Iyashi No Sato

Home / Attraction / Iyashi No Sato
Item image

Iyashi No Sato atau sering disebut dengan Nenba Hama adalah desa yang terletak di sisi barat tepi Danau Saiko. Desa ini termasuk ke dalam desa tradisional paling terkenal di Jepang bersama dengan Shirakawago yang ada di Gifu dan Boso no Mura di Chiba. Kita bisa melihat rumah dan bangunan tradisional Jepang dengan jerami dan anyaman bambu sebagai atap dan dindingnya. Ini adalah tempat “pelarian” bagi orang-orang Jepang maupun wisatawan dari segala kesibukan kota dan ingin kembali merasakan suasana desa yang tenang dan asri. Perpaduan Gunung Fuji dan Danau Saiko berpadu menjadi satu pemandangan yang tidak akan terlupakan saat kita mengunjungi Iyashi No Sato. Di Iyashi no Sato, ada juga toko kostum dimana kita bisa mencoba berpakaian seperti orang Jepang jaman dahulu. Ada pilihan mengenakan kimono atau juga yoroi (pakaian pasukan jaman dahulu). Simak kisah kunjungan saya ke Iyashi No Sato dalam liburan ke Danau Kawaguchiko.


Pintu masuk di Iyashi No Sato

Pintu masuk di Iyashi No Sato

Iyashi No Sato sering juga disebut sebagai Kampung Segar atau Healing Village. Suasana yang asri, perpaduan pepohonan dan air danau, serta sejuknya udara di area pegunungan Gunung Fuji membuat kita bisa beristirahat di sini. Buat teman-teman yang sedang mengunjungi Gunung Fuji dan punya waktu minimal 4-6 jam (setengah hari), Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi desa ini.

Suasana Iyashi No Sato di Yamanashi

Suasana Iyashi No Sato di Yamanashi

Desa ini kemudian dijadikan museum terbuka yang menjelaskan kebudayaan dan kehidupan penduduk sekitar. Di sini kita bisa melihat rumah-rumah tradisional Jepang yang disulap menjadi toko oleh-oleh, museum, restoran, workshop, dan juga galeri. Kita bisa mencoba membuat sendiri kertas tradisional washi dari kulit pohon dan bambu atau membuat soba (sejenis mie) khas wilayah Fuji. Jangan lewatkan juga mencoba menu lokal khas Yamanashi yakni Hoto (mie lebar yang dimasak dalam kuah miso dengan sayuran) dan mie soba yang lezat di Shokujidokoro Satoyama dan di Stone-ground Soba Noodles – Shosen.

Salah satu restoran yang wajib dikunjungi saat ke Iyashi no Sato adalah Wazenya Saiun, yang menawarkan masakan tradisional Jepang dengan pemandangan langsung menuju Gunung Fuji.

Perjalanan kami mengelilingi tempat wisata di Fuji-Kawaguchiko dimulai dengan mengunjungi Healing Village (Iyashi no-Sato Nenba). Di sana, saya bisa melihat indahnya rumah-rumah tradisional Jepang yang masih dipertahankan bentuk aslinya. Di sana juga terdapat tempat untuk menyewa yukata dan baju samurai dengan harga sewa 500 yen saja.

Papan penjelasan di Iyashi No Sato

Papan penjelasan di Iyashi No Sato

Masih ada juga toko oleh-oleh yang menjual aneka kerajinan tangan dan pajangan rumah berbahan kayu, keramik, dan juga kartu-kartu ucapan. Di ujung desa, kita bisa mengunjungi galeri yang memajang aneka patung atau pajangan dinding berbahan dasar kayu, senjata samurai, boneka Tsurushi Kazari, dan juga pakaian kimono atau yoroi tradisional yang dibuat di Iyashi no Sato. Tenang, kita boleh kok mencobanya dan mengambil foto. Lumayan, kenang-kenangan sebagai seorang samurai Jepang, hehe.

Akses menuju Iyashi No Sato

Iyashi No Sato buka setiap hari mulai dari jam 09.00-17.00. Di musim dingin buka dari jam 09.30-16.30. Untuk biaya masuknya sendiri adalah 350 yen untuk orang dewasa dan 150 yen untuk anak-anak.

Dari Shinjuku Station, teman-teman bisa mengambil kereta ekspress ke arah Kofu dan turun di Stasiun Otsuki. Lalu, berpindah ke kereta Fuji Ekspress dan berhenti di stasiun akhir Stasiun Kawaguchiko. Total ongkosnya sekitar 3.400 yen dengan waktu perjalanan selama 2 jam 10 menit.

Selain itu, kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station atau Bandara Haneda. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk menuju ke Iyashi No Sato, kita bisa bus Retro Saiko atau Aokigahara Line dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte bus Iyashinosato Nenba, ongkosnya 700 yen. Dari halte bus ini, kita bisa lanjut berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di Desa Iyashi No Sato.

Cheap Hotels near Iyashi No Sato [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Teiensaryo Yamanakako
22 km away
from ‎¥11040/night
Hotel Mt. Fuji
19 km away
from ‎¥13043/night
Forest Village
9 km away
click for detail
Subashiri Condominium
24 km away
from ¥12350/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Danau Kawaguchiko
9 km away
Pemandangan malam danau Kawaguchiko
Danau Saiko
3 km away
Gunung Fuji dari Danau Saiko
Gotemba Premium Outlets
35 km away
Gunung Fuji dari Gotemba Premium Outlets
Kebun Buah Fuefukigawa
22 km away
Pemandangan dari Kebun Buah Fuefukigawa

Sumber gambar : Flickr Yoshihide Urushihara, Yoshihide Urushihara, Yoshihide Urushihara, Yoshihide Urushihara


Recommended for you


Last modified: December 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (106)

  1. Malam, saya ingin brtanya mengenai tiket yg harus dibeli. Jika saya ada JR pass, ingin melihat view Gunung Fuji dari Kawaguchi lake, ke Iyashi No sato dan Gotemba outlet. Bagaimana sbaiknya jalur nya? Dan harus beli tiket apa? Trima kasih

  2. Pak, karena keterbatasan waktu di Kawaguchiko, rencananya saya hanya mau ke Iyashi no sato, kachi2, dan oishi park saja. Apakah lebih baik beli tiket retro bus 2 days (1200 Yen) atau tiket eceran saja? Thanks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, di musim dingin ada biasanya ada perawatan atau maintenance untuk Iyashi no Sato. Mohon maaf, sampai hari ini, belum ada paket pilihan untuk stay di sini, hanya bisa dikunjungi saja. Salam.

  3. slmt mlm pak , kami berencana akan ke jepang 9 hari ( tgl 27 okt s/d 4 nov 2017)
    kami merencanakan hr 1 di tokyo ( menginap di tokyo kr pesawat sampainya sore di narita)
    hari k2 sight seeing tokyo, hr ke3pagi ke mt fuji, hakone gotemba menginap di sekitar gn fuji, hr ke4 ke inoyashi no sato dan lanjut ke shirakawago, menginap disekitarnya, hr ke5 pagi ke kyoto, hr ke 6,7 stay di kyoto, hr ke 8 pg ke nagoya , bermalam di nagoya, hari ke9 pagi nagoya ke tokyo , sore balik jakarta via narita. Apakah itenerary ini memungkinkan ? tiket tambahan apa lagi yang harus kami beli di tempat tempat tujuan tersebut.kami berencana akan membeli JR 7 hari, sebaiknya dipakainya dari awal atau bagaimana untuk memanfaatkan JR dengan maksimal. Advisnya sebaiknya menginap di hotel di daerah mana ya pada saat di mt fuji dan shirakawago, hotel yg baik ( sy bawa anak 10 th) dan tidak usah bawa2 koper. kalau di tokyo lebih baik menginap dekat stasiun atau dekat shinjuku utk memudahkan menuju mt fuji. terima kasih atas info dan advisnya

    • terima kasih, boleh pertanyaan lanjutannya pak, bagaimana dengan perjalanan ke shirakawago dari hakone? harus balik ke tokyo atau bisa bisa lewat lainnya seperti nagoya, katanya ke shirakawago harus ke takayama dahulu dan perjalanan nya memakan waktu cukup lama apakah harus tambah menginap semalam lagi? sebaiknya menginap di takayama kah? untuk di mengunjungi tempat-tempat tersebut harus beli tiket tambahan apa lagi ya selain JR 7 hari? di tokyo beli tiket apa ya pak yg bisa mencover perjalanan dari dan ke narita ke obyek wisata di kota tokyo, terima kasih .

  4. Pak Nug, saya sdh membuka website fujikyu bus spt yg bpk sarankan ke yg lain..
    Saya berencana utk naik bus dari osaka ke kawaguchiko. Rute, tarif semua ada di web nya tapi kok tidak ketemu bagaimana cara utk membeli tiketnya ya ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk tiket bus dari Osaka ke Kawaguchiko memang hanya tersedia di website dalam bahasa Jepang saja. Website dalam bahasa Inggris hanya menyediakan informasi terkait jam dan harga saja. Salam

    • Pak Nugroho, tq banyak info2nya yg sangat membantu. Saya sdh membeli tiket night bus dari Osaka – kawaguchiko station.
      Setelah sampai di kawaguchiko, tujuan saya :
      *

    • Sori terputus..
      Tujuan saya :
      * iyashi no sato
      * yagisaki park atau oishi park (lbh bagus yg mana ?)
      * naik bus ke Gotemba station
      * check in hotel (The Gotembakan hotel)
      * Gotemba premium outlet
      Besoknya..
      Dari gotemba st naik bus ke hakone yumoto,
      Explore Hakone (naik 5 moda transportasi), lanjut ke tokyo

      Apakah rute saya sdh benar ?
      Kalo menurut hitungan saya, lebih hemat beli Fuji Hakone Pass yg 5650 yen. Tapi dimana saya bisa beli ya pak ? Apakah bisa dibeli di kawaguchiko station ?
      Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Rutenya sudah benar, untuk Yagisaki ama Oishi, keduanya sama saja, namun Taman Yagisaki terkenal dengan bunga lavendernya. Sementara Oishi Park lebih terkenal dengan kegiatan petik buah dan tur kebun bunga. Untuk urutannya, sudah oke semua. Namun, untuk Fuji Hakone Pass, Vivi hanya bisa dibeli di Stasiun Shinjuku atau Stasiun Odawara.

  5. Mau tanya pak
    Kalau mau oishi park dan iyashi sato.. Apakah sama jalurnya. Ato klu beda jalur apakah harus beli 2 bus pass. Supaya bisa ke dua tempat itu. Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau hanya ke Iyashi No Sato dan Oishi Park, ibu bisa membayar tiket satuan. Tidak perlu membeli pass retro bus, sebab tidak balik modal. Salam

  6. selamat malam Chris,
    Makasih bgt ya info2 nya ngebantu banget kita2 yg nggak ikut tour, 4 thumbs up
    Mau tanya ni, kalau mau mengunjungi festival shibazakura, kachi2 ropeway, dan healing village ini bagusnya bagaimana urutan rute terbaik? apakah semua harus bolak balik ke kawaguchiko station?
    dan apakah sempat jika setelah itu mau berkunjung ke gotemba? Jika saya sebelumnya menginap di sekitar fujikyu station dan malamnya akan pulang ke tokyo.
    Makasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ingin mengunjungi festival shibazakura, kachi-kachi ropeway, dan healing village, seperti yang ibu bilang, semuanya via Kawaguchiko Station.
      Pertimbangannya mungkin bisa berdasarkan cuaca, saat hari cerah bisa mengincar ke Kachi-kachi Ropeway.
      Lalu terakhirnya, dari Kawaguchiko Station tinggal naik bus lokal Fujikyu Bus ke Gotemba Station/ Gotemba Premium Outlets. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Lokasi Danau Kawaguchiko, Kachi-Kachi Ropeway dan Desa Iyashi No Sato, letaknya terpisah-pisah dengan Kawaguchiko dan Stasiun Kawaguchiko berada di bagian tengah. Jadi sepertinya rutenya sama saja, mana yang mau dikunjungi lebih dahulu. Lihat peta lokasi tempat wisata di Kawaguchiko.
      Salam

    • Lala Austy  |  

      Jd kl dr kawaguchi station ke kachi kachi trus balik lg ke kawaguchi station baru ke desa iyashi trus balik lg ke kawaguchi station ya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, bisa seperti itu. Bisa juga sebaliknya sama saja.
      Mungkin bisa disesuaikan dengan cuaca saat hari H. Kalau cerah bisa ke Kachi-Kachi Ropeway dulu Ibu.

  7. Pak, apakah bisa kami mohon bantuannya untuk dibuatkan itinerary untuk ke Jepang? Untuk tgl 6 april 2017 (Pesawat ANA jam 06.15, tiba di Narita jam 15.50) sampai tgl 14 april 2017 (Pesawat ANA jam 18.05 dari Narita). Kami berniat untuk ke Tokyo, Osaka, Kyoto, Shirakawa, Gifu, USJ Osaka, Disneyland dan Disneysea.
    Day 1 (6/4) : Arrived @ Narita jam 15.50 — Apakah lebih baik menginap di Tokyo?
    Day 2 (7/4) : Mt. Fuji, Iyashi No Sato Nenba Village, Lake Kawaguchi, Gotemba, lalu ke Kyoto
    Day 3 (8/4) : Kyoto –> Golden Pavilion, Inari Fushimi, Gion, Shirakawa (menginap dimana?)
    Day 4 (9/4) : Gifu, Osaka : Osaka Castle, Shinsaibashi, Dotonburi, dll
    Day 5 (10/4) : USS Osaka
    Day 6 (11/4) : Osaka to Tokyo : Ueno Park, Shibuya, Harajuku
    Day 7 (12/4) : Disneyland
    Day 8 (13/4) : Disneysea
    Day 9 (14/4) : ???

    Apakah Itin tersebut memungkinkan Pak? Atau bapak ada saran lain? Dan apakah Bapak bisa membantu untuk day 1 s/d day 4 untuk private tour? Dan berapa biayanya Pak? Dan untuk sisa hari berikutnya apakah kami perlu membeli JR Pass Nation Wide Pak? Terima kasih Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak melayani pembuatan itinerary atau saran-saran pass via website karena detailnya sangat panjang dan hanya akan membuat pengunjung lain bingung. Silakan bisa dicari di website infojepang (gunakan kotak search bewarna biru, pasti ketemu hasilnya).
      Kalau berencana naik shinkansen PP Tokyo-Osaka-Tokyo, maka JR PASS 29.110 yen, sudah balik modal Ibu.
      Jika Ibu memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  8. Terima kasih ya Pak utk bantuannya..

    ITINERARY JEPANG 3 APRIL – 10 APRIL 2017

    DAY 1 – 3 APRIL 2017 – tiba di Narita jam 20.30 — bisa naik apa ke pusat tokyo?
    DAY 2 – 4 APRIL 2017 ASAKUSA, ODAIBA
    DAY 3 – 5 APRIL 2017 SHINJUKU, SHIBUYA, GINZA
    DAY 4 – 6 APRIL 2017 DISNEYSEA
    DAY 5 – 7 APRIL MT FUJI, IYASHI NO SATO NENBA VILLAGE, GOTEMBA PREMIUM OUTLETS
    Untuk ke Mt Fuji ini kami ingin sewa kendaraan. apakah sebaiknya menginap di kawaguchi atau kembali Tokyo?
    DAY 6 – 8 APRIL Osaka – Universal Studio, SHINSAIBASHI & DOTONBORI
    DAY 7 – 9 APRIL KYOTO – ARASHIYAMA, KYOMIZUDERA, INARI FUSHIMI, GION
    DAY 8 – 10 APRIL BACK TO JAKARTA via Kansai di Osaka

    utk itinerary spt di atas sepertinya tidak perlu beli JR pas, betul?

    • Nugroho Christian  |  

      Karena tidak ada rute PP Tokyo-Osaka, sebaiknya jangan membeli JR Pass.
      Sementara itu, untuk day 5-7 sebaiknya menginap di Kawaguchiko saja supaya lebih nyaman. Untuk beberapa tempat wisata yang masuk itinerary Fitri, kami sudah punya bahasannya. Kamu bisa cari info lengkapnya di website kami. Salam.

  9. haloo nanya dong, bus dr kawaguchiko ke iyashi no sato naek bus yg apa ya ? kok sy baca mesti beli pass utk 2 hr ya ? ticket yg ga pake pass apa ya ? soalnya cm mau ke kawaguchi sm iyashi doang. oya fare bus nya berapa ya utk pp kawaguchi ? fee entrance iyashi no sato nya berapa yah ? Thankss yah maap byk nanya :D

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam. Perjalanan dari Kawaguchiko ke Iyashi No Sato bisa naik bus Retro Saiko atau green line.
      Tiketnya sendiri 630 yen untuk sekali perjalanan makanya untungan beli pass bukan?
      Untuk biaya masuk Iyashi No Sato harganya 350 yen untuk orang dewasa dan 150 yen untuk anak-anak. Salam

    • oh iya juga kalo segitu, enak beli pass langsung. kirain ga semahal itu bus nya :( ok deh, thank you yah :)

    • Nugroho Christian  |  

      Retro Busnya memang kecil dan jaraknya jauh Ibu, jadi harganya agak mahal. Salam

  10. Pagi pak Nugroho

    Dari stasiun kawaguchiko menuju desa iyashi no sato berapa ongkos bus retro saiko / aokigahara line ?
    Waktu tempuh berapa lama dan jadwal berangkat jam berapa ?

    Terina kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Retro bus dari Kawaguchiko Station berangkat tiap 30 menit sekali, dari jam 09.10 sampai terakhir jam 16.40, dengan waktu perjalanan 34 menit.
      Ongkosnya 700 yen.
      Salam

  11. Pagi Tim, saya dpt info dimana kita bisa mengunjungi desa tradisional dan bisa berfoto dengan pakaian tradisional maupun pakaian perang ala Jepang (bisa juga untuk anak2). Tapi saya lupa dimana tepatnya. Mungkin Tim bisa kasih info?

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!