Keliling Tohoku Murah dengan JR East Tohoku Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Keliling Tohoku Murah dengan JR East Tohoku Pass

Wilayah Tokyo dan Kansai (termasuk Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe) mungkin sudah sangat terkenal bagi teman-teman wisatawan Indonesia. Begitu banyak tempat wisata terkenal dan review di internet yang sukses membuat kita  menjadi penasaran dan ingin segera ke Jepang. Namun, Jepang punya sisi lain yang “masih” belum banyak diketahui oleh wisatawan bahkan oleh mayoritas penduduknya sendiri. Salah satunya adalah wilayah Tohoku yang meliputi 6 buah prefektur di timur Pulau Honshu. Nah, mau keliling Tohoku dengan murah? Teman-teman harus membaca panduan lengkap khas Tim Info Jepang mengenai JR East Tohoku Pass.

Wilayah Tohoku ini meliputi enam prefektur di timur dan utara Pulau Honshu, antara lain Prefektur Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, dan Fukushima. Kota paling besar dan paling terkenal adalah Sendai di Prefektur Miyagi, lalu ada Fukushima yang juga terkenal setelah kejadian gempa Tohoku 2011 kemarin yang merusak PLTN Fukushima Daishi.

Berapa harga JR East Tohoku Pass?

Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 19.000 yen 20.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 9.500 yen 19.000 yen
Masa berlaku penggunaan 5 hari dari masa berlaku 14 hari

JR East Tohoku Pass ini sangat berguna bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan antara kota-kota dan beberapa tempat wisata terkenal berikut ini:

  1. Keliling di dalam kota Tokyo, Bandara Haneda + Narita Airport
  2. Wilayah Kanto (meliputi Prefektur Tokyo, Kanagawa, Chiba, Saitama, Gunma, Tochigi, dan Ibaraki). Area yang sama dengan cakupan Tokyo Wide Pass namun hanya sampai Stasiun Otsuki saja.
  3. Sendai dan Prefektur Miyagi (baca informasi tempat wisata di Sendai)
  4. Akita dan Yokote
  5. Morioka
  6. Yamagata
  7. Aomori dan Shin-Aomori, area paling utara Pulau Honshu
Kastil Yokote tertutup salju di musim dingin

Kastil Yokote tertutup salju di musim dingin

Di mana membeli JR East Tohoku Pass?

JR East Tohoku Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari). Pass ini bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang melalui internet dan ditukar dengan tiket/pass asli setibanya di Jepang. Petugas biasanya akan meminta kita untuk menunjukkan passport asli (tidak boleh fotokopi). Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher tiket di stasiun atau tempat-tempat berikut ini.

  1. Bandara Narita (Terminal 1,2,3, dan Terminal Internasional)
  2. Bandara Haneda (Terminal Internasional)
  3. Bandara Sendai (hanya melayani penukaran saja)
  4. Stasiun kereta besar di Tokyo, antara lain di Stasiun Tokyo, Shinjuku, Shinagawa, Shibuya, Ikebukuro, dan Ueno
  5. Stasiun Yokohama
  6. Stasiun Sendai
  7. Stasiun Aomori
  8. Stasiun Akita
  9. Stasiun Morioka
  10. Stasiun Hachinobe
  11. Stasiun Yamagata
  12. Stasiun Fukushima
  13. Stasiun Mito di Ibaraki (baca tempat wisata di Ibaraki)
Bunga ume di Taman Kairakuen Ibaraki

Bunga ume di Taman Kairakuen Ibaraki

Bagaimana cara menggunakannya JR East Tohoku Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk manual di setiap stasiun kereta. Pastikan membawa passport karena biasanya petugas akan memeriksa kesesuaian datanya.
  2. Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi pesanan tanpa tambahan biaya (gratis). Cukup datang ke loket tiket (Midori-no-madoguchi) yang ada di stasiun-stasiun yang sudah disebutkan, minimal sehari sebelum keberangkatan dan melakukan reservasi kursi. Teman-teman juga bisa melakukan reservasi secara online melalui link berikut: JR East Train Reservation.
  3. JR East Tohoku Pass tidak mengcover fasilitas kursi Green-Car atau Gran Class (kereta eksekutif) seperti JR Pass umumnya.
  4. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen ke arah Kyoto, Osaka, Hiroshima, dan wilayah selatan Jepang lainnya.

Apa saja yang tercover dengan JR East Tohoku Pass?

Berikut ini adalah kereta yang bisa kita naiki secara tak terbatas (berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi dengan JR East Tohoku Pass.

  1. Seluruh jalur kereta JR di wilayah Tokyo.
  2. Kereta Narita Express dari Bandara Narita airport menuju Stasiun Tokyo, Shinagawa, Shibuya, Shinjuku, dan Ikebukuro.
  3. Kereta Tokyo Monorail dari Bandara Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho.
  4. Kereta Tohoku Shinkansen dari Stasiun Tokyo hingga Stasiun Sendai dan Shin-Aomori.
  5. Kereta Hokuriku Shinkansen dari Stasiun Tokyo hingga Stasiun Karuizawa dan Sakuradaira.
  6. Kereta Joetsu Shinkansen dari Stasiun Tokyo hingga Stasiun Echigo-Yuzawa dan resort ski Gala Yuzawa
  7. Kereta Izu Kyuko dari Stasiun Ito sampai ke Izukyu-Shimoda di Semenanjung Izu. Kereta ini digunakan kalau ingin ke Kawazu Izu dan Air Terjun Nanadaru.
  8. Kereta Tobu Express, Spacia Nikko, dan Spacia Kinugawa dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko dan Kinugawa Onsen (baca itinerary perjalanan wisata di Nikko).
  9. Seluruh jalur kereta JR East Line, dari Tokyo-Otsuki dan Kofu, Mito, Sendai, hingga Aomori.
  10. Aomori Railway dan Kereta Iwate Ginga dari Stasiun Morioka sampai Stasiun Aomori.
  11. Selurus bus BRT yang melayani rute tepi pantai Sanriku Kaigan (di pantai timur Miyagi, Iwate, sampai Aomori).

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Yang paling menguntungkan dari JR East Tohoku Pass ini adalah jangka waktu pemakaian yang panjang. Kita bisa memilih 5 hari perjalanan dari 14 hari jangka waktu pemakaian Pass. Jadi pass ini bisa dikombinasikan dengan pass harian di Tokyo, Fuji-Hakone Pass, atau Hakone Free Pass. Berikut ini adalah hitung-hitungan dan contoh daftar itinerary yang MENGUNTUNGKAN jika kita menggunakan JR East Tohoku Pass.

  1. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Sendai – kembali lagi Tokyo. Harga tiket Tohoku Shinkansen dari Tokyo ke Sendai seharga 10.690 Yen saja sudah cukup untuk balik modal membeli pass ini.
  2. Tokyo – Gala Yuzawa – Nikko – Sendai – Tokyo. Harga tiket ke Gala Yuzawa seharga 6.500 yen, dan tiket kereta ke Nikko seharga 4.000 yen, keduanya untuk perjalanan PP saja sudah balik modal, masih ditambah bisa ke objek wisata lainnya.
  3. Tokyo – Saitama – Nikko – Sendai – Tokyo
  4. Tokyo – Sendai – Akita – Yokote (melihat festival rumah igloo) – Tokyo
  5. Tokyo – Sanriku Coast (menyusuri keindahan pantai timur di hadapan Samudera Pasifik) – Tokyo
  6. Tokyo – Aomori – Tokyo
  7. Tokyo – Yamagata – Tokyo

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Hanshin Tourist Pass Suasana Koshien Baseball Stadium

Jalur kereta Hanshin di wilayah Kansai menghubungkan kota Osaka dan Kobe. Buat teman-teman yang berencana berkeliling kedua tempat ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hanshin Tourist Pass.

Shinkansen Nozomi di Tokyo Station

Jalan-jalan ke Jepang, ah pengen coba naik shinkansen. Tapi bagaimana cara beli tiketnya? Lalu bagaimana sistem tempat duduknya? Temukan semua jawabannya dalama artikel ini.

Foto Kereta Detective Conan

Kereta Detective Conan ini dijalankan oleh JR West di Prefektur Tottori, menghubungkan dua kota besar di sana yakni Tottori di sebelah timur dan Yonago di sebelah barat. Kereta Detective Conan ini menghubungkan kedua kota tersebut dengan Stasiun Detective Conan (dulu bernama Stasiun Yura).

Sebagai catatan, jika teman-teman ingin mengunjungi area Gunung Fuji dan Kawaguchiko, Hakone, Nagoya, maupun ke wilayah Kansai (Kyoto/ Osaka/ Kobe/ dan Nara), atau sampai ke Sapporo dan Hokkaido jauh lebih menguntungkan membeli JR Pass. Sebab JR East Tohoku Pass tidak mengcover ongkos perjalanan kereta ke Kansai dan Fuji-Kawaguchiko.

Jika ada pertanyaan mengenai cara penggunaan JR East Tohoku Pass ini silakan menanyakannya via kotak komentar di bawah ini, Tim Info Jepang akan membagi pengalaman dan cara menggunakannya.

Sumber gambar: Flickr James Patrus, Shingo Yoshida, Tony & Wayne, girlstravel, yuki_alm_misa


Recommended for you

Last modified: January 16, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!