Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto

You are here Home  > Istana Jepang, Taman, Tips Wisata, Wisata Jepang >  Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto

Kuil Kiyomizudera, Istana Nijo, Heian Jingu, Kyoto Tower, teman-teman pasti sudah pernah mendengarkan tempat ini. Tapi sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di Kyoto yang jarang diulas. Kali ini Tim Info Jepang mengerahkan segenap tenaga, mencari bahan literatur dari selebaran-selebaran yang didapat sewaktu liburan di Kyoto dan merangkum tempat-tempat wisata tersembunyi di Kyoto.

1. Shugakuin Imperial Palace

Terletak di perbukitan timur laut kota Kyoto, Shugakuin mungkin adalah tempat paling indah dan tersembunyi di Kyoto. Selain letaknya yang agak jauh dari pusat kota Kyoto, akses ke tempat ini juga cukup sulit karena letaknya yang lumayan jauh dari stasiun kereta terdekat. Namun, keindahan termpat ini tidak bisa dipungkiri lagi. Dibangun di lereng perbukitan, kita bisa menikmati keindahan pepohonan dengan sudut pandang berbeda. Pepohonan tumbuh di lereng bukit sehingga hijaunya daun menutupi batang-batang pohon yang dibelakangnya, menghasilkan pemandangan pepohonan hijau yang berjejer indah. Di musim gugur, daun-daun berubah warna menjadi merah dan menjadikan panorama tempat ini makin indah.

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto Shuugakuin Palace

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto: Shuugakuin Palace

2. Pondokan Murin-an

Murin-an menjadi tempat wisata tersembunyi di Kyoto nomor dua. Meskipun terletak di tengah kota, diantara Heian Jingu, Kebun Binatang kota Kyoto, Kuil Nanzenji dan Eikando di Higashiyama, kebanyakan wisatawan melewati tempat wisata ini karena naik bus. Pondok Murin-an adalah taman Jepang (Nihon teien) yang indah, lagi-lagi memanfaatkan kemiringan tanah. Di sini kita bisa menjumpai pondokan, sungai kecil, kolam, dan air terjun kecil. Air sungai ini asalnya sama dari suirokaku di Kuil Nanzenji yakni dari Danau Biwa di Prefektur Shiga, bersebelahan dengan prefektur Kyoto. Pondokan Murin-an bukan setiap hari mulai dari jam 9.00 hingga 17.00.

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto Murin-an

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto: Murin-an

3. Kuil Anrakuji

Terletak di jalan Tetsugaku no michi yang menghubungkan Kuil Eikando dan Nanzenji serta Kuil Paviliun Perak Ginkakuji di Kyoto Timur, banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan Kuil Anrakuji. Memang kuil ini tidak terbuka secara umum, namun keindahan Kuil Anrakuji ini sangat dikagumi oleh orang-orang Jepang dan penduduk lokal kota Kyoto.

Kuil Anrakuji terkenal dengan pemandangan musim gugurnya yang indah. Kita bisa menaiki tangga ke pintu gerbang utama, dengan pohon momiji bewarna merah di sisi kanan dan kiri tangga. Bentuk atap gerbang Kuil Anrakuji juga sangat unik, dan satu-satunya di Kyoto. Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Kuil Anrakuji, Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk berkunjung di musim gugur. Selain itu Kuil Anrakuji dibuka pada tanggal-tanggal berikut.

  1. Hari Sabtu dan Minggu di dua minggu pertama April (pemandangan bunga sakura).
  2. Hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional di dua minggu pertama bulan Mei.
  3. Hari Sabtu dan Minggu di dua minggu terakhir bulan Juni.
  4. Hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional di bulan November (pemandangan musim gugur).
  5. Hari Sabtu dan Minggu di dua minggu pertama bulan Desember.
Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto Kuil Anrakuji

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto: Kuil Anrakuji

4. Kuil Kurama

Kurama adalah kota pemandian air panas yang terletak di sebelah utara kota Kyoto, di daerah pegunungan. Letaknya berdekatan dengan Kibune (terkenal dengan Kuil Kibune), dan dapat ditempuh dengan naik kereta wisata Eizan dari stasiun Demachiyanagi kota Kyoto sampai ke stasiun Kurama. Ongkosnya 420 yen dan durasi perjalanan 30 menit.

Kuil Kurama atau Kurama Dera adalah ikon wisata daerah Kurama, sebuah kuil Buddha yang ada di atas bukit. Lokasinya yang terletak di atas bukit diantara pepohonan yang lebat dengan udara sejuk menambah kesan sejarah Kuil Kurama. Kita bisa berjalan kaki 30-45 menit sampai ke atas bukit, atau naik cable car 100 yen sampai setengah jalan perjalanan. Ada juga Kuil Yuki Jinja, yang terkenal dengan Festival Api Kurama yang diadakan tanggal 22 Oktober setiap tahunnya.

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto Kuil Kurama

Tempat Wisata Tersembunyi di Kyoto: Kuil Kurama

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Keihan Kyoto
from ¥12900/night
Hotel Keihan Kyoto
Sakura Terrace The Galler
from ¥10589/night
Sakura Terrace The Gallery
New Miyako Hotel
from ¥17000/night
New Miyako Hotel
Almont Hotel Kyoto
from ¥13800/night
Almont Hotel Kyoto

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Kereta Kyoto
museum kereta umekoji
Kuil Ginkakuji
Kuil Ginkakuji di Kyoto
Kuil Kokedera
Panorama musim gugur di Kuil Kokedera
Kyoto Tower
Kyoto Tower

Sumber gambar: Flickr PV9007 Photography, Kyoto-Picture, np&djjewellstar_platinum, Bahamut Chao

Recommended for you

Last modified: November 4, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan