Museum Herbal Kawaguchiko

Home / Attraction / Museum Herbal Kawaguchiko
Item image

Di Museum Herbal Kawaguchiko, kita bisa melihat keindahan bunga-bunga sekaligus menyentuhnya langsung. Buat kamu pecinta tanaman dan bunga-bungaan, sepertinya wajib berkunjung ke sini, sebab tempat seperti ini jarang ditemukan di Jepang, apalagi di Indonesia. Letaknya dekat dengan Kawaguchiko Station, dan juga dekat dengan Danau Kawaguchiko. Apa saja yang bisa kita temukan dan lakukan di Museum Herbal Kawaguchiko? Simak laporan Tim Info Jepang berikut.

Toko-toko di Museum Herbal Kawaguchiko

1. Toko Item-item herbal

Buat teman-teman penggemar parfum atau aromaterapi atau pecinta aksesoris seperti selendang atau saputangan, kayaknya wajib ke toko item-item herbal nih kayaknya. Toko ini ada di lantai 1 Museum Herbal Kawaguchiko. Kamu bisa menemukan sabun mandi, aroma air manndi, shampo, body milk, parfum dengan aneka wangi-wangian bunga. Item-item lucu dan serbaguna, peralatan makan dan perabotan dapur (gelas, piring, teko teh), dengan motif bunga lavender, rose, dan bunga-bunga yang cantik bisa kita temukan di toko ini. Ada juga aneka rasa selai dan makanan dengan rasa-rasa bunga-bunga, juga minuman alkohol dengan cita rasa bunga, dan berbagai macam oleh-oleh khas dari prefektur Yamaguchi dan Gunung Fuji. Dan tentu, teman-teman bisa membeli bibit bunga dan junga bunga-bunga levender, chamomile, rosemary, sweet basil, daun mint di toko lantai 1 di Museum Herbal Kawaguchiko.

2. Toko Herb Tea

Di lantai dua kita bisa menemukan herb tea atau biang teh organik dengan beraneka rasa. Buat teman-teman yang ingin memberikan oleh-oleh untuk kerabat dan teman-teman, sepertinya biang teh bisa jadi alternatif oleh-oleh menarik yang berbeda dari yang lainnya.

3. Coba membuat prakarya di Worshop Museum Herbal Kawaguchiko

Masih di lantai 2 bangunan utama, kita bisa menemukan toko worshop. Di sini kita bisa mencoba membuat beragam prakarya berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan. Misalnya membuat alas peralatan minum atau keranjang kecil dengan bunga kering, membuat hiasan dinding, gantungan kunci, atau buku diary dengan bunga-bunga kering… Wah kayaknya seru banget ya… Bisa bikin barang-barang original yang hanya ada satu di dunia…

Papan Museum Herbal Kawaguchiko

Papan Museum Herbal Kawaguchiko

4. Bersantai sejenak di Kafe Herbal

Puas berkeliling Museum Herbal Kawaguchiko, wah pastinya kaki pegel ya… Yuk beristirahat sejenak di kafe herbal. Teman-teman jangan keburu takut mendengar kata herbal… Di sini makanan dan minuman yang disajikan semuanya enak-enak kok, dan tentunya punya khasiat untuk kesehatan. Kita bisa mencicipi teh rasa rosemary, kopi hangat, atau softcream untuk anak-anak. Selain makan di dalam kafe, ada juga teras yang terhubung langsung dengan taman di bagian luar. Kita bisa bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan indah taman Museum Herbal Kawaguchiko.

Makan es krim lavender di Museum Herbal Kawaguchiko

Makan es krim lavender di Museum Herbal Kawaguchiko

Informasi Museum Herbal Kawaguchiko

Museum Herbal Kawaguchiko buka setiap hari sepanjang tahun dari jam 09.00-17.00 di musim dingin (antara bulan November hingga Maret), dan perpanjangan 30 menit sampai pukul 17.30 di bulan April sampai November. Biaya masuknya adalah GRATIS.

Akses ke Museum Herbal Kawaguchiko

Dari Kawaguchiko Station, bisa naik Retro Bus Red Line atau Green Line dan turun di halte Kawaguchiko Herb Hall. Perjalanan sekitar 8 menit dari Kawaguchiko Station. Ongkosnya 150 yen.

objek wisata di fuji kawaguchiko
Objek wisata di Fuji Kawaguchiko

Informasi dan Akses ke Danau Kawaguchiko

Stasiun Kawaguchiko adalah jantung transportasi baik bus maupun kereta ke seluruh tempat wisata di kawasan Fuji Kawaguchiko, Gotemba, hingga Hakone. Bus-bus retro dengan rute berkeliling area Danau Kawaguchiko dan ke arah Danau Saiko juga bisa ditemukan di dekat pintu keluar stasiun Kawaguchiko. Sementara itu, teman-teman bisa naik bus Fujikyu jika ingin mengunjungi Gotemba atau Hakone (dilanjutkan dengan bus Odakyu atau Hakone Tozan dari Gotemba).

Dengan kereta

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Jika memiliki JR Pass maka perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, sedangkan dengan JR Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta (dari Shinjuku sampai Kawaguchiko) akan tercover.

Dengan bus

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Informasi lengkap tentang ongkos dan tempat keberangkatan bisa dibaca di Bus ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.

Selain itu, tersedia bus langsung dari Bandara Haneda sampai ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kita bisa naik bus Keihin Kyuko (tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40), dengan lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan. Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Danau Kawaguchiko bisa dilihat di halaman berikut.

Artikel lain mengenai Danau Kawaguchiko (selengkapnya)

Suasana di dalam Bus Kawaguchiko

Tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek-objek wisata di kawasan Kawaguchiko, Danau Yamanaka, dan Gunung Fuji yakni dengan naik bus di Kawaguchiko.

Gunung Fuji dan Danau Motosuko

Mau keliling objek wisata Fuji Kawaguchiko murah dan praktis? Kini telah hadir Mount Fuji Pass buat kamu para pecinta keindahan Gunung Fuji. Baca panduan lengkap objek wisata dan transportasi yang tercover dengan Mt. Fuji Pass.

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport.

Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

Dengan menggunakan Fuji Hakone Pass ini, kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Fuji dan Hakone dengan lebih nyaman dan murah dari Tokyo seperti Danau Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kagelow Mt.Fuji Hostel Ka
1 km away
from ¥2826/night
Fuji Backpackers Capsule
0 km away
from ¥2321/night
PICA Fujiyoshida
5 km away
from ¥7000/night
Yamanakako Shuzanso
15 km away
from ‎¥15952/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Herbal Kawaguchiko
0 km away
Bangunan Museum Herbal Kawaguchiko
Museum Itchiku Kubota
2 km away
Pintu masuk Museum Seni Itchiku Kubota
Oshino Hakkai
8 km away
Pemandangan Gunung Fuji dari Oshino Hakkai
Gunung Fuji
17 km away
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

Sumber gambar : Flickr Meredith P., Hmee Talingchan, dannymars, PeachBlack


Recommended for you


Last modified: October 15, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (65)

  1. Apakah lebih mudah menggunakan JR PASS atau Bus dr shibuya ke kawaguchiko? apakah kami bisa menyewa tour guide untuk menemani ke lake kawaguchiko dan lanjut ke.gotemba di bulan april 2018

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Rute bus dari Shibuya sampai ke Kawaguchiko bukanlah bus JR, jadi tidak tercover oleh JR PASS.
      Untuk tour guidenya (menemani jalan dengan transportasi umum) biayanya 25.000 yen bu per hari.

  2. Halo Bos Nugroho,

    Saya baca blognya sangat sangat terbantu dan ingin menanyakan beberapa hal,
    saya Pulang dan Pergi dari HANEDA TOKYO

    Nah saya ingin ke TOKYO – KYOTO – OSAKA – GUNUNG FUJI – KAWAGUCHIKO (kalau sempat)

    1. JRPASS apa yang bagus buat saya? atau tanpa JRPASS?
    2. Apakah saya perlu membeli pasmo / suica lagi?

    Saya cuma 7 hari, 6 malam di Jepang

    Terima Kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Tokyo-Kyoto/ Osaka, ya silahkan membeli JR Pass.
      2. Penggunaan SUICA/ Pasmo tetap saya sarankan untuk naik kereta-kereta subway yang tidak tercover oleh JR Pass, supaya tidak repot mengantri saja setiap kali ingin naik kereta. Salam.

  3. Slmt sore pa, mau tanya kalau rute saya datang dari Tokyo dan pulang dari Osaka, saya ingin mengunjungi Hakone dan Danau Kawaguchiko / Gunung Fuji selama 2 hari 1 malam, berangkat pagi dari Tokyo dan besok sore menuju Osaka. Apakah cukup waktu untuk ke 2 tempat tsb? Pass apa yang harus dibeli? lebih baik menginap di daerah mana 1 malam tsb? tksh

    • Helen Meliana  |  

      pak nugroho, kalau dibalik, dari Tokyo mengunjungi hakone seharian, terus bermalam di kawaguchiko, besoknya mengitar di kawaguchiko, sorenya berangkat kyoto dari kawaguchiko, bisa ga ya seperti itu? kereta ke kyoto apakah cuma bisa dari hakone saja?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau naik bus dari Kawaguchiko ke Kyoto bisa saja. Tapi kalau mau naik kereta dari Kawaguchiko ke Kyoto/ Osaka, pada akhirnya harus memutar jauh kembali ke Tokyo atau melewati Hakone-Odawara lagi. Silakan bisa dibaca di akses dari Kawaguchiko ke Kyoto/ Osaka. Salam

  4. Wina septiandani  |  

    Pak saya pake jr pasa, nanti di tokyo saya rencana ke akihabara, shinjuku, shibuya, harajuku trs mau ke museum herbal kawahuchiko, saya perlu beli pass lg? Atau icoca?(saya mndarat lewat kansai)

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu, semuanya bisa dicapai dengan naik kereta JR (tercover mayoritas oleh JR Pass). ICOCA bisa digunakan untk membayar ongkos bus retro dari Stasiun Kawaguchiko ke Museum Herbal dan juga ongkos kereta Fujikyu Railway dari Stasiun Otsuki ke Kawaguchiko. Salam.

  5. Halo team info jepang .. saya ingin bertanya , saya akan ke jepang selama 10 hari hari 1-4 saya habiskan di osaka dan kyot0 saya turun di haneda sehingga saya berencana membeli jr pass , saya juga memasukan rencana ke kawaguchiko dan galayuzawa ke itin saya, disney sea , musium fujiko f fujio dan odaiba yg akan saya tempuh dari tokyo .. saya bingung perlukan saya membeli tokyo wide pass lagi ? Karena JR pass hanya utuk 7 hari .. dan bisakah tolong di beri arahan mana saja yg sebaiknya pake jr pass dan mana saja yg pakai tokyo wide pass .. terimakasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Pada dasarnya hampir 90% cakupan Tokyo Wide Pass masuk ke dalam JR PASS.
      Mungkin bisa diatur, perjalanan ke Kawaguchiko dan Gala Yuzawa masuk ke dalam hari ke 5-6 atau 6-7. Jadi sisanya hanya di dalam kota Tokyo saja.
      Kalau hanya di dalam kota seperti Fujiko F Fujio dan Odaiba, tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass.

  6. Hai!
    mohn bantuannya ya, Pak..
    saya berencana pergi ke kawaguchiko dari osaka.
    setelah googling, ke kawaguchiko lebih mudah dari tokyo sehingga saya hrs melakukan perjalanan osaka – tokyo baru ke kawaguchiko. walaupun dengan JR pass tidak semua perjalanan dari tokyo – kawaguchiko di cover.
    pertanyaan saya : dgn JR pass apakah bisa saya pakai osaka – tokyo padahal sebelumnya saya sdh menggunakan JR pass dgn rute narita – osaka?
    dengan kata lain, JR pass bisa digunakan berkali-kali atau bolak balik untuk rute yang sama?
    terima kasih sebleumnya, pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa, JR Pass mengcover semua ongkos naik kereta JR dari manapun ke manapun di Jepang tanpa terbatas. Salam.

  7. Halo..
    Saya rencana ke Jepang Tanggal 8-14 Juli nanti. Berikut rencana saya:
    1. Narita – Tokyo
    2. Tokyo – Osaka – Tokyo
    3. Tokyo – Kyoto – Tokyo
    4. Disney Sea
    5. Fuji – Kawagichiko – Tokyo
    6. Tokyo – Narita

    Apakah dengan menggunakan JR PASS mengcover semua rute saya? Apakah saya harus membeli tiket one day pass di satu kota misalnya di osaka/kyoto/tokyo juga jika saya telah memiliki JR PASS?
    Kendala saya hotel telah terbooking di daerah Shinjuku selama 7 hari sehingga sulitnya harus kembali ke Tokyo setiap hari.

    • Nugroho Christian  |  

      Mayoritas tercover bu, namun untuk ke Fuji Kawaguchiko hanya tercover sebagian. Ibu harus membayar biaya tambahan 1.140 yen untuk ongkos Fujikyu Railway dari Stasiun Otsuki ke Stasiun Kawaguchiko. Wah, sayang sekali ya bu, karena Kyoto dan Osaka itu berdekatan (hanya 10-20 menit saja). Dibandingkan dengan naik shinkansen Tokyo Kyoto yang hampir 3 jam. Salam.

  8. halo kak, mohon infonya. saya akan ke jepang pada awal septeber 2017. tujuan berlibur saya adalah kawaguchiko dan tokyo. lebih baik dari haneda saya lgsg ke kawaguchiko atau ke tokyo dulu ya? dan, apabila tidak bisa berbahasa jepang dan ingin membeli tiket bus ke kawaguchiko sedangkan harus reservasi dulu pembeliannya dimana ya? lebih baik membeli JP PASS atau tidak apabila ingin ke 2 tempat berikut. makasihhh

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ibu tiba di Haneda jam berapa ya? Silakan dicek dulu jam-jam keberangkatan bus menuju ke Fuji Kawaguchiko. Kalau ada bus nya bisa langsung ke sana, kalau tidak ada bisa menginap di Tokyo. Kemudian ibu silakan mengecek linknya, ada link reservasi dalam bahasa Inggris kok.
      Kemudian ibu mau kemana saja? Kalau hanya ke gunung Fuji, Kawaguchiko, apalagi naik bus, maka JR PASS akan rugi. Salam

    • saya sampai di haneda jam 08;50 pagi min, jadi lebih baik saat sapai langsung meneruskan perjalanan menuju kawaguchiko ya. saya hanya ingin explore fuji kawaguchiko dan tokyo, shibuya, shinjuku karena saya hanya 7 hari include PP dari jakarta. jadi hanya 5 hari disana. mungkin ada refrensi itinerary 5 hari tokyo, kawaguchi yang pas buat saya. ditunggu balasannya.terimakasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau tiba pukul 08.50, mungkin masih bisa mengejar bus yang ke arah Kawaguchiko kalau memang tidak capai.
      Lalu kalau hanya sekitaran Tokyo dan berkeliling Fuji Kawaguchiko, tidak perlu membeli JR PASS ibu. Ibu silakan membaca-baca artikel di website infojepang, hingga bagian komentar. Ada kok contoh itinerary perjalanan dari teman-teman yang lain. Semuanya bisa dibaca gratis. Salam

  9. Selamat malam pak nugroho, saya akan ke tokyo hari sabtu tgl 13 mei
    Berikut itin saya:
    13-16 tokyo
    16-18 kawaguchiko
    18-23 kyoto
    23-25 osaka

    Apakah perlu membeli tiket JR pass?
    Terimakasih

    • Ida Djuraedah  |  

      selamat sore pak Nugroho, berikut itin saya ;
      26- 28 june Osaka
      28 – 30 june Kyoto
      30 june- 1 juli Hakone
      1 july – 2 july Kawaguchiko
      2 july – 4 july Tetayama Kurobe Alpine route
      4 july – 6 july Tokyo
      Pass Apa saja yang saya perlukan untuk itin diatas. terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Karena ada Osaka, Kyoto, Tateyama, silahkan membeli JR Pass bu. Mohon info lengkapnya, 2-4 Juli ibu mau stay di mana?

  10. Selamat malam pak… sy mau bertanya.. insya Allah akn k jepang tgl 19-24 adapun itin kami adalah:
    1.19 mei pkl 11 mlm tiba d haneda kami nginep d daerah akihabara
    Dr haneda k akihabara sebaiknya kami menggunakan transportasi apa y pak?ketengan ato lgsg beli kartu pass??
    2.tgl 20 -21 eksplore tokyo dan berencana k kawaguchiko… kartu pass apa yang cocok untuk digunakan?
    3.tgl 22 flight ke osaka dr Narita
    Dari bandara kansai k hotel kami d daerah namba sebaiknya kami menggunakan transportasi apa dan kartu pass apa?? Utk keliling osaka kami sebaiknya menggunakan kartu pass apa y pak?
    4.tgl 23 rencana eksplore kyoto… dr osaka dan ke kyoto sebaiknya menggunakan kartu pass apa pak?
    Maaf y pak pertanyaannya banyak..sy bingung ama kartu pass d jepang banyak bgt…takut salah beli kan rugi yaaa heheheee
    Makasi sebelumnya y pak 😁😁

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk hari pertama, tidak perlu membeli pass ibu, sebab masih lebih murah membeli tiket ketengan. Kemudian, Ibu dari Tokyo ke Kawaguchiko nya rencana naik apa ya? Untuk perjalanan di Osaka bisa membeli Yokoso Osaka Ticket seharga 1500 yen. Lalu untuk perjalanan di Kyoto bisa membeli one day bus pass Kyoto. Salam

    • Utk muter2 tokyo apakah cukup dgn pasmo card pak atau ada kartu lain yg lbh sesuai?
      Klo dr tokyo k kawaguchiko apakah bisa dgn pasmo card jg pak?Mengingat waktu yg terbatas sebaiknya kami menggunakan transportasi apa menuju kawaguchiko pak dan kartu pass apa yg hrs kami beli?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau memang berniat mengunjungi 3-4 tempat dalam satu hari, bisa pakai pass harian di Tokyo seperti Tokyo Metro Pass. Namun kalau hanya 1-2 tempat, bisa pakai SUICA Card atau bayar tiket satuan untuk keretanya. Suica/Pasmo juga bisa digunakan dalam perjalanan ke Kawaguchiko. Salam

    • Pak…yokoso osaka ticket apakah sudah include kereta dr bandara kansai k stasiun namba?
      Dan yokoso osaka ticket itu one day pass ticket y pak?

  11. Pagi Mas Nugroho :
    Saya mau bertanya & mohon sarannya :
    Saya berniat ke Jepang Bulan Oktober nanti, masih lama sih memang tapi karena saya membawa anak saya (6 tahun) dan juga Ibu saya (yang sudah tidak terlalu kuat jalan jauh).
    Jadi saya ingin mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.
    Pertanyaan saya (agak panjang nih Mas :D) :

    Saya tiba Di Narita Airport Tgl 27 Okt Pk. 18.30 dan Pulang Tgl 04 Nov Pk. 11.25 (dari Narita juga)
    Niat saya untuk Day 1 – Day 5 (hanya bepergian di seputaran Tokyo : Shibuya, Harajuku, Asakusa Temple, Tokyo Disneyland, Mt Fuji, dll)
    Dan karena saya bukan org yang ambisius untuk travelling ke beberapa tempat dalam 1 hari, jadi perjalanan saya rencananya akan lebih santai. Dikarenakan sayapun membawa Ibu saya yang cenderung tidak bisa jalan jauh.
    Dan untuk Hari ke 6 berencana ke Kyoto (PP)
    Hari Ke 7 ke Osaka (PP)
    Hari ke 8 hanya akan belanja oleholeh di Tokyo, lalu hari ke 9 pulang ke Jakarta (melalui Narita Airport)

    Pertanyaan saya kurang lebih :
    1. Untuk pass yang perlu saya beli kombinasinya apakah cukup Tokyo Metro Pass & JR Pass atau lebih mudah menggunakan Suica/Pasmo Card & JR Pass (agar hanya tinggak tap kartunya saja & lebih memudahkan).
    2. Sampai saat ini saya masih mencari hotel ataupun Airbnb yang sesuai dan mudah diakses baik dari Narita Airport maupun pada saat bepergian dari tengah kota Tokyo kemana-mana. Mungkin ada suggest untuk hotel ataupun hostel yang recommended?
    3. Apakah di Jepang di setiap area banyak disediakan tempat duduk-duduk (menjaga kemungkinan apabila Ibu saya terlalu capek untuk berjalan), atau memang lebih baik membawa kursi roda. Kalaupun membawa kursi roda apakah Jepang termasuk kota yang ramah dengan penggunanan kursi roda?
    4. ada recommend land tour 1 hari (Mt Fuiji dan sekitarnya kah) atau sewa mobil dengan supir untuk PP dari hotel ke Mt, Fuji. Range harganya berapakah?
    5. Awalnya saya agak ragu, apakah ingin bepergian antara kota ke Jepang atau hanya menghabiskan waktu di Tokyo saja selama di Jepang. Tapi menurut banyak orang, agak rugi kalau sudah ke Jepang tidak menyempatkan ke kota lain selain Tokyo. Please advice ya.

    Thank you Mas Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Karena ada perjalanan PP Tokyo–Osaka/Kyoto–Tokyo, maka bisa membeli JR PASS karena sudah balik modal.
      Kalau sudah beli JR PASS, silakan memesan hotel di sekitaran stasiun JR, seperti Ueno, Shinjuku, atau Akihabara.
      Tim Info Jepang menyarakankan untuk mengambil hotel di daerah sekitar Takadanobaba Station (beda 2 stasiun dengan Shinjuku) atau Otsuka Station (beda 6 stasiun dari Shinjuku). Baik keduanya terhubung dengan kereta JR Yamanote Line jadi ongkosnya tercover bila memiliki JR PASS atau Tokyo Wide Pass. Berikut adalah beberapa hotel yang berada dekat dengan stasiun:
      1. Hotel Bellclassic Tokyo (stasiun terdekat Otsuka)
      2. R&B Hotel Otsukaeki-Kitaguchi (stasiun terdekat Otsuka)
      3. Otsuka City Hotel (stasiun terdekat Otsuka)
      4. Hotel Sunroute Takadanobaba (stasiun terdekat Takadanobaba)
      Selain dekat hotel, harga per malamnya juga lebih murah dan terhubung juga dengan jalur kereta JR.

      Banyak tempat wisata yang tidak menyediakan tempat duduk, anggap saja semuanya harus berjalan dan berdiri. Jadi kalau memang dirasa perlu, silakan membawa kursi roda. Penggunaan kursi roda sendiri relatif nyaman, karena setiap gerbong kereta ada tempat untuk kursi roda, kemudian setiap stasiun juga ada lift.

      Untuk land tour PP Tokyo-Fuji Kawaguchiko, biayanya sekitar 70.000-80.000 yen. Semua biaya (bensin, tol, fee supir) sudah termasuk.
      Ya, bapak bisa bepergian ke kota-kota lain, jangan hanya di Tokyo saja. Mungkin bapak bisa mengincar beberapa festsival di bulan Oktober-November, seperti Momiji di Korankei atau momiji di Kawaguchiko. salam

    • Hai Mas Nugroho,

      Berarti untuk keliling Toko saya lebih baik beli Tokyo Wide Pass ya?
      Untuk Tokyo Wide Pass ini berlaku berapa hari ya? Apakah bisa di top up atau kalau periodenya sudah habis saya harus membeli ulang Tokyo Wide pass yang baru?

      Nah untuk pengaktifan JR Pass nya sendiri lebih baik di hari keberangkatan saya ke Kyoto saja atau bagaimana baiknya?

      Satu lagi, untuk kadatangan di Narita Airport lalu setelah itu bisa naik Narita Express atau lainnya, apakah koper – koper yang saya bawa bisa juga masuk kedalam kereta ataukah biasanya ada tempat pemyimpanan khusus koper?

      Mohon infonya ya Mas.

      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass kalau sudah beli JR PASS. Mohon baca dengan seksama pak komentarnya ya.
      Jangan membuat bingung pembaca yang lainnya.
      Lalu pengaktifan JR PASS bisa saat pindah antar kota yang mana ongkosnya besar dibanding perjalanan di dalam kota Tokyo.
      Untuk penyimpanan koper di kereta, bapak bisa membaca Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang. Salam

    • Ok, Terimakasih Mas Nugroho.
      Mohon maaf sebelumnya, tidak bermaksud membuat pembaca bingung. Hanya saja di komentar diatas hanya ada keterangan penggunaan JR Pass saja.
      Saya hanya bermaksud tau lebih detail untuk itu saya tanyakan kembali.

      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Ya, kami juga hanya meluruskan saja supaya pembaca yang lain tidak salah paham. Terimakasih atas pengertiannya Pak.
      Selamat berlibur di Jepang!

  12. Pak mohon info, saya akan rencana 3 hari di tokyo (arrival haneda 7maret, lalu akan ke asakusa sampai siang hari lalu sore ke disneyland yg after 6, besoknya 8 maret mau ke kawaguchiko day trip (tadinya saya mau reservasi bus), lalu 9 maret mau di tokyo sampai pk 23.00 naik over night bus ke Osaka. Di Osaka 10 maret dan 11 maret ke Kyoto. 12 kembali ke Indo. Apakah klo itinerary tsb perlu beli JR pass wide tokyo/ mohon advice nya lebih baik beli yg mana saja? Terimakasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Pulangnya Faustine lewat mana ya? Lewat Kansai atau Haneda/Narita? Kalau baliknya lewat Kansai, tidak perlu membeli JR Pass. Salam.

  13. Ohya, apakah juga bisa dipake utk jalur yurikamome. Apakah bisa dipake utk retro bus di kawaguchi? Terimaksih ata jwabannya mas nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Yani. Ya, suica/pasmo card bisa dipakai juga di jalur Yurikamome dan Retro Bus Kawaguchi.
      Salam

  14. Pak itinerary saya tokyo-osaka-kyoto, nginep di tokyo dan osaka, jalan ke kyoto pp dr osaka, selain itu saya mau ke alpine route dan kawaguchi go, keliling tokyo rencana mau pake one day pass tokyo metro 800yen/24hrs, di kyoto mau pake bus one day pass 500 yen, yang saya tanyakan untuk alpine route dan kawaguchiko lebih hemat pake apa ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu berapa lama di Tokyo dan berapa lama di Osaka?
      Kalau ingin ke Kawaguchiko dan Alpine Route yang jelas tidak cocok kalau menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini.
      Tim Info Jepang perlu info lebih detail mengenai perjalanan ibu selama di Jepang supaya bisa memberi rekomendasi train pass yang tepat.
      Salam

    • Hari pertama: Kedatangan dr haneda dini hari, pagi nya explore pusat kota tokyo

      Hari kedua: ke kawaguci go, sore/mlm menuju alpine route

      Hari ketiga: seharian di alpine route, sore menuju osaka

      Hari keempat: eksplore kyoto

      Hari kelima-enam: osaka-pulang

      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau seperti itu tidak perlu membeli JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Cukup membeli tiket kereta/ bus yang diperlukan, plus train pass untuk Tokyo dan Kyoto seperti yang ibu tulis di atas.
      Salam

    • Terima kasih atas infony, kemudian sesudah dari alpine route, dari nagano ke osaka apakah ada bus/ train di sore hari atau malam hari? Terima kasih

  15. apakah suica bisa juga digunakan di keisei line? thanks.
    karena saya akan tinggal di higashi shinjuku dan bepergian ke seputaran kota tokyo dan akan ke mount fuji via Kawaguchiko… apakah lebih baik menggunakan Suica atau kartu apa untuk lebih hemat. mengingat saya selama 5 hari di Higashi Shinjuku.trims.

    • Info Jepang  |  

      Ya kartu SUICA bisa digunakan di keisei line dan hampir di seluruh jalur kereta di daerah sekitar Tokyo (Kanto).
      Sekian

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!