Berapa Banyak Uang yang Harus Dibawa ke Jepang?

You are here Home  > Persiapan >  Berapa Banyak Uang yang Harus Dibawa ke Jepang?

“Berapa banyak uang yang harus dibawa ke Jepang?” Itu menjadi pertanyaan mayoritas teman-teman maupun para pengguna Tour Guide Online Info Jepang. Dengan semakin mudahnya akses informasi wisata ke Jepang, rasanya tidak akan sulit bagi kita bisa mereka-reka atau berhitung kasar mengenai biaya wisata di Jepang. Nah, untuk mempermudahnya, Tim Info Jepang akan memberikan rincian biayanya khusus untuk wilayah Tokyo. Seharusnya wisata di kota-kota lain jauh lebih murah, karena biaya penginapan maupun makanan yang lebih murah ketimbang Tokyo.

Selain dikenal sebagai negara yang teratur, kuil-kuil yang bersejarah, dan taman yang indah, Jepang juga masuk ke dalam jajaran negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Apalagi kota Tokyo Metro, kota yang hampir pasti selalu kita lalui saat berwisata ke Jepang.

Contoh sederhananya, harga air mineral ukuran botol yang di Indonesia bisa kita beli seharga kurang lebih 4.000 rupiah, berharga 80-100 yen bila dibeli di minimarket Seven Eleven/ Lawson/ Family Mart, atau sekitar 10.000 rupiah. Sudah terbayang bukan biaya hidup di Jepang yang lumayan mahal? Mari langsung saja kita mulai hitung-hitungannya.

1. Hotel atau Penginapan

Penginapan adalah hal yang paling utama saat kita liburan. Bukan hanya sebagai tempat beristirahat di malam hari, namun juga tempat untuk menaruh barang-barang seperti koper atau oleh-oleh saat kita sedang berjalan-jalan ke objek wisata sekitar. Berdasarkan database kami, para pengguna Tour Guide Online biasanya memesan hotel bintang dua atau tiga dengan tarif 8.000 yen atau jika dikonversi ke dalam rupiah sekarang (1 yen = 128 rupiah) sebesar 1.024.000 rupiah. Kembali lagi ya, ini soal pilihan hotel. Kalau kamu nyaman dengan hotel kapsul atau kepingin hotel yang lebih mewah, tentu harganya akan berbeda. Kini juga semakin banyak penginapan dari Airbnb yang bisa teman-teman coba, namun saran saya, kalau mau memesan Airbnb usahakan bisa berbahasa Jepang untuk menghindari salah pengertian dan kesulitan yang akan muncul, seperti fasilitas air, kamar, bahkan pemanas ruangan yang malah menyulitkan liburan kita.

Beberapa rekomendasi hotel murah di Tokyo, dan rekomendasi penginapan di Kyoto bisa dibaca. Semuanya disusun berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang.

2. Makan (sarapan, makan siang, dan malam)

Untuk sarapan, teman-teman bisa membeli di konbini atau mini market. Hotel atau penginapan di kota-kota besar biasanya dekat dengan Lawson, 7Eleven, atau minimarket Jepang lainnya. Teman-teman bisa membeli roti, onigiri, atau juga bento (nasi dengan lauk sepaket) seharga 300 yen atau sekitar 40.000 rupiah. Ditambah dengan air minum, sekitar 10.000 rupiah. Jadi untuk sekali makan menghabiskan biaya (setidaknya) 50.000 rupiah. Untuk makan siang yang biasanya dilakukan di dekat tempat wisata, teman-teman bisa membeli mi ramen, bento, atau mencoba makanan khas jepang seperti Yakiniku dan Steak. Harganya mulai dari 600-1.500 yen, kita ambil nilai tengahnya sekitar 1.000 yen, atau sekitar 130.000 rupiah. Makan malam sama juga, bisa membeli bento atau makan di Yoshinoya atau Sukiya seharga 500-600 yen atau sekitar 80.000 rupiah.

Kalau teman-teman memesan penginapan di Airbnb mungkin juga bisa pertimbangkan yang memiliki dapur dan peralatan masak. Kalau ada, teman-teman bisa menghemat biaya makan dengan membawa mie instant dari Indonesia sebagai pengganti sarapan atau makan malam.

Sebagai catatan, kita juga bisa makan makanan fastfood, seperti burger atau ayam goreng yang harganya jauh lebih murah. Cuma sayang aja, udah jauh-jauh ke Jepang, mari nikmati makanan khas di sini, hehe.

Nah, biaya untuk makan satu hari kira-kira menghabiskan 350.000 rupiah termasuk untuk membeli air minum di perjalanan.

Membeli makanan di minimarket di Jepang

Membeli makanan di minimarket di Jepang

3. Transportasi

Jika teman-teman ingin berkeliling Tokyo, apalagi mengunjungi beberapa objek wisata dalam sehari, sebaiknya pertimbangkan menggunakan Free Pass Kereta Tokyo, ada Tokyo Metro Pass, Tokunai Pass, atau juga Tokyo Subway Pass. Dibandingkan membeli ketengan atau membeli tiket untuk setiap kereta yang ingin dinaiki, jauh lebih murah dan praktis menggunakan pass ini. Di kota-kota lainnya juga ada pass-pass lainnya, seperti Free Pass Kyoto, Free Pass Osaka, Kansai Pass, dan lainnya. Nah, untuk bepergian seharian ke objek wisata biasanya menghabiskan 1.500 yen atau sekitar 200.000 rupiah.

Baca juga: Mengambil yen di ATM Jepang

Kesimpulan

Dari data dan hitungan sederhana di atas, jumlah total biaya yang diperlukan untuk menghabiskan satu hari di Tokyo sebesar 1.600.000 rupiah. Cukup mahal? Memang. Namun harganya bisa lebih murah dengan pemilihan penginapan atau berburu makanan murah di Jepang. Untuk transportasi sendiri relatif tidak bisa dikurangi karena harganya yang berbanding lurus dengan jumlah tempat wisata, lokasinya, maupun kota-kota yang teman-teman ingin kunjungi. Ada banyak ulasan yang bisa teman-teman baca terkait memilih pass kereta yang tepat di Jepang.

Satu lagi, yakni tiket masuk tempat wisata. Bagian ini sengaja juga kami pisahkan karena bergantung banget dengan tempat wisata yang teman-teman ingin kunjungi. Ada beberapa tempat wisata gratis di Tokyo atau tempat wisata Osaka yang bisa kita masuki dengan menggunakan Osaka Amazing Pass.

Berapa banyak uang yang harus dibawa ke Jepang

Berapa banyak uang yang harus dibawa ke Jepang

Sumber gambar: Flickr Toshihiro Gamo, Japanexperterna.se


Recommended for you

Last modified: July 14, 2019

Comments (74)

  1. Selamat siang pak, mau bertanya, saya rencana ke Jepang tanggl 26 Okt- 01 Nov. CGK-NRT-CGK. dri tgl 26-29 disekitaran tokyo, 30 ke osaka nginep 1 malam, 31 pagi dari osaka ke kyoto. 31 sore atau malam balik ke tokyo,
    1. apakah rencana perjalanan saya itu sudah cukup cocok ?
    2. di Tokyo saya menginap di tempat temen yg dijepang, di daerah kanagawa, surat penunjang apa yang harus disiapkan untuk pengajuan visa jika saya menginap di tempat teman speerti itu ya pak?
    3. apakah dengan JR Pass saja sudah cukup mengakomodir perjalanan saya ?
    terimakasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya pak, itu rute umum kok.
      2. Kalau teman nya punya visa tinggal sementara, bisa dilampirkan juga pak.
      3. Ya, karena ada rute PP Tokyo-Kyoto/ Osaka sudah akan balik modal dengan JR Pass. Salam.

  2. Hi Pak..mau tanya lagi…
    1. di jepang apakah banyak tab water umum?dan apakah tab waternya aman?krn kebetulan saya kalau minum sangat banyak..bisa sekitar 3 liter per hari..dan mengingat harga air mineral disana cukup mahal..
    apakah siasat ini disarankan?

    2. kami rencana pergi 7D6N ke tokyo kyoto osaka..dgn pesawat PP jakarta-haneda-jakarta..Dan rencana menginap 1N saja di tokyo..sisanya di night bus dan osaka..jd nanti selama 2D keliling kyoto kami PP osaka-kyoto-osaka dengan JR pass..pergi pagi2..pulang pqling malam..apakah ada pertimbangan lain?

    3. Kalau naik night bus..kan kita akan sampe di kota tujuan di pagi hari..sekitar jm 6 atau 7..dan penginapan kami pasti belum memperbolehkan check in…lalu bagaimana kita mensiasati bebersih diri (mandi,sikat gigi,sedikit make up) dan storage kopernya ya pak?

    4. Saya td sudah coba liat jdwl night bus untuk ahir nov 2019..tp tdk ad jdwl yg tersedia..kpn waktu terbaik untuk mulai pesan nite bus agar tdk kehabisan?kebetulan sy pergi msh tahun depan..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu.
      1. Ibu bisa minum dari air keran langsung. Kalau tidak terbiasa bisa membeli air mineral yang berukuran 2 liter.
      2. Pertimbangan lain seperti apa bu? Kalau sudah naik bus malam untuk apa beli JR PASS?
      3. Ibu bisa menitipkan koper di stasiun. Untuk informasi lokasi mandi, sudah dituliskan kok di website Info Jepang. Ibu belum membacanya saja dengan teliti.
      4. Pemesanan bus dari 90 hari sebelumnya bu. Salam

    • Lidya w  |  

      Hi Pak..
      thank u replynya..
      2. Oooiya Pak..sy keliru..masih terpaku dengan itin yang lama…
      3. Maaf ya pak kalau saya kurang teliti bacanya…tp blh tlg info ngga Pak judul post Bapak mengenai info lokasi mandi itu apa?krn dr kmrn saya coba cari2 tp ngga ketemu..mgkn sy juga agak gaptek..

      thank u Pak

  3. dhio fakhri fajari  |  

    pak saya mau tanya transportasi termurah dan terpraktis dari tokyo ke gunung fuji dan kawaguchiko naik apa ya? dengan kondisi saya tidak mempunyai pass apapun, saya hanya mengandalkan kartu pasmo dan suica…

  4. pak, saya mau tanya kalau kita ke jepang dan tujuan kita hanya di tokyo saja, apakah perlu pindah-pindah hotel? dan bila kita ke jepang 5 malam dan kita pesan hotelnya 3 malam dan bila kita betah di hotel tersebut apakah kita bisa perpanjang masa penginapan kita langsung di hotel tersebut?

    • Hi…. Mau bertanya
      Kami sekeluarga berencana ke jepang 12-22 april 2020…
      Ada rencana ke tokyo-kyoto-osaka-hokaido-tokyo, apakah dgn JR pass sdh bisa mengakomodir perjalanan tersebut, atau harus ada beli lagi tiket keretea tersendiri

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Pajak tambahannya sudah dimasukkan ke dalam tiket pesawat Pak. Bapak tidak perlu melakukan apa-apa. Salam

  5. pak, saya mau tanya di jepang kalo kita pencet 2 guest 1 rooms tapi yang masuk 3 orang itu ketauan gak ya pak? soalnya harga kamar 2 guest 1 room lebih murah dari pada 3 guest 1 room dan kalau diperhatikan kamar 2 guest 1 room cukup untuk 3 orang. kayak di jakarta kan misal, gak ketauan kalo mesen 2 guest 1 room tapi yang masuk 3 orang gitu…

    • Nugroho Christian  |  

      Sebetulnya bisa saja gak ketahuan, dan bisa ketahuan apalagi pas sarapan atau pas bapak jalan di depan resepsionis. Kalau dari saya, terserah bapak. Cuma ya triknya, jangan pergi bersama-sama dan sarapan maksimal ya 2 orang saja. Salam.

  6. Maaf mau tanya. Saya liat hrg tiket pesawat di traveloka dan aplikasi lainnya kok berbeda ya pak dengan hrga di google? Mohon petunjuk pak. Terima kasih sebelumnya.

  7. Maaf mau tanya. Itu apakah hanya khusus untuk daerah tokyo saja atau seluruh jepang? Apakah kalau di selain tokyo akan lebih mahal? Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk nomor 1 dan nomor 2 mungkin tidak banyak berubah bu.
      Namun kalau ada perjalanan keluar kota, tentu ongkos transportasinya akan bertambah dibandingkan bila hanya di Tokyo saja. Salam

    • Awidya  |  

      Maaf mau tanya lagi, gimana solusi untuk kita yg muslim mau sholat dan cari makanan halal? Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa install aplikasi halal/ muslim yang ada di Internet, seperti Halal Gourmet Japan, atau paling praktis dengan bertanya kepada petugas. Salam.

    • Awidya  |  

      Maaf mau tanya, kalo saya liat hrg tiket di traveloka dll dgn yg lgsg di google kokbeda ya harganya? Mohon pencerahannya pak. Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya mungkin berbeda-beda tergantung rute pesawatnya atau jam keberangkatan dan ketibaannya.
      Lalu memang wajar bu di masing-masing website berbeda-beda. Ibu pakai yang sudah terpercaya dan sering dipakai saja, biar bisa dapat koin atau cashback. Salam

  8. Heraswari Finiartiara  |  

    Selamat Siang Pak Nugroho..

    Saya mau tanya, saya ke Jepang tanggal 4-8 November
    Dari Soetta – Narita itu jam 16:50
    lalu saya mau ke Osaka, kira2 apakah ada alternatif transport seperti JR Pass jika saya rutenya Tokyo (Narita) – Osaka (USJ) – Tokyo ?
    karena kalau pakai JR Pass saya lihat adanya hanya yg 7 Hari
    mohon infonya

    Terima kasih

  9. Salam pak Nugroho, Sy akan ke Tokyo 3-9 Maret (6 hari), menginap di daerah sendagaya, pemberhentian di kitasando station (fukutoshin line), dgn itinerary:
    – Hari 1 (jam 08.00): narita – naik skyliner – ueno – euno park – asakusa – kitasando station (stasiun dekat penginapan)
    – Hari 2: Gunung Fuji dan kawaguchiko
    – Hari 3: Seputar Tokyo (Shinjuku – Shibuya – Yoyogi Park – harajuku – tokyo metropolitan building)
    – Hari 4: Gala Yuzawa
    – Hari 5: Disney Sea
    – Hari 6: Seputar tokyo – masjid cami

    ada 3 pertanyaan pak:
    1. pass harian apa yg baiknya sy beli? bingung krn byk vriasinya. yg terpikirkan beli tokyo metro & subway pass. apa sudah benr pilihan saya? dan apakah bisa diulang pembeliannya krn sy di tokyo 6 hari
    2. ingin juga memasukkan utk pergi ke odaiba utk miraikan dan akihabara. sebaiknya dimasukkan ke itinerary hari ke berapa?
    3. apa baiknya ke fuji dan gala yuzawa beturut-turut sehingga memaksimalkan juga TWP dan tokyp metro and subway pass nya

    terima kasih banyak pak. mohon bantuan dan informasinya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk pass nya bisa menggunakan Tokyo Wide Pass yang mengcover ongkos ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko, serta ke Gala Yuzawa.
      Tidak apa-apa diselipkan itinerary keliling Tokyo di hari ketiga, karena Tokyo Wide Pass nya juga akan terpakai juga. Daripada berturut-turut ke luar kota nanti akan kelelahan. Untuk Odaiba bisa diselipkan di hari keenam, sedangkan Akihabara bisa diselipkan sepulangnya dari Gala Yuzawa.
      Salam

  10. Selamat sore pak, saya ada rencana tgl 6 maret-13 maret. Pp jkt- haneda. Saya kan tiba di haneda kira2 jam 16.30 apakah masih bisa naik bus ke gunung fuji untuk menginap disana.kemalaman atau tidak? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau tiba 16.30, bapak mungkin baru akan keluar jam 17.30-18.00. Sepertinya sudah tidak maksimal lagi, karena semua tempat wisata sudah tutup. Lebih baik di Tokyo saja, lalu ke Gunung Fuji Kawaguchikonya naik bus keesokan harinya saja. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk sehari bisa diambil asumsi 1,5-2 juta rupiah, silahkan dikalikan dengan lama/ durasi liburan di Jepangnya. Salam.

  11. Maaf mau tany, rencana 12-21 des ini PP jkt – haneda ke jepang, pengen keliling tokyo gn fuji, gala yuzawa, shirakawa go, takayama old town, kyoto, osaka.
    Mhn info bagaimana sebaik by itinerary nya dan sebaikny sy beli jr pas atau bagaimana. Terimakasih

  12. pak, kalau berangkat dari narita ke jakarta pagi hari pukul 7, baiknya saya nginap di narita semalam sebelumnya, atau adakah bus tengah malam ke narita ? berangkat dari stasiun mana ? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kereta paling pagi sepertinya tidak mungkin sampai di Narita pukul 5 pagi (2 jam sebelum keberangkatan).
      Ibu harus naik bis malam, biasanya berangkat dari Tokyo Station. Salam

  13. Selamat sore pak nugroho…26-31 agustus 2018, sy dan teman2 yg semua ibu2 dg bekal uang yg tdk trlalu banyak berencana jalan2 ke tokyo dg tiket promo Airasia tinggal di hotel mysteys asakusa mohon saran dg 20 orang ibu2 apa mungkin kami pergi jalan2 dg kendaraan umum? Kemana tempat wisata yg murah dan terjangkau? Mohon info kendaraan umum apa? Dan brp harg tiketnya? Trimakasih..apa ada wa yg bs sy hubungi pak? Banyak sekali yg harus sy tanyakan…kl tdk keberatan?

  14. Selamat sore pak nugroho, saya ada rencana ke tokyo marèt 21 sd 30. Mohon infonya, bunga sakura sdh mulai berbunga atau belum ? Karena ini pertama kali saya ke jepang, mohon sarannya untuk pakaian yg dibawa di bulan itu

    • Nugroho Christian  |  

      Di akhir bulan Maret berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya akan mulai bermekaran. Suhu udara masih dingin, berkisar di 16-20 derajat celcius. Ibu bisa pakai jaket, baju, dan bawa sarung tangan dan beberapa kaos kaki saja. Salam.

  15. Kalo mau bayar pakai kartu debit VISA di Jepang bisa ga? seperti di Konbini, Supa, restauran dll apa mereka terima kartu debit internasional dan ready mesin EDC kaya di Indonesia?

    • Nugroho Christian  |  

      Ada beberapa input yang masuk ke Indonesia, beberapa kartu debit tidak bisa digunakan. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Sebetulnya bukan debit atau kredit yang membedakan, namun apakah kartu tersebut masuk ke visa atau mastercard atau jenis kartu lainnya.
      Seluruh minimarket di Jepang menerima transaksi dengan kartu berlogo visa dan mastercard. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Itu termasuk Outward Remittance. Bapak silakan tanyakan ke kantor layanan perbankan terdekat dengan lokasi bapak. Salam

  16. Tanya Mas Nugroho
    Saya membeli JR pass 14 hari dan berencana mendarat di Kansai, saya ingin ke Okayama, Kyoto, Shimotsuke (Tochigi), Fukushima, Hokkaido. Bagaimana penyusunan itinerarynya dan aktivasi JR nya?

    • Nugroho Christian  |  

      Di pusat perbelanjaan cukup mudah bu, namun kalau di jalanan umum atau stasiun rasanya sulit. Kami sarankan ibu untuk menyewa mobile wifi selama adi Jepang.

  17. info donk penginapan yang murah bersih tapi tidak jauh dari pusat kota tokyo n brp uang yang harus di bawa selama 7 hari plus sudah ke osaka

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ratenya lebih bagus di Airport. Di dalam kota di Jepang, rupiah tidak ada nilainya. Salam

  18. Selamat pagi kak. Syaa mau bertanya. Saya tidak sempat menukar uang YEN di indonesia,
    apakah bila saya menukarnya di moneycngaer di jepang menerima uang rupiah?
    Dan harga YEN di Jepang apakah sama dgn di indonesia atau lwbih mahal? Kira2 berapa ya?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Silakan ditukar di money changer di Narita/ Haneda Airport. Jangan sampai menukar uang di money changer di dalam kota Tokyo, karena ratenya sangat rendah, hanya sekitar setengahnya. Salam

  19. Hallo… perhitungan biaya harian di Jepang 1.6 juta itu untuk per/orang yha? Kalau misalnya kami berdua, apakah sudah pasti total biaya yang dikeluarkan adalah 3.2 juta / harinya ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Itu adalah biaya untuk single. Kalau memang bisa mendapatkan kamar double, maka biaya untuk penginapannya bisa turun.
      Mungkin bisa jadi sekitar 2,5-3 juta per hari untuk berdua di Jepang. Salam

  20. Ruth Cornelia  |  

    Mau tanya nih, kan tidak boleh membawa minuman dari Indonesia, bagaimana dengan makanan seperti membawa indomie atau bekal roti dari Indonesia?

    • Nugroho Christian  |  

      Boleh bu, Indomie atau Roti diperbolehkan asal dibawa dalam jumlah yang wajar (tidak untuk dijual kembali di Jepang). Salam.

  21. saya mau ke osaka, kyoto, shirakawa go, kanazawa, tateyama alpine route, kawaguchigo dan Tokyo. saya lebih baik beli JR pass atau tokyo-osaka hokuriku arch pass? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau berat atau jumlahnya dalam batas wajar sepertinya tidak masalah. Salam

  22. Rusli Muhammad  |  

    Brapa lama baru bisa lagi kejepang setelah kita tidak diizinkan masuk oleh imigrasi krn dokumen tdk lengkap tapi dipaspor tdk ada stempel apa2 waktu sijepang

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tidak ada durasi waktu yang pasti. Hanya kalau mendengar kisah pembaca website infojepang rata-rata setelah 6 bulan sampai setahun sudah bisa masuk ke negara Jepang. Salam

  23. Tgl 5 April bsk saya ke jepang. salah satu tujuannya k Osaka. Saya memerlukan info tempat2 wisata yg ada di sekitar Osaka universal studio. terimakasih

  24. Salam. Mengingat air minum yg mahal disana, boleh atau tidak jika kita membawa air minuman kemasan dari indonesia? klo minuman kaleng lainnya seperti bear brand dan sejenisnya? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Sepertinya tidak bisa saat melewati pemeriksaan di bandara Indonesia.
      Untuk menghemat biaya air minum, ibu cukup membawa botol air kosong. Bisa isi dengan air keran di hotel (bisa diminum).
      Kalau tidak suka, bisa membeli air minum ukuran 2L di supermarket seharga 100 yen, dan dimasukkan ke dalam botol air minum. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!