Pagoda Chureito

Home / Temple / Pagoda Chureito
Item image

Pagoda Chureito adalah pagoda lima lantai yang berlokasi dalam kompleks Kuil Arakura Sengen di Fuji Yoshida, sekitar 10 menit naik kereta dari area Danau Kawaguchiko. Pagoda Chureito ini sendiri adalah monumen perdamaian yang dibangun tahun 1963. Pagoda Chureito ini pasti sudah tidak asing lagi buat teman-teman yang suka menyaksikan iklan-iklan mengenai mengunjungi Jepang di musim semi, di mana ada gambar Gunung Fuji, Danau Kawaguchiko, pagoda khas Jepang, dengan gambar bunga sakura di bagian atasnya. Itulah bukan gambar rekayasa, melainkan gambar sungguhan yang diambil dari area observasi di Kuil Arakura Sengen. Sebelum kembali ke Tokyo, Tim Info Jepang sempat mampir sejenak ke kompleks kuil yang begitu ikonik dan terkenal dengan pemandangan Gunung Fuji dan Kawaguchiko di musim semi dan musim gugurnya. Simak laporan perjalanan kami ke sini yuk!

Bangunan pagoda Chureito atau juga dikenal sebagai monumen perdamaian Fujiyoshida ini dibangun oleh pemimpin Fujiyoshida sekitar tahun 1958-1963. Monumen ini dibangun untuk mengenang 960 orang penduduk Fujiyoshida yang gugur dalam peperangan Sino, peperangan Russo, maupun saat pecahnya Perang Dunia 1 dan 2. Para penduduk mengenang dan mendoakan saudara dan teman mereka yang telah meninggal dengan mengunjungi kuil Arakura Sengen. Seiring berjalannya waktu, kuil dan pagoda ini dikenal luas sebagai salah satu pemandangan ikonik khas Jepang.

Bunga sakura dan Gunung Fuji dari Pagoda Chureito

Bunga sakura dan Gunung Fuji dari Pagoda Chureito

Melihat pemandangan ikonik wisata Jepang di Pagoda Chureito

Untuk dapat mencapai spot terbaik untuk melihat pemandangan di Kuil Arakura Sengen ini, kita harus melalui 400 buah anak tangga untuk naik ke puncak bukit tempat bangunan utama kuil teletak. Nah, kaki bukit inilah ada ratusan pohon bunga sakura yang tumbuh yang bisa kita lihat saat menaiki anak tangga. Lokasi kuil yang ada di sisi timur laut Gunung Fuji, membuat kita bisa melihat keindahan Gunung Fuji yang terpantul di atas permukaan air Danau Kawaguchi, dan hamparan warna pink dari bunga sakura. Rasanya kelelahan menaiki 400 anak tangga terbayar lunas dengan pemandangan yang indah di depan mata.

Tangga naik menuju ke Pagoda Chureito

Tangga naik menuju ke Pagoda Chureito

Waktu terbaik untuk mengunjungi area Kuil Arakura Sengen ini adalah di musim semi dan musim gugur, yakni sekitar awal hingga pertengahan April dan juga awal hingga pertengahan bulan November. Saat waktu-waktu penting ini, area kuil akan dipenuhi oleh para pengunjung lain yang ingin melihat sekaligus mengabadikan keindahan pemandangan Pagoda Chureito, bunga sakura dengan latar belakang Gunung Fuji. Untuk tahun 2018, bunga sakura di Pagoda Chureito akan mekar pada awal April. Festival bunga sakura di Pagoda Chureito dilaksanakan antara tanggal 8 April hingga 16 April 2018. Catat tanggalnya, jangan sampai kelewatan ya!

Kompleks Kuil Arakura Sengen dekat Pagoda Chureito

Kompleks Kuil Arakura Sengen dekat Pagoda Chureito

Akses ke Kuil Arakura Sengen di Kawaguchiko Yamanashi

Dari Stasiun Kawaguchiko, teman-teman bisa naik kereta Fujikyu ke arah Stasiun Otsuki dan turun di Stasiun Shimo-Yoshida. Lama perjalanannya sekitar 10 menit dengan ongkos 300 yen. Atau jika teman-teman yang berangkat dari Tokyo (biasanya transit di Stasiun Otsuki), bisa naik kereta Fujikyu dan turun di Stasiun Shimo-Yoshida. Lama perjalanannya sekitar 35 menit dengan ongkos 960 yen. Ongkos dari Stasiun Kawaguchiko sampai Stasiun Shimo-Yoshida tercover dengan Fuji Hakone Pass.

Dari Stasiun Shimo-Yoshida, kita bisa mencapai pintu gerbang kuil dengan lima menit berjalan kaki. Kemudian, kita bisa menaiki ke-400 anak tangga menuju bangunan utama kuil dan pagoda dengan kira-kira 20-30 menit berjalan kaki. Tiket masuk ke Kuil Arakura Sengen itu GRATIS, jadi cuma perlu modal tenaga saja untuk dapat melihat keindahan gunung Fuji dan Kuil Arakura Sengen.

Akses menuju Kawaguchiko Yamanashi

DENGAN KERETA

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fujikyu Railway sampai di Shimo Yoshida Station. Total biayanya sekitar 3.210 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit.

DENGAN BUS

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan tipe tempat duduk) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Selain itu, tersedia juga bus langsung dari Bandara Haneda sampai ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kita bisa naik bus Keihin Kyuko (tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40), dengan lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan. Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Danau Kawaguchiko bisa dilihat di halaman berikut.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Mt. Fuji Hostel Samurise
3 km away
from ¥2624/night
Guesthouse Teatime Cottag
11 km away
from ‎¥30500/night
Yabuki
11 km away
from ‎¥8932/night
Kagelow Mt.Fuji Hostel Ka
3 km away
from ¥2826/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Snow Town Yeti
28 km away
Bermain ski di Snow Town Yeti
Pagoda Chureito
0 km away
Keindahan Pagoda Chureito dan Gunung Fuji
Kachikachi-yama Ropeway
3 km away
Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway
Resort Ski Fujiten
12 km away
Resort Ski Fujiten di kaki Gunung Fuji

Sumber gambar : Flickr Reginald Pentinio, saldesalsal, saldesalsal, Reginald Pentinio


Recommended for you


Last modified: March 8, 2018 by

Close Comments

Comments (57)

  1. Selamat Pagi. Mas, sy mau menanyakan rencana perjalanan sy tgl 14-19april, tiba di narita tgl 15 jam 7.30, apartemen dekat st.keisei koiwa. itenerary hari 1. Ueno, Asakusa, Ginza, hari 2. Tokyo Disneysea, hari 3. Mt.Fuji (Shibazakura dan Chureito Pagoda), hari 4. Tateyama kurobe alpine, hari 5. back to Indonesia. Misal kami tanpa tour guide sebaiknya pass apa yg cocok kami beli ya? dan apakah ada alternatif jika menggunakan transportasi umum dari penginapan menuju destinasi tsb? Terima kasih sblmnya atas responnya

  2. Pak, mau tanya jika ingin mengunjungi pagoda chureito bersamaan dengan mengeksplor red line retro bus yakni lake kawaguchiko, kachikachi ropeaway dan oishi park di hari yang sama. Rute yang baik bagaimana yah pak?

  3. Mohon infonya Pak, kalau sy mau ke Arakurayama Sengen Park, better saya beli tiket expressway bus dari Shinjuku ke Chuo EXPWY Shimo Yoshida atau ke kawaguchiko station? Terima kasih.

  4. Halo, mau tanya… saya ingin ke chuerito pagoda dan oishi park….dari otsuki stasiun saya bisa langsung berenti di shimoyoshida stasiun atau harus ke kawaguchi stasiun dulu? Ada akses langsung dari chuerito ke oishi park (tanpa ke kawaguchi stasiun)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Otsuki Station, bisa turun di Shimoyoshida Station untuk kemudian ke Pagoda Chureito.
      Namun tidak ada rute langsung dari Pagoda Chureito menuju ke Oishi Park, harus naik kereta dulu dari Shimoyoshida Station. Salam

  5. Pak Nugroho, nanya dong,
    Saya n teman2 rencananya nanti hari pertama kami pakai JR Pass mau ke Pagoda Churieto dan seharian main di Fujikyu highland.
    Kemudian hari ke 2nya mau ke Gotemba Premium Outlet dan keliling 5 danau.
    Hari ke 3nya kami menuju Kyoto.
    Yang mau saya tanyakan :
    1. Kami perlu beli Fuji Hakone pass gak ? atau ada cara lain yg lebih murah.
    2. Sebaiknya kami menginap di sekitar Kawaguchiko atau kembali ke Tokyo, mengingat repot bawa2 kopernya, karena besoknya kami mau ke Kyoto.
    Atau ada yg saran lainnya pak.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!