Rental Kimono di Kyoto

You are here Home  > Hidup di Jepang >  Rental Kimono di Kyoto

Kimono, siapa yang tidak mengenalnya? Buat teman-teman yang pernah liburan ke Jepang atau suka dengan hal-hal Jepang pasti sudah tidak asing dengan pakaian tradisional Jepang ini. Kalau di Indonesia kita punya batik, maka orang-orang di Jepang begitu bangga dengan Kimono. Para pengguna Tour Guide Online Info Jepang selalu menanyakan bagaimana cara bisa berkeliling dengan kimono? Apakah harus dibeli atau bisa disewa? Lalu di mana tempat penyewaannya yang murah dan yang bagus? Berikut ini Tim Info Jepang akan membagikan lokasi rental kimono di Kyoto berikut tips-tips yang pastinya berguna banget. Mari coba Kimono di Jepang!

Sejarah Kimono di Jepang

Kimono berasal dari dua suku kata: ki- yang berarti memakai, dan -mono yang berarti suatu barang. Kimono kurang lebih berarti memakai sesuatu barang (pakaian). Kimono dipakai oleh mayoritas wanita Jepang, baik dalam penggunaan sehari-hari, terutama digunakan dalam acara tradisional, seperti pernikahan, pengangkatan jabatan, atau saat menghadiri festival dan upacara pemakaman. Tidak heran, meskipun generasi muda lebih nyaman menggunakan pakaian modern, kimono selalu punya tempat khusus di dalam fashion (gaya berpakaian) wanita Jepang.

Salah satu kota yang menyediakan kesempatan bagi para turis berkeliling dengan menggunakan kimono adalah Kyoto. Keindahan taman dan kuil, jalanan kota yang tidak terlalu ramai, ditambah dengan sejarah dan kentalnya budaya di Kyoto dengan Maiko dan Geisha membuat Kyoto adalah tempat terbaik untuk mencoba kimono di Jepang.

Ada belasan toko penyewaan kimono di Kyoto. Mayoritas toko tersebar di area Gion dan jalan masuk Kuil Kiyomizudera. Dari sekian banyak toko, ada beragam ukuran, warna, dan motif kimono atau aksesoris tambahan yang bisa disesuaikan dengan selera teman-teman. Salah satu tips yang bisa teman-teman coba adalah dengan mengambil Paspor Kimono yang tersedia di Pusat Informasi di Stasiun Kyoto. Kita bisa memperoleh potongan tiket masuk ke taman, kuil, museum, dan juga potongan harga sewa kimono.

Gion, surganya Kimono di Kyoto

Gion, yang dikenal sebagai distriknya para Geisha dan Maiko yang ada di Kyoto, punya banyak tempat penyewaan Kimono yang bisa teman-teman pilih. Salah satunya di Gion Okakimi. Gion Okakimi cukup dikenal karena menyediakan pakaian dalam dan aksesoris pelengkap kimono obi berbagai ukuran. Dengan begitu, kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk persiapan memakai kimono (cukup 10-15 menit saja).

Mengenakan Kimono di Kyoto

Senangnya mengenakan Kimono di Kyoto

Lalu ada toko Mimuro. Mimuro disebut sebagai toko dengan pilihan kimono paling lengkap–ada lebih dari 50.000 kimono dan aksesoris–yang bisa teman-teman pilih dalam toko lima lantai. Koleksi kimono di sini terdiri dari beragam warna dan corak, bahan dan teknik pembuatan motif, hingga yukata (kimono bergaya kasual). Ini cocok buat teman-teman yang ingin cuci mata dan mengenal kimono lebih jauh.

Dan terakhir, ada Galeri Kimono Yuzuiro. Di sini, kita bisa melihat kimono-kimono antik dan bersejarah. Mayoritas dibuat dengan tangan secara langsung dan berharga sangat mahal. Galeri ini bisa teman-teman kunjungi untuk cuci mata dan mengenal kimono.

Buat teman-teman yang gak mau repot-repot, bisa mencoba Gion Walking Tour with Kimono

Toko-toko Murah Menyewa Kimono di Kyoto

Berikut ini ada 7 tempat rekomendasi Tim Info Jepang yang bisa teman-teman coba kunjungi jika ingin menyewa kimono di Kyoto. Lokasinya semua ada di pusat kota Kyoto.

  1. Yumeyakata, alamatnya di 128 Manjujicho, Shimogyo Ward, 600-8104 Kyoto (bisa diakses dari Stasiun Gojo).
  2. Rental Kimono Wargo, di Kyoto Tower Building 3F, Kyoto-fu Kyoto-shi Shimogyo-ku Higashishiokohji-cho 721-1. Teman-teman tinggal berjalan kaki selama 2 menit dari Stasiun Kyoto ke arah utara (menuju Kyoto Tower) atau di pintu masuk areal parkir Kuil Kiyomizudera.
  3. Kyoto KIMONO-PRO, alamatnya di 2nd, 3rd and 7th Floor Bukoji Muromachi Building, 225 Itoyacho, Shimogyo Ward, 600-8432 Kyoto (dekat Stasiun Shijo).
  4. Kyo Rakuyuan, alamatnya di 3-327-6 Kiyomizu, Higashiyama  Ward, 605-0862 Kyoto (di jalan masuk menuju Kuil Kiyomizudera).
  5. Okamoto Kiyomizuzaka, alamatnya di 2-237-1-1 Kiyomizu, Higashiyama Ward, 605-0862 Kyoto  (di jalan masuk menuju Kuil Kiyomizudera).
  6. Yume Kyoto Gion, alamatnya di 4th Floor ACROSS Yasaka Building, 300 Kitagawa, Gionmachi, Higashiyama Ward, 605-0073 Kyoto (di dekat Kuil Yasaka).
  7. Kyoetsu Gion, alamatnya di 418 Minamicho, Higashiyama Ward, 605-0933 Kyoto (dekat Kuil Yasaka dan Kuil Kodaiji).
  8. Walin, alamatnya di 3rd Floor Mizuho Building, 444 Matsubaradori Karasuma Higashi Iru Jyunzeicho, Sagyo Ward, 600-8417 Kyoto (bisa diakses dari Stasiun Shijo atau Gojo).
koleksi-kimono-di-yumeyakata-kyoto

Beragam pilihan warna dan motif Kimono di Yumeyakata Kyoto

Cara Menyewa Kimono

  1. Datang ke toko sesuai dengan janji atau reservasi yang teman-teman buat sebelumnya, lalu sebutkan nama yang telah didaftarkan.
  2. Setelah registrasi dan pengecekan selesai, kita akan dibawa ke ruangan atau galeri tempat koleksi kimono disimpan. Teman-teman bisa memilih kimono dan aksesoris pelengkap seperti obi atau tas. Untuk harga paketnya, biasanya sudah ditampilkan di sekitar kimono.
  3. Teman-teman juga bisa bertanya mengenai padu-padan kimono dengan aksesoris yang bagus. Atau buat yang bingung atau gak mau repot, bisa tanyakan paket umum kimono yang biasa dipesan. Biasanya paket kimono ini sudah termasuk biaya untuk make-up dan penataan rambut khas wanita Jepang.
  4. Setelah itu, kita akan membayar sesuai dengan paket dan pilihan kimono kita. harganya mulai dari 5.000 yen hingga 25.000 yen (bergantung jenis dan motif kimono).
  5. Lalu, para pegawai akan membantu kita berpakaian. Mulai dari pakaian dalam, kain kimono sisi dalam, lalu kimono, lalu berbagai aksesoris. Setelah kimono dipakai, teman-teman akan dibawa ke ruangan lain untuk make-up dan merapikan rambut yang pas buat kita.
Suasana Gion di Kyoto Jepang

Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.

Tips dari Tim Info Jepang sebelum menyewa Kimono

1. Pergi bersama teman atau anggota keluarga

Kalau mau jalan-jalan di Kyoto dengan menggunakan kimono, lebih baik jika bersama dengan teman, pasangan, atau anggota keluarga. Ini bukan terkait soal keamanan, namun supaya ada yang mengambil foto atau memegang barang teman-teman. Tidak lucu kan udah ribet-ribet menyewa kimono dan dandan ala wanita Jepang, eh, malah gak ada yang bisa dimintain untuk mengambil foto. Sebagai catatan, area Gion, Kiyomizudera, dan Sannenzaka-Ninnenzaka biasanya dipenuhi oleh para turis lain. Ada sih, satu dua orang turis lain yang bisa dimintain tolong dengan senyum dan ucapan terima kasih, cuma ya ribet dong. Selain itu, saat memakai kimono, tas kita (entah selempang atau tas bahu) harus dititipkan kepada orang lain. Aneh aja, keliling layaknya geisha malah pake tas bahu, ya kan?

2. Jangan lupa cek cuaca

Sekarang kimono sudah terbuat dari bahan yang nyaman dengan bahan yang tidak menyerap panas. Namun, sehari sebelum berencana menyewa kimono untuk berkeliling, cek kondisi cuaca harian untuk esok hari. Jangan sampai sudah memesan bahkan sudah memakai kimono, malah hujan atau angin kencang. Kacau deh semuanya. Untuk cek cuaca, teman-teman bisa bertanya kepada pegawai hotel atau mengecek langsung melalui website cuaca nasional Jepang.

3. Usahakan berkeliling di pagi atau sore hari

Bagi yang tidak terbiasa menggunakan kimono, mungkin akan merasa kurang nyaman, ditambah dengan suhu udara yang panas di siang hari dan banyaknya pengunjung atau turis yang ada di kawasan Gion, Kiyomizudera, dan Sannenzaka-Ninnenzaka, memakai kimono dengan dandanan yang lengkap akan semakin menambah kekurang-nyaman. Nah, usahakan untuk mencoba berkeliling di pagi atau sore hari, di mana kondisi udara tidak sepanas siang hari. Tentu kita juga bisa lebih bebas kan untuk berkeliling dan mengambil foto-foto.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Peace House Sakura
from ¥2300/night
Peace House Sakura
Hotel Ibis Styles Kyoto
from ¥7800/night
Hotel Ibis Styles Kyoto Station
Kiyomizu Sannenzaka ̵
from ¥6232/night
Kiyomizu Sannenzaka - Guest House in Kyoto
Guesthouse Usagi-Momiji
from ¥2328/night
Guesthouse Usagi-Momiji

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stasiun Kereta Kyoto
Pintu masuk Stasiun kereta Kyoto
Fushimi Inari Taisha
Fushimi Inari Taisha di Kyoto
Amanohashidate
amanohashidate
Kuil Hirano
Suasana bunga sakura di Kuil Hirano

Sumber gambar: Flickr Nigel Goodman, PV9007 Photography, Hansel and Regrettal

Recommended for you

Last modified: December 1, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (2)

  1. siang mas,
    kalau musim dingin, apakah ada tips utk sewa kimono ini?
    apakah tetap bisa sewa, perlu dikombinasikan dengan sweater, etc… 🙂
    makasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk sewa kimono di Kyoto, sewaktu berdandan dan mengenakan kimono akan diberikan satu lapis kain untuk menahan dingin.
      Nantinya juga diberikan semacam selendang bewarna selaras untuk menutupi bagian tangan supaya tidak kedinginan. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan