Tempat Wisata Gratis di Kyoto

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata >  Tempat Wisata Gratis di Kyoto

Di artikel Info Wisata Kyoto, Tim Info Jepang sudah memperkenalkan tempat-tempat wisata di seluruh kota Kyoto. Kita bisa mengunjungi Kuil-kuil terkenal, juga istana dan juga mengunjungi taman-taman yang tersohor. Namun pertanyaan yang paling banyak masuk ke Tim Info Jepang adalah adakah tempat wisata gratis di Kyoto? Mengingat sudah banyak pengeluaran untuk biaya transportasi dan penginapan, apakah ada tempat-tempat wisata gratis di Kyoto? Baik, Tim Info Jepang akan menuliskan liputan khusus mengenai ini. Berikut adalah daftar tempat wisata gratis di Kyoto.

1. Kuil Yasaka

Kuil Yasaka di pusat kota Kyoto adalah kuil utama di distrik Gion sekaligus jadi pusat perayaan Festival Gion Matsuri. Sebagai informasi bagi teman-teman, Gion Matsuri merupakan festival paling terkenal seantero Jepang. Lebih dari 5 juta orang akan datang ke Kyoto sepanjang bulan Juli, di mana festival Gion Matsuri diadakan. Dan kita bisa masuk ke kompleks kuil gratis lho!

Tempat Wisata Gratis di Kyoto Kuil Yasaka

Tempat Wisata Gratis di Kyoto: Kuil Yasaka

2. Kuil Fushimi Inari Taisha

Pernahkah melihat gambar seribu torii merah (senbon torii)? Ya ini terdapat di halaman kuil Fushimi Inari Taisha. Kita bisa melihat bangunan kuil, mendaki bukit di bagian belakang Kuil Fushimi Inari Taisha, atau berfoto di Senbon Torii, dengan cuma-cuma!

Tempat Wisata Gratis di Kyoto Kuil Fushimi Inari

Tempat Wisata Gratis di Kyoto: Kuil Fushimi Inari

3. Kuil Heian Jingu

Tempat wisata megah di pusat kota Kyoto ini gratis untuk dikunjungi. Kita dapat berfoto di halaman dengan latar belakang bangunan kuil yang megah tanpa membayar biaya masuk. Namun jika ingin melihat pemandangan taman di bagian barat dan timur Kuil Heian Jingu, kita perlu membayar biaya masuk taman.

Tempat Wisata Gratis di Kyoto Heian Jingu

Tempat Wisata Gratis di Kyoto: Heian Jingu

4. Kuil Nanzenji

Kompleks Kuil Nanzenji dapat dikunjungi gratis. Kita dapat berkeliling melihat keindahan pohon momiji di musim gugur, atau melihat saluran air suirokaku yang terkenal. Cuma jika ingin masuk dan melihat halaman dalam kuil dan bangunan kuil, kita perlu membayar biaya masuk.

Tempat Wisata Gratis di Kyoto Kuil Nanzenji

Tempat Wisata Gratis di Kyoto: Kuil Nanzenji

5. Kuil Kitano Tenmangu

Kuil yang terkenal dengan keindahan bunga sakura atau bunga ume bewarna pink merah di musim semi. Juga jangan lewatkan kesempatan menikmati momiji malam hari dengan lampu dan iluminasi yang indah, di puncak musim gugur (sekitar pertengahan November sampai awal Desember). Kita bisa masuk ke dalam kompleks kuil tanpa perlu membayar biaya masuk.

Tempat Wisata Gratis di Kyoto Kuil Kitano Tenmangu

Tempat Wisata Gratis di Kyoto: Kuil Kitano Tenmangu

6. Arashiyama

Di Arashiyama kita bisa berkeliling melihat Jembatan Togetsubashi yang terkenal atau pergi ke hutan bambu Arashiyama dengan cuma-cuma. Di sini kita bisa melihat keindahan Togetsu Bridge di tiap musim. Pada musim semi, sepanjang pinggir sungai bunga-bunga sakura bermekaran. Kita juga bisa menyaksikan iluminasi Hanatoro di Togetsu Bridge dan Hutan Bambu Takebayashi begitu malam tiba, menciptakan suasana yang begitu mempesona.

Tempat Wisata Gratis di Kyoto Arashiyama

Tempat Wisata Gratis di Kyoto: Arashiyama

Sumber gambar: Flickr Kentaro Ohno, keaguevarra, Aaron G (Zh3uS), Hessam, Wei-Te Wong, Keiko Shih


Recommended for you

Last modified: July 22, 2016

Comments (24)

  1. met malam pak
    terima kasih .
    pak mengenai point 2 saya cek di hyperdia itu pilihannya arashiyama (hankyu) atau arashiyama (keifuku). jadinya aku bingung.

    trus yg point 3 dari kuil Kinkakuji mau ke Osaka gimana caranya yah , nginap di hotel Ibis Styles , turun kereta nya di Namba bukan?

    terima kasih Pak.

    oh ya pak perjalanan dr Station Kyoto ke arashiyama dan kuil Kinkakuji berapa lama yah?
    dr Kyoto station ke Osaka juga brp lama?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ibu baca link terkait (itinerary perjalanan ke Arashiyama) sudah dijelaskan bahwa ada satu lagi stasiun kereta di Arashiyama, di jalur kereta JR Sanin Line namanya Saga Arashiyama Station. Dari Kinkakuji bisa naik bus nomor 205 sampai ke Kyoto Station. Lanjut naik kereta Tokaido Line sampai Osaka Station. Kemudian jalan kaki ke Umeda Station, naik kereta subway Midosuji Line sampai Namba Station (stasiun terdekat Hotel Ibis Styles Osaka). Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, tersedia loker ukuran besar untuk koper besar di Kyoto Station. Salam

    • maria  |  

      Selamat siang Pak.
      Terima kasih yah Pak.
      Pak yg point 3 bisa dibantu jawab dan dari kuil Kinkakuji bagaimana caranya?
      Untuk point no 2. naik kereta Keifuku Line dr station arashiyama yah?

      tq

    • maria  |  

      terima kasih Pak, noted ada penyewaan loker untuk koper, bisa info hrgnya pak?

      Pak untuk point 2 tolong jadinya rutenya ke arashiyama dulu yah ? keretanya ambil yg hankyu atau keifuku yah untuk ke arashiyama>

      Point 3 kalau dari kuil Kinkakuji mau ke Osaka gimana caranya yah pak>

      Tq

  2. selamat malam Pak.
    Pak kalau mau ke Arashiyama dan Kuil Kinkakuji , kami berawal dari tsurumi station tgl 17Mei dan mau ke OSAKA tetapi ingin mampir ke Kyoto ke 2 tempat tersebut, kami punya JR PASS dan rencana beli suica / pasmo.

    1. Apakah kami harus reserve dulu tiket shinkansen ke Kyoto di Tsurumi station ? mohon penjelasannya.

    2. sesampainya di Kyoto station lebih baik ke Arashiyama dulu atau ke kuil Kinkakuji dulu yah? mohon dibantu rute keretanya yah.

    3. Lanjut ke Osaka, kami akan ke Hotel Ibis Style, ini turunnya di station Namba bukan yah? dari station bisa jalan atau harus naik bis ?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Perjalanan naik shinkansen harus dipesan dulu Ibu. Reservasi bisa dilakukan di Tsurumi Station, atau saat mengaktifkan JR PASS Ibu, biar sekalian semuanya.
      Setibanya di Kyoto Station, bisa naik kereta ke Arashiyama Station. Selesai jalan-jalan di Arashiyama, bisa naik kereta Keifuku Line sampai ke Stasiun Kitanohakubaicho, kemudian keluar dan naik bus 101/102/204/205 sampai ke halte Kinkakuji-Michi (halte terdekat ke Kuil Kinkakuji). Salam

    • maria  |  

      Selamat siang Pak.
      Terima kasih yah Pak.
      Pak untuk point no 2 jadinya rute pertama ke arashiyama dulu yah, trus kereta nya ambil yg hankyu line atau keifuku line yah dari Station Kyoto ?

      Pak yang point no 3 bisa dibantu gak yah dan dari kuil Kinkakuji bagaimana caranya?

      tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk poin nomor 2, rute pertama ke Arashiyama dulu. Ibu bisa naik kereta JR Sanin Line dari Kyoto Station sampai ke Arashiyama Station. Tidak ada hankyu atay Keifuku Line yang menghubungkan Kyoto Station dan Arashiyama Station.

      Kemudian untuk yang nomor 3, bukannya sudah dijawab? Selesai jalan-jalan di Arashiyama, bisa naik kereta Keifuku Line sampai ke Stasiun Kitanohakubaicho, kemudian keluar dan naik bus 101/102/204/205 sampai ke halte Kinkakuji-Michi (halte terdekat ke Kuil Kinkakuji). Salam

  3. Selamat malam Pak. Mau tanya, apakah Kinkakuji dan Ninna Ji perlu bayar tiket masuk?
    Bagaimana rutenya ke tempat itu dari Kyoto Station?
    Terima kasih dan Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kuil Kinkakuji bisa dicapai dengan naik bus kota Kyoto. Sementara kuil Ninnaji bisa dicapai dengan naik bus JR. TIket masuk kinkakuji adalah 300 yen sementara Kuil Ninnaji 500-600 yen. Salam.

  4. Siang pak… Terimaksih sebelumnya bpak udh bantu semua itin saya.. Dri yg ga ngerti sampe udh hampir jdi itin saya…. Maaf saya mau tanya lg pak… Saya cuma punya waktu 1 hari di kyoto.. Rencana ke fushimi, arashiyama dan gion…. Rute paling bagus bagaimna dan tranportnya bisa dibantu ya pak… Misal naik pke apa turun dimna… Terkhir balik kyoto ke namba…. Dan baiknya saya ketengan aj ato beli one day bus… Mks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pertama Ibu bisa pakai Kintetsu Rail Pass untuk naik kereta dari Namba ke Kyoto Station. Kemudian, bisa membeli one day bus pass Kyoto.
      Rute perjalanan di Kyoto nya bisa dibuat: Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion – Arashiyama.
      Kalau mau ke Arashiyama (baca itinerary perjalanan ke Arashiyama), dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama.
      Ya bisa naik bus Minami-5 dari Kyoto Station sampai Fushimi Inari Jinja, lalu dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah, turun di halte Tofukuji dan naik bus 202/207/208 sampai halte Kiyomizumichi dan berjalan kaki ke Kuil Kiyomizudera. Dari Kiyomizudera bisa naik bus 100 atau 206 sampai ke Gion. Kemudian lanjut naik kereta Hankyu dari Kawaramachi, transfer di Katsuta Station untuk ke Arashiyama. Menjelang sore bisa kembali dari Arashiyama dengan naik kereta yang sama dan tiba di Gion pada malam hari. Dari Gion bisa naik bus 100/206 kembali ke Kyoto Station. Salam

  5. Cindy Julia Paramitha  |  

    Dear admin. Dari Kyoto station ke arashiyama lalu ke Fushimi inari dan Balik lagi ke Kyoto station Untuk pulang ke daerah namba dotonburi Sebaiknya naik apa saja. Mohon info.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Kyoto Station bisa naik kereta JR sampai ke Saga-Arashiyama Station. Kembali ke Kyoto Station dengan kereta yang sama. Kemudian naik kereta JR ke arah Nara Line dan turun di JR Inari.
      Kemudian pulangnya, bisa naik kereta arah sebaliknya ke Kyoto, dan pindah ke JR Tokaido Line sampai ke Osaka Station. Dari Osaka Station bisa naik JR Osaka Loop Line sampai ke Imamiya Station, dan pindah ke JR Namba Line sampai JR Namba Station.
      Dari Namba Station tinggal jalan kaki sebentar ke daerah Namba dan Dotonbori.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tidak ada jalur kereta Kintetsu Line menuju ke Arashiyama. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!