Oshino Hakkai

Home / Attraction / Oshino Hakkai
Item image

Siapa yang tidak tahu Fuji Five Lake atau Lima Danau Fuji? Lima danau yang terletak di sekitar Gunung Fuji Jepang ini begitu terkenal sampai hari ini. Ada Danau Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako, Shojiko and Motosuko. Nah, dahulu ternyata ada enam danau di sekitar Gunung Fuji, dengan tambahan Danau Oshino, yang terletak di dekat Danau Yamanakako. Namun, seiring berjalannya waktu, Danau Oshino ini mengering dan kini meninggalkan kolam-kolam kecil yang dikenal dengan nama Oshino Hakkai. Area ini mulai dikenal sebagai salah satu destinasi tempat wisata setelah pada tahun 2013 masuk ke dalam aset kebudayaan Gunung Fuji. Meskipun masih kalah terkenal dengan Danau Kawaguchiko atau Taman Bermain Fujikyu Highland, namun area ini selalu ada di hati para penduduk Jepang sebagai “Mata Air dari Tuhan”. Simak kunjungan Tim Info Jepang ke Oshino Hakkai.

Saat mengunjungi Oshino Hakkai, teman-teman dijamin pasti terpesona dengan keindahan pemandangan Gunung Fuji yang berpadu dengan hijaunya taman-taman dan delapan buah kolam yang begitu jernih. Kolam-kolam ini dahulunya dalah satu kesatuan Danau Oshino, yang menyusut airnya. Air yang mengisi kolam ini berasal dari salju Gunung Fuji yang mencair dan muncul dari permukaan tanah. Begitu jernih dan murninya, kita bisa langsung meminum air kolam ini. Bahkan di kolam-kolam lainnya yang cukup dalam, kita bisa melihat beragam ikan yang hidup bebas. Salah satu kolam yang terkenal adalah Kolam kagami (cermin dalam bahasa Jepang), di mana Gunung Fuji tercermin di permukaan air kolam. Ada juga kolam Ogama yang dikenal dengan gelembung-gelembung udara seperti air yang mendidih. Seluruh kolam disini masuk ke dalam Top 100 mata air yang ada di Jepang dan dikenal sebagai Mata Air dari Tuhan karena begitu murni dan jernihnya.

Kolam jernih di Oshino Hakkai

Kolam jernih di Oshino Hakkai

Suasana Oshino Hakkai

Suasana Oshino Hakkai

Selain terkenal dengan mata air sucinya, Oshino Hakkai juga punya pesona bangunan tradisional Jepang yang masih dipertahankan. Bangunan kayu dengan atap kayu dan rumbia ini merupakan rumah asli penduduk yang dijadikan restoran, toko oleh-oleh, dan juga museum.

Kita bisa menikmati makanan khas seperti biskuit atau crackers dari beras maupun mochi yang manis. Di dalam Museum Hannoki Bayashi Shiryokan, kita bisa melihat koleksi peralatan pertanian dan rumah tangga, dan juga baju perang dan senjata peninggalan penduduk di sekitaran Oshino.

Ada lagi atraksi keren yang baru saya ketahui di Oshino Hakkai, yakni melihat kebun buah strawberry di Oshino Hakkai Berry Land. Ditanam di ketinggian kawasan Fuji-Kawaguchiko, dengan udara sejuk, dan mata air yang jernih, di sini kita bisa menikmati rasa manis-asam strawberry yang menggoda. Selain menikmati pemandangan kebun buah dan menyantap buah strawberry langsung, di sini kita bisa menikmati aneka selain dan panganan berbahan dasar strawberry. Oshino Hakkai Berry Land buka setiap hari (kecuali Selasa) dari jam 10.0-16.00.

Untuk mencapai Berryland, teman-teman bisa naik kereta Fujikyu dari Stasiun Kawaguchiko ke Stasiun Fujisan. Atau bisa juga naik bus Fujikyu ke arah Gotemba, dan turun di halte Fujimibashi. Nanti tinggal berjalan kaki sekitar 2 menit.

Informasi Tiket Masuk

Kita tidak dikenai biaya masuk ke area Oshino Hakkai (gratis). Namun, jika teman-teman ingin mengunjungi bangunan museum Hannoki Bayashi Shiryokan, kita dikenakan biaya tiket masuk 300 yen.

Akses menuju Oshino Hakkai

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit.

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk ke Oshino Hakkai, kita bisa naik bus dari Stasiun Mishima, Gotemba, atau Stasiun Kawaguchiko dan turun di pemberhentian Oshino Hakkai. Jadi teman-teman juga bisa mampir ke Oshino Hakkai, dalam perjalanan dari Kawaguchiko ke Gotemba atau sebaliknya dengan bus lokal Fujikyuko. Ongkos bus dari Gotemba Station sampai ke Oshino Hakkai adalah 1.280 yen, dari Oshino Hakkai ke Kawaguchiko Station ongkosnya 550 yen. Dari halte pemberhentian bus, kita tinggal berjalan kaki 5 menit sampai ke area Oshino Hakkai.

Cheap Hotels near Oshino Hakkai [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yamanouchi Guest House
5 km away
from ‎¥7126/night
Pension Avenue
6 km away
from ‎¥9534/night
Kikuya
4 km away
from ‎¥7123/night
Hotel Mt. Fuji
3 km away
from ‎¥13043/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Fujiten
13 km away
Resort Ski Fujiten di kaki Gunung Fuji
Danau Saiko
14 km away
Gunung Fuji dari Danau Saiko
Danau Kawaguchiko
9 km away
Pemandangan malam danau Kawaguchiko
Kebun Bunga Hananomiyako
3 km away
Kebun bunga Hananomiyako di musim semi

Sumber gambar : Flickr shuzo serikawa, othree, shuzo serikawa


Recommended for you


Last modified: April 14, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
sudy prianti
2018-12-31 13:49:50

Close Comments

Comments (81)

  1. Halo,

    Terima kasih untuk infonya.

    Saya berencana mau ke Fuji 5th Station, Kawaguchiko Lake (sekaligus makan siang), Taman Oishi, Oshino Hakkai dan Gotemba FO (kurang lebih ingin 2-3 jam disini).

    Kira-kira adakah tiket yang perlu saya booking? Lebih baik start dan end jam berapa ya?

    Terima kasih min.

  2. Hi Pak , mohon saran….untuk explore mt fuji, saya rencana mau ke festival shibazakura, menginap dekat kawaguchi, nah selain ke festival , apa ada rekomendasi tempat sekitarnya yang bagus di lihat untuk 1 day trip pak, terima kasih sebelumnya , dan apa kami perlu beli fuji pass? salam

  3. Pak, dari Oshino Hakkai ke Gotemba Premium Outlets, bisa diakses dengan menggunakan lokal bus Fujikyu juga kah? Ini tercover Fuji Hakone Pass kan yah?

    Thanks

  4. Pak Nugroho, apakah retro bus dan Fujikko bus di Kawaguchiko bisa beli tiket putusan (bukan beli pass seharga 1200 yen+1030 yen)? Saya rencananya mau melihat sakura di pinggir lake daerah halte bus music forest, naik ropeway, lalu pulangnya ke Oshino Hakkai. Lalu dari Oshino Hakkai apakah bisa langsung naik highway bus kembali ke Tokyo Station?
    Thank you

  5. Hi Pak Nugroho mau tanya,untuk keliling kawaguchiko, chureito pagoda, oshino hakkai, kachi2 ropeway dlm 1 hari saja sebaiknya pakai bus reguler saja atau beli unlimited pass retro bus / fujikko bus? Untuk bus ke kawaguchiko dari shinjuku apakah wajib pesan online dulu? Tdk bisa langsung beli di terminal? Terima kasih

  6. Halo Pak, saya berencana membeli Fuji Hakone Pass ini. Tapi saya masih bingung, karna area nya terlalu luas sedangkan saya hanya punya 1 hari.
    1. Apakah Fuji Hakone Pass ini mengcover sampai Mt Fuji 5th Station?
    2. Tempat2 yang ingin di kunjungi : Mt. Fuji 5th Station, Gotemba, Lake Owudakuni, Oshino Hakkai, Hakone Onsen, Hakone Sightseeing Cruise, Ice Cave. Apakah menguntungkan membeli Pass ini?
    3. Mt Fuji 5th Station sama tidak dengan Gotemba?
    Terima Kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, seluruh rute yang ibu sebut: Mt. Fuji 5th Station, Gotemba, Lake Owudakuni, Oshino Hakkai, Hakone Onsen, Hakone Sightseeing Cruise, Ice Cave tercover dengan Fuji Hakone Pass. Namun sepertinya tidak mungkin dijalani dalam satu hari.
      Mt Fuji 5th Station berbeda dengan Gotemba Premium Outlet. Salam

  7. Rahmat Noprisandi  |  

    Slmt Sore pak Nugroho,

    Kalau hanya ke Kawaguchiko Lake, Oshino Hakkai, Yamanakako Lake, trus terakhir Gotemba Station.
    Ongkos BUS St. Kawaguchiko ke Oshino Hakkai, Oshino Hakkai ke Yamanakako Asahigaoka, kemudian Yamanakako Asahigaoka ke St. Gotemba berapa ya pak?

    Terima kasih

    Salam
    Rahmat Noprisandi

  8. Rahmat Noprisandi  |  

    Slmt Pagi Pak,

    Planning saya di Kawaguchiko itu :
    – Danau Kawaguchiko
    – Kachi-Kachiyama Ropeway
    – Oshino Hakkai
    – Danau Yamanakako
    – St. Gotemba

    Yang saya masih bingung itu,
    1. Dari Oshino Hakkai menuju Danau Yamanakako itu dengan Bus Fujikyu harga nya berapa ya dan turunnya di halte mana?

    2. Dari Danau Yamanakako menuju St. Gotemba dengan Bus Fujikyu juga harga nya berapa?

    Terima kasih sebelumnya pak
    Salam

  9. Terima kasih utk saran ny pak Nugroho..
    mau tanya lagi, utk yg tgl 1 Mei, rencana explore di kawasan Mt. Fuji

    – Mt. Fuji
    – Oshino hakkai
    – Saiko iyashi no sato
    – Chureito pagoda

    Urutan rute ny sebaikny gmn y pak?

    Terima kasih bnyk..

  10. Selamat siang Pak Nugroho, kami berencana ke Jepang tgl 25april-3mei 2018 (mohon maaf masih lama), tapi kami telah menyusun itinerary sedikit demi sedikit..

    25 april
    – Tiba di Kansai airport 08.30
    Kami berencana langsung melakukan perjalanan ke :
    – Shitennoji temple – Osaka castle – SUmiyoshi temple – Kaiyukan aquarium – Umeda sky building – Dotonbori

    26 april
    – Universal studio (full day)
    – Langsung menuju Kyoto
    – Menginap di Kyoto

    27 april
    Explore Higashiyama district
    – Kiyomizudera – Ryozen kannon – Sanenzaka Ninenzaka – Kodaiji temple – Yasaka jinja shrine – Maruyama park – Chion in temple – Shoren in temple
    Kami berencana langsung mengexplore ke area utara :
    – Philosopher path – Ginkakuji temple – Nanzeji temple – Honen in temple

    Apakah mungkin dilakukan dalam 1 hari utk explore kawasan selatan dan utara ???

    28 april
    – Fushimi inari – Sanjusangendo temple – Gion – Eikando temple – SHimogamo temple – Golden pavilion – Arashiyama bamboo groove

    Apakah sudah sejalan ? dan bisa dilakukan dalam 1 hari ?

    Mohon saran …
    Terima kasih banyak Pak Nugroho..

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tanggal 27-28 secara teoritis bisa terwujud, namun bapak harus sangat ketat dalam jadwal. Jangan lambat-lambat berpindah dan harus mulai dari pagi hari. Salam.

  11. Melanjutkan rencana perjalanan kami :

    Untuk hari ke 5 tgl 29 april , kami berencana untuk melakukan perjalanan di luar Kyoto

    29 april
    – Explore Shirakawago village
    – Explore Kanazawa district

    Apakah mungkin dijadikan dalam 1 day trip ?? Jika tetap menginap di Kyoto

    30 april
    – Sedang direncanakan
    – Menuju Tokyo

    1 Mei
    – Mount Fuji – Chureito Pagoda – Oshino Hakkai village – Saiko iyashi no sato village

    Apakah memungkinkan jika dijadikan 1 day trip ? Jika menginap di Tokyo

    2 Mei
    – Asakusa Sensoji temple – Tokyo Skytree – Explore Shibuya – Akihabara
    – Langsung menuju Narita airport (bermalam di Narita)

    3 Mei
    – Narita >< DPS

    Apakah rute yang kami rencanakan sudah sejalan ? dan akses nya mudah?

    Terima kasih banyak Pak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Tanggal 29 april hampir pasti tidak mungkin, sebaiknya bapak menginap di Kanazawa saja. Ya, semuanya sudah oke pak. Salam.

  12. william wijaya kusuma  |  

    halo kak Nugroho, mau tanya, dari kawaguchiko stasiun naik bus nomor berapa ya untuk sampai ke Oshino Hakkai ini? dan dari oshino hakkai bisa balik lagi kan ke kawaguchiko????

    • william wijaya kusuma  |  

      halo kak Nugroho, mau tanya, dari kawaguchiko stasiun naik bus nomor berapa ya untuk sampai ke Oshino Hakkai ini? dan dari oshino hakkai bisa balik lagi kan ke kawaguchiko????

      bus ke oshino hakkai berbeda dengan retro bus untuk ke kawaguchiko lake yah ?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk ke Oshino Hakkai, kita bisa naik bus dari Mishima, Gotemba, atau Stasiun Kawaguchiko dan turun di pemberhentian Oshino Hakkai. Jadi teman-teman juga bisa mampir ke Oshino Hakkai, dalam perjalanan dari Kawaguchiko ke Gotemba atau sebaliknya dengan bus lokal Fujikyuko.
      Oshino Hakkai tidak termasuk ke dalam area tempat wisata di Fuji Kawaguchiko yang dilalui jalur retro bus. Salam

  13. Halo Pak Nugroho,

    Sebelumnya terima kasih banyak sudah menjawab pertanyaan2 kami yang lalu :)

    Mau tanya pak, kami ada rencana ke Jepang tanggal 25 Maret sampai 2 April 2017, begini rincian jadwalnya:

    Tgl 25 Maret
    – Flight malam.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 26
    – Sampai di Narita 07.30 pagi.
    – Rencana langsung ke Gunung Fuji (Shibazakura – Oshino Hakai – Pagoda Chureito – Kawaguchiko Lake).
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 27
    – Keliling Tokyo Tower – Odaiba Bridge – Meguro River – Istana Kaisar – Asakusa Temple.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 28
    – PP ke Gala Yuzawa.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 29
    – Keliling Chidorigafuchi – Shinjuku Gyoen Park – Shibuya.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 30
    – Ke Tokyo Disneysea.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 31
    – Ke Kyoto.
    – Keliling Fushimi Inari – Arashiyama – Nijo Castle – Gion.
    – Menginap di Kyoto.

    Tgl 1 Apr
    – Keliling Kiyomizudera – Golden Pavilion.
    – Ke Osaka sore hari 15.00.
    – Keliling Osaka Castle dan Umeda Sky Building.
    – Menginap di Osaka.

    Tgl 2
    – Ke Osaka Universal Studio.
    – Berangkat ke Kansai Airport pukul 19.10 malam.

    Pertanyaan kami:
    1) Bagaimana komentar Pak Nugroho mengenai jadwal kami? Apakah ada yang kurang atau ada yang tidak mungkin keburu kami kunjungi?
    2) Apakah perlu membeli JRpass? Saya berencana di tgl 27-29 membeli JR Tokyo Wide Pass karena ada rencana ke Yuzawa. Kebetulan JR Tokyo Wide Pass bisa dipakai 3 hari dan ke Yuzawa juga ada discount tiket masuk.
    3) Apakah ada tempat lain yang sejalan dengan rute kami yang bagus untuk dikunjungi sekalian?
    4) Persiapan tiket dari Indonesia yang harus kami beli apa aja ya Pak? Tiket masuk DisneySea, Universal Studio, dan JRpass (kalau jadi)/JR Tokyo Wide Pass.

    Terima kasih Pak Nugroho. Salam!

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Secara garis besar, itinerary nya sudah bagus dan tidak perlu ada perubahan.
      Lalu rencana pembelian JR Tokyo Wide Pass juga sudah tepat. Kalau boleh sedikit memberi saran, bisa mampir ke Taman Ueno atau Ameyokocho setelah perjalanan pulang dari Gala Yuzawa. Soalnya sering diadakan yozakura (melihat sakura di malam hari di Taman Ueno). Bapak juga bisa mempersiapkan membeli tiket masuk Tokyo Disneysea dan Universal Studios Japan. Salam

    • Siap, terima kasih banyak atas masukannya Pak. Oh ya, untuk JR Tokyo Wide Pass apakah bisa beli dari Indonesia? Jadi tidak perlu beli JR pass ya Pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR Tokyo Wide Pass bisa juga beli di Jepang. Ya, tidak perlu membeli JR PASS. Salam

  14. Rahmat Noprisandi  |  

    Selamat pagi pak,

    saya ingin bertanya, apakah kartu SUICA atau PASMO bisa digunakan didaerah Kawaguchiko? dikarenakan itinerary saya pada hari ke 4 bakal ke Danau Kawaguchiko, Danau Yamanakako, Taman Asahiokakohan, Oshino Hakkai, dan Kereta gantung Kachi-kachiyama.. Semua tempat yang saya datangi tersebut tidak dicover oleh JR-PASS, jadi saya ingin tahu, apakah SUICA atau PASMO mengcover tempat2 tersebut? atau ada kartu sejenis yang bisa? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, kartu suica bisa digunakan. Kalau saldonya kurang, bisa pakai uang tunai juga.
      Salam

    • Rahmat Noprisandi  |  

      kira2 biaya bus perstasiun ditempat2 tersebut berapa ya pak? Terima kasih atas informasinya

    • Nugroho Christian  |  

      Sekitar 300-500 yen pak, kalau bapak mau mengunjungi beberapa tempat, bisa membeli Retro Bus Pass yang mengcover ongkos bus retro keliling dan mengunjungi tempat-tempat wisata di Fuji Kawaguchiko.

  15. Selamat malam mas Nugroho,
    Mohon informasi :
    Jam berapa kereta terakhir Fujikyu Line dari Kawaguchiko Station ke Otsuki Station? dan jam berapa kereta terakhir Azusa-Kaiji Limited Express (JR Chuo Line) dari Otsuki Station ke Shinjuku Station?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kereta ekspress Azusa/ Kaiji terakhir menuju ke Shinjuku adalah kereta Super Azusa berangkat pukul 21.40 dari Otsuki Station.
      Jadi paling telat harus berangkat naik kereta pukul 20.11 dari Kawaguchiko Station untuk tiba pukul 21.05 di Otsuki Station. Kereta berikutnya tiba pukul 21.44, jadi sudah tidak bisa naik kereta Super Azusa.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!