10 Onsen Terkenal di Jepang

You are here Home  > Akomodasi, Wisata Jepang >  10 Onsen Terkenal di Jepang

Survei menunjukkan pengalaman berendam di onsen dan tinggal di ryokan adalah salah satu yang paling berkesan saat liburan ke negara Jepang. Berendam di pemandian air panas, selain sehat juga membuat kita bisa rileks sejenak dari rutinitas sehari-hari, apalagi bisa menikmati suasana kota resort onsen. Ada banyak onsen dan resort onsen (sebutan untuk satu desa/ distrik dengan banyak onsen) di seluruh Jepang. Ini dia rekomendasi 10 Onsen Terkenal di Jepang yang disusun oleh Tim Info Jepang. Silakan membaca dan semoga bisa menjadi masukan buat teman-teman yang ingin liburan ke Jepang!

Daftar 10 Onsen Terkenal di Jepang

1. Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma

Kusatsu Onsen memegang predikat sebagai resort onsen terbaik di Jepang selama beberapa tahun belakangan. Keindahan alam dan suasana resort onsen yang memesona menarik lebih dari 3 juta wisatawan setiap tahunnya. Kita bisa menikmati pemandangan musim gugur yang indah, atau musim dingin dengan salju di puncak gunung sambil berendam di onsen. Ada beragam onsen dengan pemandangan alam seperti Yubatake Onsen di tengah kota, Sainokawara Rotenburo, Gozanoyu, atau Shirohatanoyu.

Mata air panas Kusatsu Onsen

Mata air panas Kusatsu Onsen

Onsen Terkenal di Jepang Kusatsu Onsen

Onsen Terkenal di Jepang Kusatsu Onsen

2. Beppu Onsen di Prefektur Oita

Beppu Onsen adalah resort onsen dengan volume sumber air panas terbanyak di Jepang, terletak di Pulau Kyushu. Sumber mata air di sini benar-benar “panas” sehingga sering disebut sebagai Jigoku atau neraka dalam bahasa Jepang. Di seluruh kota, ada puluhan ryokan dengan private onsen maupun onsen publik (pemandian air panas umum) yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki atau naik bus, atau melihat atraksi-atraksi hewan di Takasakiyama Monkey Park dan Akuarium Umitamago.

3. Kinugawa Onsen di Prefektur Tochigi

Kinugawa Onsen adalah kompleks resort pemandian air panas yang terletak di pusat kota Nikko. Nama Kinugawa diambil karena onsen atau pemandian air panas ini terletak di tepi sungai Kinugawa. Kalau teman-teman berencana mengunjungi Tobu World Square atau Nikko Edomura, jangan lewatkan juga pengalaman berendam di Iwaburo atau Yudokoro Suzukaze dengan pemandangan pepohonan dan sungai Kinugawa secara langsung.

Suasana ryokan di Kinugawa Onsen

Suasana ryokan di Kinugawa Onsen

4. Hakone Onsen di Prefektur Kanagawa

Hakone sudah lama dikenal sebagai resort onsen di pegunungan. Beberapa onsen Hakone yang bisa teman-teman kunjungi antara lain Tenzan Onsen, Hakone Yuryo, Kappa Tengoku, dan Kowakien Yunessun yakni onsen dengan suasana taman bermain. Selain mengunjungi onsen, teman-teman juga bisa melihat keindahan Gunung Fuji dari atas kapal Danau Ashinoko, makan telur rebus di kawah aktif Owakudani, atau mengunjungi Taman Gora yang indah.

5. Arima Onsen di Prefektur Hyogo

Arima Onsen terletak di sisi utara pusat kota Kobe, persis di lereng Pegunungan Rokko. Onsen ini bisa dengan mudah dicapai dari Kyoto, Osaka, Nara, atau Kobe. Di sini, ada tiga pemandian umum yang bisa kita kunjungi seperti Kin-no-yu, Gin-no-yu, dan Taiko-no-yu. Suasana Arima yang masih asri khas desa-desa Jepang membuat kita punya banyak spot foto disini. Kita bisa berjalan menyusuri sungai kecil di Arima, berfoto di bawah jembatan, atau foto dengan latar belakang penginapan bergaya Jepang.

Uap memenuhi sudut kota Arima Onsen

Uap memenuhi sudut kota Arima Onsen

6. Noboritetsu Onsen di Prefektur Hokkaido

Kita akan terbang ke utara, lebih tepatnya ke Noboribetsu Onsen di Hokkaido.  Selain ikon wisata lembah neraka Jigokudani, seluruh kota Noboribetsu juga dikenal dengan pemandian air panasnya. Hampir semua pemandian air panas masuk ke dalam fasilitas hotel maupun ryokan. Namun, tenang saja, kita tetap bisa merasakan berendam dan beristirahat di onsen tanpa perlu menginap kok., seperti: Sagiriyu, Yumoto Noboribetsu, Noboribetsu Manseikaku, dan Kashotei Hanaya.

7. Atami Onsen di Prefektur Shizuoka

Atami Onsen adalah kota resort onsen di tepi laut menghadap Samudera Pasifik yang terkenal dengan Festival Hanabi Atami. Keluar dari Stasiun JR Atami, kita bisa langsung mencoba merendam kaki kita di Foot Onsen Ashiyu. Di sepanjang jalan tepi pantai, kita bisa mencoba menginap di hotel dengan onsen di atapnya. Kita bisa memandang lautan luas di depan mata sambil berelaksasi di pemandian air panas. Selain itu, kita bisa mengunjungi Kastil Atami dan juga Atami Ropeway dengan pemandangan keren.

Berendam di Atami Onsen dengan pemandangan langsung ke laut

Berendam di Atami Onsen dengan pemandangan langsung ke laut

8. Yufuin Onsen di Prefektur Oita

Kota resort Yufuin berada di sisi barat Beppu, yang juga terkenal dengan onsennya. Yufuin punya suasana kota yang lebih modern, ketimbang dengan resort onsen lainnya yang tetap mempertahankan sisi “Jepang masa lalu” dengan bangunan-bangunan tuanya. Kita bisa berendam di onsen, mengunjungi workshop tempat membuat suvenir, hingga melihat Danau Kinrin Kirinko.

Suasana Kurokawa Onsen di Yufuin

Suasana Kurokawa Onsen di Yufuin

9. Dogo Onsen di Prefektur Ehime

Kota resort Dogo di Prefektur Ehime sudah ada dari 3000 tahun yang lalu, seperti yang tertulis dalam peninggalan sejarah nihon Shoki. Onsen yang paling terkenal di sini adalah yang terletak di Main Building, dengan tema Spirited Away Hayai Miyazaki. Selain itu, setiap tahunnya, juga diadakan Festival Seni Dogo seperti Yayoi Kusama (yang karyanya ditampilkan di Museum Macan), hasil bidikan fotografer Mika Ninagawa, dan pelukis ukiyo-e Akira Yamaguchi.

Onsen Terkenal di Jepang Dogo Onsen

Onsen Terkenal di Jepang Dogo Onsen

10. Gero Onsen di Prefektur Gifu

Gero Onsen terletak di Prefektur Gifu terkenal dengan museum Onsen Gassho Mura, yakni bentuk rumah tradisional dengan atap unik membentuk tangan berdoa seperti di Gokayama atau Shirakawago. Suasana resort onsen yang terletak di tengah-tengah pegunungan juga menawarkan pemandangan alam yang keren dan alami. Di seluruh kota, kita juga bisa menikmati foot bath onsen secara gratis.

Dari total sepuluh rekomendasi kota resort onsen di atas, tentu semuanya tidak bisa dikunjungi dalam sekali kunjungan. Di luar itu, masih banyak onsen-onsen lain yang bisa teman-teman kunjungi, seperti Kinosaki Onsen, Spa World Osaka, atau Oedo Onsen Monogatari yang ada di pusat kota besar di Jepang, jika teman-teman hanya punya sedikit waktu tersisa. Akhir kata, selamat menikmati onsen di Jepang!

Sumber gambar: KzaralnhayashidaGene Jackson


Recommended for you

Last modified: September 15, 2018

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!