Kastil Himeji

Home / Castle / Kastil Himeji
Item image

Kastil Himeji atau yang lebih dikenal dengan kastil “White Heron” atau “Bangau Putih” karena warna dinding luarnya yang berwarna putih dan bentuknya seperti sayap bangau yang ingin terbang. Kastil ini begitu megah dan merupakan ikon wisata utama Prefektur Hyogo. Teman-teman pasti dengan mudah menemukan poster, lukisan, atau miniatur puzzle kastil ini. Bersama dengan Kastil Matsumoto dan Kastil Kumamoto, Kastil Himeji masuk ke dalam tiga bangunan kastil paling indah yang ada di Jepang. Yang istimewa, Kastil Himeji yang kita lihat sekarang adalah bangunan asli yang tidak pernah dipugar sama sekali, karena tidak pernah rusak karena gempa, terbakar, atau dirusak musuh. Simak kunjungan saya ke Kastil Himeji yang menjadi situs warisan dunia UNESCO pertama negara Jepang.

Lokasi Himeji bisa dibilang amat strategis dalam wilayah Jepang, karena lokasinya terletak di antara Kyoto di timur sebagai pusat pemerintahan dan wilayah barat yakni Hiroshima, Yamaguchi, dan Fukuoka. Kastil ini juga bertahan dari ledakan bom saat perang dunia kedua dan gempa besar Kobe di tahun 1995. Kini, ada lebih dari 10 ribu pengunjung kastil ini setiap harinya, menjadikannya sebagai objek wisata utama Jepang selain Gunung Fuji dan arena taman bermain Tokyo Disneyland, DisneySea, atau Universal Studio Osaka.

Pada tahun 1600-1609, Tokugawa Ieyasu memperbesar dan memperkuat kastil yang dibangun oleh Akamatsu Norimura tahun 1333. Dia menambah bangunan menara penjaga dan juga parit di sekeliling kastil untuk menahan serangan. Total ada 83 bangunan (termasuk gudang senjata, perlengkapan perang, bahan makanan, lorong atau koridor, gerbang penjaga, dan ruang pertemuan) yang saling terkoneksi dengan jalan dan gerbang penjaga.

Kita bisa berkeliling kompleks kastil dimulai dari pintu gerbang Otemon, dan langsung disambut dengan kebun istana Sannomaru dengan ratusan pohon bunga sakura. Nah, di sinilah tempat yang saya katakan tadi, lokasi favorit penduduk untuk hanami bersama di Himeji. Oiya, untuk berkeliling sampai kebun istana ini kita tidak dikenakan biaya ya, alias gratis.

Bunga sakura di kompleks taman Kastil Himeji

Bunga sakura di kompleks taman Kastil Himeji

Area berbayar baru dimulai dari pintu gerbang Hishi, yang lokasinya di ujung taman Sannomaru. Biaya masuknya 1000 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak. Setelah membeli tiket masuk, kita akan melalui beberapa lapis gerbang penjaga yang masih kokoh berdiri. Memang tidak salah kalau kastil ini terkenal dengan pertahanannya, apalagi jika membayangkan setiap lapisan gerbang ini dijaga oleh pasukan penombak dan lubang pemanah yang siap menjatuhkan musuh bahkan sebelum mereka mendekat. Di balik pintu gerbang juga kita bisa melihat ruangan-ruangan tersembunyi di mana para ninja biasanya ditempatkan untuk menyerang musuh dari belakang.

Setelah itu, kita akan melihat bangunan utama kastil. Bangunan enam lantai yang mayoritas dibangun dari bahan kayu dan masih kuat berdiri selama ratusan tahun. Kita bisa masuk ke dalam kastil dan naik ke lantai-lantai atasnya dengan menggunakan tangga. Di lantai paling atas, kita bisa menemukan kuil Shinto kecil dengan pemandangan ke arah Kota Himeji. Sungguh indah!

Pemandangan dari atas Kastil Himeji

Pemandangan dari atas Kastil Himeji

Selain taman Sannomaru, kita juga bisa mengunjungi taman Nishinomaru. Taman ini dulu adalah taman pribadi keluarga penguasa Tokugawa. Taman ini juga dipenuhi dengan pohon bunga sakura. Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati hanami di Kastil Himeji sekitar awal April. Selain itu, kita juga bisa menikmati pemandangan musim gugur (momiji) yang tidak kalah keren.

Akses ke Kastil Himeji

Kastil Himeji terletak sekitar 1 kilometer dari Stasiun Himeji, dan bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki dari stasiun. Kalau teman-teman tidak mau berjalan kaki, tersedia juga bus dari Stasiun Himeji selama 5 menit dengan ongkos 100 yen.

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta Shinkansen Nozomi/ Hikari/ Kodama/ Sakura. Lama perjalanan sekitar 45 menit (Nozomi) dan 55 menit (kereta Hikari/ Kodama/ Sakura) dengan harga tiket 4.750 yen. Selain itu, tersedia juga kereta biasa JR dengan lama perjalanan 95 menit dengan harga tiket 2.270 yen.

Dari Stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta Shinkansen Nozomi/ Hikari/ Kodama/ Sakura. Lama perjalanan sekitar 35 menit (Nozomi) dan 45 menit (kereta Hikari/ Kodama/ Sakura) dengan harga tiket 3.220 yen. Selain itu, tersedia juga kereta biasa JR dengan lama perjalanan 70 menit dengan harga tiket 1.490 yen.

Jika ingin berkunjung ke Himeji dari Kyoto atau Osaka, akan lebih menguntungkan jika menggunakan Kansai Pass 1 hari seharga 2.300 yen yang mencakup perjalanan kereta Shinkansen Hikari maupun kereta biasa.

Cheap Hotels near Himeji Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Claire Higasa
1 km away
Hotel Claire Higasa
from ¥6443/night
Hotel Wing International
1 km away
Hotel Wing International Himeji
from ¥5625/night
Hotel Himeji Plaza
1 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night
Himeji 588 Guest House
0 km away
Himeji 588 Guest House
from ¥2659/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Nofokuji
48 km away
Kuil Nofokuji di Kobe
Kinosaki Onsen
88 km away
Kinosaki Onsen Nishimuraya Shogetsu
Mesjid Kobe
48 km away
Panorama Mesjid Kobe
Luminous Kobe
49 km away
Perjalanan malam hari Kobe Luminous

Sumber gambar: Flickr cotaro70s, hirotomo t, Ewan Cross, twitter


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (51)

  1. selamat malam, saya rencananya akan ke jepang dengan rute osaka-himeji-kobe-kyoto-toyama-tokyo-mount fuji-tokyo apakah saya lebih baik menggunakan JR nationwide pass atau JR lainnya? terimakasih sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya sudah akan balik modal dengan JR Pass (29.110 yen) melihat rutenya ingin ke Himeji, Toyama dan Tokyo. Boleh tahu, durasi perjalanan vira di Jepang itu berapa hari ya? Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Mungkin lebih baik di atur bu, Osaka-Kobe-Kyoto dahulu. Baru diaktifkan supaya perjalanan ke Himeji sampai ke Tokyo tercover dengan JR Pass 7 hari. Sepertinya sudah akan balik modal dengan JR Pass. Salam.

  2. Selamat sore pak Nugroho,

    Saya dan keluarga berencana berlibur ke Jepang dengan itinerary sbb:

    Day 1: SUB-HND
    Day 2: Ikut paket join tour
    Day 3: keliling dalam kota Tokyo sendiri
    Day 4: Ikut paket join tour ke Mt. Fuji dan sekitarnya
    Day 5: keliling dalam kota Tokyo sendiri
    Day 6: keliling dalam kota Tokyo sendiri

    Day 7: Transfer to Osaka (by shinkansen)
    Day 8: Jalan-jalan ke Kyoto seharian, lalu kembali ke Osaka
    Day 9: Jalan-jalan ke Kobe. Lanjut menuju Himeji Castle. Lalu kembali ke Osaka.
    Day 10: Jalan-jalan dalam kota Osaka sendiri.
    Day 11: Jalan-jalan dalam kota Osaka sendiri.

    1. Mohon petunjuk apakah sebaiknya kami membeli JR Pass 7 days?
    2. Saya lihat di Google maps, seluruh rute yang saya sebutkan semuanya by Tokaido Sanyo Shinkansen. Apakah ini di cover oleh JR Pass?
    3. Apakah worth untuk membeli Tokyo Subway 48 hrs?
    4. Misalkan kita beli JR Pass dan Tokyo Subway 48 hrs dan Osaka Amazing Pass apakah masih butuh Pasmo/ Suica?

    Terima kasih atas bantuannya.

    Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Melihat rutenya sepertinya tidak perlu bu, sulit untuk balik modal kalau hanya ada rute satu arah Tokyo ke Osaka.
      2. Ya, kereta Tokaido Shinkansen Hikari tercover dengan JR Pass.
      3. Tergantung ibu mau kemana, silahkan dibaca tulisan saya tentang Pass Kereta di Tokyo.
      4. Ya, masih perlu. SUICA/ Pasmo intinya seperti e-money bu, bisa dipakai buat naik bus, kereta,

  3. halo pak, mohon bantuan kalau memakai kansai thru pass mau ke himeji castle, jalurnya gimana ya dari umeda station? pindah keretanya dari mana ya? (bingung banget baca petanya)

    • Nugroho Christian  |  

      Lisa bisa naik kereta Hankyu Kobe Line sampai Stasiun Shinkaichi atau Kosokukobe, lalu dilanjutkan dengan naik Hanshin/Sanyo Through Ltd. Exp. sampai Stasiun Sanyo Himeji. Salam.

    • Selamat mlm pak. Yg mau sy tanyakan, jika ingin ke kastil Himeji dr Osaka, dan sy punya Kansai Thru Pass, kereta apa yg bs sy naiki? Hotel sy dekat dgn sta Juso. Terima kasih sblmnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa naik kereta Hanshin Line, ada kereta langsung menuju ke Sanyo Himeji Station di jam-jam tertentu.
      Kalau tidak pas waktunya harus berganti-ganti kereta di Shin Kaichi atau Motomachi Station. Salam

  4. pagi pak. saya menginap di dekat stasiun esaka hari pertama yang saya kunjungi :
    1. osaka menuju himeji ? naik keretanya di stasiun apa ya pak , dan naik kereta apa ?
    2. himeji menuju kobe ? naik keretanya di stasiun apa ya pak , dan naik kereta apa ?
    3. kobe menuju osaka ? naik keretanya di stasiun apa ya pak , dan naik kereta apa ?

    apakah pakai kansai thru pass sudah tepat pak?

    regard
    adrian

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk akses dari Osaka menuju ke Himeji bisa dicek di artikel di atas. Akses dar Himeji menuju ke Kobe Sannomiya adalah dengan JR Kobe Line, lama perjalanan 40 menit dengan ongkos 970 yen.
      Akses dari Kobe menuju ke Osaka adalah dengan JR Kobe Line dari Stasiun Motomachi, lama perjalanannya 30 menit, dengan harga tiket 410 yen. Salam

  5. siang pak, saya mau tanya: kalau dari osaka mau ke himeji setelah dari himeji lanjut ke kobe dan balik lagi ke osaka lebih baik pakai kansai thru pass atau pass apa ya? thanks

  6. Hallo Pak,
    saya mau bertanya, jika saya naik kereta dari himeji station ke osaka station apakah ada rutenya ?
    jika ada, untuk lebih cepat sampai naik kereta jenins apa dan namanya apa ya ?

    terimakasih, Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Informasi mengenai kereta dari Himeji menuju ke Osaka Station bisa dibaca di artikel di atas. Salam

    • Trus pak, kalau untuk pembelian tiket masuk ke castle apakah bisa dibli online ?
      karena saya tahu dari temen kalau pergi dibulan April akan ramai sekali pengunjung & pastinya akan mengantri berjam”.

      Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak tersedia pak Yodi untuk tiket masuk Himeji Castle. Memang saat musim sakura, kastil akan dipenuhi pengunjung karena kastil himeji termasuk spot hanami terkenal. Triknya adalah datang pagi-pagi sekali untuk bisa hanami di sini. Salam.

  7. Selamat malam kalau misalkan saya berencana dari kyoto mau ke nara, himeji, dan kobe terakhir akan meninap di osaka. Lebih baik menggunakan pass atau tidak ya? Kalau iya yang mana. Dan apa mungkin bisa berkunjung ke tiga kota tersebut sekaligus? terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah ingin mengunjungi nara, Himeji, dan Kobe dalam satu hari? Sepertinya akan sulit kalau ingin mengunjungi ketiga tempat itu bu, yang ada malah terburu-buru dan tidak bisa menikmati liburan. Kalau ingin mengunjungi dalam dua atau tiga hari bisa menggunakan pass. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Tergantung Syifa mau kemana saja selama di Kansai. Kalau hanya seputaran Kyoto Osaka, tidak perlu membeli pass, silahkan beli tiket ketengan saja. Tapi kalau mau keliling Kansai seperti ke Kobe, Nara, Himeji, bisa membeli pass-pass yang saya sampaikan di atas. Salam.

  8. Selamat malam Pak,

    Kami berencana ke Jepang untuk pertama kalinya dari tanggal 23 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017 dengan breakdown sebagai berikut:

    23 Juni: Tiba di KIX, Osaka dan langsung menuju hotel
    24 Juni: Muter2 Osaka (Osaka Castle, Shitennoji, Dottonburi), malamnya nginep di Osaka
    25 Juni: Naik train ke Himeji Castle, lalu bermalam di Osaka dan Ta Q Bin koper ke Kyoto
    26 Juni: Muter2 Kyoto (Higashiyama, Arashiyama), bermalam di Kyoto
    27 Juni: Naik kereta ke Nara, lalu balik ke Kyoto dan Ta Q Bin koper ke Tokyo
    28 Juni: Dari Kyoto ke Toyama lalu Alpine Route ke Ogizawa ke Nagano dan Tokyo by train, nginep di Tokyo malamnya
    29 Juni: Tokyo full day tour (Imperial Palace), bermalam di Tokyo
    30 Juni: Nikko atau Kamakura by train, back to Tokyo malamnya
    1 Juli: Visit Mt Fuji dan Hakone, kembali bermalam di Tokyo
    2 Juli: Balik ke Jakarta dari Haneda

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah beli JR Pass 7 hari untung atau tidak? Sisa 3 hari beli individual tiket saja
    2. Apakah itinerary saya masih okay atau terlalu rame?
    3. Apakah menggunakan jasa Ta Q Bin sudah benar dan lebih baik daripada seret koper ke sana kemari?

    Terima kasih banyak untuk bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, JR PASS 7 hari sudah balik modal. Itinerarynya sudah cukup padat Pak. Kemudian pilihan mengirimkan koper juga sudah tepat. Salam

  9. lucia sri lestari  |  

    Pak, kami berencana ke Jepang tg 6-13 Juni besok, berbasis di KOBE. Kami ingin mengunjungi :
    1. Himeji
    2. Nara
    3. Kyoto
    4. Shirakawago / alpine

    Untuk transportasi, sebaiknya saya pakai JR Kansai wide area pass atau Kansai-Hokuriku Pass Area
    Apakah pass itu juga berlaku untuk subway dan city bus?
    Apakah pass itu juga bisa digunakan saat datang dan pulang ? (dari KIX ke Shin-Kobe pp?)
    Apakah cukup berarti dengan membeli pass itu, atau lebih baik mengecer atau bahkan pass yang lain?

    Mohon saran nya. terima kasih banyak (saya mumet sendiri, mohon bantuannya ya Pak)

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ingin ke Shirakawago dan Tateyama Alpine Route, harus lewat Kanazawa atau Toyama.
      Nah, kalau JR Kansai Wide Area Pass, ongkos ke Kanazawa atau Toyama tidak tercover, sementara Kansai Hokuriku Pass mengcover.
      Lalu ongkos shinkansen dari Shin Kobe sampai Osaka, dan sampai ke Kansai Airport juga tercover oleh Kansai Hokuriku Pass.
      Jadi sepertinya sudah tepat membeli Kansai Hokuriku Pass. salam

  10. Malam Pak.. apakah ada jam operasional Himeji Castle dan berapa tiket masuknya? Selain kastil, ada tempat wisata apa disekitarnya? Rencananya saya dari Osaka pagi.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk Kastil Himeji, hanya ada Kastil dan Taman Kastil saja yang pas dikunjungi.
      Sebetulnya ada tempat-tempat wisata lain, namun tidak ditampilkan Tim Info Jepang. Ibu lebih baik mampir ke Kobe dalam perjalanan pulang.
      Untuk jam bukanya adalah pukul 09.00-16.00 (lihat di bagian informasi sebelah kanan website kalau dari komputer).
      Kemudian biaya masuknya 1000 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak. Salam

  11. RICHARD B. SETIAWAN  |  

    Hallo mas Nug…. mau tanya lagi…
    Menyimak Prakiraan Jadwal Hanami Sakura sekitar tanggal 4 April sd 14 April ada di Nigata. Apakah ini yang dimaksud adalah Kastil Himeji di Kobe…? atau ada ditempat yang lain…? Pada tanggal 9 April 2017 kami sudah akan ada di Kyoto, tolong INFO hotel yang murah ya mas… kita ber 6 dan dengan JR Pass (7D) yang kami miliki, apakah kami dapat FOC untuk menuju ke Kuil ini…?

  12. Dear Pak Nugroho,
    Utk trip ke Jepang 11 days PP narita
    Rencana visit ke Tokyo-Kawaguchiko-Tateyama Alpine-Gala Yuwaza-Kyoto-Osaka-Himeji-tokyo.

    Apa JR pass yg 29rb cover semua rute diatas?
    Urutannya baiknya dari tokyo ke kawaguchiko, tateyama atau gala?
    Utk tateyama, ada rekomendasi jasa baggage drop dan tempat menginap yang ekonomis dan bersih?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Bapak/ Ibu. Jika menggunakan JR Pass 29.110 yen sudah balik modal kok dan mengcover seluruh tempat yang bapak ingin tuju. Hanya untuk Kawaguchiko harus plus membayar 2X1.140 yen untuk kereta Fujikyuko Lalu rencana perjalanannya bisa diubah sedikit: Tokyo-Gala Yuzawa-Kawaguchiko-Tateyama Alpine-Kyoto-Osaka-Himeji-Tokyo. Bisa dibaca contoh itinerary perjalanan dari Kawaguchiko langsung ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam

    • Terima kasih Pak Nugroho. Yg kereta Fujikyuko kenapa double? Apa 2 arah ya maksudnya?
      Yang Tateyama, saran nya baiknha dari Toyama atau sari arah satunya lagi?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau ke Kawaguchiko stasiun terakhir yang tercover JR Pass adalah Otsuki Station. Jadi Ibu harus lewat rute Tokyo-Otsuki-Kawaguchiko-Otsuki-Tateyama Kurobe. Berarti harus naik kereta Fujikyuko 2 kali, makanya ongkosnya dua kali. Silakan perhatikan link itinerary di atas Ibu. Ibu bisa masuk dari Shinano Omachi keluar di Toyama (dengan catatan harus bawa koper sewaktu menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route). Kalau dirasa ribet, bisa kembali ke Tokyo lagi, dan ikuti perjalanan memutar Tateyama Kurobe Alpine Route (bisa titip barang di Toyama Station atau hotel di Toyama). Salam

  13. Halo Pak Nugroho,
    Saya dan keluarga (1 anak) rencana ke Jepang tanggal 23 april – 2 mei 2017.. saya sedang bingung menyusun itinerarynya karena saya pp Jkt-Haneda dan ingin mengunjungi Kyoto dan Osaka. Berikut rencana itinerary saya:
    24 Apr: landing di Haneda dan jalan di Tokyo
    25 Apr: Tokyo Disneyland
    26 Apr: Mt. Fuji
    27 Apr: Tokyo DisneySea
    28 Apr: Himeji – Osaka
    29 Apr: Kyoto
    30 Apr: Nara – Tokyo
    1 Mei : Tokyo (beli oleh2)
    2 Mei : pulang

    • Pertanyaannya mungkin ke arah apakah itunerarynya sudah efektif? Atau ada yang perlu digeser? Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Mungkin yang sedikit membingungkan adalah mengapa perjalanan ke Gunung Fuji diletakkan di antara itinerary ke Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea.
      Padahal kalau Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea berurutan, bisa menggunakan multi day pass dan menghemat sekitar 1.600 yen. Sementara perjalanan yang lainnya sudah tepat pak, searah dan tidak bolak-balik. Salam

    • Oh, apakah multidays pass tidak berlaku untuk lusanya? Karena disneyland di HK yg 2 days pass nya bisa dipakai sampai 1 minggu dari kunjungan pertama.. kalau di Tokyo beda ya? Thanks..

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, pak hanya untuk kunjungan dua hari berturut-turut.
      Bisa saja pakai Multiday Pass (namanya multiday pass spesial) seperti yang Bapak bilang, namun harganya sama saja dengan kalau membeli untuk tiket 1 hari dan 1 hari.
      Padahal kalau pakai multiday pass untu 2 hari berturut-turut bisa sedikit menghemat biaya. salam

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak mencover pak, namun mencover perjalanan kereta rapid dari Osaka ke Himeji (hanya beda 10 menit dengan naik shinkansen).
      Kalau bapak mau naik shinkansen perlu biaya tambahan sekitar 1.700 yen, dan JR Kansai Pass tetap menguntungkan. Salam

  14. Halo Pak Nugroho..
    Saya akan ke Jepang tgl 8-15 Okt
    Day 1 : Surabaya-Haneda
    Day 2 : Ueno park, asakusa temple, shinjuku, shibuya
    Day 3 : Disneyland
    Day 4 : pagi menuju hakone menginap semalam
    Day 5 : pagi menuju Kyoto (arashiyama,fushimi inari,gion)
    Dan 6 : kiyomizudera siang /sore menuju Osaka (shinsaibashi)
    Day 7 : himeji dll
    Day 8 : menuju kansai
    Berapa lama perjalanan dari Tokyo – hakone ,
    Hakone ke Kyoto , Kyoto ke Osaka Jika menggunakan JR pass kereta biasa bukan shinkanshen?
    Dengan beberapa tempat wisata yang saya kunjungi diatas lebih untung pake JR pass ngga Pak? Mengingat saya one way trip, ngga balik lagi ke tokyo…terima kasih banyak infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Hi Fenni salam kenal,

      Lama perjalanan Tokyo-Odawara (pintu masuk Hakone) sekitar 80 menit, dengan JR Tokaido Line.
      Dari Odawara ke Kyoto sekitar 4-5 jam dengan kereta lokal, atau dengan Shinkansen Nozomi.
      Dari Kyoto ke Osaka sekitar 30 menit.
      Rasanya lebih bagus gak beli JR Pass, mengingat harganya yang mulai dari 29.000 yen. Cuma saran saya, Fenni bisa naik Shinkansen Nozomi dari Odawara sampai ke Kyoto, sekitar 13.500 yen untuk menghemat waktu.

      Salam dan selamat liburan!

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!