Shin Hotaka Ropeway

Home / Attraction / Shin Hotaka Ropeway
Item image

Shin Hotaka Ropeway terletak di bagian pegunungan Okuhida, di seberang gunung kalau dari daerah Shirakawago. Dalam perjalanan ke Shirakawago di musim panas yang lalu, saya memberanikan diri untuk berpetualang ke daerah Shin Hotaka ini. Meskipun jalannya agak susah dan akses transportasi yang agak terbatas, namun panorama keindahan alam dari Shin Hotaka Ropeway sungguh tiada duanya. Kita bisa melihat keindahan deretan pegunungan Okuhida dan puncak Oku Hotakedake, puncak tertinggi nomor 3 di Jepang. Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat kereta gantung bertingkat double-decker Shin Hotaka Ropeway yang memiliki perbedaan ketinggian tercuram di Jepang, yakni 1.000 meter. Seperti apa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Shin Hotaka Ropeway? Berikut informasi khas Tim Info Jepang.

Informasi Mengenai Shin Hotaka Ropeway

Shin-Hotaka Ropeway terletak tidak jauh dari Kamikochi Nagano, yang bisa diakses dari kota Matsumoto, di sisi barat Nagano. Kereta gantung ini akan membawa kita ke ketinggian 2.156 meter hanya dalam waktu 15 menit saja. Sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pegunungan Tateyama Kurobe Alpine Jepang, yang meliputi area perbatasan antara Hida hingga Nagano. Namun, karena berada di puncak pegunungan yang dekat dengan laut, tempat ini sangat mudah merasakan perubahan cuaca. Pastikan teman-teman untuk memakai jaket yang tahan air ya, ditambah membawa beberapa pasang kaos kaki.

Pengalaman naik Shin Hotaka Ropeway

Pengalaman naik Shin Hotaka Ropeway

Shin Hotaka Ropeway terdiri dari dua kereta gantung. Kereta gantung pertama menghubungkan stasiun di kaki gunung (Shin Hotaka Onsen) di ketinggian 1.117 meter hingga Stasiun Nabedaira Kogen, di ketinggian 1.305 meter dalam waktu 4 menit. Selanjutnya kereta gantung kedua menghubungkan Stasiun Shirakabadaira di ketinggian 1.308 meter hingga Stasiun Nishihotakaguchi di ketinggian 2.156 meter selama 7 menit. Kereta gantung pertama berangkat setiap menit 0 dan menit 30 setiap jamnya. Sementara itu, kereta gantung kedua berangkat setiap menit ke 15 dan 45 setiap jamnya. Untuk jadwalnya sendiri bervariasi bergantung pada musimnya.

Kegiatan Seru di Shin-Hotaka

Nah, di sekitaran stasiun kereta gantung ada banyak atraksi atau kegiatan yang bisa kita lakukan. Semisal di Stasiun Shin Hotaka Onsen, teman-teman bisa beristirahat sambil mencicipi kuliner khas Okuhida. Ada juga jalur trekking bagi orang-orang yang ingin mendaki gunung yang dibuka pada bulan Juni sampai September (hanya saat musim panas) sampai ke Stasiun Nabedaira Kogen.

Lalu, di stasiun atas atau puncak di Nishihotakaguchi, kita bisa menjumpai restoran, toko oleh-oleh, dan juga dek observasi di atap bangunan dengan panorama menakjubkan 360 derajat ke Pegunungan Alpine. Sebagai catatan, dek observasi ini memiliki bintang 2 Michelin Green Guide Japon. Pemandangan setiap musim dari area dek observasi ini juga keren. Ada ribuan pohon bunga sakura di kaki Gunung Kasagadake yang memberikan warna merah jambu, lalu pemandangan Gunung Shakujodake yang berpadu dengan dedaunan yang berubah warna di musim gugur. Lalu di musim dingin, kita bisa melihat pemandangan puncak gunung Nishihotakadake yang ditutupi salju. Eh bentar, satu lagi yang gak boleh dilewatkan, yakni tembok salju setinggi 3 meter di Sengokuenchi. Saat musim dingin, akan ada tour snow-shoeing di sekitaran stasiun Nishihotakaguchi, serta mencoba berendam di onsen dekat Sangakukan Visitor Center.

Untuk tiket naik kereta gantung ini bisa teman-teman beli di lantai 2 Stasiun Shin Hotaka Onsen. Para petugas akan menanyakan, apakah teman-teman ingin membeli tiket satuan atau pulang-pergi, begitu juga rencana naik kereta gantung 1 saja atau keduanya. Tiket-tiket ini nanti kita berikan kepada petugas di stasiun bawah, setelah itu, bisa disimpan sebagai kenang-kenangan.

Setelah puas menikmati pemandangan Pegunungan Alpen dari atas kereta gantung, kita bisa mampir sejenak ke pemandian air panas (onsen) di Shin-Hotaka. Letak onsen ini ada di sekitaran Hotel Hotaka di dekat stasiun bawah kereta gantung pertama. Kita bisa berendam dan beristirahat sejenak sambil melihat pemandangan puncak-puncak gunung di Shin Hotaka.

Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway

Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway

Informasi Tiket naik Shin Hotaka Ropeway

Berikut ini adalah harga tiket kereta gantung, teman-teman bisa memilih untuk naik kereta gantung 1 saja, 2 saja, atau keduanya, masing-masing untuk tiket pulang pergi. Di musim dingin, kita hanya bisa membeli tiket terusan (ropeway 1 dan 2) karena jalur pendakian tidak dibuka.

Kereta satu arah pulang-pergi
Ropeway 1

Shin Hotaka Onsen-Nabedaira Kogen

Dewasa ¥400 ¥600
Anak-anak ¥200 ¥300
Ropeway 2

Nabedaira Kogen-Nishihotakaguchi

Dewasa ¥1.500 ¥2.800
Anak-anak ¥750 ¥1.400
Ropeway 1 dan 2 (Paket)

Shin Hotaka Onsen-Nabedaira Kogen

Dewasa ¥1.600 ¥2.900
Anak-anak ¥800 ¥1.450
Reservasi Online Tiket
Shin-Hotaka Ropeway

Akses Menuju Shin-Hotaka Okuhida

1. Dari Matsumoto

Matsumoto adalah kota besar terdekat dari Shin-Hotaka. Dari Stasiun Matsumoto, bisa naik bus langsung dari Hirayu Onsen (kota resort onsen terkenal di Nagano). Lama perjalanan busnya 90 menit dengan ongkos 2.370 yen. Dari Hirayu Onsen, kita tinggal naik bus selama 35 menit dengan ongkos 890 yen ke stasiun bawah Shin-Hotaka.

2. Dari Tokyo dengan Kereta

Dari Shinjuku Station naik kereta JR Chuo Line sampai Stasiun Matsumoto melalui Stasiun Takao dan Stasiun Kofu. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam dengan ongkos 4.000 yen. Tersedia juga kereta Limited Ekspress Super Azusa dari Stasiun Shinjuku sampai Stasiun Matsumoto selama 2,5 jam dengan ongkos 6.380 yen.

Selain itu teman-teman juga bisa naik kereta Shinkansen Hakutaka/ Asama dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Nagano sekitar 100 menit dengan ongkos tiket 7.680 yen. Kemudian dari Nagano, bisa lanjut naik kereta limited express Wide View Shinano sampai Stasiun Matsumoto selama 50 menit dengan ongkos tiket 2.320 yen.

3. Dari Tokyo dengan Bus

Selain itu tersedia bus cepat Keio (Keio Highway Bus) dan Bus Nohi dari terminal bus Stasiun Shinjuku sampai ke Stasiun Matsumoto. Bus ini berangkat setiap jam dengan lama perjalanan sekitar 4,5 jam dengan harga 5.860 yen untuk sekali perjalanan dan 10.550 yen untuk rute pergi-pulang Shinjuku-Okuhida (Shin Hotaka).

4. Dari Nagano Station

Buat teman-teman yang berangkat dari Nagano, bisa naik kereta limited express Wide View Shinano dari Stasiun Nagano selama 50 menit dengan ongkos tiket 2.320 yen. Atau Shinonoi Line seharga 1.140 yen namun dengan 80 menit perjalanan sampai Stasiun Matsumoto.

5. Dari Nagoya

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR Limited Express Shinano sampai Stasiun Matsumoto. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 5.510 yen.

6. Dari Takayama

Dari Stasiun Takayama, teman-teman bisa naik bus Nohi selama 100 menit melalui Hirayu sampai pemberhentian terakhir di Shin-hotaka Ropeway. Bus Nohi ini tersedia setiap jam dengan ongkos 2.160 yen. Stasiun bawah kereta gantung bisa dicapai dengan 5 menit berjalan kaki dari pemberhentian bus.

Recommended Hotels near Hotaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Hotaka
0 km away
Hotel Hotaka
from ¥15210/night
Yari no Sato
2 km away
Yari no Sato
from ¥15444/night
Kazeya (Kazeya Group)
4 km away
Kazeya (Kazeya Group)
from ¥8190/night
Hodakaso Yamano Hotel
3 km away
Hodakaso Yamano Hotel
from ¥8190/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Karuizawa Prince Shopping
95 km away
Toko di Karuizawa Prince Shopping Plaza
Kastil Matsumoto
36 km away
Kastil Matsumoto di musim gugur
Naka-Karuizawa
91 km away
Penginapan Hoshino Resort Naka-Karuizawa
Kamikochi Nagano
7 km away
Musim semi di Kamikochi Nagano

Sumber gambar: Flickr Rocky T, Edward Dalmulder


Recommended for you


Last modified: December 30, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (41)

    • Nugroho Christian  |  

      Iya tetap beroperasi kok bu, tapi lebih singkat, dari jam 9:00 sampai 16:15 saja. Salam.

    • Dari nagano atau matsumoto mau ke shirakawago via takayama bisa tidak pak? PP bisa tidak ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Dari Matsumoto ada bus menuju ke Takayama. Kalau berangkat pagi-pagi bisa kok PP ke Shirakawago dari Matsumoto. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bulan Juni sudah awal musim panas Nurul, salju mungkin sisa, namun hanya tinggal sedikit saja atau nyaris tidak ada di Shin-Hotaka. Salam.

  1. Selamat siang Pak Nugroho,

    Saya berencana ke Shin-Hotaka Ropeway pada tanggal 11 Maret 2018. Untuk pemesanan Nohi Bus Takayama – Shin-hotaka ropeway PP apakah tidak perlu reservasi ya pak? apakah aman pak (pasti dapat)? karena saya belum dapat link untuk pemesanan bus tujuan tersebut. Mohon info ya pak.

    Terima kasih dan salam,
    Ely

  2. malam pak , jika saya dari tokyo mau ke shinhotaka setelah sampai ke stasiun matsumoto naik bus nohi ke shinhotaka dari mana ya? dari terminal bus di matsumoto atau hirayu onsen? thx pak

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa langsung beli di tempat saja pak, karena tempat wisata ini juga jarang penuh pengunjungnya.

  3. Fransisca Elisabeth  |  

    Selamat siang Pak,

    Saya berencana melakukan trip ke Takayama – Shirakawago – Shin Hotaka.
    Saya mau ke Takayama – Shirakawago (PP) tgl 22-23 Januari dan
    Takayama – Shin Hotaka (PP) tgl 23 Januari

    Saya sudah membeli JR Pass dan JR East. Pertanyaan saya
    1. Apakah JR Pass bisa dipakai di Takayama – Shirakawago – Shin Hotaka?
    2. Apakah saya perlu membeli Takayama Hokuriku Pass?
    3. Bila mau menggunakan Nohi Bus, bagaimana cara membeli tiket Nohi bus secara online?

    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      1. Selama naik kereta JR bisa, namun ongkos bus Nohi tidak tercover dengan JR Pass.
      2. Kalau ibu dari atau mau ke Osaka/ Kyoto dari Takayama dan Shirakawago, lebih munguntungkan dengan Takayama Hokuriku Pass.
      3. Silahkan beli di linknya website bus Nohi. Salam

    • Pak Nugroho, apabila saya naik kereta limited express dr shinjuku menuju matsumoto station. lalu di matsumoto station saya lanjut naik bus menuju hirayu onsen? trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, ongkos kereta sampai ke Matsumoto Station tercover dengan JR PASS. Salam

  4. hai mas nugroho,
    sy berencana ke jpg 4jan -17 jan.2018. mendarat di osaka dan pulang dari tokyo.
    Rencana semuala osaka 2hr- okayama 2hr- toyama 4hr – nigata 2hr- tokyo 3hari.
    Di toyama 4 hari karena sy berniat ke shin hotaka, kamikochi dll.
    tapi setelah saya beowsing ternyata daerah sana ditutup ya selama winter.
    Bagaimana menurut mas nugroho kalau pergi d musim winter.
    saya sudah pernah ke jpg, bln maret, bln mei, bulan juni, bln juli dan terakhir bln oktober.
    saya sangat menyenangi daerah takayama toyama dan sekitarnya.
    terima kasih banyak.
    infonya saya tunggu ya

  5. Pak Nugroho,
    apakah ada land tour utk shin hotaka ropeway ini ?
    kami berencana menginap di takayama tgl 19 des ( berangkat dr osaka tgl 19 pagi)
    Apakah tiket bus nohi bisa dipesan on line ? dan juga tiket ropeway ??
    terima kasih

  6. selamat malam pak nugroho.
    saya rencana tgl 02/01/18 menuju shinhotaka dari takayama.tetapi infonya nohi bus tidak berperasi pada tgl tersebut. apa ada opsi lain pak menuju shinhotaka dr takayama. atau harus dr daerah lain. kalau dari matsumoto bus apa yg beroperasi di tgl itu. bagaimana cara reservasinya.thank you

  7. Hii Pak Nugroho,
    Pak apabila Saya merencanakan ke Shin Hotaka Ropeway ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan:
    1. Minggu ke 3 Mei 2017 ini cuaca dsana apakah juga msh dingin kah, kira2 brp Celcius? Apakah jalur pendakiannya dibuka?
    2. Apabila ingin naik kreta gantung 1 saja lalu melanjtkan jalan kaki ke dek observasi apakah memungkinkan? butuh waktu berapa lama? Bgitu juga dgn rute kembali nya
    3. Kalau dari Takayama menggunakan Bus Nohi apakah sdh termasuk dlm Takayama Horiku Pass?

    Terima kasih Pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk di bagian bawah gunung suhunya sekitar 10-15 derajat celcius, dan di bagian puncaknya 0-5 derajat celcius.
      Sepertinya akan sangat mahal kalau hanya naik kereta gantung satu kali, sebab jalur pendakian cukup curam dan suhu udara sangat dingin.
      Bus Nohi ke Shin Hotaka Ropeway tidak tercover oleh Takayama Hokuriku Pass. Salam

  8. william wijaya kusuma  |  

    hai kak, mau tanya, untuk mid november sudah ada salju belum ya?

    atau ada info gak kak, untuk mid november daerah mana saja yg ada saljunya selain tateyama alpine route?

  9. Pak Nugroho, terlampir itinerary saya :
    10/1-11/1 di osaka, bermalam di daerah nishi ward, renc membeli haruka & icoca card
    – dotonburi, shinsekai market,oska jo etc
    12/1 -14/1 dg kereta ke Kyoto
    – fushimi inari ,imperial palace,nijo castle, kinkakuji etc
    15/1-18/1. Dg bus ke Takayama
    -ikut tour shinhotaka ropeway&shirakawago
    18/1-20/1. Dg bus ke tokyo, nginap di area Shinjuku
    -odaiba,meiji shrine,tsukiji fish market, herajuku shijuku etc
    20/1. Dg willer bus ke Osaka
    21/1. Tiba di Osaka +/- jam 7 pagi , dg kereta ke Kobe
    21/1-24/1. Mohon petunjuk bpk Nugroho daerah wisata+ tranportasi
    24/1. Dg kereta ke Osaka,……
    25/1. Chub ward ke kanzai airport

    Mohon petunjuk, kartu transportasi yang harus kami miliki. & Rekomendasi
    Tempat wisata, pakaian yang perlu dibawa; terima kasih,
    Salam

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!