Keindahan Musim Dingin di Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang >  Keindahan Musim Dingin di Jepang

Selamat datang musim dingin! Salju mulai turun, event-event iluminasi dan hiasan lampu di jalan-jalan protokol menemani sendunya malam. Setiap akhir pekan, keluarga juga pergi ke resort ski populer untuk bermain ski. Namun, musim dingin selalu punya cerita di hati saya. Hampir 7 tahun berkelana di negeri Jepang, musim dingin adalah musim yang selalu saya tunggu. Simak cerita saya tentang keindahan musim dingin di Jepang.

1. Festival Musim Dingin Yokote Kamakura (Akita)

Musim dingin identik dengan Igloo atau rumah bulat penduduk Eskimo yang ikonik. Nah, selama musim dingin, kita bisa merasakan bagaimana tinggal di dalam igloo dalam Festival Musim Dingin Kamakura. Setelah berjalan keliling kota, kita bisa menikmati iluminasi lampu aneka warna yang berpadu dengan patung-patung dari es.

2. Pemandangan Gunung Salju Zao

Gunung Zao begitu terkenal dengan kehadiran monster saljunya yang dikenal dengan Juhyo. Monster salju ini muncul karena salju menumpuk di pepohonan conifer yang ada di lereng gunung Zao. Kita bisa menikmati bentang alam Gunung Zao dengan naik gondola menyeberangi gunung serta berendam di onsen yang murah meriah.

Keindahan Musim Dingin di Jepang Zao

Keindahan Musim Dingin di Jepang: Zao

3. Kastil Hirosaki Aomori

Meskipun terkenal dengan pemandangan hanaminya yang spektakuler tepat saat Liburan Golden Week, Kastil Hirosaki juga punya pemandangan yang indah saat musim dingin. Festival snow lantern dengan ratusan lentera di sepanjang jalan kota, kita bisa berfoto dan menikmati indahnya musim dingin yang tidak terlupakan.

Keindahan Musim Dingin di Jepang Kastil Hirosaki

Keindahan Musim Dingin di Jepang: Kastil Hirosaki

4. Taman Kenrokuen di Kanazawa

Taman Kenrokuen di Prefektur Kanazawa, kita bisa melihat perpaduan unsur-unsur alam di dalam satu tempat: mulai dari kolam besar Kasumigaike dengan pulau kecil di tengah-tengahnya.

Di musim salju kita bisa melihat keunikan di Taman Kenrokuen yakni Yukitsuri. Yukitsuri adalah sistem perlindungan dengan menghubungkan dahan-dahan pohon pada bambu penopang dengan tali supaya dahan pohon tidak patah karena salju yang berat. Bentuknya yang unik membuat pepohonan di Taman Kenrokuen berbentuk kerucut seperti pohon cemara raksasa dari salju. Dari taman, kita bisa mampir ke Kastil Kanazawa yang ada di seberang taman.

Keindahan Musim Dingin di Jepang Taman Kenrokuen

Keindahan Musim Dingin di Jepang: Taman Kenrokuen

5. Kuil Kifune Kyoto

Kifune Jinja yang berada di sebelah timur laut kota Kyoto menawarkan suasana pegunungan yang berbeda dengan suasana kota Kyoto yang sangat padat. Kuil Kifune Jinja punya pemandangan yang super keren di musim dingin. Salju yang menyelimuti batu-batu di jalan dan halaman Kibune Jinja memberikan pesona tersendiri yang berbeda dibanding saat musim panas.

Kifune jinja di musim dingin

Kifune jinja di musim dingin

6. Kolam biru Aoi Ike Hokkaido

Aoiike sebenarnya bukan danau asli, melainkan sebuah kolam galian yang dibuat pada tahun 1988 sebagai tempat penampungan lava letusan gunung Tokachidake. Beberapa tahun kemudian, air sungai Biei-gawa bercampur dengan air di Aoiike dan menjadikannya berwarna kebiru-biruan.

Aoiike menyimpan keindahan tiada ternilai. Airnya yang bewarna biru cerah sungguh indah dan menakjubkan, tiada duanya di dunia. Apalagi kalau teman-teman datang pada musim dingin. Air kolam yang membeku diselimuti oleh salju putih, memberikan suasana yang sangat mempesona.

Keindahan Musim Dingin di Jepang Aoiike di Hokkaido

Keindahan Musim Dingin di Jepang: Aoiike di Hokkaido

7. Kastil Matsumoto Nagano

Kastil Matsumoto dikenal dengan “Crow-Castle” atau “Kastil Gagak” karena desain dinding luar yang berwarna hitam dengan sedikit aksen putih yang menambah kesan “megah” dan ikonik. Kastil ini juga merupakan kastil yang ditutupi oleh salju di musim dingin yang letaknya paling dekat dari Tokyo. Jadi kalau teman-teman hendak melihat kastil Jepang di musim dingin, saya sarankan untuk ke Kastil Matsumoto. Lokasi Matsumoto juga sangat strategis, sejalan kalau ingin ke Tateyama Kurobe Alpine, Kamikochi atau Pegunungan Shin Hotaka.

8. Desa warisan dunia Shirakawago

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi Shirakawa-go adalah saat musim gugur atau musim dingin. Di musim gugur daun pepohonan akan berubah warna menjadi merah, menambah keasrian Desa Shirakawa-go. Sementara di musim dingin, hiasan dan lampu-lampu menghasilkan cahaya hangat di tengah dinginnya musim salju pegunungan. Pemandangan dan pengalaman musim dingin di Shirakawa-go juga hampir selalu menjadi incaran para turis atau wisatawan.

Kalau ingin melihat Shirakawago dari ketinggian, spot terbaiknya adalah dari area observasi Shiroyama Tenshukaku Tenbodai. Pemandangan seluruh desa begitu indah jika dilihat dari sini, termasuk iluminasi musim dingin Shirakawago yang sangat terkenal.

9. Kuil Kinkakuji yang tertutup salju

Rupa Kuil Kinkakuji sangat menawan di musim dingin. Saat musim dingin, kala salju turun, kita dapat melihat Kuil Kinkakuji dilapisi salju putih. Perpaduan warna emas dan putihnya salju menambah semarak warna emas Kinkakuji. Sungguh panorama tidak terlupakan. Berfoto dengan latar belakang Kuil Kinkakuji dan danau nya yang megah bakalan jadi pengalaman musim dingin yang berkesan selamanya.

Keindahan Musim Dingin di Jepang Kuil Kinkakuji

Keindahan Musim Dingin di Jepang: Kuil Kinkakuji

10. Kusatsu Onsen yang memikat

Hampir setiap musim dingin, hujan salju turun di Kusatsu Onsen. Perpaduan antara salju, atap rumah tradisional Jepang yang berwarna putih, dan suasana resort onsen yang masih natural sungguh menakjubkan. Dengan sumber air panas terbanyak dan terbesar di Jepang, kita bisa menikmati serunya berendam di onsen sepuasnya.

Sumber gambar: Flickr 8ware, Ari Helminen, かがみ~, Kyoto-Picture


Recommended for you

Last modified: February 18, 2018

TAGS  :

Comments (2)

  1. Halo.. Saya berencana pergi ke jepang dan rutenya sbb:
    Hari 1&2: Osaka
    3: Osaka-Kobe-Osaka
    4: Osaka-Kyoto-Osaka
    5: Osaka-Kanazawa-Shirakawago (nginap)
    6: Shirakawago-Kanazawa-Tokyo
    7&8&9&10: Tokyo
    11: JKT

    apakah saya perlu membeli jr pass? dan perlu pergi ke kawaguchi? trims:)

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!