Danau Yamanaka

Home / Nature / Danau Yamanaka
Item image

Danau Yamanaka adalah salah satu danau terbesar dari Lima Danau Gunung Fuji atau yang dikenal Fuji Goko. Dibandingkan dengan Danau Kawaguchiko yang lebih terkenal di Indonesia, Danau Yamanaka menjadi salah satu objek wisata tersembunyi. Selain karena aksesnya yang hanya bisa ditempuh dengan bus dari Danau Kawaguchiko, Danau Yamanaka juga berada di daerah pedalaman sehingga jarang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia yang kebanyakan hanya mampir dan melihat pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko. Danau Yamanaka juga merupakan danau terdangkal diantara lima danau sehingga paling cepat membeku di musim dingin. Seperti apa sih Danau Yamanaka itu? Lalu kegiatan-kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan di sini? Berikut informasi khas Tim Info Jepang.

Kegiatan Wisata di Danau Yamanaka di Prefektur Yamanashi

1. Melihat kemegahan Gunung Fuji

Menurut letak geografis, Danau Yamanaka merupakan danau terdekat dari Gunung Fuji. Lokasinya yang terletak di bagian pedalaman dan mayoritas masuk ke dalam cagar alam Taman Nasional Fuji Hakone Izu Park membuat tempat ini betul-betul dijaga kelestariannya. Dibandingkan dengan daerah Kawaguchiko yang ramai dengan pertokoan, arena permainan, dan tempat penginapan, Danau Yamanaka relatif lebih sepi dan hanya memiliki beberapa penginapan di sekeliling danau.

Danau Yamanaka membeku di musim dingin

Danau Yamanaka membeku di musim dingin

2. Berkeliling Kebun Bunga Hananomiyako

Di kebun bunga Hananomiyako, kita bisa melihat beragam bunga beraneka warna yang mekar dengan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya. Kebun bunga Hananomiyako terletak di utara Danau Yamanaka, di antara perjalanan dari Danau Kawaguchi dan Danau Yamanaka. Informasi mengenai kebun bunga Hananomiyako dan beberapa fotonya bisa dilihat di halaman berikut.

3. Mengelilingi Danau Yamanaka dengan Bus Amfibi Kaba

Bushh” suara keras ini terdengar saat bus terjun ke dalam air dari jalan di pinggir danau. Tapi jangan kuatir bus ini tenggelam, karena bus ini adalah bus amfibi yang bisa berjalan di darat dan di air. Keren kan! Kaba sendiri berarti kuda nil dalam bahasa Jepang menunjuk pada bentuk bus yang gemuk seperti kuda nil dalam air. Dengan naik Bus Amfibi Kaba ini, kita dapat menyaksikan keindahan Danau Yamanaka dan Gunung Fuji sekaligus dari darat dan dari air. Double Combo!

Untuk dapat menaiki Bus Amfibi Kaba ini, biayanya 2.200 yen untuk dewasa dan 1.100 yen untuk anak-anak, mencakup perjalanan mengelilingi Danau Yamanaka selama 30 menit. Anda bisa langsung naik Bus Kaba ini tanpa pemesanan di hari-H jika masih ada tempat kosong. Jika bersama keluarga dalam jumlah banyak, silakan melakukan pemesanan terlebih dahulu lewat website berikut. Jadwal berangkat bus adalah jam 09:15, 10:00, 10:45, 11:30, 13:00, 13:45, 14:30, 15:15, 16.00/ 16:45.

4. Pemandangan Musim Gugur di Danau Yamanaka

Rasanya kurang lengkap kalau tidak melihat momiji di musim gugur. Tenang saja, kita juga bisa menyaksikan momiji di Danau Yamanaka. Letaknya berada di taman Asahiokakohan Ryokuchi yang berada di bibir danau sebelah selatan dekat pelabuhan tempat naik Bus Kaba. Untuk menyaksikan pemandangan musim gugur, teman-teman bisa datang sekitar pertengahan September sampai akhir November.

5. Mampir ke Kolam Ajaib Oshino Hakkai

Oshino Hakkai menunjuk pada tempat wisata di utara danau dimana ada 8 mata air yang sumbernya dari es Gunung Fuji yang mencair menembus keluar lapisan tanah. Karena itulah air di tempat ini sangat jernih bahkan kita bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang berenang di dalamnya.

6. Menginap di Hotel PICA Yamanakako Village

Selain rekomendasi hotel-hotel di baris terbawah, Tim Info Jepang merekomendasikan salah satu penginapan terbaik di daerah sekitar Gunung Fuji, yakni Hotel PICA Yamanakako Village. Jika menginap di tempat ini, Anda bisa mencoba beragam fasilitas menarik di tempat ini. Mulai dari Hammock Cafe, dimana kita bisa tidur-tiduran di atas hammock (kain bergantung di pohon) sambil menikmati keindahan alam Danau Yamanakako. Anda juga bisa menyantap makanan organik yang dipetik langsung dari daerah pertanian sekitar hotel dan mencicipinya di dalam restoran Fujiyama Kitchen. Ada juga pilihan untuk makan di bagian teras atau barbeque di teras Fujiyama Garden. Anak-anak juga bisa mencoba aktivitas berkebun, menanam pepohonan, atau kerajinan tangan. Tersedia juga Fujiyama Bazaar, toko dimana kita bisa mendapatkan bahan makanan organik atau oleh-oleh khas Danau Yamanaka.

Hotel PICA Yamanakako dekat Danau Yamanaka

PICA Yamanakako Village dekat Danau Yamanaka

Akses menuju ke Danau Yamanakako

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit.

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk ke Danau Yamanaka (Yamanakako), kita bisa naik bus dari Stasiun Mishima, Gotemba, atau Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte akhir Asahigaoka. Asahigaoka ada di sisi selatan Danau Yamanaka. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 900 yen.

Selain itu, teman-teman juga bisa melihat objek-objek wisata di sekitar danau dengan naik bus tur Fujikko yang rutenya mengelilingi Danau Yamanaka.

Cheap Hotels near Lake Yamanakako [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kikuya
3 km away
from ‎¥7123/night
Kounso
2 km away
from ‎¥10638/night
Yamanouchi Guest House
2 km away
from ‎¥7126/night
Cottage Jokigen
1 km away
from ‎¥33309/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Makan Udon di Fudo Chaya
15 km away
Pintu masuk restoran Hoto Fudo Chaya
Kebun Bunga Hananomiyako
3 km away
Kebun bunga Hananomiyako di musim semi
Snow Town Yeti
19 km away
Bermain ski di Snow Town Yeti
Danau Yamanaka
0 km away
Pemandangan Danau Yamanaka di Yamanashi

Sumber gambar: Flickr Nguyen Hung VuNguyen Hung Vuyuichi haradaKuchinashisaldesalsal, booking.com


Recommended for you


Last modified: May 12, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (32)

  1. Pada bln Apr 2019, saya rencana mengunjungi mt fuji, danau kawaguchiko, kawaguchiko music forest, danau yamanaka, station 5th mt fuji, fuji shibazakura dan terakhir gotenba. Apakah pulang hari saja cukup waktunya? Bisakah saya apabila tidak mau membeli fuji hakone pass hanya beli jrpass saja? Mohon juga sarannya utk menyusun itinerary terbaiknya bagaimana. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya sulit bu, untuk ke Fuji Shibazakura Festival saja sudah makan 2-3 jam (asumsi jalan dari Stasiun Kawaguchiko). Yamanaka dan Gotemba sebaiknya dipindahkan ke hari kedua atau di drop saja. JR pass tidak mengcover ongkos apapun di kawasan Fuji-Kawaguchiko, kalau ibu memang berencana liburan 2 hari, sudah menguntungkan membeli Fuji Hakone Pass. Salam.

    • Tapi saya cuma punya waktu 1 hari saja. Menurut anda, tempat rekreasi mana yg harus saya tinggalkan? Kalo berangkat pagi2 juga nga keburukah? Kalo cuma 1 hari, apakah msh perlu beli fujihaoone pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya 1 hari, saya sarankan ibu pilih Danau Kawaguchiko, lalu ke Kawaguchiko Music FOrest, balik ke Kawaguchiko, lalu Fuji Shibazakura dengan bus, kembali ke Kawaguchiko, lalu naik bus Fujikyu sampai ke GOtemba. Dari Gotemba, bisa naik bus kembali ke Shinjuku/ Tokyo. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bus menuju ke Gotemba Premium Outlets, dan bus dari Gotemba Premium menuju ke Shinjuku tidak tercover oleh Mt Fuji Pass. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tidak semuanya tercover. Bus menuju ke Gotemba Premium Outlets, dan bus dari Gotemba Premium menuju ke Shinjuku tidak tercover oleh Mt Fuji Pass. Salam

    • Berdasarkan itinerary saya tsb diatas, menurut bpk lebih menguntungkan beli fuji hakone pass atau bayar on the spot aja?

  2. salamm pak mohon ijin bertanya,
    perjalanan saya ke jepang dimulai
    day 1 : sight seeing tokyo
    day 2 : tokyo to mount fuji – kawaguchiko – yamanaka – shibasakura, lalu balik ke penginapan di tokyo
    day 3 : tokyo to kyoto , menikmati kyoto
    day 4 : kyoto to osaka, lalu langsung dari osaka – tokyo
    day 5 : balik ke narita

    apakah saya perlu menggunakan JR pass pak ? melihat rute perjalanan saya seperti itu
    mohon masukannya..

    salam
    Anggi
    Denpasar

    • Nugroho Christian  |  

      Karena ada PP Tokyo-Kyoto/Osaka, dan ada rencana ke Gunung Fuji, sudah akan balik modal dengan JR Pass. Salam.

  3. Caroline Caroline  |  

    Hi pak. Pagi.
    Mau tanya:
    1. Dr tokyo ke snowtown yeti, apakah bs dg jr tokyo wide pass? Kl ya, turun di station mana?

    2. Dr snowtown yeti ke hotel di daerah yamanakako naik apa?

    3. Dr yamanakako mau ke kawaguchi, hakone dan gotemba bgm?

    4. Dr yamanakako apakah bs lgs ke osaka tanpa kembali dl ke shinjuku?

    5. Dr narita ke shinjuku, apakah tercover dg jr tokyo wide pass?

    Tx in advance
    Caroline

    • Nugroho Christian  |  

      1. Tidak bisa sepenuhnya tercover. Yang tercover hanya sampai Kawaguchiko saja. Ibu harus naik bus ke Gotemba, lalu naik bus ke Snow Town Yeti.
      2. Bisa kembali ke Gotemba dahulu, baru naik bus Fujikyu ke daerah Yamanakako.
      3. Dari Yamanakako ke Kawaguchiko, bisa dengan naik bus Fujikyu, kalau ke Gotemba bisa naik bus Fujikyu dahulu ke Gotemba, lalu dilanjutkan dengan bus Odakyu atau Hakone Tozan ke daerah Hakone.
      4. Bisa ke Kawaguchiko dahulu, baru naik bus malam ke Osaka/ Kyoto. Atau naik bus ke Stasiun Mishima, lalu naik kereta shinkansen ke Osaka/ Kyoto.
      5. Ya tercover dengan kereta Narita Ekspress langsung ke Shinjuku, atau bisa ke Tokyo dahulu, baru naik kereta JR Yamanote Line ke Stasiun Shinjuku. Salam.

  4. Dear Pak Nugroho,
    kalo saya baca tempat wisata di daerah kwaguchiko, cara ke tempat-tempat wisatanya selalu dari statiun kawaguchiko. ada yang nyambung seperti di wisata Hakone gak ya pak? jadi misalnya saya mau ke danau kwaguchiko trus ke danau saiko trus ke danau yamanaka, sekali jalan tanpa perlu balik dulu ke stasiun kawaguchiko?

    Trimakasih pak

  5. Selamat malam Pak Nugroho, mohon ijin bertanya, berikut IT kami:
    Day 1 Narita-Tokyo, menginap di Akasaka. Dilanjutkan dengan sightseeing Tokyo
    Day 2 Sightseeing Tokyo
    Day 3 Berangkat dari Tokyo menuju ryokan di Yamanakako, sorenya berangkat ke Kawaguchiko utk Herb Festival, malam kembali ke penginapan
    Day 4 Menuju Gotemba, dilanjutkan perjalanan kembali ke Tokyo
    Day 5 Tokyo Skytree + sightseeing Tokyo
    Day 6 Kembali ke Indonesia

    Dari IT di atas menurut bapak apakah lebih baik kami membeli JR Pass? Utk perjalanan dari Tokyo-Yamanakako+Kawaguchiko+Gotemba sebaiknya menggunakan apa dan apakah JR Pass dapat mengcover?
    Terima Kasih banyak Pak

  6. Selamat sore Pak Nugroho, mohon ijin bertanya, berikut IT kami:
    Day 1 sampai di Tokyo, menuju penginapan di Akasaka, sightseeing Tokyo
    Day 2 Sightseeing Tokyo
    Day 3 Berangkat dari Tokyo menuju ryokan di Yamanakako, mengunjungi Kawaguchiko Herb Festival, malamnya kembali ke penginapan di Yamanakako
    Day 4 Menuju Gotemba factory outlet, lanjut perjalanan kembali ke Tokyo
    Day 5 Tokyo Skytree, Sightseeing Tokyo
    Day 6 Kembali ke Indonesia

    Dari IT kami, menurut Bapak apakah menguntungkan kalau kami membeli JR Pass? Kemudian dari perjalanan Tokyo ke Yamanakako, Kawaguchiko dan Gotemba mana saja yang tercover JR Pass dan ada saran sebaiknya kami naik kereta/bus mana saja Pak?
    Mohon sarannya, terima kasih banyak

  7. Dear admin,

    Mohon info, apakah Retro Bus Red line, Retro bus green line, Fujikko-Go Bus (menuju Yamanaka Lake), Fujikyu Bus (menuju Gotemba), dan Hakone Tozan Bus (menuju Gora st) tercover oleh Fuji Hakone Pass? Dan juga apa tiket Mt Kachi-kachi ropeway sudah masuk dalam Fuji Hakone Pass?

    Terimakasih.

    • terima kasih infonya om admin.

      Rute perjalanan seperti ini sudah benar belum om?

      Kawaguchiko st >> by Fujikko-Go Bus >> Hananomiyako Flower Field (turun di Hananomiyako) >> by Fujikko-Go Bus >> Yamanaka Lake (turun di Asahigaoka) >> naik bus apa ya om? >> Gotemba st >> by Hakone Tozan Bus Route G >> Gora st

      Dari Asahigaoka menuju Gotemba st bisa naik bus apa ya? Mohon info.

      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bisa naik Fujikyu Bus tujuan ke Gotemba Station. Salam

  8. Pak nugroho mau tanya, saya menginap di gotenma tgl 16 desember, lalu tgl 17 mau ke osaka, apakah memungkinkan sebelumnya saya ke kawaguchiko? Ke shin osaka nya tetap ya pak kembali lagi ke mishima? Saya ingin ke osaka nya jam 2 siang. Atau karena gitemba dekat ke yamanakako kalo lihat jalur bisnya, apa ke danau yamanakako saja yg memungkinkan?balik ke gotembanya pakai bis yang sama kan pak? Makasih ya pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Perjalanan dari Gotemba ke Kawaguchiko sekitar 70-80 menit. Untuk ke Yamanaka atau Oshino Hakkai, lama perjalanan dari Gotemba sekitar 50 menit (karena terletak di tengah-tengah Kawaguchiko dan Gotemba. Kasarnya bapak menghemat 40 menit. Bus paling pagi mulai ada jam 07.40. Perlu bapak ingat, perjalanan ke Mishima dari Gotemba (90 menit), dari Oshino Hakkai (2 jam) dan dari Kawaguchiko (100 menit). Untuk kepulangan dari Kawaguchiko ada bus ekspress (yang lebih cepat) berangkat jam 11.20, sementara itu dari Oshino Hakkai bapak bisa naik bus yang jam 11.18. Salam.

  9. Nugroho Christian  |  

    Kawaguchiko dan Yamanakako itu terletak di antara Tokyo dan Osaka/Kyoto.
    Jadi yang paling murah dan efisien waktu kalau rutenya searah, Tokyo-Kawaguchiko-Kyoto/Osaka atau sebaliknya.
    Salam

  10. Haiii Mas Nugroho..
    Thank you so much yaa.. Very Helpfull! 😍

    Jdnya aku nambah itin ni Mas..

    Setelah baca2 itinerary trip ke Hakone, pengen juga ngelakuin semua yg ada di itin tsb.. Pengen bener2 memaksimalkan Fuji Hakone Passnyaa, hehehe (Krn aku udah punya JR Pass, aku cukup beli Fuji Hakone Pass dr St.Odawara kan? 5.650 yen???)

    Pertanyaannya, rute yg paling efektif gmn ya Mas..

    1. Rencananya mau nginep 1-2 malam, Better di daerah Kawaguchi atau Hakone?
    2. Rute yg OK yg mana :
    A. Kawazu Izu – Gotemba Premium Outlet (bermalam) – Snow Yeti (Main Ski) – keliling 5 danau Fuji – Bus tur keliling gunung fuji (bermalam) – Itinerary Hakone (full day) – Tokyo –> Bermalam 2 malam
    B. Atau sebaliknya berangkat dr Tokyo jam 7 pagi ngelakuin Itin Hakone + Gotemba Premium Outlet (Bermalam) – Snow Yeti (Main Ski) – Keliling Fuji + Danau Kawaguchiko – Kawazu Izu Via St.Mishima – Tokyo –> Bermalam 2 malam

    Atau ada saran yg lebih efektif mas Nugroho?

    Terima kasih,
    Salam

  11. 1. Iya, supaya tidak tumpang tindih coveragenya, cukup beli Fuji Hakone Pass versi odawara saja.
    2. Lebih baik rute 1, karena Kawazu Izu itu lebih dekat dengan Hakone atau Gotemba ketimbang kawaguchiko. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!