Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang

Banyak pertanyaan dari para pembaca maupun dari para pengguna Tour Guide Online yang masuk tentang ukuran koper atau tas maksimal yang bisa dibawa ke kereta saat bepergian di Jepang. Memang benar sih, apalagi kalau kita travelling seminggu atau lebih, tentu kita akan membawa lebih dari satu koper berukuran besar. Maksimal sebesar apa? Katanya, ukuran bagasi kopernya terbatas ya? Apa bisa diletakkan di kaki kita atau dipangku? Nah, ini dia rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang yang semoga bisa membuat liburan dan perjalanan teman-teman lebih menyenangkan.

1. Membawa koper saat naik kereta Shinkansen

Menurut aturan resmi yang ada, kita diijinkan untuk membawa 2 buah bagasi ke dalam kereta per orang. Ukuran maksimalnya adalah 250 cm untuk total ketinggian + kedalaman + lebarnya. Beratnya pun dibatasi tidak melebihi 30 kilogram. Namun, khusus untuk kereta Shinkansen, ruangan untuk bagasi sangat terbatas ketimbang kereta lokal, semi ekspress, maupun limited ekspress. Hal ini disebabkan oleh faktor keamanan dan kenyamanan yang sangat diutamakan, karena kecepatan kereta Shinkansen yang bisa mencapai 300 kilometer/ jam dan sangat berbahaya kalau koper tidak diletakkan dengan rapi di tempatnya.

Untuk teman-teman yang hanya membawa 2 buah tas punggung yang biasanya dibawa ke dalam kabin pesawat, tidak akan menemukan masalah serius. Teman-teman bisa langsung meletakkan tas di rak di atas tempat duduk teman-teman. Saat ukurannya lebih besar daripada batas “normal” dan tidak bisa masuk ke ruang yang tersedia di rak, barulah menjadi masalah.

Triknya untuk mengatasinya adalah adalah teman-teman memesan tempat duduk di baris paling belakang rangkaian kereta. Ada ruang di belakang kursi baris terakhir di mana koper besar bisa ditaruh. Bagi teman-teman yang memiliki JR Pass, tips ini sangat mudah dilakukan. Untuk melakukan pemesanan kursi, kita cukup datang ke stasiun keberangkatan 1 atau 2 hari sebelum jadwal, lalu memesan kursi di baris terakhir. Begitu juga yang memesan tiket shinkansen Grand Class, ruangan untuk kaki kita biasanya lebih luas, dan kita bisa meletakkan koper di antara kaki.

Another shot of the leg room with our luggage

Menempatkan koper di depan tempat duduk

Sebagai catatan, trik ini tidak berlaku untuk kereta di jalur yang ramai (Tokaido Shinkansen atau Tohoku Shinkansen) di jam sibuk (7-10 pagi atau 1-3 sore), apalagi yang melakukan perjalanan tanpa JR Pass sehingga tidak bisa melakukan pemesanan kursi. Jika teman-teman naik di kereta-kereta di pagi atau malam (di luar jam sibuk yang tidak terlalu penuh), kita bisa meletakkan koper di area bangku yang kosong.

Membawa Koper di Hokkaido Shinkansen

Membawa Koper di Hokkaido Shinkansen

2. Membawa koper saat naik kereta lokal

Kalau kita membawa koper saat naik kereta lokal jarak dekat, teman-teman bisa meletakkannya di dekat pintu kereta dan berdiri di dekatnya. Untuk tas punggung, teman-teman bisa meletakkannya di rak di atas tempat duduk penumpang atau membawanya jika kuat atau hanya sebentar. Orang-orang Jepang akan sangat menghargai dan memahami para wisatawan yang membawa koper atau tas dan biasanya akan memberikan jalan saat teman-teman akan masuk atau keluar rangkaian kereta.

Tas bisa diletakkan di rak atas

Tas bisa diletakkan di rak atas

3. Membawa koper saat naik kereta semi-ekspress atau limited ekspress

Kereta limited ekspress biasanya digunakan di rute-rute perjalanan jauh yang belum dilayani oleh kereta Shinkansen, seperti kereta limited ekspress Tobu (rute Tokyo-Nikko dan Kinugawa Onsen), limited ekspress Thunderbird (rute Kanazawa-Kyoto dan Osaka), limited ekspress Hida (melayani rute Takayama dan Nagoya), dan Super Hokuto (di rute Hakodate dan Sapporo). Nah, sistemnya hampir sama dengan kereta shinkansen yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Tapi, dalam kereta limited ekspress kita diijinkan untuk meletakkan koper atau tas di area kaki atau kita pangku. Kecepatan kereta yang tidak sekencang Shinkansen membuat faktor keamanan dna kenyamanan tidak seketat saat naik Shinkansen.

4. Mengapa tidak mengirimkan koper saja?

Nah, buat teman-teman yang membawa koper atau tas dalam jumlah banyak dan tidak ingin repot, bisa memanfaatkan layanan pengiriman koper atau yang lebih dikenal dengan istilah takuhaibin. Hampir seluruh hotel di Jepang punya layanan pengiriman koper ke Bandara Narita, Haneda, atau bandara terdekat.

Namun, berdasarkan pengalaman, waktu pengiriman ini biasanya cukup lama. Jadi teman-teman sebaiknya mengirimkan koper beberapa hari sebelum rencana kepulangan, dan bukan satu atau dua hari sebelumnya. Sebagai contoh, pengiriman koper dari hotel-hotel di Tokyo ke Bandara Narita membutuhkan waktu 2 hari.

5. Menggunakan loker di stasiun Jepang

Jika teman-teman berencana melakukan perjalanan day-trip ke kota sekitar, teman-teman bisa memanfaatkan layanan penitipan atau loker di stasiun Jepang. Selain bisa menghemat pengeluaran karena kita tidak perlu memesan hotel hanya untuk meletakkan tas, kita juga bisa lebih nyaman untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata di Jepang, sebelum masuk ke hotel malam harinya untuk beristirahat.

membawa Koper dan menitipkannya di loker stasiun

Membawa Koper dan menitipkannya di loker stasiun

Sumber gambar: Flickr John McNamara, Sean Gregor, Sami Hurmerinta, ulan25

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: December 12, 2016

Close Comments

Comments (6)

  1. malam pak saya ada rencana jln bawa anak2 pastinya saya bawa koper besar (koper untuk bagasi)dan saya berencana plng lewat kix jadinya semua koper hrs saya bawa semua.saya keosaka akan naik shinkansen,lalu bagaimana dengan koper besar dan koper cabin saya baiknya pak?thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau banyak pesertanya ke Jepang, ya berarti bisa membawa banyak barang ke dalam shinkansen (baca artikel di atas 1 orang bisa sampai 2 koper). Ibu tidak perlu kuatir soal ini. Salam

  2. Sy landing di tokyo rencana mau ke kyoto dan osaka jg kalau mau menitipkan koper dipenitipan loker,brp lama waktu maksimalnya?apakah 4hr memungkinkan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Irna, wah, kalau sampai 4 hari sepertinya tidak mungkin. Maksimal hanya diperbolehkan 3 hari saja (semua stasiun). Hari keempat, biasanya petugas akan mengeluarkan isi loker. Selain jauh lebih ribet, kamu bakalan kena penalti yang cukup besar. Mengapa tidak dibawa ke Kyoto saja?

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!