Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang

Banyak pertanyaan dari para pembaca maupun dari para pengguna Tour Guide Online yang masuk tentang ukuran koper atau tas maksimal yang bisa dibawa ke kereta saat bepergian di Jepang. Memang benar sih, apalagi kalau kita travelling seminggu atau lebih, tentu kita akan membawa lebih dari satu koper berukuran besar. Maksimal sebesar apa? Katanya, ukuran bagasi kopernya terbatas ya? Apa bisa diletakkan di kaki kita atau dipangku? Nah, ini dia rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang yang semoga bisa membuat liburan dan perjalanan teman-teman lebih menyenangkan.

1. Membawa koper saat naik kereta Shinkansen

Menurut aturan resmi yang ada, kita diijinkan untuk membawa 2 buah bagasi ke dalam kereta per orang. Ukuran maksimalnya adalah 250 cm untuk total ketinggian + kedalaman + lebarnya. Beratnya pun dibatasi tidak melebihi 30 kilogram. Namun, khusus untuk kereta Shinkansen, ruangan untuk bagasi sangat terbatas ketimbang kereta lokal, semi ekspress, maupun limited ekspress. Hal ini disebabkan oleh faktor keamanan dan kenyamanan yang sangat diutamakan, karena kecepatan kereta Shinkansen yang bisa mencapai 300 kilometer/ jam dan sangat berbahaya kalau koper tidak diletakkan dengan rapi di tempatnya.

Untuk teman-teman yang hanya membawa 2 buah tas punggung yang biasanya dibawa ke dalam kabin pesawat, tidak akan menemukan masalah serius. Teman-teman bisa langsung meletakkan tas di rak di atas tempat duduk teman-teman. Saat ukurannya lebih besar daripada batas “normal” dan tidak bisa masuk ke ruang yang tersedia di rak, barulah menjadi masalah.

Triknya untuk mengatasinya adalah adalah teman-teman memesan tempat duduk di baris paling belakang rangkaian kereta. Ada ruang di belakang kursi baris terakhir di mana koper besar bisa ditaruh. Bagi teman-teman yang memiliki JR Pass, tips ini sangat mudah dilakukan. Untuk melakukan pemesanan kursi, kita cukup datang ke stasiun keberangkatan 1 atau 2 hari sebelum jadwal, lalu memesan kursi di baris terakhir. Begitu juga yang memesan tiket shinkansen Grand Class, ruangan untuk kaki kita biasanya lebih luas, dan kita bisa meletakkan koper di antara kaki.

Another shot of the leg room with our luggage

Menempatkan koper di depan tempat duduk

Sebagai catatan, trik ini tidak berlaku untuk kereta di jalur yang ramai (Tokaido Shinkansen atau Tohoku Shinkansen) di jam sibuk (7-10 pagi atau 1-3 sore), apalagi yang melakukan perjalanan tanpa JR Pass sehingga tidak bisa melakukan pemesanan kursi. Jika teman-teman naik di kereta-kereta di pagi atau malam (di luar jam sibuk yang tidak terlalu penuh), kita bisa meletakkan koper di area bangku yang kosong.

Membawa Koper di Hokkaido Shinkansen

Membawa Koper di Hokkaido Shinkansen

2. Membawa koper saat naik kereta lokal

Kalau kita membawa koper saat naik kereta lokal jarak dekat, teman-teman bisa meletakkannya di dekat pintu kereta dan berdiri di dekatnya. Untuk tas punggung, teman-teman bisa meletakkannya di rak di atas tempat duduk penumpang atau membawanya jika kuat atau hanya sebentar. Orang-orang Jepang akan sangat menghargai dan memahami para wisatawan yang membawa koper atau tas dan biasanya akan memberikan jalan saat teman-teman akan masuk atau keluar rangkaian kereta.

Tas bisa diletakkan di rak atas

Tas bisa diletakkan di rak atas

3. Membawa koper saat naik kereta semi-ekspress atau limited ekspress

Kereta limited ekspress biasanya digunakan di rute-rute perjalanan jauh yang belum dilayani oleh kereta Shinkansen, seperti kereta limited ekspress Tobu (rute Tokyo-Nikko dan Kinugawa Onsen), limited ekspress Thunderbird (rute Kanazawa-Kyoto dan Osaka), limited ekspress Hida (melayani rute Takayama dan Nagoya), dan Super Hokuto (di rute Hakodate dan Sapporo). Nah, sistemnya hampir sama dengan kereta shinkansen yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Tapi, dalam kereta limited ekspress kita diijinkan untuk meletakkan koper atau tas di area kaki atau kita pangku. Kecepatan kereta yang tidak sekencang Shinkansen membuat faktor keamanan dna kenyamanan tidak seketat saat naik Shinkansen.

4. Mengapa tidak mengirimkan koper saja?

Nah, buat teman-teman yang membawa koper atau tas dalam jumlah banyak dan tidak ingin repot, bisa memanfaatkan layanan pengiriman koper atau yang lebih dikenal dengan istilah takuhaibin. Hampir seluruh hotel di Jepang punya layanan pengiriman koper ke Bandara Narita, Haneda, atau bandara terdekat.

Namun, berdasarkan pengalaman, waktu pengiriman ini biasanya cukup lama. Jadi teman-teman sebaiknya mengirimkan koper beberapa hari sebelum rencana kepulangan, dan bukan satu atau dua hari sebelumnya. Sebagai contoh, pengiriman koper dari hotel-hotel di Tokyo ke Bandara Narita membutuhkan waktu 2 hari.

5. Menggunakan loker di stasiun Jepang

Jika teman-teman berencana melakukan perjalanan day-trip ke kota sekitar, teman-teman bisa memanfaatkan layanan penitipan atau loker di stasiun Jepang. Selain bisa menghemat pengeluaran karena kita tidak perlu memesan hotel hanya untuk meletakkan tas, kita juga bisa lebih nyaman untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata di Jepang, sebelum masuk ke hotel malam harinya untuk beristirahat.

membawa Koper dan menitipkannya di loker stasiun

Membawa Koper dan menitipkannya di loker stasiun

6. Mengirimkan koper ke kota-kota di Jepang dan ke Indonesia

Daripada ribet-ribet membawa koper, tidak ada salahnya untuk mencoba mengirimkan koper atau barang belanjaan langsung ke hotel yang dituju atau ke rumah di Indonesia. Layanan pengiriman koper di Jepang lebih dikenal dengan takyubin.

Teman-teman bisa mengirim koper, kotak atau kardus, makanan beku, komputer, buku, pakaian, hingga peralatan olahraga dan ski, bahkan barang-barang pecah belah dan lukisan pun dapat dikirimkan ke Indonesia.

Besarnya biaya layanan pengiriman koper atau barang ini bergantung pada jenis barang (apa itu pecah belah atau biasa), ukuran (volume atau kubik), berat, dan juga tujuan. Harganya mulai dari 1.300 yen untuk pengiriman dari Tokyo ke Osaka atau Kyoto untuk volume 30 cm x 30 cm x 30 cm, dan berat kurang dari 10 kilogram, atau 1.800 yen untuk barang dengan volume 80 cm x 40 cm x 30 cm, dan beratnya maksimal 25 kilogram.

Sumber gambar: Flickr John McNamara, Sean Gregor, Sami Hurmerinta, ulan25


Recommended for you

Last modified: April 19, 2017

Comments (61)

  1. malam pak tlg tny. apa yang terjadi jika setelah saya reserve seat utk hari dan jam tertentu, ternyata saya terlambat di jam itu dan ga jd pergi di jam itu. saya tetap bisa pergi n ikut di jam berikutnya tetapi di ruangan non reserve kan pak? makasih pak kindly reply

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, benar seperti yang ibu tuliskan. Hanya bisa naik di gerbong non-reserved kereta berikutnya. Salam

  2. hendrik.chandra  |  

    mlm pak/bu. sy akan berkunjung ke jepang tgl.1 mei, sy memiliki bbrp pertanyaan:
    1. sy pengguna jr pass, utk reserved seat shikansen, apakah hrs sesuai jadwal jam keberangkatannya?
    2. jika kt tdk reserved seat shikansen, bagaimana cara kita memilih seat dlm kereta?
    3. dimana saja lokasi layanan jasa pengiriman koper di tokyo?
    thx pak/bu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ya, kursi yang dipesan/ direservasi pada jam tertentu ya harus ditempati juga. Berpindah jam bisa saja, namun belum tentu mendapat kursi reservasi.
      2. Acak/ random secara sistem tiket (seperti pada pemesanan tiket kereta di Indonesia).
      3. Layanan pengiriman koper tinggal menelepon saja, dan mereka akan mengambil, silahkan membaca info lengkapnya di Cara Mengirim Koper di Jepang.

  3. selamat malam mau tanya apakah di disneysea diijinkan membawa masuk makanan berupa roti dan pop mie?

    Apabila saya membawa anak umur 5 thn apakah sebaiknya membawa stroller? dan apakah dimungkinkan membawa stroller di dalam area disneysea?

    Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kita diperbolehkan membawa makanan masuk ke dalam Tokyo Disney Resort namun dengan alasan khusus, jadi kalau bawa pop mie dan roti sepertinya tidak bisa. Untuk stroller, ibu bisa membawanya sendiri atau menyewa di dalam DisneySea, ada tempat penyewaannya di DisneySea. Salam

  4. Misalkan saya di Jepang dari tanggal 1 sd 9 Juni 2017. Kalo saya beli Tokyo Wide Pass kan berlaku tiga hari. Nah kalo saya pake tanggal 1 Juni Tokyo Wide Pass untuk naik Narita Express dari Narita ke Tokyo apakah untuk pulang tanggal 9 Juni 2017 tiket Tokyo Wide Pass itu sudah ngga bisa dipakai buat ke bandara Narita?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Penggunaan Tokyo Wide Pass adalah 3 hari berurutan (dari hari pengaktifan). Jadi untuk rencana pulang dengan Narita Ekspress tanggal 9 Juni tidak dapat dilakukan. Salam.

  5. Hello pak. Saya rombongan apakah membeli Tokyo Wide Pass di Narita.. sekalian mengaktifkan dan reservasi seat buat NEX bisa di wakilkan satu org?? Agar tdk semua rombongan ikut antri.. ?. Atau kah masing masing harus antri beli sendiri dan memegang paspor nya?. Terima kasih pak

  6. Selamat malam, Pak.
    Kami tiba di Osaka menjelang tengah malam. Dan rencana akan mengirim koper ke penginapan di Tokyo (tiba di Tokyo 3 hari berikutnya). Rencana kami memilih apartment di semua kota. Apakah pengiriman dapat dilakukan dari semua stasiun atau harus dari bandara?

  7. Pak mohon infonya saya akan k jepang 8 hari.. jkt-kansai dan pulangnya tokyo-jkt.. ini perjalanan perdana saya b2 suami k jepang.. ingin ke osaka-kyoto-tokyo..apakah lebih baik membeli jr pass atau tidak ya? Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kalau hanya ingin ke Osaka-Kyoto-Tokyo, tidak perlu membeli JR PASS.
      Lalu berencana mengunjungi tempat wisata/ kota mana saja? Mohon informasinya yang lengkap supaya Tim Info Jepang bisa memberikan saran yang akurat.
      Salam

    • Untuk ittinerary tmpt msh baca2 d web ini pak.. apakah ada contoh ittinerary perjalanan spt yg saya mau y? Kl tidak membeli jr pass, brp y biaya kereta dr kansai k pusat kota osaka dan juga dari tokyo station ke bandara haneda? Tks

  8. Harris Sebastian  |  

    Pak, terima kasih untuk blognya yang sangat membantu.

    Kebetulan saya dan istri landing di Haneda pukul 6.45 dan tampaknya akan kena peak hour pada saat naik train. apakah masih workable? atau meding tunggu lewat peak hour baru naik trainnya?

    kita akan bawa 2 luggage ukuran L pada saat naik train ini.
    Ini adalah pertama kali kami ke Jepang.

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk ke kota Tokyo (Haneda-Hamamatsucho via Tokyo Monorail atau Keikyu Railway ke Shinagawa) rasanya tidak apa-apa pak. Orang Jepang maklum dengan turis. Yang jadi masalah adalah orang Indonesianya sendiri yang malas berdesak-desakan. Kalau boleh tahu, bapak mau ke mana ya? Menginap di mana? Supaya saya bisa jelaskan lebih detail kondisinya, soalnya kalau menuju luar pusat bisnis kereta biasanya tidak terlalu penuh.

    • Harris  |  

      Terima kasih untuk responsenya.

      Saya tujuan tsukiji market, mau sarapan.
      Menginap sekitar gotanda terminal.

      Sekalian tanya Luggage storage yg along the way Kita Dimana ya pak?

      Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Silakan bisa naik kereta Keikyu Line dan turun di Higashi Ginza Station, kemudian pindah ke Tokyo Metro Hibiya Line sampai ke Tsukiji Station.
      Sepertinya tidak ada stasiun khusus yang efektif untuk menitip koper. Bapak bisa titip di Tsukiji Station atau membawanya ke Tsukiji Market sewaktu sarapan.
      Salam

  9. mohon info lebih rinci mengenai pengiriman koper (takuhaibin),
    mengenai tempat pengiriman, dan lokasi pengambilan di bandara.
    terima kasih ya…
    sukses selalu dan tetap welcome support para traveler

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Lokasi pengambilan di bandara tergantung nama takuhaibin (pengiriman barang yang ibu pergunakan).
      Untuk mengetahuinya, ibu tinggal tanyakan kepada petugas yang berjaga di pusat informasi turis di bandara. Salam

  10. mas nugroho,
    boleh minta info posisi seat no brapa yang bisa liat view selama perjalanan tokyo (shinagawa station) – kyoto station, pastinya yang seatnya searah jalan biar ga pusing? karena saya mau sekalian reservasi seat pas tukar JR passnya.
    thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk kursi shinkansen, sudah otomatis diputar mengarah searah lajunya shinkansen (tidak ada yang terbalik).
      Kursinya bisa dibuat terbalik secara manual, kalau ibu ingin duduk berhadapan 4-6 orang bersama dengan keluarga.
      Kalau ingin melihat Gunung Fuji bisa duduk di bangku D dan E, kalau ingin melihat laut duduk di bangku A dan B. Salam

    • thanks mas nugroho…
      oalah iya soalnya keretanya sama denga kereta argo di indo ya… sya inget naik klia express yg pas dpt kursi hadap2an dan kayanya ga bisa diputar.
      o iya mas nugroho nanti kana saya banyak pake google maps buat tujuan a ke b. nah pas distation2 gitu di maps nya otomatis nant keluar petunjuk pintu berapa keluarnya ya kalo misal kita mau ke hachiko statue, nanti si maps nunjukin pintu berapanya ya?
      ditunggu infonya ya mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak harus, namun memiliki JR Pass kita punya keuntungan/ previlege untuk reservasi kursi gratis. Mengapa tidak dipakai? Supaya bisa duduk dekat jendela atau sebelahan dengan teman atau pasangan?

  11. Melati Widyasari  |  

    Malam Pak,

    Mau tanya lagi kali ini tentang koper. Kami (saya, suami dan toddler 1 tahun) tiba di haneda dengan membawa 2 koper besar size nya +/- 46*26 cm dgn tinggi koper sekitar 75 cm. Kalau saya tidak salah tangkap, di atas bapak bilang booking 1-2 hari sblmnya untuk dpt kursi di belakang. Tapi kan kami aja baru sampai pas hari H. Kami butuh naik kereta setibanya d sana. Jadi bagaimana ya pak?

    Mohon jawabannya ya. Tks banyak 😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Yang perlu direservasi kan kalau ibu naik kereta shinkansen. Kalau dari Haneda ke Tokyo (dengan kereta lokal atau bus) silahkan langsung dibawa saja. Para penumpang kereta yang melayani jalur ke Bandara biasanya sudah terbiasa kok, jadi tidak perlu takut kesulitan membawa koper saat tiba pertama di Jepang. Kalau boleh saran, bawa koper yang lebih kecil saja Melati atau pakai tas backpack. Koper yang besar cukup menyulitkan di Jepang. Salam.

  12. selamat malam pak Nugroho, saya rencana mau berlibur ke jepang untuk pertama kalinya dgn berpindah2 kota, Apakah memungkinkan saya naik shinkansen atau kereta lainnya sambil membawa koper? terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, koper bisa dibawa ke dalam shinkansen Pak. Seperti tertulis di artikel di atas. Salam

  13. Salam…saya sudah mempunya tiket pesawat ke jepang….apakah ada rekomendasi travel yg hanya memberikan jasa akomodasi dan jalan2 aja selama di jepang ???

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada Kiki, kami punya rekanan penyedia jasa land-tour. Kamu mau kemana saja? Supaya kami tawarkan tiketnya.

  14. Malam Pak, saya sekeluarga akan ke osaka kyoto shirakawago dan tokyo ….saya berencana menggunakan hankyu tourist pass…apakah sesuai Pak?dan bagaimana menentukan hotel dgn hankyu tourist pass,terima kasih Pak.

  15. Hello saya Mia akan tiba di Narita tgl 11 April sekitar jam 08:50 apakah perjalanannya lebih baik ke Osaka & Kyoto dulu atau langsung di Tokyo? kami kembali ke Jakarta 18 April

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon maaf Tim Info Jepang tidak mengetahui rute perjalanan ibu selama liburan di Jepang, mau ke kota-kota mana saja, dan kembali ke Indonesia dari bandara mana. Namun kalau hanya ingin ke Tokyo, Osaka dan Kyoto, sepertinya sama saja mana yang mau dikunjungi duluan atau belakangan.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ada beberapa yang musti dikoreksi dari pertanyaan Ibu.
      Pertama, Yamanote Line bukanlah subway. Subway di Tokyo adalah Tokyo Metro dan Toei Subway.
      Kedua, JR Pass tidak bisa digunakan di jalur kereta subway, hanya di jalur kereta JR. Silakan menunjukkan JR Pass kepada petugas yang berjaga di pintu masuk. Setiap stasiun di Tokyo pasti ada pintunya dan ada petugasnya sampai jam terakhir keberangkatan kereta. Salam

    • mustafa atmadja  |  

      kedatangan saya tgl 28 Feb 2017 ,dan langsung konfirmasi aktifkan JRpass di HND untuk dipakai MonoRail dan rencana saya tgl 3 Maret pagi jam 9.00 hendak ke Kyoto ,apakah bisa Confirm seat di Akari Shinkasen di HND airport pada awal saya aktifkan JRpass,
      Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, sewaktu mengaktifkan JR PASS di Haneda bisa langsung sekalian mereservasi tiket shinkansen Hikari ke Kyoto.
      Nanti, petugas akan menghitung waktunya, supaya Ibu sekeluarga bisa langsung naik shinkansen begitu tiba di Tokyo Station dari Haneda.
      Salam

  16. Selamat sore…mas tlg infonya dong, saya rencananya ke jepang tgl 23 feb sampai tgl 3 mrt, tepatnya saya ke nagoyanya. Saya berangkat ber 3 dengan anak 5 tahun dan adik saya. Mohon pentunjuknya tempat wisata yang bagus dan murah kemana aja ya mas selama saya di sana. Terima kasih

  17. Pak,

    Saya tiba di Osaka jam 8.30 pagi, trus langsung mengaktifkan JR Pass menuju Tokyo.
    Sampai di Tokyo saya mau langsung explore daerah Ueno dan sekitarnya. Untuk itu saya mau menitipkan koper dulu di stasiun.
    Kalau saya menginap di daerah Asakusabashi, menurut Bapak, lebih baik koper saya titipkan di Stasiun Tokyo atau di Stasiun Akibahara ya pak?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mungkin lebih baik bisa dititipkan di Akihabara Station. Selain dekat dengan Asakusabashi Station, Ibu bisa jadi kebingungan menemukan lokernya di Tokyo Station. Mengingat Tokyo Station sangat luas dan ada banyak lokasi loker. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Silakan menghubungi front hotel atau ke minimarket terdekat dari tempat penginapan/ hotel nya di Jepang.
      Salam

  18. Apakah ada persewaan bus mini yang bisa untuk 9 orang dewasa dan bisa dipakai full selama 1 minggu untuk wisata dari haneda-kyoto-osaka-tokyo? Kalau ada berapa biaya sewa bus+sopir+bensin per hari?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Lilik. Untuk biaya sewanya 70.000-80.000 yen per hari, sudah termasuk driver, mobil/minibus, dan bensinnya. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. JR Pass bisa dipakai di seluruh perjalanan kereta JR di seluruh Jepang, termasuk kereta shinkansen Haneda ke Kyoto, Kyoto ke Osaka dan Osaka ke Tokyo. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tentu lebih murah guest house daripada hotel, namun fasilitas dan kenyamanan guest house tidak sebagus hotel. Silahkan dewi tentukan sendiri. Namun saran saya, kalau bersama dengan orangtua atau anak kecil, lebih baik menginap di hotel. Salam.

  19. malam pak saya ada rencana jln bawa anak2 pastinya saya bawa koper besar (koper untuk bagasi)dan saya berencana plng lewat kix jadinya semua koper hrs saya bawa semua.saya keosaka akan naik shinkansen,lalu bagaimana dengan koper besar dan koper cabin saya baiknya pak?thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau banyak pesertanya ke Jepang, ya berarti bisa membawa banyak barang ke dalam shinkansen (baca artikel di atas 1 orang bisa sampai 2 koper). Ibu tidak perlu kuatir soal ini. Salam

  20. Sy landing di tokyo rencana mau ke kyoto dan osaka jg kalau mau menitipkan koper dipenitipan loker,brp lama waktu maksimalnya?apakah 4hr memungkinkan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Irna, wah, kalau sampai 4 hari sepertinya tidak mungkin. Maksimal hanya diperbolehkan 3 hari saja (semua stasiun). Hari keempat, biasanya petugas akan mengeluarkan isi loker. Selain jauh lebih ribet, kamu bakalan kena penalti yang cukup besar. Mengapa tidak dibawa ke Kyoto saja?

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!