Shirakawa-go

Home / Attraction / Shirakawa-go
Item image

Perkampungan Shirakawa-go terletak di Lembah Sungai Sho-gawa, di lembah gunung Ryohaku, berbatasan dengan prefektur Ishikawa. Desa ini masuk dalam situs warisan Dunia UNESCO pada 1995 karena nilai sejarah dan sosialnya yang begitu tinggi. Situs warisan dunia UNESCO ini juga berbatasan dengan gunung Hakusan di barat laut Prefektur Gifu, berbatasan dengan Prefektur Toyama. Perkampungan Shirakawa-go ini begitu terkenal di seluruh Jepang dan juga dunia karena keindahan alam, desa tradisional khas Jepang dengan bangunan gassho-zukurinya yang unik. Wisatawan lokal dan mancanegara selalu ramai mengunjungi UNESCO World Heritage Site atau Situs Warisan Alam Dunia UNESCO ini. Mau tahu seperti apa perkampungan Shirakawa-go ini? Yuk baca lebih lanjut.


  • Informasi mengenai Shirakawago

    Shirakawago dan Gokayama adalah 2 tempat yang berbeda. Ini yang harus teman-teman ingat mengingat ada banyak orang mengira tempat ini adalah sama. Lokasi kedua tempat ini berdekatan dan dilayani oleh operator bus yang sama, baik dari Kanazawa maupun dari Takayama.

    Perkampungan Shirakawa dan juga daerah gunung Gokayama di sekitarnya terdaftar di Situs Warisan Alam Dunia UNESCO pada 9 Desember 1995, berarti sudah hampir 20 tahun yang lalu. Perkampungan Shirakawa ini adalah perkampungan kecil yang didiami oleh kurang lebih 1900 jiwa yang tinggal di bangunan rumah unik Gassho-zukuri. Perkampungan ini didominasi oleh pegunungan dan bukit hingga 96 persen, hanya 0.4 persen saja yang bisa digunakan untuk sawah dan cocok tanam. Shirakawago juga memegang predikat sebagai hutan salju terbesar di dunia dan tempat paling bersalju di Jepang. Tidak heran mengapa salju bisa begitu tebal di wilayah ini (silahkan lihat di bagian bawah mengenai ketebalan salju dan suhu harian Shirakawago).

    Gassho-zukuri sendiri artinya bentuk tangan yang berdoa. Rumah-rumah di sini atapnya tinggi dan lancip menyerupai pemuka agama Budha yang sedang berdoa. Bentuk atap seperti ini sangat menguntungkan pada musim dingin di mana salju bisa langsung jatuh ke bawah tanpa memberatkan atap rumah. Satu lagi yang menarik, seluruh bagian rumah dibangun tanpa menggunakan paku. Hebat bukan? Karena uniknya arsitektur di Shirakawa ini, seorang arsitektur Jerman yang terkenal Bruno Taut sampai menyanjung tempat ini, “Daerah ini tidak seperti daerah lain di Jepang. Saya tidak pernah melihat arsitektur seindah ini.”

    Desa Warisan Budaya Dunia Shirakawa-go

    Desa Warisan Budaya Dunia Shirakawa-go

  • Mengunjungi Rumah Gassho-zukuri

    Dulu diperkirakan ada sekitar 300 rumah gassho-zukuri di Shirakawa-go, namun yang tersisa hanya tinggal 114 saja. Yang paling tua katanya berusia sekitar 300 tahun dan masih ditempati hingga kini. Kalau teman-teman pergi ke sini, kita bisa melihat seluruh perkampungan Shirakawa-go dari atas bukit dan mencicipi hidangan khas di sana. Ketika malam hari, kita bisa menginap di tempat penginapan sambil melihat kehidupan sehari-hari orang-orang yang tinggal di Shirakawa-go.

    Kita bisa mengunjungi museum Gassho-zukuri Minkaen dan melihat kuil, tempat pengolahan batu bara, istal kuda, atau bangunan kuno lainnya. Ada juga pertunjukkan seni pencelupan tenun atau cara pembuatan mie soba, mie khas Jepang. Kalau teman-teman mengunjungi desa ini serasa kembali ke jaman Meiji dulu. Di desa ini kita bisa melihat pemandangan dari atas gunung dan menjumpai rumah-rumah tradisional bernama berusia lebih dari 300 tahun.

    peta shirakawago di gifu

    Peta Lokasi Wisata di Shirakawa-go

    Salah satu rumah yang bisa kita kunjungi (Tim Info Jepang rekomendasikan) adalah Rumah Wada atau Wada House. Letaknya sekitar 7-10 menit berjalan kaki dari perhentian bus Ogimachi Gassho-Shuraku. Wada House adalah rumah tradisional Gassho-zukuri terbesar yang ada di Shirakawago. Setelah membayar tiket masuk seharga 300 yen, kita bisa berkeliling dan melihat-lihat interior dalam bangunan ini. Di sebelah Wada House, teman-teman juga bisa mengunjungi Toyama House, Nagase House, Kanda House, dan juga Kuil Myozenji yang berdekatan.

    Iluminasi Musim Dingin Shirakawago

    Kalau ingin melihat Shirakawago dari ketinggian, spot terbaiknya adalah dari area observasi Shiroyama Tenshukaku Tenbodai. Letaknya ada di sisi utara Wada House, atau sekitar 15 menit berjalan kaki dari perhentian bus Ogimachi Gassho-Shuraku. Pemandangan seluruh desa begitu indah jika dilihat dari sini, termasuk iluminasi musim dingin Shirakawago yang sangat terkenal.

    Iluminasi di Shirakawa-go

    Iluminasi di Shirakawa-go

    Anda bisa berkunjung ke tempat ini dengan berangkat dari Nagoya atau Osaka pada pagi hari, dan menikmati keindahan pemandangan desa asli Jepang sepanjang hari hingga sore hari. Kalau ada waktu lebih, bisa juga menginap satu malam di rumah-rumah penduduk yang disewakan kepada para pengunjung (Baca juga: Pengalaman menginap di Shirakawago). Dan tidak perlu kuatir, karena masyarakat sekitar akan menjamu Anda dengan makanan tradisional dengan bahan-bahan alami yang diambil dari halaman depan rumah. Keren bukan?

    Waktu yang paling baik untuk mengunjungi Shirakawa-go adalah saat musim gugur atau musim dingin. Di musim gugur daun pohon-pohonan akan berubah warna menjadi merah, menambah keasrian perkampungan Shirakawa-go. Padi yang ditanam di awal tahun juga sudah menguning dan siap dipanen. Sementara di musim dingin, hiasan dan lampu-lampu menghasilkan cahaya hangat di tengah dinginnya musim salju pegunungan. Pemandangan dan pengalaman musim dingin di Shirakawa-go juga hampir selalu menjadi incaran para turis atau wisatawan.

    Pemandangan musim gugur di Shirakawa

    Pemandangan musim gugur di Shirakawa

    Cuaca di Shirakawa-go dan Gokayama

    Berikut ini adalah rerata suhu harian di Shirakawa-go selama setahun yang diambil dari data badan meteorologi Jepang selama lima tahun terakhir. Teman-teman bisa mengatur jadwal kedatangan maupun persiapan pakaian teman-teman sebelum ke sini.

    1. Januari, suhu harian: -4,4 ⁰C hingga 2,6 ⁰C, ketebalan maksimum 133 cm.
    2. Februari, suhu harian: -4,9 ⁰C hingga 2,7 ⁰C, ketebalan maksimum 171 cm.
    3. Maret, suhu harian: -2,3 ⁰C hingga 7,1 ⁰C, ketebalan maksimum 133 cm.
    4. April, suhu harian: 2,8 ⁰C hingga 14,9 ⁰C, ketebalan maksimum 36 cm.
    5. Mei, suhu harian: 8,2 ⁰C hingga 20,7 ⁰C (tidak ada salju).
    6. Juni, suhu harian: 13,9 ⁰C hingga 23,9 ⁰C (tidak ada salju).
    7. Juli, suhu harian: 18 ⁰C hingga 27 ⁰C (tidak ada salju).
    8. Agustus, suhu harian: 19,1 ⁰C hingga 28,7 ⁰C (tidak ada salju).
    9. September, suhu harian: 15 ⁰C hingga 23,9 ⁰C (tidak ada salju).
    10. Oktober, suhu harian: 8,2 ⁰C hingga 18,2 ⁰C(tidak ada salju).
    11. November, suhu harian: 2,6 ⁰C hingga 12,3 ⁰C, ketebalan maksimum 14 cm.
    12. Desember, suhu harian: 2,6 ⁰C hingga 12,3 ⁰C, ketebalan maksimum 78 cm.
    Peta Tateyama dan Shirakawago Jepang

    Peta Tateyama dan Shirakawago, serta kota-kota lainnya

  • Akses Menuju Shirakawa-go

    Dari Tokyo melalui Nagoya

    Tokyo Station – Nagoya Station dengan JR Tokaido Shinkansen (sekitar 100 menit, dengan ongkos 10.360 yen)
    Nagoya Station – Takayama Station dengan JR Takayama Line (sekitar 4 jam, dengan ongkos 3.350 yen)
    Takayama Station – Perkampungan Shirakawa dengan Takayama-Nohi Bus (50 menit). Ongkosnya 2.470 yen untuk satu arah dan 4.420 yen untuk rute pulang pergi. Bus jam 08.50, 09.50, 10.50, 11.50, 13.50, 14.50, dan 17.50 bisa dinaiki dengan bebas tanpa perlu reservasi. Sedangkan bus dengan waktu keberangkatan yang lain perlu reservasi.

    Dari Osaka/Kyoto melalui Nagoya

    Osaka Station – Nagoya Station dengan JR Tokaido Shinkansen Line (sekitar 50 menit, dengan ongkos 5.830 yen)
    Kyoto Station – Nagoya Station dengan JR Tokaido Shinkansen Line (sekitar 35 menit, dengan ongkos 5.070 yen)
    Nagoya Station – Takayama Station dengan JR Takayama Line (sekitar 4 jam, dengan ongkos 3.350 yen)
    Takayama Station – Perkampungan Shirakawa dengan Takayama-Nohi Bus (50 menit). Ongkosnya 2.470 yen untuk satu arah dan 4.420 yen untuk rute pulang pergi.

    Dari Tokyo/ Kyoto/ Osaka melalui Kanazawa

    Kanazawa adalah salah satu tempat transit paling dekat menuju Shirakawago yang terkenal. Dari Stasiun Kanazawa tersedia bus jarak jauh Nohi dan Hokutetsu dengan lama perjalanan sekitar 75-80 menit. Ongkosnya 1.850 yen untuk satu arah dan 3.290 yen untuk rute pulang pergi. Bus ini harus direservasi terlebih dahulu (baca cara reservasi bus menuju ke Shirakawa). Bus berangkat dari depan pintu timur Stasiun Kanazawa pukul 8:10, 8:40, 9:05, 10:50, 12:45, 13:15, 14:40, dan 16:00 ke Shirakawago. Untuk reservasi online Bus Nohi bisa dilakukan secara online melalui Website Japan Bus Online.

    Stasiun Tokyo – Stasiun Kanazawa dengan JR Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Menggunakan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass sangat berguna untuk perjalanan ke Kanazawa.

    Setelah puas berkeliling Shirakawago, teman-teman bisa kembali ke Toyama atau Kanazawa, lalu pulang kembali ke Tokyo. Ada dua keberangkatan terakhir kereta Shinkansen dari Kanazawa, kereta yang sama juga akan berangkat dari Toyama dengan selisih waktu 20 menit lebih lama dari kereta yang berangkat dari Kanazawa.

    Kanazawa 19:39 – (Hokuriku Shinkansen Kagayaki 516) – Tokyo 22:12
    Kanazawa 21:00 – (Hokuriku Shinkansen Kagayaki 518) – Tokyo 23:32

    Dari Stasiun Kyoto atau Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2 jam (dari Kyoto, dengan ongkos 6.380 yen) atau 2,5 jam (dari Osaka, ongkos 7.130 yen).

    Semua rute kereta JR dari Tokyo, Kyoto, Osaka, atau Nagoya menuju Shirakawago masuk dalam cakupan JR Pass. Selain itu, khusus buat teman-teman yang tidak ingin mengunjungi Tokyo, bisa mempertimbangkan membeli Takayama Hokuriku Pass yang lebih murah.

    Dari TAKAYAMA

    Untuk teman-teman yang pergi dari Takayama Station, bisa juga naik Hokuriku Shinkansen sampai Toyama Station. Lalu lanjut ke JR Takayama Main Line sampai ke Takayama Station.

    Dari Takayama, teman-teman bisa mengikuti paket tur wisata ke Shirakawa-go, tersedia beberapa jenis paket tur:

    1. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
    2. One Day Tour, dengan rute Nagoya-Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
    3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
    4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
    5. Tour Japan Fuji Alpine Shirakawago (5 Night 4 Day) (DETAIL LENGKAPNYA)

    Bisa juga naik bus Nohi ekspress Shinjuku-Takayama, dengan perjalanan 5,5 jam dan ongkos 6.690 yen. Takayama Station – Perkampungan Shirakawa dengan Takayama-Nohi Bus (50 menit). Ongkosnya 2.470 yen untuk satu arah dan 4.420 yen untuk rute pulang pergi.

    Takayama/Shirakawago-Kawaguchiko

    Buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan dari Takayama atau Shirakawago menuju ke Kawaguchiko, tersedia bus langsung yang menghubungkan Takayama Station dan Kawaguchiko Station. Ongkosnya 5.000 yen, dengan jam keberangkatan pukul 15.30 dari Takayama tiba pukul 20.13 di Kawaguchiko Station, dan jam keberangkatan 08.00 dari Kawaguchiko Station, tiba 12.43 di Takayama Station.

    Informasi mengenai Takayama-Nohi Bus


    Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago

    Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


    bus nohi ke shirakawago

    Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.

    Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

    1. Half Day Tour, dengan rute Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
    2. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
    3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
    4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Cheap Hotels in Shirakawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yari no Sato
59 km away
Yari no Sato
from ¥15444/night
K’s House Takayama
34 km away
from ¥2732/night
Rickshaw Inn
34 km away
from ¥4352/night
Hotel Hotaka
60 km away
Hotel Hotaka
from ¥15210/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Shirakawago Takayama

Museum Matsuri no Mori Ta
34 km away
Berkeliling Museum Matsuri no Mori Takayama
Shirakawa-go
0 km away
Pemandangan Shirakawa-go dari atas gunung Shiroyama
Hida no Sato Takayama
33 km away
Hida no Sato di Takayama Jepang
Shin Hotaka Ropeway
60 km away
Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway

Sumber Gambar : Flickr Keng Susumpow, tsuda, Dokumentasi Tim Info Jepang, ZEKKEI Japan


Recommended for you


Last modified: July 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Aneke
2018-12-29 12:28:26
Very helpfull.. Thank you

Close Comments

Comments (841)

  1. Dear Pak Nugroho.. maret-april 2020 saya berencana ke kyoto (fushimi inari taisha, arashiyama), mount fuji, tokyo & shirakawago.. bagaimana baiknya itinerary penerbangan & darat, brapa hari (kalau tidak perlu inap bisa pp) apakah perlu JR Pass atau cukup dengan Icoca-Haruka? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Idealnya 6-7 hari bu, dengan asumsi kyoto 1 hari, osaka 2 hari, lalu ke Tokyo, untuk rute ke Shirakawago PP 1 hari, ke Gunung Fuji 1 hari PP, dan sisanya di Tokyo. Kalau ibu tiba dan mendarat dari tempat yang sama (entah Kansai atau Haneda/ Narita), saya sarankan menggunakan JR Pass saja bu. Salam.

  2. Selamat siang Pak Nugroho,Pak saya ada rencana ke shirakawago di tgl 20 November ke atas, pertanyaan saya:
    1. Apakah saya bisa direct beli langsung beli ticket bus nya di st.Kanazawa karna saya menginap semalam di Kanazawa

    2. Jika tidak bisa, bila saya beli mll online, misalkan saya sudah pilih jam nya misal saya pilih jam 8.40 pagi ternyata saya telat apakah bisa saya minta re schedule jam nya ke jam yang diatas jam 8.40 itu?
    * Kena charge berapa kira2? Misal di charge

    Terimakasih atas infonya Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa membeli tiket bus ke Shirakawago langsung di Kanazawa Station. Kalau terlambat bisa dibeli lagi bu, tiket bus keberangkatan berikutnya.
      Namun harus membeli tiketnya lagi. Tiket bus yang terlambat itu hangus. Salam

  3. Dear Pak Nugroho,
    Kami ada plan ke Jepang 8 -15 Feb 2020, dengan itinerary Tokyo – Shirakawago – Gala Yuzawa – Nagoya – Tokyo:
    1. Apakah perlu membeli JR Pass? karena kami plan ke shirakawago dan gala yuzawa, pp saja dr tokyo selama 2 hari, lantas hari ke 3 menuju nagoya, menginap disana selama 2 malam dan kembali ke tokyo lagi

    2. kartu apa yg perlu dibeli untuk cover perjalanan dengan itinerary diatas?

    Terima kasih banyak pak Nugroho :)
    Salam…

    • Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Tokyo-Kanazawa (shirakawago) dan PP Tokyo-Nagoya, JR Pass akan balik modal.
      2. Ibu bisa kombinasi penggunaan JR Pass dengan kartu SUICA/ Pasmo untuk memudahkan membayar kereta non-JR atau bus. Salam.

  4. siang pak nug, mau nanya saya rencana dari hakone lalu mau ke shirakawa go? paling tepat bermalam di daerah mana ya? apakah di tokyo, nagoya atau kanazawa? jika di nagoya apakah ada bus langsung ke shirakawa go?

  5. Halooo, saya berencana ke Jepang musim dingin Januari mendatang. Saya ingin sekali ke Shirakawa dan Gala Yuzawa (atau ada rekomendasi ski resort lainnya yg lebih bagus? Gunma atau lainnya mungkin?). Apakah Gala Yuzawa bisa ditempuh sehari PP Tokyo? Apakah Shirakawa juga bisa ditempuh sehari PP Tokyo? Lalu saya harus tinggal di daerah mana? Perlu membeli JR pass (JR pass yg apa?)? Lalu destinasi mana lg yg memungkinkan untuk ditempuh sehari? Terima kasih :)

  6. mohon info pak..apakah bisa naik bus dari stasiun takaoka ke gokayama dan shirakawago?? jika bisa, berapa biayanya? dan transportasi apa yg digunakan selama berkeliling gokayam dan shirakawago?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Takaoka atau Shin-Takaoka, ibu bisa naik bus Kaetsuno untuk ke Ainokura, Gokayama, dan Shirakawago. Saat keliling Gokayama dan Shirakawago bisa berjalan kaki karena memang lokasinya berdekatan. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Harganya antara lain: Shin-Takaoka/ Takaoka – Shirakawago 1.800 yen, Shin-Takaoka/ Takaoka – Ainokura 1.200 yen, Shin-Takaoka/ Takaoka – Suganuma 1.000 yen. Semuanya untuk 1 kali pergi saja ya. Salam.

  7. Halo mas nugroho,

    Saya awal desember ke jepang dari tanggal 5 sampai 12 desember 2019 dengan penerbangan PP jkt tokyo jkt dan saya sudah membeli JR Pass all area

    Hari pertama 5 des tiba di tokyo jam 16:00 langsung melanjutkan ke osaka/kyoto via shinkansen

    Hari kedua dan ketiga 6 – 7 des explore osaka kyoto dan nara atau kobe

    Hari ke empat 8 des ke shirakawago one day trip lanjut ke tokyo

    Hari ke lima 9 des ke kawaguchiko dan Gotemba

    Hari ke enam 10 – 12 des explore tokyo dan pulang ke jakarta pada 12 desember sore

    Pertanyaannya :

    1. Apakah rute saya sudah tepat dengan membeli JR pass?
    2. Apakah pada tanggal 8 desember shirakawago sudah diselimuti salju?
    3. Saya membawa anak kecil umur 8 tahun dan berniat untuk bermain ski atau salju. Ski atau snow resort mana yg rekomen dan buka di awal desember?
    4. Apakah bus nohi tercover oleh JR?
    5. Apakah transportasi ke Fuji tercover oleh JR?transportasi apa?

    Mohon jawabannya Mas. Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya pak sudah tepat.
      2. Salju sudah mulai turun, namun belum menumpuk pak. Biasanya baru Januari-Februari saljunya mulai menumpuk.
      3. Di awal Desember paling hanya Resort Ski Fujiten atau Snow Town Yeti yang sudah buka.
      4. Tidak pak.
      5. Hanya tercover sebagian dari Shinjuku sampai Stasiun Otsuki dengan kereta limited ekspress Azusa/ Kaiji. Salam.

  8. Kindly mr Nugroho kami rencana akan ke jepang 06 Januari selama 10 hari sampai dengan tanggal 16 Januari , mohon info itenary yg ideal bahwa tujuan kami Jkt-Tokyo-osaka-kyoto-kanazawa-shirakawago-gotemba -tokyo … mohon petunjuk dan arahannya apakah cukup waktunya ? dan mohon saran lebih baik menginap dimana supaya tercover semuanya ? apakah bisa dijangkau dengan JR PASS ? terima kasih sebelumnya Mas Nugroho , salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ya pak, cukup kok. Untuk menginapnya, bisa di Osaka, lalu di Kanazawa dan Tokyo (day trip ke Gotemba dan Kawaguchiko). Salam.

  9. Dear Pak Nugroho,

    Saya mau menanyakan untuk awal Desember tanggal 6 Desember 2020 saya berangkat ke Shirakawago dari Osaka. Apakah di awal desember itu, shirakawago sudah mulai ada salju?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk awal desember, masih akhir musim gugur bu, suhu sudah turun, namun salju mungkin belum turun. Salam.

  10. hii pak,

    sy rencana des akhir ke jepang dg itin sbb (9 hari)
    tokyo (narita) 1 hr – kanazawa 1 hr- shirakagawo – osaka 2 hr- kawaguchiko 1 hr- tokyo 2 hr (kira2 transportasi yg tepat apa y pak. mksh

  11. Siang pak nugroho saya mau tanya apakah memungkinkan itinerary saya ke shirakawago seperti ini. (26-30 tokyo) – (30 fuji (PP))- (30 mlm – 1 kyoto) – (1 shirakawago (PP)) – (1 mlm – 5 osaka) saya agak bingung transport pulang pergi di shirakawago nya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa saja bu, rutenya itu lebih baik Tokyo-Toyama-Shirakawago-Toyama-Kanazawa-Kyoto baru Osaka. Dari Toyama, bisa naik bus Nohi ke Shirakawago. Salam.

  12. Pagi Pak Nugroho, saya ingin menanyakan jika saya berangkat awal november ke shirakawago, apakah sudah ada salju? Saya tiba di Osaka dan akan kembali ke Indonesia dari Osaka.
    Day 1 : Tiba di Kansai Airport jam 12:45 melanjutkan ke Tokyo
    Day 2 : Tokyo all day
    Day 3 : Check out – menuju Shirakawa Go – Takayama Old Town
    Day 4 : Menuju Kyoto Full Day Kyoto
    Day 5 : Full Day Osaka
    Day 6 : Early Morning Flight jam 10:00 menuju Indonesia.

    Mohon saran Bapak, apakah tepat itinerary yang saya buat? Atau saya harus putar balik itinerarynya?
    Misalnya Day 1 : Kyoto – Tokyo – Shirakawa Go – Osaka

    Kindly please need your advice.
    Thank you.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Rutenya sudah tepat kok, dari 2 alternatif yang bapak sampaikan bukannya sama saja?
      Bapak bisa membeli JR PASS All Area untuk mengcover ongkos perjalanan di atas. Salam

  13. Salam Pak Nugroho,
    Saya berencana ke Tokyo, Osaka dan Shirakawa-go bulan Desember ini. Itinerary sementara sbb :
    – Tokyo (Narita) —> Tokyo Station menggunakan NEX.
    – Tokyo Station —> Kanazawa menggunakan JR Hokuriku Shinkansen.
    – Kanazawa —> Shirakawa-go (p.p) menggunakan Nohii Bus
    – Kanazawa —> Osaka menggunakan JR Limited Express Thunder Bird.
    – Osaka —> Tokyo menggunakan JR Tokaido&Sanyo Shinsansen (Hikari).
    Apakah transportasi di atas sudah tepat dan efektif? terus apakah jika menggunakan JR Hokuriku Arch Pass bisa mengcover perjalanan di atas?
    Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Untuk perjalanan dari Osaka ke Tokyo dengan JR Tokaido Shinkansen tidak tercover dengan JR Hokuriku Arch Pass.
      Bapak harus naik Thunderbird sampai ke Kanazawa, kemudian naik JR Hokuriku Shinkansen menuju ke Tokyo supaya tercover oleh JR Hokuriku Arch Pass. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!