10 Iluminasi Musim Dingin Terbaik di Tokyo

You are here Home  > Iluminasi >  10 Iluminasi Musim Dingin Terbaik di Tokyo

Liburan musim dingin di Jepang jadi impian orang-orang Indonesia. Selain bisa melihat salju atau bermain ski/seluncur di atas salju, kita juga bisa melihat iluminasi kelas top di Tokyo. Iluminasi itu menunjukkan hiasan lampu kelap-kelip yang dipasang di pohon-pohon sepanjang jalan, di bangunan-bangunan, atau di taman-taman. Nah, Jepang memang agak “gila” dalam hal iluminasi musim dingin, sama seperti pesta kembang api dengan skala raksasa di musim panas. Berikut adalah laporan khusus Tim Info Jepang tentang 10 Iluminasi Musim Dingin terbaik di Tokyo. Silakan teman-teman melihatnya dan memasukkannya dalam jadwal perjalanan di Jepang. Jika ada pertanyaan atau mohon rekomendasi, silakan menuliskannya di kotak komentar di bawah. Tim Info Jepang akan senang hati membantu.

1. Iluminasi Musim Dingin Caretta Shiodome (16 November 2017-14 Februari 2018)

Lebih dari 270 ribu lampu LED ditata apik menghiasi halaman Gedung Caretta di Shiodome. Iluminasi di tempat ini biasanya mengambil tema bewarna biru laut, namun pada tahun ini sambil merayakan Iluminasi Caretta Shiodome yang ke-15, temanya cukup spesial yakni kisah The Beauty and The Beast. Iluminasi dimulai dari jam 17.00-23.00. Setiap 15 menit sekali dari pukul 17.00 hingga 22.00 akan ada pertunjukkan cuplikan film dari film The Beauty and The Beast. Tentu akan menambah semarak iluminasi musim dingin di tempat ini. Saran dari Tim Info Jepang, teman-teman bisa bermain dan berbelanja puas di Odaiba sampai sore hari, kembali ke arah Tokyo dengan monorel Yurikamome, dan mampir di Caretta Shiodome sebelum kembali ke hotel masing-masing.

Iluminasi Musim Dingin di Caretta Shimbashi Shiodome

Iluminasi Musim Dingin di Caretta Shimbashi Shiodome

2. Iluminasi Musim Dingin Roppongi Hills (7 November 2017-25 Desember 2017)

Roppongi yang terletak di tengah-tengah kota Tokyo dan jadi pusat perkantoran juga punya iluminasi musim dingin yang menarik. Iluminasi tahun 2017 ini mengambil tema “Roppongi Hills Artelligent Christmas 2017”. Membentang di sepanjang jalan Keyakizaka-doori, lalu di Mori Garden Roppongi, dan juga Plaza 66, lampu-lampu iluminasi dipasang di pohon-pohon, tiang-tiang listrik, dan pagar-pagar jalan menampilkan perpaduan lampu yang sangat indah. Aksesnya sangat mudah dari stasiun subway Roppongi dan diadakan mulai dari jam 17.00-23.00. Sepanjang acara iluminasi musim dingin, kita juga bisa mengikuti Christmas Market layaknya di negara-negara Eropa yang dilaksanakan dari tanggal 25 November hingga 25 Desember 2017, mulai dari pukul 11.00-21.00 di Oyane Plaza.

3. Iluminasi Musim Dingin Midtown Christmas (15 November-25 Desember)

Iluminasi musim dingin ini dipusatkan di Tokyo Midtown yang terletak di antara stasiun Nogizaka dan Roppongi. Sesuai namanya, bangunan Tokyo Midtown memang terletak di tengah-tengah Tokyo dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan dan keramaian di Tokyo. Di musim dingin, kita bisa menikmati keindahan malam dengan lebih dari 520 ribu lampu LED yang menghiasi pepohonan sekeliling jalan dan taman seluas 2000 meter persegi di depan Tokyo Midtown. Tahun ini Iluminasi Musim Dingin Midtown Christmas mengambil teman Starlight Garden, yang coba mengekspresikan Matahari, Bulan dan planet-planet dalam tata surya dengan lampu-lampu natal. Oh ya, setiap harinya pertunjukan iluminasi di tempat ini juga berubah-ubah loh! Jadi tidak mungkin bosan deh kalau ke sini!

Iluminasi Musim Dingin Roppongi

Iluminasi Musim Dingin Roppongi

4. Iluminasi Musim Dingin Omotesando Hills (30 November 2017-25 Desember 2017)

Omotesando Hills adalah pusat perbelanjaan paling terkemuka di kawasan Omotesando dan Harajuku. Terletak di pinggir jalan utama, akses menuju ke tempat ini sangat mudah dengan 3 stasiun besar: Harajuku di jalur JR, serta Meijijingu-mae Station dan Omotesando Station di jalur Tokyo Metro Subway Line. Di sini, setiap tahunnya kita bisa melihat kemegahan iluminasi musim dingin bergaya Eropa gotik dengan ornamen-ornamen kaca khas Belgia, lalu daun-daun mistletoe, lampu-lampu chandelier yang menawan, serta pohon cemara raksasa berukuran 8 meter lebih di tengah-tengah gedung Omotesando Hills. Iluminasi diadakan setiap hari mulai dari jam 11 siang sampai jam 11 malam, di sepanjang jalan Omotesando dengan lebih dari 500 ribu lampu natal terpasang di sepanjang jalan. Selain bisa melihat iluminasi musim dingin, kita juga bisa sekalian mampir ke tempat-tempat wisata lainnya di sekitar sini, antara lain Kuil Meiji Jingu, Harajuku dan Tekeshita Doori, belanja 100 yen di Daiso Harajuku, toko mainan Kiddy Land, toko oleh-oleh Oriental Bazaar.

Iluminasi Musim Dingin di Omotesando Harajuku

Iluminasi Musim Dingin di Omotesando Harajuku

5. Iluminasi Musim Dingin Marunouchi (12 November-14 Februari)

Keindahan iluminasi di distrik utama perbelanjaan dan perkantoran kota Tokyo ini rasanya tidak mungkin dilewatkan dalam daftar iluminasi musim dingin terbaik di Tokyo. Lebih dari 2 juta lampu LED bewarna keemasan menghiasa pepohonan di sepanjang jalan Naka-dori, menjadikan pemandangan musim dingin di tempat ini sangat indah dan berkesan. Aksesnya yang mudah dan dekat dari Tokyo Station juga membuat tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan dan penduduk lokal Tokyo. Iluminasi dimulai dari jam 17.00-23.00 (sampai 24.00 di bulan Desember).

6. Iluminasi di Taman Rikugien (19 November-6 Desember)

Rikugien adalah salah satu taman terindah di utara Tokyo yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia. Aksesnya sangat mudah, cukup dengan berjalan kaki kurang lebih 10 menit dari pintu keluar stasiun JR Komagome. Taman Rikugien adalah salah satu taman dengan pemandangan musim gugur yakni momiji yang indah di Tokyo. Dan, di waktu peralihan musim gugur ke musim dingin di akhir November hingga awal Desember, kita bisa menyaksikan double combo keindahan pemandangan momiji dan iluminasi di malam hari. Daun-daun momiji akan tampak lebih merah menyala ketika diterangi oleh lampu-lampu di sekeliling taman, memberikan kesan pemandangan musim gugur yang berbeda dari yang lain. Jika berminat melihat iluminasi musim dingin di Taman Rikugien silakan datang antara jam 16.30 sampai 21.00.

7. Iluminasi Musim Dingin Tokyo Dome City (10 November-14 Februari)

Tokyo Dome yang terletak di pusat kota Tokyo menjadi salah satu tempat favorit menyaksikan iluminasi musim dingin di Tokyo. Itu karena kita tidak hanya bisa menyaksikan keindahan lampu-lampu di seantero Tokyo Dome, namun kita juga bisa mencoba wahana permainan Tokyo Dome atau juga berbelanja pakaian, accesories, atau boneka-boneka karakter anime di tempat ini. Aksesnya juga sangat mudah 5 menit dari stasiun JR Suidobashi Tokyo atau stasiun Subway Korakuen. Iluminasi dimulai dari jam 17.00 hingga jam 01.00 dini hari.

Suasana Tokyo Dome di musim dingin

Suasana Tokyo Dome di musim dingin

8. Iluminasi Musim Dingin Ebisu Garden Place (7 November-11 Januari)

Ebisu Garden Place yang merupakan tempat perbelanjaan di selatan Stasiun Ebisu juga menjadi tempat dengan iluminasi musim dingin spektakuler. Dengan pohon terang setinggi 10 meter, ratusan hiasan kaca dan lampu hias chandelier, membuat iluminasi musim dingin di sini sayang sekali kalau dilewatkan. Anda bisa sekaligus berbelanja busana dan aksesoris atau oleh-oleh (yang agak mahal) di sini sambil menikmati keindahan iluminasi. Iluminasi diadakan setiap hari pada dari awal bulan November-awal Januari dimulai dari jam 16.00.

9. Iluminasi Musim Dingin Tokyo Skytree Dream Christmas (9 November 2017-25 Desember 2017)

Di musim dingin, Tokyo Skytree menjadi salah satu tempat favorit wisata penduduk kota Tokyo. Selain udara musim dingin yang kering sehingga pemandangan lebih jelas kelihatan dari dek observasi di ketinggi 350 meter, namun juga ada hiasan lampu-lampu iluminasi yang menyemarakkan suasana musim dingin di sini. Di sini setiap tahunnya lebih dari 52 ribu lampu berbeda-beda warna akan dipasang di arena perbelanjaan Solamachi, lalu juga diadakan projection mapping, dan juga hiasan pohon terang terbesar di dunia. Iluminasi musim dingin berlangsung dari jam 16.00-24.00.
Iluminasi Musim Dingin di Solamachi Tokyo Skytree

Iluminasi Musim Dingin di Solamachi Tokyo Skytree

Selain itu, ada juga Winter Fantasy Orange Illumination di Tokyo Tower. Iluminasi ini berlangsung dari tanggal 2 November sampai tanggal 28 Februari, mulai dari jam 16.00-22.00, letaknya di area di pintu masuk Tokyo Tower.

10. Iluminasi Musim Dingin Yomiuri Land Jewellumination (12 Oktober 2017 hingga 18 Februari 2018)

Iluminasi musim dingin ini diadakan di taman bermain Yomiuri Land yang bisa ditempuh 1 jam dengan naik kereta Odakyu 1 jam dari Stasiun Shinjuku. Dengan lebih dari 5,5 juta lampu yang menghiasi seluruh bagian taman, pemandangan musim dingin di tempat ini adalah yang termegah diantara taman bermain di Tokyo. Jika teman-teman ingin ke sini dan menyaksikan iluminasi, Tim Info Jepang punya triknya. Tidak perlu datang siang hari dan membeli tiket satu harian. Silakan datang pada sore hari (diatas jam 16.00) dan belilah tiket masuk untuk trip malam (night admission) seharga 1200 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak-anak.

Beli Online One Day Tour
Yomiuri Winter Jewellumination
Iluminasi Musim Dingin di Yomiuri Land Tokyo

Iluminasi Musim Dingin di Yomiuri Land Tokyo

RECOMMENDED BY TIM INFOJEPANG

Kalau tempat-tempat lain lokasi iluminasi musim dingin agak terpisah jauh dari stasiun, maka Iluminasi Terrace City ini lokasinya dekat sekali dengan Stasiun Shinjuku. Teman-teman bisa menemukan Terrace City di jalan antara West Exit dan South Exit Shinjuku Station, mulai dari Odakyu Department Store. Iluminasi musim dingin diadakan dari tanggal 15 November 2017 hingga 22 Februari 2018, mulai dari jam 17.00-24.00.

Cheap Hotels near Tokyo Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Grand Prince Hotel New Ta
Grand Prince Hotel New Takanawa
from ¥17850/night
Shinagawa Prince Hotel
Shinagawa Prince Hotel
from ¥14350/night
Tokyo Marriott Hotel
Tokyo Marriott Hotel
from ¥19800/night
Ginza Grand Hotel
from ¥8000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yomiuri Land
Iluminasi musim dingin di Yomiuri Land
Koishikawa Korakuen
Koishikawa Korakuen garden
Inokashira Park
Suasana hanami muka sakura di Inokashira Park
Stasiun Shinjuku
Stasiun Shinjuku di Tokyo

Sumber gambar: Flickr Andy Yeo, takushita, Hiroki Yoshidatraveldreamscapes, trhk, Marufish


Recommended for you

Last modified: October 31, 2018

Comments (24)

  1. Kalo di tokyo tower tgl 23 nopember ada iluminasi musim dingin tidak pak? Kalo 23 nopember bisa naik ke tokyo tower dek observasi yg 150m pak?, kok katanya ada renovasi

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa melihat Winter Fantasy~Orange Illumination~ di Tokyo Tower, mulai dari jam 4 sore sampai jam 10 malam. Untuk naik ke dek observasinya juga bisa. Yang tidak bisa untuk dek observasi yang di 250 meter. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk ke Tokyo Dome, dari Stasiun Tokyo, Victor bisa naik kereta lokal JR Chuo Line dan turun di Stasiun Suidobashi. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 160 yen. Keluar dari Stasiun Suidobashi, kita tinggal berjalan kaki 10 menit untuk sampai di area Tokyo Dome. Salam.

  2. Malam Pak,

    Kalau mau lihat jadwal iluminasi tgl 1 january 2019 sd 5 January 2019 di mana ya?
    Apakah kalau mau lihat iluminasi ini harus bayar? Jika iya,
    – tiket beli di mana
    – harga nya berapa

    Terima kasih Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Di artikel di atas ada beberapa tempat kok yang masih ada iluminasi sampai bulan Januari, mohon dicek.
      Biasanya gratis bu. Kalau ada bayar tiket, Tim Info Jepang tentu menuliskannya dengan lengkap di artikel. Salam

  3. Selamat pagi pak Nugroho
    Yg sy mau tanyakan mengenai bus malam tokyo ke nagoya pp biaya nya brp ya?
    Rencana nya dari tokyo. Ke nagoya tgl 23 Januari 2018 dan kembali ke tokyo dari nagoya 26 januari 2018
    Bisa langsung beli di shinjuku terminal expressway kan .. Sekian n terima kasih

    • rutywasti  |  

      Maaf dsni boleh brtanyakah??
      Yg kmren sy tnya yaitu mengenai bus malam ke Nagoya pp yg berangkat dari Shinjuku ke Sakae utk tgl 23 Januari smpai 26 Januari 2018 biaya nya brp n dapat dibeli langsung kan di terminal Shinjuku expressway kan sekian n thanks pak Nugroho..

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf sy nga bisa krn gak punya credit card sy pesan hotel lewat booking.com aja pkai yg non credit card.. Bolehkan slanjutnya utk tnya jwb lewat WA pak Nugroho aja yah. Thx

  4. Selamat siang Pak Nugroho,

    Saya berencana berangkat ke jepang bersama suami saya pada tanggal 27 december 2017 sampai 9 Januari 2018, Saya dan suami akan ke Hokkaido dari tanggal 28 sampai tanggal 3 Januari, yang ingin saya tanyakan, lebih baik saya ke tempat mana aja selama di Hokkaido? Adakah recommend tempat bermain ski yang bagus di Hokkaido? Dan lebih baik saya menginap dimana selama disana Pak?

  5. Selamat Malam pa ,
    1.Mau tanya jika saya ginap di hotel best western hotel fino osaka ( tpt wisata yg menarik di tokyo/ tpt ygsdh ada salju di tokyo saat ini ?) ,jika saya mau ke Kyoto ada alternatif naik apa ? Sy ada ticket JR pass , demikian juga baliknya bgm ya .
    Sy rencana PP dlm hari yg sama , apakah memungkinkan ?

    2. Jika sy ginap di shinjuku washington hotel annex , tokyo
    Hendak ke hotel city haneda west wing tokyo , sebaiknya
    bisa pakai transportasi apa ? Sy punya JR pass.

    3. Apakah sy punya JR pass sdh sesuai jika perjalanan saya ,bandara Haneda -shinjuku, shinjuku- Osaka ,osaka-kyoto-osaka , Osaka-tokyo ?
    Mohon penjelasannya , thks

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bapak bisa naik kereta Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto, bisa dengan JR Pass (ongkos semuanya tercover).
      2. Dari Stasiun Shinjuku, bapak bisa naik JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinagawa, lalu naik kereta Keikyu sampai Stasiun Anamori Inari. Dari itu bisa jalan kaki ke Hotel.
      3. Ya sudah benar. Salam.

  6. Selamat malam pak, kalau dari haneda ke tokyo sebaiknya menginap dimana yang strategis dan dekat dg stasiun? demikian juga saat di osaka sebaiknya menginap didaerah apa pak yg dekat transportasi? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa menginap di sekitaran Ueno atau Asakusa, sementara di Osaka, saya sarankan menginap di sekitaran Namba saja. Silahkan klik link lokasi di atas, dan kami sudah menyediakan link-link hotel terdekat dengan harga terjangkau.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa ke Iluminasi Musim Dingin Tokyo Dome City (diselenggarakan pada 10 November-14 Februari). Salam

  7. Malam Pak Nugroho. Kalau untuk maret antara 10-18 Maret apakah ada iluminasi seperti di nabano sato tapi di daerah Tokyo / Kyoto / Osaka? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu/ Bapak. Kalau dari Shinjuku yang terdekat adalah Iluminasi Taman Rikugien atau Iluminasi Tokyo Dome. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!