Festival di Danau Kawaguchi

You are here Home  > Center Town, Festival, Wisata Jepang >  Festival di Danau Kawaguchi

Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji sudah menjadi tempat wisata favorit orang-orang Indonesia. Tim Info Jepang mendapatkan banyak sekali komentar dan respon mengenai perjalanan ke tempat-tempat wisata ke daerah ini dan juga aksesnya seperti Retro Bus atau Fujikko-go Bus. Buat kamu yang masih bingung mengenai tempat wisata dan kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Danau Kawaguchiko, kami sudah merangkumnya di artikel Kegiatan Wisata di Danau Kawaguchiko. Kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum beberapa festival di Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji yang sangat terkenal, ada festival musim semi, musim panas, dan musim dingin loh! Catat dulu tanggalnya ya supaya jangan terlewat!

1. Festival Kembang Api Musim Panas

Setiap bulan Agustus, langit Danau Kawaguchiko akan bersinar terang dengan cahaya warna-warni. Ya, ini karena di musim panas ada Hanabi Festival di Danau Kawaguchi. Buat kamu yang tidak tahu arti hanabi, hanabi berarti kembang api dalam bahasa Indonesia. Namun jangan anggap remeh Hanabi Festival di Danau Kawaguchi, karena skala kembang apinya yang dahsyat dengan suara menggelegar. Tahun 2016 ini, bersamaan dengan perayaan festival yang ke-100, festival kembang api di Danau Kawaguchi berlangsung sangat ramai dan berhasil memukau para penunjung dengan perpaduan sinkronisasi cahaya dan suara musik yang bagus.

Hanabi Festival di Danau Kawaguchiko berlangsung 2 hari pada tanggal 4-5 Agustus 2016. Dalam 2×90 menit festival kembang api, total lebih dari 9000 buah kembang api diluncurkan untuk menerangi langit Danau Kawaguchiko. Gunung Fuji samar-samar terlihat saat cahaya kembang api berkilauan. Hanabi Festival paling bagus dilihat dari tepi Danau Kawaguchiko, di dekat pelabuhan tempat naik kapal wisata En Soleil atau di taman sebelah barat dekat jembatan Kawaguchiko-Ohashi.

Detail informasi mengenai Hanabi Festival di Danau Kawaguchiko tahun 2016: Pada 4 Agustus, acara festival dimulai dengan tarian Yosakoi bersama dengan penduduk sekitar pukul 19.00. Mulai dari pukul 20.00, hanabi malam pertama diluncurkan selama kurang lebih 20 menit. Di hari kedua tanggal 5 Agustus, ada acara hiburan khusus dan kios-kios jajanan dari siang hingga malam hari. Puncak Hanabi Festival di Danau Kawaguchiko adalah pukul 19.30 dimana kembang api diluncurkan terus-menerus selama 90 menit sampai pukul 21.00.

Hanabi Festival di Danau Kawaguchi

Hanabi Festival di Danau Kawaguchi

2. Festival Kembang Api Musim Dingin

Hanabi Festival di Danau Kawaguchiko tidak hanya pada musim panas saja, namun juga pada musim dingin. Untuk tahun 2017, festival kembang api diadakan selama hari Sabtu/ Minggu dari tanggal 14 Januari 2017 sampai 19 Februari 2017, dan pada 23 Februari 2017 saat perayaan hari Gunung Fuji.

Info Jepang mencatat total ada 13 kali Hanabi festival di Danau Kawaguchi selama bulan Januari hingga Februari. Tanggal-tanggal itu adalah 14, 15, 21, 22, 28, 29 Januari 2017, kemudian 4, 5, 11, 12, 18, 19, 23 Februari 2017. Tempatnya sama dari Taman Oike di dekat jembatan Kawaguchiko-Ohashi dan Taman Yagizaki di sentral Danau Kawaguchiko. Kembang api akan diluncurkan selama 20 menit dari pukul 20.00 sampai 20.20. Catatan dari Tim Info Jepang: festival kembang api di musim dingin akan terlihat lebih bagus dan terang. Itu karena udara di musim dingin sangat kering, ini mengakibatkan kandungan uap-uap air di udara sangat sedikit sehingga cahaya kembang api terlihat bagus. Dingin-dingin melihat festival kembang api, teman-teman bisa mampir ke Onsen di sekitar Danau Kawaguchiko atau menginap di hotel sekitar Kawaguchiko dan menyaksikan festival kembang api dari hotel.

Akses ke Taman Oike sangat mudah, bisa berjalan kaki dari Stasiun Danau Kawaguchiko. Untuk ke Taman Yagizaki bisa naik Retro Bus dari Stasiun Danau Kawaguchiko. Ongkos masuk ke dalam taman gratis.

3. Festival Shibazakura Kawaguchiko

Meskipun tidak berada di daerah Danau Kawaguchiko, namun bus menuju ke lokasi festival Shibazakura Kawaguchiko berangkat dari Danau Kawaguchiko. Itulah sebabnya Tim Infojepang juga memasukkan Festival Shibazakura ini ke dalam daftar festival di Danau Kawaguchiko. Festival ini berlangsung di musim semi, tanggal 16 April – 29 Mei (tahun 2016). Festival ini berlangsung di Fuji Motosuko Resort, mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Biaya tiket masuknya juga terjangkau, hanya 520 yen per orang. Teman-teman bisa puas melihat keindahan bunga shibazakura sekaligus berfoto dan mengabadikan momen dengan latar belakang Gunung Fuji yang indah. Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel Festival Shibazakura.

Festival Shibazakura di kaki Gunung Fuji

Festival Shibazakura di kaki Gunung Fuji

4. Festival Momiji Danau Kawaguchiko

Eits tunggu dulu.. masih ada lagi festival di Danau Kawaguchiko… Ini adalah festival momiji di musim gugur! Kita bisa menyaksikan keindahan daun-daun maple yang berubah warna menjadi merah di Momiji Kairo atau lorong momiji dalam bahasa Indonesia, suatu daerah pinggir sungai kecil di utara Danau Kawaguchiko dekat Museum Itchiku Kubota. Teman-teman tidak perlu kuatir, untuk sampai ke sini sangat mudah, bisa naik Retro Bus dari Danau Kawaguchiko.

Selain momiji, kita juga menyaksikan light up momiji yang dilaksanakan setiap hari antara tanggal 1 November sampai 23 November 2016, mulai dari pukul 16.00 sampai pukul 22.00.

Momiji Festival di Danau Kawaguchiko

Momiji Festival di Danau Kawaguchiko

Light up momiji di Danau Kawaguchiko

Light up momiji di Danau Kawaguchiko

Informasi dan Akses ke Danau Kawaguchiko

Dengan kereta

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Jika memiliki JR Pass maka perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, sedangkan dengan JR Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta akan tercover.

Dengan bus

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Kita dapat melanjutkan perjalanan dengan bus lokal rute Kawaguchiko yang mengitari daerah timur laut danau dan rute Saiko-Aokigahara yang mengitari bagian selatan danau.

Selain itu, tersedia bus langsung dari Bandara Haneda sampai ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kita bisa naik bus Keihin Kyuko (tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40), dengan lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan. Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Danau Kawaguchiko bisa dilihat di halaman berikut.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Mt. Fuji
from ‎¥13043/night
Hotel Mt. Fuji
Guesthouse Moegi
from ‎¥8330/night
Guesthouse Moegi
Cottage Jokigen
from ‎¥33309/night
Cottage Jokigen
Guest House Sekimotoya
from ‎¥8430/night
Guest House Sekimotoya

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Danau Yamanaka
Pemandangan Danau Yamanaka di Yamanashi
Kebun Bunga Hananomiyako
Pemandangan Kebun Bunga Hananomiyako
Iyashi No Sato
Rumah tradisional di Iyashi No Sato
Taman Asahiokakohan
Musim gugur di Taman Asahiokakohan Yamanashi

Sumber gambar: matome.naver.jp, daily-life-info.com, Flickr YC Zhu, Antífama

Recommended for you

Last modified: November 27, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (5)

  1. Siang Pak Nugroho, apakah masih ada transportasi untuk kembali ke tokyo, setelah kita menikmati festival kembang api musim dingin yang diadakan di danau kawaguchi pada malam hari? atau kita harus menginap 1 malam di daerah situ? karena kebetulan pada saat acara festival bulan januari, saya ada di Tokyo. terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bisa saja pak, masih sempat naik kereta dari Stasiun Kawaguchiko jam 21.19 setelah selesai festival kembang api.
      Namun hanya tersedia kereta lokal sehingga memakan waktu lama. Tiba di Shinjuku kira-kira jam 00.00. Salam

  2. Mau tanya kl mau ke mt fuji bagusnya dari mana ya lihatnya? Apa dr lake kawaguchi? Rencana jg mau mampir ke gotemba.
    Berangkatnya dari shinjuku. Tlg infonya ya kak.

    Thanks

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan