    17-18 tokyo
    19 tokyo – nagoya liat nabana no sato. Malamnya ke kanazawa nginap di kanazawa
    20 shirakawago
    21 kanazawa-toyama lalu alpine route (nginap di toyama)
    22 toyama – sapporo
    Lalu stay di sapporo sd tgl 24.
    Yg jadi pertanyaan:
    1. Apakah mungkin tgl 19 tokyo-nabana no sato lalu ke kanazawa? Atau lbh baik tgl 19 nginap di nagoya. Baru tgl 20 pagi berangkat ke kanazawa lalu ke lsg ke shirakawago.
    2. Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk melihat shirakawago?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sepertinya akan sulit Ria, lebih baik menginap di Nagoya. Esok harinya, Ria bisa naik kereta limited ekspress Hida sampai Takayama, lalu naik bus Nohi sampai ke Shirakawago.
      2. Untuk keliling Shirakawago biasanya 2-3 jam Ria. Salam.

  3. pak mau tny..
    sy dari nagoya castle mao mengunjungi nabana no sato utk melihat illumination & nagashima onsen utk mandi onsen & foto2..
    lebih baik mengunjungi yg mana dulu ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Lebih baik Nabana No Sato terlebih dahulu, karena Nagashima Onsen buka dari jam 10.00-23.00 hingga malam hari.
      Tapi kalau mengincar Nabana No Sato Illumination bisa dibalik rutenya. Salam

    • pagi pak nugroho…adakah rute bus dari nagashima spa land ke nabana no sato?
      saya cek google dari nagashima spa land ke nabana no sato via kereta sangat lama yaitu sekitar 1/2 jam lebih pdhl klo via mobil hanya 14 menit..
      kemudian adakah waktu utk bus terakhir dari nabana no sato ke nagashima st?
      mohon pencerahanya pak..trims

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Nagashima, lebih mudah naik bus sampai Stasiun Kuwana, selama 20 menit dengan ongkos 530 yen. Tersedia 1-3 perjalanan bus setiap harinya. Lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan jika naik kereta. Salam.

  4. halo pak, mau tanya di bulan mei, apakah masih ada illuminati di nabana no sato? jika dari kyoto, transportasi apa yg mudah dan murah menuju nagoya? dan juga dari nagoya menuju tokyo bisa memakai bus ?terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya benar. Untuk ke Nabana no Sato, bisa juga juga dengan naik kereta JR Kansai Line dari Stasiun Nagoya sampai Stasiun Kuwana. Lama perjalanannya sekitar 22 menit, dengan ongkos 350 yen. Setelah itu, bisa naik bus ke Nabana no Sato, selama 10 menit dengan ongkos 260 yen.

  5. pak nugroho mau tanya pak

    bila mau ke daerah nabana no sato di prefektur mie lalu mau pulang hari kembali ke kyoto jam 7 malam, transportasi apa yg disarankan? apakah tercover dgn jr pass?

    sy coba cari di hyperdia habis 8570 yen skali jalan
    apa ada saran dari pak nugroho?

    sama pemesanan bus nohi hanya via tlp ya? sy coba track web tp tidak ada

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Nabana no Sato ya memang hanya bisa kereta shinkansen bu, dan harganya memang segitu. Ibu bisa langsung reservasi via online melalui website J-Bus. Salam

  6. Pak nugroho sy rencana November pergi dgn itinerary sbb
    Tgl 9= tiba Tokyo jam5pm, jalan2 Shinjuku Shibuya Roppongi
    Tgl 10= Tokyo Disney sea
    Tgl 11= Tokyo ( Tsukiji Market, Odaiba, Ginza, Akihabara, Asakusa)
    Tgl 12= Mount Fuji
    Tgl 13= Tokyo – Takayama (jln2) – Shirakawago menginap
    Tgl 14= Shirakawago – Kanazawa (jln2) – Kyoto after dinner
    Tgl 15= Kyoto (fushimi inari, arashiyama, kinkakuji, gion)
    Tgl 16= USJ Kyoto
    Tgl 17= Kyoto – Nagoya – Prefektur Mie (Nabana no sato) – Kyoto
    Tgl 18= Kyoto – Osaka ( Dotonburi, Shinsaibashi)
    Tgl 19= USJ Osaka
    Tgl 20= Osaka – Kobe – Osaka
    Tgl 21= back to jkt

    Pertanyaan:
    1. Tgl 11 sebelum ke Mt Fuji apa perlu menginap di ryokan di Kawaguchi?
    2. Tgl 12 saat ke Mt Fuji apa cukup waktu bila skalian Hakone, Gotemba dan Kawaguchi?
    Best time mengunjungi Mt fuji jam brp pak?
    3. Apa rute yg dipilih sudah efektif secara waktu dan biaya, k arena dr Tokyo memutar ke atas dl takayama dan kanazawa, lalu ke bawah ke Nagoya?
    Bila belum efektif, apa ada saran dr bapak?
    4. Minta saran pass yg harus dibeli supaya efektif, dan kapan diaktifkannya
    Thanks pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ibu bisa ke Fuji Kawaguchiko sebagai day-trip dari Tokyo kok.
      2. Bisa saja, namun jadi tidak efektif dan hanya akan melelahkan, sebaiknya kalau hanya punya 1 hari, keliling Kawaguchiko saja.
      3. Sudah bu, sudah oke. Ibu bisa membalik rutenya: Tokyo-Kanazawa-Takayama-Kanazawa-Kyoto.
      4. Lebih baik membeli JR Pass, dan digunakan pada tanggal 13 sebelum perjalanan ke Kanazawa dari Tokyo. Salam.

    • pak melanjutkan pertanyaan

      stlh 9-13 tokyo (10 disney sea, 12 mt fuji)
      sy 13-14 ke takayama dl menginap
      lalu 14-15 ke shirakawago menginap
      15-18 ke kyoto termasuk nagoya ke nabana no sato
      18-21 ke osaka

      kalo sy beli JR Pass (ordinary 7 days ya pak?) dan diaktifkan tgl 13 sblm ke takayama,
      sy ke mt fuji jd beli tiket terusan saja pak? atau beli suica/pasmo?
      bukannya bs pakai shinkansen jg ya pak pakai jr pass ke mt fujinya?

      dr tokyo ke takayama tetap naik JR Takayama yg rutenya Tokyo – nagoya – takayama ya pak?

      dan takayama ke shirakawago pakai bus nohi

      tp dr shirakawago ke kyoto, rutenya shirakawago – kanazawa – kyoto ya pak?

      jd JR apa sajaa yg harus sy beli? msh agak bingung
      makasih pak

      thanks sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Ya silahkan aktifkan JR Pass nya sebelum ke Fuji Kawaguchiko saja. Dengan JR Pass, ongkos kereta ekspress Kaiji/ Azusa dari Shinjuku-Otsuki tercover, dilanjutkan dengan naik kereta Fujikyu Railway (tidak tercover). Rute Tokyo – nagoya – takayama sudah benar. Begitu pula dengan shirakawago – kanazawa – kyoto. Silahkan membeli JR Pass reguler (29.110 yen). Salam.

    • pak makasih sarannya

      pak berarti selama di tokyo 9-11 nov sy hrs beli suica pasmo?
      dan bila tgl 12 diaktifkan jr pass berlaku sampai 18,
      jd dr 18 nov-21 novnya sy dr kyoto jalan ke osaka dan full di osaka hrs beli pass apa pak?
      di osaka hanya dalam kota dan ke kobe saja

      makasih skali lg

    • pak makasih pak infonya.

      untuk 18 nov sy dr kyoto ke osaka sampai sore hari, menginap new miyako hotel.
      rencana ke dotonburi, shinsaibashi

      19 nov ke osaka castle, umeda building, , namba, amerikamura, shinsekai

      20 nov ke kobe

      21 nov all day osaka mgn dotonburi lg

      1. dr new miyako apa dekat ke stasiun utk ke daerah dotonburi dll?
      dr new miyako ke airport saran bapak naik apa pak, bs pakai pass yg sy beli di nomor2?

      2. sy beli pass apa sbaiknya?
      sy 12-18 nov nya sudah beli jr pass utk perjalanan sblmnya

      thanks pak

  7. pak, selain naik shinkansen apakah ada alternatif lain menuju nabana no sato dari tokyo?
    saya berencana dari tokyo kembali ke kyoto singgah sebentar di sini.
    tapi saya tidak membeli JR Pass.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Kyoto menuju ke Tokyo, ibu naik apa ya? Mungkin bisa stop di Nagoya Station, kemudian naik bus Meitetsu ke arah Nagashima Onsen dan Nabana no Sato, seperti yang dijelaskan di artikel di atas. Salam

    • naik willer bus rencananya pak.
      atau bapak ada masukan sebaiknya apa yang saya beli untuk keberangkatan dari tokyo-nagoya-kyoto??
      thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, lebih baik membeli tiket Willer Bus Tokyo-Nagoya, jalan ke Nabana No Sato, kemudian naik willer bus lagi dari Nagoya-Kyoto. Salam

  8. Saya baca membeli JR Pass sangat membantu kalau untuk jalan antar kota. Saya rencana jalan osaka-tokyo-kyoto-osaka. Ada rencana ke Gala Yuzawa, Nabana no sato, lake Kawaguchiko, Ghibli Museum, Arashiyama, Nara dan selebihnya mutar wisata sekitar 3 kota itu. Katanya JR Pass hanya mengcover shinkansen yang di kelola JR Pas.. ttp saya baca.. osaka-tokyo..justru perjalanan terpanjang naik Tokaido-Sanyo Shinkansen dan ke Gala Yuzawa naik Joetsu Shinkansen… Gk ada embel embel JR.
    Saya jd bingung, kartu apa aja yg mau di beli? Total perjalanan 9-10 hari.
    Trus beli JR Pass di Indonesia, hrs brapa hr sebelumnya ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Shinkansen sepenuhnya dikelola oleh perusahaan JR, jadi tercover oleh JR PASS.
      Kemudian untuk JR PASS di Indonesia, berbeda-beda tergantung tempat belinya. Untuk amannya bisa dipersiapkan dari satu minggu sebelumnya. Salam

  9. Saya juga rencana ke nabana no sato. apakah transport ke sana dicover hokuriku arch pass? sebaiknya rutenya dari Osaka atau Toyama? saya menginap di Osaka 3 malam dan di toyama 1 malam (ke Kanazawa dan Shirakawago dan besoknya ke Alphine route terus ke Tokyo)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ongkos kereta ke Nabana No Sato tidak tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Ibu lebih baik membeli JR PASS. Dari Toyama bisa naik kereta express wide view sampai ke Nagoya.
      Salam

    • Julliani  |  

      Terima kasih pak atas infonya.
      Berarti saya batalkan rencana ke Nabana no sato karena saya sudah terlanjur beli Hokuriku arch pass.
      Kemudian untuk pertanyaan saya apakah transport ke Ashikaga flower park dan Showa Kinen Koen dari Asakusa/Kuramae station tercover Hokuriku arch pass?

  10. Halo pak,

    Kalau saya paginya dari tateyama kurobe alpine, kemudian sorenya kesini apa cukup waktunya ya ?
    Kalau cukup sebaiknya saya dari stasiun mana langsung ke nagoya?

    Thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Keluar dari Tateyama Kurobe Alpine Route, ibu silakan keluar sampai Stasiun Shinano-Omachi.
      Kemudian naik kereta lokal sampai Matsumoto, lalu naik kereta ekspress Wide View sampai Nagoya Station.
      Waktu perjalanan sekitar 3,5 jam.
      Ditambah waktu perjalanan ke Nabana no Sato sekitar 1 jam dari Nagoya Station, maka total waktu perjalanan adalah sekitar 4,5 jam.
      Sepertinya agak sulit dan nantinya terburu-buru. Salam

  11. Siang Pak,
    kalau mau ke Nabana No Sato dan malamnya kembali lagi ke Osaka, bus paling malam yang berangkat dari Nabana No Sato jam berapa pak? Adakah link terkait untuk melihat jadwal keberangkatan bus?
    Saya rencana siangnya dari Shirakawago via Kanazawa, lalu plgnya mau via Takayama dan Nagoya supaya bisa mampir kesini dlu sebentar keburu ngga ya Pak?
    Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Waduh, rasanya tidak mungkin Devina.Perjalanan dari Takayama ke Nagoya itu 4 jam. Kalau kamu berangkat siang dari Shirakawago dan Kanazawa, kamu baru akan tiba di Nagoya jam 18.00. Bus terakhir ke Nabana no Sato berangkat 18.10, dan rasanya sangat riskan. Bus terakhir yang kembali ke Nagoya jam 19.45, dan tiba di Stasiun Nagoya jam 20.25. Jadwalnya harus sangat ketat, karena kereta Shinkansen ke Osaka terakhir sampai jam 22.00. Salam.

  12. malam pak, kalau ingin ke nabana no sato lebih dekat dr tokyo kyoto atau osaka ya? dan naik apa aksesnya untuk kesana? terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Vira, sama saja, kamu bisa naik kereta Shinkansen dahulu sampai Stasiun Nagoya. Lalu, dari pool bus Meitetsu di samping Stasiun Nagoya, kita bisa naik bus Meitetsu ke arah Nagashima Onsen dan Nabana no Sato. Lama perjalanan sekitar 35 menit dengan ongkos 890 yen. Salam.

  13. Pak Nugroho, saya minta informasi :
    Kalau saya dari area Ginza or Tokyo Station dan mau ke Sato Nemba dan juga mau ke Gotemba maka saya harus naik train apa dan saya sudah punya JR Pass.

    Jika saya dari area Tokyo Station dan mau ke Nabana no Sato maka saya harus naik train apa dan saya sudah punya JR Pass dan apakah JR Pass itu bisa dipakai untuk ke Nabana no Sato?

    Terima Kasih Pak….Tolong jelaskan secara detail

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo Station bisa naik kereta sampai ke Otsuki Station (tercover JR Pass). Lalu naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai ke Kawaguchiko Station. Dari Kawaguchiko Station bisa naik Retro Bus green line sampai ke Iyashi No Sato Nemba.
      Untuk ke Nabana No Sato, bisa naik shinkansen sampai ke Nagoya Station (tercover JR Pass), kemudian naik bus Meitetsu ke arah Nagashima Onsen dan Nabana no Sato (tidak tercover JR Pass). Salam

    • Pak Nugroho, Kalau dari Iyashi No Sato Nemba ke Gotemba naik train apa? apakah tercover JR Pass? Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau naik kereta, biaya Fuji Kyuko Line tidak tercover dan total perjalanan perlu sekitar 4,5 jam karena jalan memutar.
      Namun ibu bisa naik bus dari Kawaguchiko langsung ke Gotemba, bisa menghemat waktu, namun tidak tercover oleh JR Pass. salam

    • Pak Nugroho, berarti kalau saya mau cara yang lebih cepat untuk hemat waktu maka dari Sato Nemba ke Gotemba harus naik retro bus green line ke arah Kawaguchiko Station dan dari situ naik bus local ke Gotemba ? Bener gak ? Terima Kasih pak

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!