Naik Limousine Bus di Jepang

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Naik Limousine Bus di Jepang

Liburan ke Jepang akhirnya terwujud juga. Setelah berbagai persiapan, mencari informasi tempat wisata, hotel, lalu transportasi dan barang-barang yang perlu dibawa ke Jepang, akhirnya tibalah kita di hari keberangkatan. Rasanya sudah tidak sabar ingin segera menginjakkan kaki di Jepang. Namun, masih ada kegalauan dalam hati, setibanya di Bandara Haneda atau Bandara Narita, bagaimana ya cara sampai ke hotel? Barang bawaan cukup banyak dan sulit rasanya kalau mesti naik kereta. Tambah ribet lagi kalau membawa serta anak. Tapi kalau naik taksi mahal banget. Nah, Tim Info Jepang punya solusinya, yakni dengan naik Limousine bus. Selain nyaman buat bawa banyak barang, tentu harganya jauh lebih murah.

Mengenal Limousine Bus di Jepang

Limousine bus adalah layanan bus shuttle yang beroperasi di area Tokyo menuju Bandara Haneda dan Bandara Narita dan sebaliknya dari Haneda atau Narita menuju wilayah Tokyo. Biar mudah dibayangkan, bentuk dan cara operasional bus shuttle ini seperti Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta. Kalau bus Damri di Indonesia biasanya akan mengantarkan/ menjemput kita di terminal bus atau stasiun seperti Gambir, Lebak Bulus, atau Kampung Rambutan, Limousine bus di Jepang bisa mengantarkan kita sampai di depan hotel. Kita tinggal turun dan langsung check-in, beda dengan kereta yang harus jalan kaki lagi dari stasiun sampai ke hotel.

Limousine Bus sampai hari ini hanya tersedia di Bandara Haneda dan Narita Jepang menuju area di Tokyo, Chiba, dan Yokohama dan sebaliknya. Kita bisa naik dari Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal Internasional Haneda atau dari Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 di Narita.

Halte Limousine Bus di Narita Terminal 3

Naik Limousine Bus di Bandara Narita

Hal yang wajib dilakukan setibanya mendarat di Bandara Jepang

  1. Menukar voucher tiket atau membeli JR-Pass untuk naik kereta di seluruh Jepang
  2. Membeli kartu SIM Docomo atau menyewa mobile Wi-Fi Pupuru untuk bisa menggunakan internet dengan murah di Jepang.
  3. Mengunduh peta Jepang di handphone kita.

Berapa harga tiket Limousine Bus ?

Harga tiket Limousine bus berbeda-beda tergantung dari tempat tujuan (dari bandara) atau tempat penjemputan (menuju bandara). Berikut ini Tim Info Jepang berikan harga tiketnya untuk beberapa lokasi yang penting sebagai perbandingan teman-teman.

Dari bandara Haneda

  1. Dari Bandara Haneda ke Stasiun Tokyo, harga tiketnya 970 yen
  2. Dari Bandara Haneda ke Stasiun Shinjuku, harga tiketnya 1.230 yen
  3. Dari Bandara Haneda ke Tokyo Bay Maihama Hotel di kompleks taman bermain Tokyo Disneyland, harga tiketnya 830 yen

Dari Bandara Narita

  1. Dari Bandara Narita ke Stasiun Tokyo, harga tiketnya 2.800 yen
  2. Dari Bandara Narita ke Stasiun Shinjuku, harga tiketnya 3.100 yen
  3. Dari Bandara Narita ke Tokyo Bay Maihama Hotel di kompleks taman bermain Tokyo Disneyland, harga tiketnya 2.450 yen
  4. Dari Bandara Narita ke Yokohama Minatomirai, harga tiketnya 3.600 yen

Harga di atas adalah harga untuk sekali perjalanan dan untuk orang dewasa. Harga tiket untuk anak-anak usia 6-12 tahun adalah setengah harga tiket orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dibawah usia 6 tahun tidak dikenai tiket alias gratis.

Jika dibandingkan dengan tiket kereta, semisal dari Haneda sampai Stasiun Tokyo harga tiket bus memang lebih mahal (970 yen dengan Limousine Bus v.s 650 yen dengan Tokyo Monorail). Namun, jangkauan bus sampai ke hotel tempat kita menginap mungkin bisa jadi salah satu perhitungan teman-teman. Pilihan untuk naik bus adalah yang terbaik khususnya yang hotelnya cukup jauh dari stasiun kereta, bawa barang bawaan yang cukup banyak (sulit jika harus naik kereta), atau yang liburan bersama dengan anak-anak.

Dimana kita bisa membeli tiket Limousine Bus?

Kita bisa membeli tiket Limousine Bus melalui mesin penjual otomatis atau di loket penjualan tiket yang tersedia di area sekitar pintu keluar di Bandara Haneda (Terminal 1, 2 dan Internasional) dan Bandara Narita (Terminal 1,2, dan 3). Loket pembelian tiketnya mudah ditemukan kok biasanya ada tulisan Airport Limousine Bus. Oiya, tenang, para staff loket bisa berbahasa Inggris. Namun, untuk memudahkan, teman-teman bisa menuliskan tempat tujuan teman-teman di kertas seperti nama hotel tempat teman-teman akan menginap.

Tempat penjualan tiket Limousine Bus di Narita

Tempat penjualan tiket Limousine Bus di Narita

Ke mana saja tujuan Limousine bus? Apakah bisa sampai ke hotel tujuan saya?

Ada lebih dari 200 tempat sekitar Tokyo seperti Stasiun Tokyo, Shinjuku, Akihabara, Ginza, dan Asakusa, termasuk juga wilayah sekitar seperti Yokohama, Chiba, dan Kisarazu. Hampir seluruh stasiun dan hotel besar tersedia di dalam daftar tempat tujuan bus. Namun, untuk memastikannya, kita bisa mengecek apakah hotel kita masuk ke dalam daftar tempat tujuan.

Jika hotel tempat teman-teman menginap tidak ada di dalam daftar, teman-teman bisa mencari lokasi hotel/ stasiun terdekat lalu meminta untuk diturunkan di sana.

Setiap tempat tujuan juga punya rentang waktu keberangkatan yang berbeda-beda, sekitar 20 menit sekali untuk lokasi penting/ ramai seperti Stasiun Tokyo, Shinjuku, dan Ginza, hingga 40-45 menit sekali untuk area Kisarazu dan Urayasu di Chiba.

Di mana saya bisa naik Limousine Bus?

Setelah memperoleh tiket bus, kita bisa melihat lokasi halte bus kita. Karena ada ratusan tujuan, pastikan teman-teman menunggu di halte dengan nomor yang sesuai dengan yang ada di tiket. Contohnya, di Bandara Narita, Limousine Bus yang menuju Tokyo ada di halte nomor 3, sedangkan yang menuju area Disneyland ada di halte nomor 6.

Baca juga: panduan lengkap mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea

Kita tinggal menunggu bus di halte yang sesuai. Namun, karena setiap halte melayani lebih dari 1 tempat tujuan, pastikan teman-teman mengecek apakah bus ini menuju lokasi yang teman-teman inginkan. Caranya? Cukup tunjukkan tiket kepada kondektur bus sebelum naik. Kita hanya boleh naik di halte Limousine Bus yang sudah disediakan (ada papan namanya) dan jangan menyetop atau naik bus di sembarang tempat ya.

Halte keberangkatan Limousine Bus Terminal 1 Narita

Halte keberangkatan Limousine Bus di Terminal 1 Narita (nomor 12)

Berapa lama perjalanannya?

Berbeda dengan kereta api, lama perjalanan dengan naik bus sangat tergantung dengan kondisi jalanan. Saat jam sibuk pagi hari (7-9 pagi) atau sore hari (6-8 malam), perjalanan dari bandara Narita sampai ke pusat kota Tokyo bisa memakan waktu 80-90 menit, sementara dari bandara Haneda ke pusat kota Tokyo sekitar 40 menit. Di luar jam sibuk, lama perjalanan bisa lebih cepat, sekitar 1 jam dari Narita sampai Tokyo atau 25-30 menit dari Haneda sampai Tokyo.

Teman-teman juga harus memperhitungkan waktu spare atau cadangan, khususnya saat kita menggunakan Limousine bus dari hotel menuju ke bandara. Karena pihak operator bus tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan akibat kondisi lalu lintas (seperti macet atau ada kecelakaan).

Apakah kita bisa naik Limousine bus tengah malam atau pagi-pagi?

Layanan transportasi Limousine bus tersedia selama 24 jam non-stop. Namun, untuk perjalanan tengah malam sampai pagi hari (mulai dari pukul 00.00 sampai 04.59), kita akan dikenai harga tiket bus malam, yakni 2 kali harga tiket normal dan perlu pemesanan khusus. Menutut Tim Info Jepang, untuk perjalanan malam hari atau pagi hari pilihan naik bus adalah yang terbaik. Kereta di Jepang biasanya berhenti beroperasi menjelang tengah malam dan baru mulai beroperasi kembali jam 04.45 pagi. Sedangkan jika naik taksi harganya cukup mahal.

Apakah ada batas maksimal koper dan barang bawaan?

Setiap orangnya maksimal hanya boleh membawa 2 buah koper atau tas berukuran 50x60x120 cm atau ukuran koper besar. Untuk menyiasatinya, teman-teman bisa membagi koper ini bersama pasangan atau teman juga.

Bagaimana suasana dalam kabin bus?

Suasana interior Limousine Bus

Suasana interior Limousine Bus

Suasana dalam kabin bus menurut Tim Info Jepang cukup nyaman. Ruangan untuk kaki kita sekitar 40-45 centimeter, cukup nyaman bagi kita yang membawa anak-anak. Namun jika ingin ruangan kaki yang lebih luas bisa memilih tempat duduk di depan (dekat tempat menaruh tas di area pintu depan). Selain itu, tersedia juga layanan internet melalui Wi-Fi di setiap armada Limousine Bus. Jadi, kita bisa update status dan memberi kabar kepada teman atau keluarga di Indonesia.

Memperoleh potongan harga tiket Limousine Bus

Khusus bagi kita wisatawan asing, tersedia Voucher Tiket “Welcome To Tokyo”. Dengan voucher ini, kita bisa naik Limousine Bus dari dan menuju Haneda atau Narita pulang pergi dengan potongan harga sampai 1.700 yen. Jika kita membeli tiket biasa dari Narita sampai Shinjuku seharga 3.100 yen untuk sekali perjalanan, dengan voucher ini kita bisa membeli tiketnya 4.500 yen untuk dua kali perjalanan.

Untuk memperoleh  voucher khusus dengan potongan harga ini, teman-teman bisa membeli Welcome to Tokyo Limousine Bus Return Voucher di loket penjualan dengan menunjukkan passport. Juga sampaikan lokasi tujuan teman-teman dan lokasi tempat penjemputan saat akan meninggalkan Jepang. Voucher khusus ini hanya berlaku 14 hari dari tanggal kita tiba di Jepang dan untuk lokasi di wilayah pusat kota Tokyo saja.

Sumber gambar: Flickr Hideyuki KAMON, Cheng-en Cheng, Jinny, john hayato

Recommended for you

Last modified: August 27, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (7)

  1. Pak mau tanya (terus..) semoga blm bosan si mas Nugroho jawabin saya…
    Kalo dari haneda ke mahaima tidak tercover jr pass?lalu kalo naik bis limosine ini dari haneda bagaimana reservasinya? Apa perlu reservasi sehari sebelum berangkat? Mengingat saya pergi musim liburan..tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wah,, gapapa kok pak, senang bisa membantu. Perjalanan dari Bandara Haneda ke Maihama tercover dengan JR Pass pak, kalau punya JR Pass usahakan naik kereta sebanyak mungkin supaya untung. Dari Haneda, bisa naik kereta Tokyo Monorail sampai Hamamatsucho, lalu pindah ke JR Yamanote Line sampai Stasiun Tokyo. Dari Stasiun Tokyo, kita naik kereta JR Keiyo Line maupun JR Musashino Line dan turun di Stasiun Maihama.
      Tapi ada juga bus limousine (tidak tercover oleh JR Pass), silahkan lakukan reservasinya saja supaya lebih tenang. Salam.

  2. Iya nih pak saya agak bingung juga untung beli jr pass apa ketengan ya? Saya memang akan ke disney, lalu gotemba lalu osaka kemudian kembali ke haneda, dan tidak terlalu byk gunakan kereta di oska dan tokyo mengingatvwaktunya terlalu sedikit…sementara di gotemba hanya mau ke yeti, kalo sempat ke owukadane dan fuji…osaka hny sempat ke castle . Mohon pencerahnnya pak..tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bisa kirimkan jadwal liburan selama di Jepang nya? Supaya bisa memberikan rekomendasi lebih detail pak.
      Salam

  3. Itenari japan tokyo-osaka

    14/12/16 soekarno hatta
    Check in 22.45
    Boarding 23.45 GA 874

    15/12/16 haneda tokyo
    8.50

    10.00 menuju st mahaima
    Check in hotel Sheraton
    Menuju Disneyland

    22.00 pulang ke hotel

    16/12/16
    9.00 sarapan
    11.00 check out
    11.30 menuju gotemba
    -st tokyo
    -st mishima
    – st gitemba
    14.00 makan siang

    17/12/16
    8.00 sarapan
    8.30 st bis yetti
    Bermain di yetti ski resort
    16.00 pulang
    17.00 ke st gotemba
    Menuju osaka
    21.00 sampai osaka

    18/12/16
    07.00 sarapan
    08.00 ke universal studio

    19/12/16
    09.00 ke osaka castle
    12.00 ke tokyo
    16.00 sampai haneda
    17.00 ke ginza
    Tokyo stasiun
    Shibuya

    20/12/16
    09.00 makan pagi, check out
    Check in 10.45
    Boarding 11.45 GA 875
    17.45 sampai di soekarno hatta

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Karena ada perjalanan PP Shinkansen dari Tokyo ke Osaka, maka itu saja sudah balik modal JR Pass.
      Perjalanan ke Mishima bisa naik shinkansen, lalu dari Mishima ke Shin Osaka juga bisa naik shinkansen (semua tercover JR Pass).
      Perjalanan ke Osaka Castle, Universal Studio Osaka dan kembali ke Tokyo juga bisa menggunakan JR Pass.
      Semuanya tercover oleh JR Pass Pak. Hanya satu saja, untuk ke Ginza bapak bisa lewat stasiun Yurakucho, jangan lewat Ginza Station, sebab tidak tercover JR Pass.
      Salam dan selamat berlibur di Jepang Pak!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan